Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lima Kabupaten Belum Tuntaskan Perda RT RW

rtrw, bengkulu, kabupaten, instrumen, legislatif, eksekutif, perda

Posted on 14 Nov 2012. Hits : 444

Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Lebong, Mukomuko, dan Seluma belum menuntaskan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bengkulu Edy Waluyo mengatakan, kelima kabupaten ini diharapkan segera menuntaskan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Kami sudah mendesak agar segera dituntaskan pada tahun ini sehingga detil perencanaan wilayah seperti luas lahan pangan dan lainnya segera diketahui," katanya di Bengkulu, Rabu.

Sementara RTRW Provinsi Bengkulu dan lima kabupaten dan kota lainnya yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Rejang Lebong dan Kepahiang sudah menyelesaikan Perda yang akan berlaku 20 tahun tersebut.

Perubahan RTRW provinsi dan kabupaten/kota menurutnya sesuai dengan Undang-undang nomor Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Edy mengatakan penyusunan Perda RTRW tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan berdampak pada proses pembangunan di daerah itu.

"Karena salah satu instrumen penting dalam pembangunan adalah kepastian tata ruang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar draft Raperda RTRW kabupaten terkendala pada substansi kehutanan karena banyak daerah yang mengusulkan pelepasan kawasan hutan yang membutuhkan proses yang lama.

Ia mencontohkan RTRW Kabupaten Seluma yang masih berpolemik antara eksekutif dan legislatif terkait substansi kehutanan tersebut.

Substansi kehutanan kata dia diputuskan oleh tim terpadu dari Kementerian Kehutanan.

Ia menambahkan penyelesaian RTRW sangat penting untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) provinsi serta kabupaten dan kota.

Untuk tingkat provinsi, RPJPD sudah selesai pada 2008 sedangkan RTRW disahkan pada 2012, sehingga RPJPD akan direvisi untuk disesuaikan dengan RTRW.(ant/ev)

Pemkab Tabalong Keluarkan Ijin Prinsip Survei Seismik

Pemerintah Daerah sudah mengeluarkan ijin prinsip survei seismik yang akan dilaksanakan PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi untuk mencari cadangan minyak dan gas bumi yang baru di Kabupaten Tabalong, Kalimatan Selatan.

Distanak Pekanbaru Siagakan Poskeswan Pantau Masuknya Sapi

Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru menyiagakan tiga Pos Kesehatan Hewan guna mamantau masuknya sapi-sapi yang tidak sehat ke Ibu Kota Provinsi Riau itu.

Temanggung Pasang 110 Rambu Lalu Lintas

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjelang Lebaran 1436 Hijriah memasang 110 rambu lalu lintas di jalur mudik.

Puskesmas, Rumah Sakit Balangan Siaga 24 Jam

Dinas Kesehatan Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, menyiagakan pelayanan kesehatan selama 24 jam, baik di Rumah Sakit Umum Daerah maupun di Puskesmas yang memiliki Instalasi Gawat Darurat (IGD), selama Ramadan dan Idul Fitri.

Presiden Dijadwalkan Resmikan PLTP Kamojang V

Presiden Joko Widodo, Minggu dijadwalkan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang V di Kabupaten Garut, Jawa Barat.