Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

LSM: Anak Tertular HIV/AIDS di Kudus Nihil

lsm, anak, penyakit, hiv, aids, kudus

Posted on 23 Dec 2012. Hits : 381

Lembaga Swadaya Masyarakat Kelompok Dampingan Sebaya Kabupaten Kudus mencatat selama 2012 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tidak ditemukan anak tertular HIV/AIDS, meskipun tercatat ada beberapa ibu hamil yang positif terinfeksi virus mematikan tersebut.

"Salah satu keberhasilan dalam meminimalkan anak yang dilahirkan dari ibu yang terinfeksi HIV, karena adanya program Pencegahan Penularan HIV dari Ibu Hamil ke Bayi (PMTCT/Preventing Mother To Child Transmission)," kata Koordinator Kelompok Dampingan Sebaya Kabupaten Kudus, Eni Mardiyanti, di Kudus, Minggu.

Ia menganggap, penjangkauan ibu hamil lewat program PMTCT tersebut berjalan maksimal, karena berhasil menemukan sejumlah ibu hamil di Kabupaten Kudus yang tertular HIV.

Dengan adanya program tersebut, katanya, anak yang dilahirkan dimungkinkan tidak tertular virus mematikan tersebut.

Proses persalinannya, kata dia, harus dilakukan lewat operasi caesar, karena proses persalinan secara normal potensi penularan virus HIV kepada bayi cukup besar.

"Selama 2012, tercatat ada enam balita yang lahir dari ibu yang tertular HIV. Sedangkan proses persalinannya dilakukan di Rumah Sakit Kariadi Semarang," ujarnya.

Ibu hamil yang positif terinfeksi HIV, katanya, harus melalui serangkaian pemeriksaan sebagai tahapan untuk penyelamatan bayi yang akan dilahirkan agar tidak ikut tertular.

Menurut dia, peran pemerintah masih perlu ditingkatkan, meskipun dalam melaksanakan program PMTCT juga mendapat dukungan dari pemerintah setempat lewat penyediaan alat transportasi dan biaya pemeriksaan di laboratorium untuk ibu hamil.

"Seharusnya peran pemerintah bisa maksimal, ketika Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Daerah (KPAD) yang dipersiapkan sejak lama sudah terbentuk," ujarnya.

Adapun jumlah kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kudus dari 2009 hingga 2012 sudah menembus angka 118 kasus, sedangkan jumlah penderita HIV/AIDS yang meninggal sebanyak 54 orang.

Dari puluhan penderita HIV/AIDS yang meninggal, sebagian besar merupakan kaum laki-laki selebihnya perempuan.

Sedangkan 64 penderita yang masih hidup, sebanyak 34 orang di antaranya merupakan perempuan, selebihnya laki-laki dan terdapat empat anak balita.

Dari sejumlah kasus HIV/AIDS di Kudus, katanya, penularannya diduga kuat berasal dari perilaku seks menyimpang dan pemakaian jarum suntik secara berulang-ulang.(ant/ ap)

Korsel Jadikan Cuaca Panas Makassar Sebagai Tantangan

Tim dayung Korea Selatan menyatakan kondisi cuaca di Makassar yang panas menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh atlet dalam meraih prestasi kejuaraan rowing Asia di Danau Tanjung Bunga Makassar, Sulawesi Selatan, 28-30 November 2014.

Pemkab Tanah Datar Bantu Korban Korban Longsor

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), memberikan bantuan pada tiga kepala keluarga yang rumahnya terkena bencana longsor di Nagari Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Pengolahan Air Waduk Pluit Perlu Dikaji

Pelaksanan tugas Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Tri Kurniadi mengatakan pengolahan air Waduk Pluit perlu dikaji terlebih dahulu agar aman ketika dikonsumsi masyarakat melalui perusahaan air minum.

Pekanbaru Minta HET Elpiji Dikaji Ulang

Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru untuk penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji subsidi 3 kilogram dikaji menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

Badai Tropis Tewaskan Dua Orang di Filipina

Setidak-tidaknya dua orang tewas dan seorang lain terluka setelah badai tropis Chebi (nama lokal Queenie) melanda Filipina tengah dan selatan, kata badan penanggulangan bencana setempat, Jumat.