Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Museum Balanga Kalteng Targetkan 15.000 Pengunjung

museum balanga, kalteng, promosi museum, palangka raya

Posted on 08 Jan 2013. Hits : 349

Museum Balanga Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan jumlah pengunjung mencapai 15.000 orang yang melihat berbagai koleksi sejarah masyarakat pada 2013.

"Target ini dimungkinkan dilihat dari jumlah pengunjung tahun lalu naik signifikan dari 6.350 orang menjadi 11.000 orang," kata Kepala Seksi Penyajian Tata Pameran dan Pelayanan Museum Balanga Kalteng Yerson di Palangka Raya, Selasa.

Kenaikan tersebut bukan tanpa usaha dan jerih payah yang dilakukan pihaknya untuk menjaring pengunjung lebih banyak datang ke tempat penyimpanan benda bersejarah dan filsofi budaya Dayak itu.

Filosofi budaya Dayak belum terlalu dikenal baik masyarakat luar Kalteng juga yang berdomisili provinsi itu. Hal ini terbukti setelah mengunjungi museum baru mengetahuinya.

"Karena inilah lay out yang dibuat mengenai etnografi, karena harus dimulai dari jati diri dulu, yang selama ini orang Dayak sendiri belum mengenal sejauh mana jati dirinya,"ucapnya.

Upaya yang dilakukan salah satunya adalah membuat promosi dan baliho yang ditempatkan di lokasi strategis baik bandara maupun perbatasan luar Kota Palangka Raya.

Selain itu juga lantaran adanya bantuan dana revitalisasi dari pusat sebesar Rp2,5 miliar pada 2011, yang dipergunakan untuk rehabilitasi fisik, administrasi, pengawasan dan perencanaan sehingga museum akan lebih menarik dan disenangi masyarakat.

Kalau saja masyarakat bisa mendalami makna keberadaan museum, akan tertarik karena fungsi museum tidak ada sebagai tempat rekreasi tapi juga pendidikan dan penelitian.

Dengan terpilihnya dia sebagai Duta Museum 2011, ia bertekad akan lebih mempromosikan keberadaan museum kepada masyarakat, agar ketertarikan warga di Bumi Tambun Bungai meningkat di masa mendatang.

Selain itu juga memberi apresiasi kepada pemerintah daerah atas peran sertanya terhadap keberadaan museum ini, meski belum maksimal karena ia memahami program pemerintah masih terfokus pada program lainnya. (ant/ed)

'Jazz In Pasar' Ramaikan Pasar Tambahrejo Surabaya

Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Kota Surabaya berupaya keras dengan berbagai cara agar Pasar Tambahrejo Kota Surabaya menjadi ramai kembali, salah satunya dengan menggelar hiburan 'Jazz in Pasar' di pasar tersebut, Jumat malam.

Relawan: Komitmen Jokowi Mulai Terbukti

Kalangan pengusaha muda yang tergabung dalam Entrepreneur and Professional for Jokowi menilai komitmen Presiden Joko Widodo terhadap pemberantasan korupsi sudah terbukti dengan upaya menyerahkan nama kandidat menteri ke KPK dan PPATK.

Unjuk Rasa Anti Ahok Ganggu Lalu Lintas

Arus lalu lintas jalan kawasan kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat, terhambat unjuk rasa Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang menolak rencana pengangkatan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menjadi gubernur pengganti Joko Widodo.

Wali Kota Apresiasi Kegiatan Simulasi Teroris

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengapresiasi kegiatan latihan pemeliharaan kemampuan prajurit Satuan Yonif 900/Raider Rindam IX Udayana dalam penanganan aksi terorisme di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

ITS Berstatus PTN-BH

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah resmi berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) terhitung sejak 17 Oktober 2014 bersama Unpad Bandung, Unhas Makassar, dan Undip Semarang.