Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mamuju Tengah Bertekad Menjadi Daerah Industri

mamuju tengah, daerah industri, mengolah sendiri, hasil kekayaan alam

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 167

Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri hasil kekayaan alamnya.

'Maluku Tengah memiliki sejumlah komoditi yang dapat diandalkan untuk memacu perkembangan ekonomi daerah,' kata Bupati Junda Maulana di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, komoditi itu antara lain adalah Sawit, Kakao, Jagung, Jeruk, Padi dan banyak lagi lainnya, tersebar pada lima Kecamatan di Mateng yang memiliki luas 3.086,27 km2 dengan jumlah penduduk diatas 100 ribu jiwa.

Namun kata dia, komoditi yang dimiliki Mateng dipasarkan dalam bentuk mentah karena tidak diolah dalam bentuk industri sehingga komoditi itu belum maksimal mendorong pembangunan ekonomi daerah.

Oleh karena itu ia mengatakan, pemerintah di Mateng akan merancang daerahnya menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri kekayaan alamnya dalam bentuk industri sehingga ketika dipasarkan komiditi di Mateng menjadi hasil industri jadi yang dapat dipasarkan dengan nilai ekonomi tinggi.

'Pemerintah akan berupaya membangun industri jadi dengan membangun pabrik kakao, sawit dan jagung agar ketika komoditi itu dipasarkan dapat bernilai ekonomi tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pendapatannya,' katanya.

Sehingga ia juga sangat berharap dukungan pihak swasta dan pemerintah pusat dalam mencapai target pembangun industri oleh pemerintah di Mateng itu, selain itu juga dibutuhkan kerja keras masyarakat dalam mendorong pembangunan di Mateng agar terus berkembang.(ant/rd)

Neraca Perdagangan Turun

Surplus neraca perdagangan Provinsi Jambi pada Februari 2014 turun sebesar 3,62 persen dibanding bulan sebelumnya dari 275,25 juta dolar AS pada Januari menjadi 265,29 juta dolar AS pada Februari lalu.

Nato Akan Perkuat Pasukan

NATO Rabu akan mengirim tambahan kapal, pesawat dan pasukan ke Eropa timur untuk menjamin keamanan sejumlah negara yang khawatir terhadap potensi meluasnya agresi Rusia yang terjadi di Krimea.

Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mengembangkan konsep kawasan rumah pangan lestasi di daerah itu untuk mewujudkan kemandirian pangan.

UPT Bengawan Solo Tutup Pintu Waduk Pacal

Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis, menutup pintu Waduk Pacal dengan pertimbangan air waduk yang mengalir ke bangunan pelimpah (spill way) yang jebol tidak deras.

Dolar Bervariasi di Tengah Data dan Pernyataan Yellen

Kurs dolar AS diperdagangkan bervariasi terhadap mata uang utama lainnya pada Rabu (Kamis pagi WIB), di tengah serangkaian data ekonomi AS dan komentar dari Ketua Federal Reserve Janet Yellen.