Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PAD Kota Ternate Capai Rp41,4 Miliar

ternate, pad ternate, pendapatan asli daerah

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 510

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mencapai Rp41,4 miliar atau melebihi target serta mengalami pertumbuhan ekonomi yang semakin kondusif.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, di Ternate, Jumat, mengatakan bahwa pencapaian PAD Kota Ternate hingga pertengahan Desember sebanyak Rp41,4 miliar itu telah melapaui target karena beberapa jenis target pendapatan pada tahun 2012 juga mengalami pelampauan serta pertumbuhan ekonomi yang semakin kondusif.

"Tidak mustahil akan membuka peluang bertambahnya pendapatan pada tahun 2013, karena penetapan target PAD tersebut telah melalui kajian yang rasinonal dan terukur berdasarkan pertimbangan berbagai indikator perkembangan perekonomian khususnya sektor jasa dan perdagangan," katanya.

Beberapa target pendapatan yang telah ditetapkan dapat tercapai bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi peningkatan pada tahun 2013 mengingat beberapa pembangunan infrastruktur telah selesai dan dapat beroperasi secara efektif, ujarnya.

Menurutnya, terkait dengan saran dan harapan DPRD untuk pemenuhan kebutuhan infrastruktur pada kecamatan, khususnya pembangunan dermaga dan jembatan perahu di Kelurahan Takofi, Figur dan Tafamutu, ia akan melakukan penyesuaian nilai anggaran pembagian dengan program PNPM Mandiri dan Dana Partisipatif Kecamatan dan Kelurahan agar peruntukannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

"Pemenuhan kebutuhan infrastruktur Kecamatan Kepulauan Moti, Hiri dan Batang Dua dalam APBD 2013 bukan saja meliputi infrastruktur transportasi laut tetapi juga transportasi darat, seperti jalan dan jembatan. Hal ini diharapkan selain memenuhi pemerataan akses pelayanan di bidang transportasi, juga dapat mendukung mobilitas sosial dan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan pada beberapa puskesmas pembantu dan poskeskel yang masih terkendala air bersih dan listrik akan menjadi perhatian.

"Alokasi anggaran untuk puskesmas juga telah terakomodir dana operasional untuk puskesmas pembantu dan poskeskel termasuk operasional pemenuhan listrik dan air bersih," ujarnya.

Sementara itu, saat menyampaikan sambutan pada rapat paripurna masa persidangan ke-3 dengan agenda pengesahan persetujuan terhadap nota keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Ternate pada tahun 2013.

Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengatakan, sebelum memasuki pengesahan dan persetujuan terhadap nota keuangan dan RAPBD Kota Ternate tahun anggaran 2013 maka ada beberapa tahapan yang telah dilalui dimulai pada tanggal 12 Desember wali kota menyampaikan nota pengantar RAPBD Kota Ternate tahun 2013, dan kemudian dilanjutkan dengan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi.

Maka setelah didahului dengan pembahasan komisi dewan dengan SKPD pada tanggal 17 sampai 19 Desember 2012 serta pada tanggal 20 desember 2012 pembahasan tahap I akhir antara TAPD dengan Badan Anggaran DPRD.

"Pengesahan RAPBD Kota Ternate tahun 2013 pada hari ini, merupakan langkah awal sekaligus menjadi dasar yuridis formal, yang menandai dimulainya pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan tahun anggaran 2013," katanya. (ant/as)

Kehati Tanam 290 Ribu Mangrove Untuk Penghijauan

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) menanam 290 ribu batang tumbuhan mangrove dalam dua tahun dari yang ditargetkan sebanyak 200 ribu batang sebagai langkah penghijauan di wilayah pesisir Indonesia.

Akom Lakukan Pertemuan Dengan Dpd Golkar Kalsel

Ketua DPR RI Ade Komarudin melakukan pertemuan dengan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I dan II Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat malam.

Pengamat: Revisi Aturan Dni Melenceng Dari Nawacita

Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado Agus T Poputra mengatakan revisi aturan daftar investasi negatif (DIN) dinilai kebablasan dan akan melukai nasionalisme dan melenceng dari Nawacita.

Dalam Negeri Kuasai Bongkar Barang Pelabuhan Sulut

Pelayaran dalam negeri masih menguasai kegiatan bongkar barangdi sebagian besar pelabuhan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Korban Salah Tangkap Minta Namanya Dipulihkan

Seorang warga bernama Lucky Achadi meminta kepada Kepolisian Resor Pekanbaru, Provinsi Riau, memulihkan nama baiknya karena telah menjadi korban salah tangkap saat aparat menangani kasus narkoba.