Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mamuju Tengah Bertekad Menjadi Daerah Industri

mamuju tengah, daerah industri, mengolah sendiri, hasil kekayaan alam

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 227

Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri hasil kekayaan alamnya.

'Maluku Tengah memiliki sejumlah komoditi yang dapat diandalkan untuk memacu perkembangan ekonomi daerah,' kata Bupati Junda Maulana di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, komoditi itu antara lain adalah Sawit, Kakao, Jagung, Jeruk, Padi dan banyak lagi lainnya, tersebar pada lima Kecamatan di Mateng yang memiliki luas 3.086,27 km2 dengan jumlah penduduk diatas 100 ribu jiwa.

Namun kata dia, komoditi yang dimiliki Mateng dipasarkan dalam bentuk mentah karena tidak diolah dalam bentuk industri sehingga komoditi itu belum maksimal mendorong pembangunan ekonomi daerah.

Oleh karena itu ia mengatakan, pemerintah di Mateng akan merancang daerahnya menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri kekayaan alamnya dalam bentuk industri sehingga ketika dipasarkan komiditi di Mateng menjadi hasil industri jadi yang dapat dipasarkan dengan nilai ekonomi tinggi.

'Pemerintah akan berupaya membangun industri jadi dengan membangun pabrik kakao, sawit dan jagung agar ketika komoditi itu dipasarkan dapat bernilai ekonomi tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pendapatannya,' katanya.

Sehingga ia juga sangat berharap dukungan pihak swasta dan pemerintah pusat dalam mencapai target pembangun industri oleh pemerintah di Mateng itu, selain itu juga dibutuhkan kerja keras masyarakat dalam mendorong pembangunan di Mateng agar terus berkembang.(ant/rd)

Pemilik Lahan Sepakat Bandara Emalamo Dibuka Kembali

Pemilik lahan kawasan Bandara Emalamo, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara (Malut), akhirnya menyepakati dibukanya kembal aktivitas penerbangan dari dan ke kabupaten itu, setelah ditutup selama bertahun-tahun.

Pembagian Dana PSKS Kediri Sempat Terkendala Jaringan

Pembagian dana program simpanan keluarga sejahtera (PSKS) di kantor pos wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sempat terkendala jaringan yang tidak stabil.

Pemkab Butuh Rp200 Miliar Lebarkan Jalan Kalimalang

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membutuhkan anggaran Rp200 miliar untuk melebarkan Jalan Raya Kalimalang sepanjang 17 kilometer.

Pencairan Dana Desa Terhambat Ketersediaan Payung Hukum

Pencairan dan penyaluran dana desa tahap pertama yang direncanakan berlangsung pertengahan April 2015 belum terwujud karena masih terhambat ketersediaan payung hukum di daerah.

PKB Bengkulu Dukung Ridwan Mukti Calon Gubernur

Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Bengkulu, resmi mendeklarasikan dukung Ridwan Mukti untuk Calon Gubernur Bengkulu pada pilkada serentak Desember 2015.