Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

LSM: Anak Tertular HIV/AIDS di Kudus Nihil

lsm, anak, penyakit, hiv, aids, kudus

Posted on 23 Dec 2012. Hits : 317

Lembaga Swadaya Masyarakat Kelompok Dampingan Sebaya Kabupaten Kudus mencatat selama 2012 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tidak ditemukan anak tertular HIV/AIDS, meskipun tercatat ada beberapa ibu hamil yang positif terinfeksi virus mematikan tersebut.

"Salah satu keberhasilan dalam meminimalkan anak yang dilahirkan dari ibu yang terinfeksi HIV, karena adanya program Pencegahan Penularan HIV dari Ibu Hamil ke Bayi (PMTCT/Preventing Mother To Child Transmission)," kata Koordinator Kelompok Dampingan Sebaya Kabupaten Kudus, Eni Mardiyanti, di Kudus, Minggu.

Ia menganggap, penjangkauan ibu hamil lewat program PMTCT tersebut berjalan maksimal, karena berhasil menemukan sejumlah ibu hamil di Kabupaten Kudus yang tertular HIV.

Dengan adanya program tersebut, katanya, anak yang dilahirkan dimungkinkan tidak tertular virus mematikan tersebut.

Proses persalinannya, kata dia, harus dilakukan lewat operasi caesar, karena proses persalinan secara normal potensi penularan virus HIV kepada bayi cukup besar.

"Selama 2012, tercatat ada enam balita yang lahir dari ibu yang tertular HIV. Sedangkan proses persalinannya dilakukan di Rumah Sakit Kariadi Semarang," ujarnya.

Ibu hamil yang positif terinfeksi HIV, katanya, harus melalui serangkaian pemeriksaan sebagai tahapan untuk penyelamatan bayi yang akan dilahirkan agar tidak ikut tertular.

Menurut dia, peran pemerintah masih perlu ditingkatkan, meskipun dalam melaksanakan program PMTCT juga mendapat dukungan dari pemerintah setempat lewat penyediaan alat transportasi dan biaya pemeriksaan di laboratorium untuk ibu hamil.

"Seharusnya peran pemerintah bisa maksimal, ketika Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Daerah (KPAD) yang dipersiapkan sejak lama sudah terbentuk," ujarnya.

Adapun jumlah kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kudus dari 2009 hingga 2012 sudah menembus angka 118 kasus, sedangkan jumlah penderita HIV/AIDS yang meninggal sebanyak 54 orang.

Dari puluhan penderita HIV/AIDS yang meninggal, sebagian besar merupakan kaum laki-laki selebihnya perempuan.

Sedangkan 64 penderita yang masih hidup, sebanyak 34 orang di antaranya merupakan perempuan, selebihnya laki-laki dan terdapat empat anak balita.

Dari sejumlah kasus HIV/AIDS di Kudus, katanya, penularannya diduga kuat berasal dari perilaku seks menyimpang dan pemakaian jarum suntik secara berulang-ulang.(ant/ ap)

PDIP Raih 11 Kursi DPRD Depok

Hasil rapat pleno KPU Kota Depok menyebutkan PDI Perjuangan berhasil meraih suara terbanyak dengan jumlah 165.

LPS : 18 Investor Berminat Beli Bank Mutiara

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan ada 18 investor yang berminat untuk membeli saham PT Bank Mutiara Tbk, hingga batas akhir waktu penerimaan 'Letter of Interest' pada Selasa (22/4).

Empat Kapal Pengawas Perikanan Mutakhir Beroperasi 2015

Empat kapal Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) dengan spesifikasi dan postur termutakhir yang pernah dimiliki Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP direncanakan beroperasi pada Oktober 2015.

Harga Sembako di Palu Stabil

Harga sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) di pasaran Kota Palu, hingga kini masih cukup stabil pascapemungutan suara Pemilu 9 April 2014, kata juru bicara pemerintah setempat.

Atlet Putra Jambi Masuk Pelatnas Asian Games

Dua atlet putra Jambi dipastikan bergabung masuk ke program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Cabang Dayung untuk persiapan menghadapi Asian Games di Korea Selatan pada tahun ini.