Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mamuju Tengah Bertekad Menjadi Daerah Industri

mamuju tengah, daerah industri, mengolah sendiri, hasil kekayaan alam

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 218

Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri hasil kekayaan alamnya.

'Maluku Tengah memiliki sejumlah komoditi yang dapat diandalkan untuk memacu perkembangan ekonomi daerah,' kata Bupati Junda Maulana di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, komoditi itu antara lain adalah Sawit, Kakao, Jagung, Jeruk, Padi dan banyak lagi lainnya, tersebar pada lima Kecamatan di Mateng yang memiliki luas 3.086,27 km2 dengan jumlah penduduk diatas 100 ribu jiwa.

Namun kata dia, komoditi yang dimiliki Mateng dipasarkan dalam bentuk mentah karena tidak diolah dalam bentuk industri sehingga komoditi itu belum maksimal mendorong pembangunan ekonomi daerah.

Oleh karena itu ia mengatakan, pemerintah di Mateng akan merancang daerahnya menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri kekayaan alamnya dalam bentuk industri sehingga ketika dipasarkan komiditi di Mateng menjadi hasil industri jadi yang dapat dipasarkan dengan nilai ekonomi tinggi.

'Pemerintah akan berupaya membangun industri jadi dengan membangun pabrik kakao, sawit dan jagung agar ketika komoditi itu dipasarkan dapat bernilai ekonomi tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pendapatannya,' katanya.

Sehingga ia juga sangat berharap dukungan pihak swasta dan pemerintah pusat dalam mencapai target pembangun industri oleh pemerintah di Mateng itu, selain itu juga dibutuhkan kerja keras masyarakat dalam mendorong pembangunan di Mateng agar terus berkembang.(ant/rd)

Vietnam-Sri Lanka Kerja Sama Perangi Kejahatan Trans Nasioal

Vietnam dan Sri Lanka telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam memerangi kejahatan lintas negara, terutama yang melibatkan e-commerce dan kredit, kata pemerintah Sri Lanka di situsnya Rabu.

Tol Laut Segera Terwujud

Ketua Kamar Dagang dan Industri Nusa Tenggara Timur Abraham Paul Lyanto berharap calon presiden dan wakil persiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla segera mewujudkan tol laut untuk mempercepat pembangunan ekonomi di provinsi kepuluan itu.

Pemerintah Inginkan Perusahaan Air Minum Tngkatkan Kinerja

Pemerintah menginginkan kinerja perusahaan air minum di berbagai daerah dapat ditingkatkan untuk mencapai target 100 persen pelayanan air minum kepada seluruh masyarakat pada 2019.

Bank Kalbar Serahkan Zakat Karyawan Rp430 Juta

Direksi Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat menyerahkan zakat sebesar Rp430 juta hasil penghimpunan dari karyawan bank tersebut yang bertugas di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

Truk Barang Masih Lintasi Kudus

Truk pengangkut barang maupun truk bersumbu lebih dari dua terlihat masih melintas di Jalan Utama Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, meskipun larangan diberlakukan mulai Kamis atau H-4 Lebaran.