Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mamuju Tengah Bertekad Menjadi Daerah Industri

mamuju tengah, daerah industri, mengolah sendiri, hasil kekayaan alam

Posted on 13 Aug 2013. Hits : 227

Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat bertekad menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri hasil kekayaan alamnya.

'Maluku Tengah memiliki sejumlah komoditi yang dapat diandalkan untuk memacu perkembangan ekonomi daerah,' kata Bupati Junda Maulana di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, komoditi itu antara lain adalah Sawit, Kakao, Jagung, Jeruk, Padi dan banyak lagi lainnya, tersebar pada lima Kecamatan di Mateng yang memiliki luas 3.086,27 km2 dengan jumlah penduduk diatas 100 ribu jiwa.

Namun kata dia, komoditi yang dimiliki Mateng dipasarkan dalam bentuk mentah karena tidak diolah dalam bentuk industri sehingga komoditi itu belum maksimal mendorong pembangunan ekonomi daerah.

Oleh karena itu ia mengatakan, pemerintah di Mateng akan merancang daerahnya menjadi daerah industri dengan mengolah sendiri kekayaan alamnya dalam bentuk industri sehingga ketika dipasarkan komiditi di Mateng menjadi hasil industri jadi yang dapat dipasarkan dengan nilai ekonomi tinggi.

'Pemerintah akan berupaya membangun industri jadi dengan membangun pabrik kakao, sawit dan jagung agar ketika komoditi itu dipasarkan dapat bernilai ekonomi tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pendapatannya,' katanya.

Sehingga ia juga sangat berharap dukungan pihak swasta dan pemerintah pusat dalam mencapai target pembangun industri oleh pemerintah di Mateng itu, selain itu juga dibutuhkan kerja keras masyarakat dalam mendorong pembangunan di Mateng agar terus berkembang.(ant/rd)

Puluhan Orang Dipasung Keluarga Di Riau

Rumah Sakit Jiwa Tampan Riau, mencatat Januari-September 2014 telah memberikan pelayanan perawatan dan kesehatan terhadap 27 orang yang mengalami gangguan kesehatan jiwa dan telah dipasung dan dirantai oleh keluarga mereka di rumah.

Suriah Tembak Jatuh Pesawat Tempur IS

Angkatan udara Suriah telah menghancurkan dua dari tiga pesawat tempur yang dilaporkan disita oleh para pejuang kelompok Negara Islam (IS) di utara negara itu, kata Menteri Informasi Omran al-Zohbi.

Petani Sulit Kembalikan KUR

Sejumlah petani di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengaku mengalami kesulitan untuk mengembalikan kredit usaha rakyat (KUR) karena usaha tani yang selama ini diandalkan tidak menghasilkan apa-apa akibat musim kemarau.

Pemkot Bekasi Segel Dua Menara Telekomunikasi Ilegal

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, kembali menyegel dua menara telekomunikasiyang berdiri secara ilegal di dua wilayah kecamatan setempat, Rabu.

Tamu Hotel Jambi Melonjak

Jumlah tamu yang menginap pada hotel berbintang di Provinsi Jambi mengalami kenaikan sebesar 24,86 persen dari 16.