Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lima Kabupaten Belum Tuntaskan Perda RT RW

rtrw, bengkulu, kabupaten, instrumen, legislatif, eksekutif, perda

Posted on 14 Nov 2012. Hits : 426

Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Lebong, Mukomuko, dan Seluma belum menuntaskan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bengkulu Edy Waluyo mengatakan, kelima kabupaten ini diharapkan segera menuntaskan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Kami sudah mendesak agar segera dituntaskan pada tahun ini sehingga detil perencanaan wilayah seperti luas lahan pangan dan lainnya segera diketahui," katanya di Bengkulu, Rabu.

Sementara RTRW Provinsi Bengkulu dan lima kabupaten dan kota lainnya yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Rejang Lebong dan Kepahiang sudah menyelesaikan Perda yang akan berlaku 20 tahun tersebut.

Perubahan RTRW provinsi dan kabupaten/kota menurutnya sesuai dengan Undang-undang nomor Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Edy mengatakan penyusunan Perda RTRW tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan berdampak pada proses pembangunan di daerah itu.

"Karena salah satu instrumen penting dalam pembangunan adalah kepastian tata ruang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar draft Raperda RTRW kabupaten terkendala pada substansi kehutanan karena banyak daerah yang mengusulkan pelepasan kawasan hutan yang membutuhkan proses yang lama.

Ia mencontohkan RTRW Kabupaten Seluma yang masih berpolemik antara eksekutif dan legislatif terkait substansi kehutanan tersebut.

Substansi kehutanan kata dia diputuskan oleh tim terpadu dari Kementerian Kehutanan.

Ia menambahkan penyelesaian RTRW sangat penting untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) provinsi serta kabupaten dan kota.

Untuk tingkat provinsi, RPJPD sudah selesai pada 2008 sedangkan RTRW disahkan pada 2012, sehingga RPJPD akan direvisi untuk disesuaikan dengan RTRW.(ant/ev)

Bank Mandiri Prioritaskan Agen LKD Sektor Mikro

PT Bank Mandiri Persero Tbk akan merekrut agen dari nasabahnya yang bergerak di sektor bisnis mikro dalam tahap awal pelaksanaan program layanan keuangan digitalnya (LKD).

Polsek Kokap Tangkap Pencuri Rambu-Rambu Waduk Sermo

Kepolisian Sektor Kokap Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menangkap tiga pelaku pencurian rambu-rambu di kawasan objek wisata Waduk Sermo.

Lanud Adisutjipto Miliki Simulator Pesawat Grob

Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta memiliki simulator pesawat latih Grob G120 TP-A untuk membina kemampuan dan keterampilan para siswa penerbang.

Kubu Raya Berdayakan UMKM Di Bandara Supadio

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan meningkatkan pemberdayaan UMKM dalam rencana pengembangan bandara Supadio Pontianak dan beberapa supermarket besar lainnya yang mulai masuk di kabupaten itu.

Pemkot Ambon Santuni 450 Janda Kurang Mampu

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyantuni sebanyak 450 orang janda kurang mampu di lima kecamatan sebagai bentuk kepedulian di bulan Ramadhan 1435 Hijriah.