Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mamuju Tengah Bertekad Menjadi Daerah Industri

mamuju tengah, daerah industri, mengolah sendiri, hasil kekayaan alam

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 227

Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri hasil kekayaan alamnya.

'Maluku Tengah memiliki sejumlah komoditi yang dapat diandalkan untuk memacu perkembangan ekonomi daerah,' kata Bupati Junda Maulana di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, komoditi itu antara lain adalah Sawit, Kakao, Jagung, Jeruk, Padi dan banyak lagi lainnya, tersebar pada lima Kecamatan di Mateng yang memiliki luas 3.086,27 km2 dengan jumlah penduduk diatas 100 ribu jiwa.

Namun kata dia, komoditi yang dimiliki Mateng dipasarkan dalam bentuk mentah karena tidak diolah dalam bentuk industri sehingga komoditi itu belum maksimal mendorong pembangunan ekonomi daerah.

Oleh karena itu ia mengatakan, pemerintah di Mateng akan merancang daerahnya menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri kekayaan alamnya dalam bentuk industri sehingga ketika dipasarkan komiditi di Mateng menjadi hasil industri jadi yang dapat dipasarkan dengan nilai ekonomi tinggi.

'Pemerintah akan berupaya membangun industri jadi dengan membangun pabrik kakao, sawit dan jagung agar ketika komoditi itu dipasarkan dapat bernilai ekonomi tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pendapatannya,' katanya.

Sehingga ia juga sangat berharap dukungan pihak swasta dan pemerintah pusat dalam mencapai target pembangun industri oleh pemerintah di Mateng itu, selain itu juga dibutuhkan kerja keras masyarakat dalam mendorong pembangunan di Mateng agar terus berkembang.(ant/rd)

Bandara Kualanamu Sosialisaikan Penutupan Loket Penjualan Tiket

PT Angkasa Pura 2 dan Otoritas Bandara Wilayah II Medan menyosialisasikan rencana penutupan lokat penjualan tiket di berbagai lokasi Bandar Udara Kualanamu.

Pelayanan Satu Pintu Permudah Izin Investasi

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Maluku Fauzan Chatib menyatakan, untuk memudahkan investor menanamkan investasi di daerah ini perlu pelayanan satu pintu proses perizinan 'Pemerintah sudah mengarahkan untuk memberikan pelayanan satu pintu kepada para investor yang akan menanamkan modalnya di daerah ini, sehingga memudahkan proses perizinan,' kata Fauzan di Ambon, Jumat.

Komisioner KPU Mukomuko Lulus CPNS Mengundurkan Diri

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Dawud Gauraf menyatakan, komisioner yang lulus seleksi calon pegawai negeri sipil di daerah itu telah mengundurkan diri dari lembaga tersebut.

BI NTT Prediksi Inflasi Februari 0,4 Persen

Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur memprediksi inflasi di NTT sebesar 0,4 persen pada Februari, salah satu pemicunya adalah kenaikan harga bahan pokok beras.

Disperindag Ingatkan Bahaya Gunakan Pakaian Bekas Impor

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor mengimbau warga untuk tidak menggunakan pakaian bekas impor, terutama untuk pakaian dalam dan baju anak karena disinyalir mengandung bakteri yang menggangu kesehatan.