Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lima Kabupaten Belum Tuntaskan Perda RT RW

rtrw, bengkulu, kabupaten, instrumen, legislatif, eksekutif, perda

Posted on 14 Nov 2012. Hits : 444

Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Lebong, Mukomuko, dan Seluma belum menuntaskan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bengkulu Edy Waluyo mengatakan, kelima kabupaten ini diharapkan segera menuntaskan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Kami sudah mendesak agar segera dituntaskan pada tahun ini sehingga detil perencanaan wilayah seperti luas lahan pangan dan lainnya segera diketahui," katanya di Bengkulu, Rabu.

Sementara RTRW Provinsi Bengkulu dan lima kabupaten dan kota lainnya yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Rejang Lebong dan Kepahiang sudah menyelesaikan Perda yang akan berlaku 20 tahun tersebut.

Perubahan RTRW provinsi dan kabupaten/kota menurutnya sesuai dengan Undang-undang nomor Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Edy mengatakan penyusunan Perda RTRW tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan berdampak pada proses pembangunan di daerah itu.

"Karena salah satu instrumen penting dalam pembangunan adalah kepastian tata ruang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar draft Raperda RTRW kabupaten terkendala pada substansi kehutanan karena banyak daerah yang mengusulkan pelepasan kawasan hutan yang membutuhkan proses yang lama.

Ia mencontohkan RTRW Kabupaten Seluma yang masih berpolemik antara eksekutif dan legislatif terkait substansi kehutanan tersebut.

Substansi kehutanan kata dia diputuskan oleh tim terpadu dari Kementerian Kehutanan.

Ia menambahkan penyelesaian RTRW sangat penting untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) provinsi serta kabupaten dan kota.

Untuk tingkat provinsi, RPJPD sudah selesai pada 2008 sedangkan RTRW disahkan pada 2012, sehingga RPJPD akan direvisi untuk disesuaikan dengan RTRW.(ant/ev)

Dishubkominfo Mukomuko Tarik Mobil Bantuan Salah Sasaran

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu berjanji akan menarik mobil dinas bantuan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal yang tidak tepat sasaran di daerah itu.

Dinas Bojonegoro Bangun 55 Embung Rp10 Miliar

Dinas Pengairan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur akan membangun 55 embung dengan menggunakan dana APBD 2015 senilai Rp10 miliar untuk persediaan air di musim kemarau.

KPPTSP Bangka Tengah Terapkan Pelayanan Perizinan Elektronik

Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KPPTSP) Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung menerapkan sistem pelayanan informasi perizinan dan investasi secara elektronik atau SPIPISE yang terkoneksi langsung dengan BKPM RI.

IMF Tunda Pinjaman Untuk Yaman Karena 'Ketidakpastian' Krisis

Dana Moneter Internasional (IMF) pada Kamis mengatakan, pihaknya telah menunda pinjaman untuk Yaman tanpa batas, mengutip 'sejumlah ketidakpastian' yang berasal dari meningkatnya kerusuhan di negeri ini.

Menko Maritim Bakal Hadiri Kongres Ekonomi Biru

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo bakal menghadiri Kongres Dunia ke-9 tentang Ekonomi Biru dan dijadwalkan berlangsung di Surabaya, Jawa Timur, 13-15 April 2015.