Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mamuju Tengah Bertekad Menjadi Daerah Industri

mamuju tengah, daerah industri, mengolah sendiri, hasil kekayaan alam

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 227

Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri hasil kekayaan alamnya.

'Maluku Tengah memiliki sejumlah komoditi yang dapat diandalkan untuk memacu perkembangan ekonomi daerah,' kata Bupati Junda Maulana di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, komoditi itu antara lain adalah Sawit, Kakao, Jagung, Jeruk, Padi dan banyak lagi lainnya, tersebar pada lima Kecamatan di Mateng yang memiliki luas 3.086,27 km2 dengan jumlah penduduk diatas 100 ribu jiwa.

Namun kata dia, komoditi yang dimiliki Mateng dipasarkan dalam bentuk mentah karena tidak diolah dalam bentuk industri sehingga komoditi itu belum maksimal mendorong pembangunan ekonomi daerah.

Oleh karena itu ia mengatakan, pemerintah di Mateng akan merancang daerahnya menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri kekayaan alamnya dalam bentuk industri sehingga ketika dipasarkan komiditi di Mateng menjadi hasil industri jadi yang dapat dipasarkan dengan nilai ekonomi tinggi.

'Pemerintah akan berupaya membangun industri jadi dengan membangun pabrik kakao, sawit dan jagung agar ketika komoditi itu dipasarkan dapat bernilai ekonomi tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pendapatannya,' katanya.

Sehingga ia juga sangat berharap dukungan pihak swasta dan pemerintah pusat dalam mencapai target pembangun industri oleh pemerintah di Mateng itu, selain itu juga dibutuhkan kerja keras masyarakat dalam mendorong pembangunan di Mateng agar terus berkembang.(ant/rd)

Dua Desa Cianjur Terendam Banjir

Puluhan rumah warga di dua kampung di Desa Babakan Caringin, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Jabar, terendam banjir setinggi 50 centimeter, akibat jebolnya saluran irigasi Sungai Ciheulang yang membentang di wilayah tersebut.

Sistem Komputasi Reaktor Nuklir Korsel Diretas

Sistem komputasi operator pembangkit listrik tenaga nuklir Korea Selatan diretas namun tidak membahayakan keamanan instalasi 23 reaktor atom di negara tersebut, demikian keterangan pemerintah setempat pada Senin.

Pertumbuhan Industri Ritel Melambat

Pertumbuhan industri ritel atau minimarket di sejumlah daerah di Indonesia melambat karena kebijakan yang diterapkan pemerintah daerah tumpang tindih dengan pemerintah pusat.

Kebijakan IMF Untuk Ebola Tuai Kritikan

Kebijakan Badan Dana Moneter Internasional (IMF) dalam menangani wabah virus mematikan Ebola di negara-negara Afrika Selatan menuai kritikan setelah meninggalkan sistem kesehatan di daerah endemik penyakit yang telah menewaskan lebih dari 7.

Ternate Taati Larangan Rapat di Hotel

Wali Kota Ternate, Maluku Utara, Burhan Abdurrahman menjamin seluruh satuan kerja perangkat daerah yang dipimpinnya menaati larangan menggelar rapat atau kegiatan dinas lain di hotel.