Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mamuju Tengah Bertekad Menjadi Daerah Industri

mamuju tengah, daerah industri, mengolah sendiri, hasil kekayaan alam

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 227

Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri hasil kekayaan alamnya.

'Maluku Tengah memiliki sejumlah komoditi yang dapat diandalkan untuk memacu perkembangan ekonomi daerah,' kata Bupati Junda Maulana di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, komoditi itu antara lain adalah Sawit, Kakao, Jagung, Jeruk, Padi dan banyak lagi lainnya, tersebar pada lima Kecamatan di Mateng yang memiliki luas 3.086,27 km2 dengan jumlah penduduk diatas 100 ribu jiwa.

Namun kata dia, komoditi yang dimiliki Mateng dipasarkan dalam bentuk mentah karena tidak diolah dalam bentuk industri sehingga komoditi itu belum maksimal mendorong pembangunan ekonomi daerah.

Oleh karena itu ia mengatakan, pemerintah di Mateng akan merancang daerahnya menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri kekayaan alamnya dalam bentuk industri sehingga ketika dipasarkan komiditi di Mateng menjadi hasil industri jadi yang dapat dipasarkan dengan nilai ekonomi tinggi.

'Pemerintah akan berupaya membangun industri jadi dengan membangun pabrik kakao, sawit dan jagung agar ketika komoditi itu dipasarkan dapat bernilai ekonomi tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pendapatannya,' katanya.

Sehingga ia juga sangat berharap dukungan pihak swasta dan pemerintah pusat dalam mencapai target pembangun industri oleh pemerintah di Mateng itu, selain itu juga dibutuhkan kerja keras masyarakat dalam mendorong pembangunan di Mateng agar terus berkembang.(ant/rd)

GM Susanto Megaranto Juara Ramadhan Cup 2015

GM Susanto Megaranto mewujudkan targetnya dengan menjuarai turnamen catur cepat So Nice Ramadhan Cup 2015 setelah memimpin dengan mengumpulkan 8,5 angka di Wisma Menpora Jakarta, Minggu.

DPRD Minta Pemkot Bontang Fokus Kembangkan UMKM

DPRD Kota Bontang, Kalimantan Timur, meminta pemerintah kota setempat mulai fokus mengembangkan sektor usaha mikro kecil dan menengah sebagai penopang perekonomian daerah dan mengantisipasi menurunnya pendapatan dari sektor sumber daya alam.

Ijazah Calon Kepala Daerah Bakal Dicek Keasliannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta melakukan pengecekan terhadap keaslian ijazah calon kepala daerah yang hendak mengikuti pemilihan kepala daerah, kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir.

Obasa Siap Diusung Bacawawali Surabaya Koalisi 'Majapahit'

Nama pengusaha Basa Alim Tualeka atau akrab disapa Obasa mengaku siap diusung sebagai bakal calon wakil wali kota Surabaya dari koalisi 'Majapahit' menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat, 9 Desember 2015.

Sub Terminal Sendowo Semarang Bakal Dihidupkan Lagi

Pemerintah Kota Semarang berencana mengaktifkan kembali Sub Terminal Sendowo yang berada di kawasan Pasar Johar untuk mendukung keberadaan pasar tradisional itu.