Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lima Kabupaten Belum Tuntaskan Perda RT RW

rtrw, bengkulu, kabupaten, instrumen, legislatif, eksekutif, perda

Posted on 14 Nov 2012. Hits : 434

Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Lebong, Mukomuko, dan Seluma belum menuntaskan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bengkulu Edy Waluyo mengatakan, kelima kabupaten ini diharapkan segera menuntaskan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Kami sudah mendesak agar segera dituntaskan pada tahun ini sehingga detil perencanaan wilayah seperti luas lahan pangan dan lainnya segera diketahui," katanya di Bengkulu, Rabu.

Sementara RTRW Provinsi Bengkulu dan lima kabupaten dan kota lainnya yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Rejang Lebong dan Kepahiang sudah menyelesaikan Perda yang akan berlaku 20 tahun tersebut.

Perubahan RTRW provinsi dan kabupaten/kota menurutnya sesuai dengan Undang-undang nomor Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Edy mengatakan penyusunan Perda RTRW tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan berdampak pada proses pembangunan di daerah itu.

"Karena salah satu instrumen penting dalam pembangunan adalah kepastian tata ruang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar draft Raperda RTRW kabupaten terkendala pada substansi kehutanan karena banyak daerah yang mengusulkan pelepasan kawasan hutan yang membutuhkan proses yang lama.

Ia mencontohkan RTRW Kabupaten Seluma yang masih berpolemik antara eksekutif dan legislatif terkait substansi kehutanan tersebut.

Substansi kehutanan kata dia diputuskan oleh tim terpadu dari Kementerian Kehutanan.

Ia menambahkan penyelesaian RTRW sangat penting untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) provinsi serta kabupaten dan kota.

Untuk tingkat provinsi, RPJPD sudah selesai pada 2008 sedangkan RTRW disahkan pada 2012, sehingga RPJPD akan direvisi untuk disesuaikan dengan RTRW.(ant/ev)

Abdollahian Minta Kairo Percepat Izin Penerbangan Iran

Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Arab-Afrika Hossein Amir Abdollahian Rabu mengatakan bahwa penundaan Kairo dalam penerbitan izin untuk pengiriman bantuan Iran ke Gaza belum diterima.

Dishubkominfo : Arus Balik Masih Didominasi Kendaraan Wisatawan

Pada H+3 Idul Fitri, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mencatat arus balik lebaran ini kendaraan yang keluar Sukabumi masih didominasi kendaraan wisatawan.

Kapten Austria Marc Janko Bermain Di Liga Australia

Kapten Austria Marc Janko akan bermain di Liga Australia musim depan setelah diumumkan sebagai pemain internasional Sudney FC, Kamis.

Kepadatan Malioboro Diperkirakan Hingga Akhir Pekan

Kepadatan arus lalu lintas dan wisatawan di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, diperkirakan berlangsung hingga akhir pekan dari cuti bersama Lebaran sebelum warga kembali melakukan aktivitas normal pada pekan depan.

Penyeberangan ASDP Batam Mulai Normal

Otoritas Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur Batam, Kepulauan Riau,menyatakan jumlah pengguna transportasi 'roll- on roll-off ' (roro) sudah berangsur normal setelah arus puncak balik terjadi pada Rabu.