Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lima Kabupaten Belum Tuntaskan Perda RT RW

rtrw, bengkulu, kabupaten, instrumen, legislatif, eksekutif, perda

Posted on 14 Nov 2012. Hits : 444

Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Lebong, Mukomuko, dan Seluma belum menuntaskan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bengkulu Edy Waluyo mengatakan, kelima kabupaten ini diharapkan segera menuntaskan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Kami sudah mendesak agar segera dituntaskan pada tahun ini sehingga detil perencanaan wilayah seperti luas lahan pangan dan lainnya segera diketahui," katanya di Bengkulu, Rabu.

Sementara RTRW Provinsi Bengkulu dan lima kabupaten dan kota lainnya yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Rejang Lebong dan Kepahiang sudah menyelesaikan Perda yang akan berlaku 20 tahun tersebut.

Perubahan RTRW provinsi dan kabupaten/kota menurutnya sesuai dengan Undang-undang nomor Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Edy mengatakan penyusunan Perda RTRW tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan berdampak pada proses pembangunan di daerah itu.

"Karena salah satu instrumen penting dalam pembangunan adalah kepastian tata ruang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar draft Raperda RTRW kabupaten terkendala pada substansi kehutanan karena banyak daerah yang mengusulkan pelepasan kawasan hutan yang membutuhkan proses yang lama.

Ia mencontohkan RTRW Kabupaten Seluma yang masih berpolemik antara eksekutif dan legislatif terkait substansi kehutanan tersebut.

Substansi kehutanan kata dia diputuskan oleh tim terpadu dari Kementerian Kehutanan.

Ia menambahkan penyelesaian RTRW sangat penting untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) provinsi serta kabupaten dan kota.

Untuk tingkat provinsi, RPJPD sudah selesai pada 2008 sedangkan RTRW disahkan pada 2012, sehingga RPJPD akan direvisi untuk disesuaikan dengan RTRW.(ant/ev)

Pemkot Bekasi Tambah 60 Truk Sampah Baru

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan membeli 60 unit truk pengangkut sampah yang baru senilai Rp28 milliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan 2015.

BPBD : Gempa Garut Tidak Berdampak Kerusakan

Badan Penanggulangan Bencana DaerahKabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan bencana gempa bumi di barat daya Garut tidak berdampak kerusakan pada rumah penduduk atau bangunan fasilitas umum.

Dinas Pengairan Bojonegoro Selesaikan Pembangunan 40 Embung

Dinas Pengairan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sudah menyelesaikan pembangunan 40 embung secara swakolola di tanah kas desa dari target 55 embung dengan alokasi anggaran Rp4 miliar dari APBD 2015 pada awal September 2015.

Djokovic Dan Cilic Melaju Ke Putaran Keempat AS Terbuka

Unggulan teratas Novak Djokovic dan juara bertahan Marin Cilic menggunakan jalan yang berbeda menuju putaran keempat AS Terbuka, ketika berbagai kejutan serta panas yang menyengat tidak terjadi di Flushing Meadows pada Jumat.

Pj Bupati Minta GP Ansor Bangun Waykanan

Penjabat Bupati Waykanan Provinsi Lampung Albar Hasan Tanjung meminta seluruh elemen masyarakat, termasuk organisasi kepemudaan seperti Gerakan Pemuda Ansor, untuk membangun daerah yang berada di selatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan itu.