Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Museum Balanga Kalteng Targetkan 15.000 Pengunjung

museum balanga, kalteng, promosi museum, palangka raya

Posted on 08 Jan 2013. Hits : 349

Museum Balanga Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan jumlah pengunjung mencapai 15.000 orang yang melihat berbagai koleksi sejarah masyarakat pada 2013.

"Target ini dimungkinkan dilihat dari jumlah pengunjung tahun lalu naik signifikan dari 6.350 orang menjadi 11.000 orang," kata Kepala Seksi Penyajian Tata Pameran dan Pelayanan Museum Balanga Kalteng Yerson di Palangka Raya, Selasa.

Kenaikan tersebut bukan tanpa usaha dan jerih payah yang dilakukan pihaknya untuk menjaring pengunjung lebih banyak datang ke tempat penyimpanan benda bersejarah dan filsofi budaya Dayak itu.

Filosofi budaya Dayak belum terlalu dikenal baik masyarakat luar Kalteng juga yang berdomisili provinsi itu. Hal ini terbukti setelah mengunjungi museum baru mengetahuinya.

"Karena inilah lay out yang dibuat mengenai etnografi, karena harus dimulai dari jati diri dulu, yang selama ini orang Dayak sendiri belum mengenal sejauh mana jati dirinya,"ucapnya.

Upaya yang dilakukan salah satunya adalah membuat promosi dan baliho yang ditempatkan di lokasi strategis baik bandara maupun perbatasan luar Kota Palangka Raya.

Selain itu juga lantaran adanya bantuan dana revitalisasi dari pusat sebesar Rp2,5 miliar pada 2011, yang dipergunakan untuk rehabilitasi fisik, administrasi, pengawasan dan perencanaan sehingga museum akan lebih menarik dan disenangi masyarakat.

Kalau saja masyarakat bisa mendalami makna keberadaan museum, akan tertarik karena fungsi museum tidak ada sebagai tempat rekreasi tapi juga pendidikan dan penelitian.

Dengan terpilihnya dia sebagai Duta Museum 2011, ia bertekad akan lebih mempromosikan keberadaan museum kepada masyarakat, agar ketertarikan warga di Bumi Tambun Bungai meningkat di masa mendatang.

Selain itu juga memberi apresiasi kepada pemerintah daerah atas peran sertanya terhadap keberadaan museum ini, meski belum maksimal karena ia memahami program pemerintah masih terfokus pada program lainnya. (ant/ed)

Pemerintah Fokus Kurangi Kematian Ibu

Pemerintah menargetkan untuk mengurangi jumlah kematian ibu menjadi 226 per 100 ribu kelahiran hidup pada tahun 2015, dari 359 per 100 ribu kelahiran hidup pada 2012, sesuai hasil survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI).

Produksi Kedelai Mataram Diatas Rata-rata

Produktivitas kedelai Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat mencapai rata-rata 1,5 ton per hektare atau di atas rata-rata nasional sebesar 1,4 ton per hektare.

Kampung Terpencil Nikmati Listrik

Salah satu kampung terpencil di Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur segera menikmalti penerangan listrik yang dibangun dengan dana dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd).

Cirebon Tingkatkan Populasi Sapi

Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berencana meningkatkan populasi sapi lokal karena selama ini masih kurang sehingga kebutuhan daging masih mengandalkan kiriman dari luar daerah.

Bazis Miliki Program Baru

Perenovasian rumah menjadi layak huni (bedah rumah) bagi warga miskin menjadi program baru Badan Amil Zakat Infak dan Sedekah (BAZIS) Jakarta Pusat pada 2014.