Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mamuju Tengah Bertekad Menjadi Daerah Industri

mamuju tengah, daerah industri, mengolah sendiri, hasil kekayaan alam

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 227

Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri hasil kekayaan alamnya.

'Maluku Tengah memiliki sejumlah komoditi yang dapat diandalkan untuk memacu perkembangan ekonomi daerah,' kata Bupati Junda Maulana di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, komoditi itu antara lain adalah Sawit, Kakao, Jagung, Jeruk, Padi dan banyak lagi lainnya, tersebar pada lima Kecamatan di Mateng yang memiliki luas 3.086,27 km2 dengan jumlah penduduk diatas 100 ribu jiwa.

Namun kata dia, komoditi yang dimiliki Mateng dipasarkan dalam bentuk mentah karena tidak diolah dalam bentuk industri sehingga komoditi itu belum maksimal mendorong pembangunan ekonomi daerah.

Oleh karena itu ia mengatakan, pemerintah di Mateng akan merancang daerahnya menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri kekayaan alamnya dalam bentuk industri sehingga ketika dipasarkan komiditi di Mateng menjadi hasil industri jadi yang dapat dipasarkan dengan nilai ekonomi tinggi.

'Pemerintah akan berupaya membangun industri jadi dengan membangun pabrik kakao, sawit dan jagung agar ketika komoditi itu dipasarkan dapat bernilai ekonomi tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pendapatannya,' katanya.

Sehingga ia juga sangat berharap dukungan pihak swasta dan pemerintah pusat dalam mencapai target pembangun industri oleh pemerintah di Mateng itu, selain itu juga dibutuhkan kerja keras masyarakat dalam mendorong pembangunan di Mateng agar terus berkembang.(ant/rd)

Wlodarcryk Raih Medali Emas Di Lempar Cakram

Atlet Polandia Anita Wlodarcryk meraih medali emas lempar cakram pada kejuaraan dunia atletik setelah dia mendominasi lemparan terjauh dalam final, sama seperti yang dia catat pada kejuaraan-kejuaraan lainnya, Kamis.

PNM Bangko Komitmen Lindungi Pelaku UMK

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Bangko Kabupaten Merangin, Jambi, komitmen melindungi pelaku usaha mikro (UMK) di daerah itu dalam menghadapi permasalahan hukum.

Menristekdikti: Politeknik Harus Miliki "Technopark"

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir mengatakan, politekni harus memiliki taman teknologi atau "technopark" yang menghasilkan produk bermanfaat bagi masyarakat.

Haji - NU NTT Dorong Pemerintah Tambah Kuota Haji

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2015-2025 terus mendorong pemerintah daerah setempat untuk meminta tambahan kouta haji sehingga mengurangi antrean calon jamaah haji yang ingin menunaikan ibadah haji.

Hadapi Pilkada Serentak, Bareskrim Beri Arahan ke Penyidik

Bareskrim Polri memberikan pengarahan kepada jajaran penyidik dalam persiapan menghadapi pengamanan pemilu kepala daerah serentak 2015.