Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lima Kabupaten Belum Tuntaskan Perda RT RW

rtrw, bengkulu, kabupaten, instrumen, legislatif, eksekutif, perda

Posted on 14 Nov 2012. Hits : 444

Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Lebong, Mukomuko, dan Seluma belum menuntaskan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bengkulu Edy Waluyo mengatakan, kelima kabupaten ini diharapkan segera menuntaskan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Kami sudah mendesak agar segera dituntaskan pada tahun ini sehingga detil perencanaan wilayah seperti luas lahan pangan dan lainnya segera diketahui," katanya di Bengkulu, Rabu.

Sementara RTRW Provinsi Bengkulu dan lima kabupaten dan kota lainnya yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Rejang Lebong dan Kepahiang sudah menyelesaikan Perda yang akan berlaku 20 tahun tersebut.

Perubahan RTRW provinsi dan kabupaten/kota menurutnya sesuai dengan Undang-undang nomor Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Edy mengatakan penyusunan Perda RTRW tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan berdampak pada proses pembangunan di daerah itu.

"Karena salah satu instrumen penting dalam pembangunan adalah kepastian tata ruang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar draft Raperda RTRW kabupaten terkendala pada substansi kehutanan karena banyak daerah yang mengusulkan pelepasan kawasan hutan yang membutuhkan proses yang lama.

Ia mencontohkan RTRW Kabupaten Seluma yang masih berpolemik antara eksekutif dan legislatif terkait substansi kehutanan tersebut.

Substansi kehutanan kata dia diputuskan oleh tim terpadu dari Kementerian Kehutanan.

Ia menambahkan penyelesaian RTRW sangat penting untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) provinsi serta kabupaten dan kota.

Untuk tingkat provinsi, RPJPD sudah selesai pada 2008 sedangkan RTRW disahkan pada 2012, sehingga RPJPD akan direvisi untuk disesuaikan dengan RTRW.(ant/ev)

Pemkab Siapkan Festival Danau Sentani

Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, hingga kinitengah mempersiapkan kegiatan akbar Festival Danau Sentani yang berlokasi di Kampung Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Keanekaragaman Hayati Penting Untuk Kemajuan Ekonomi Masyarakat

Kepala Pusat Peneliti Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Witjaksono, mengatakan keanekaragaman hayati Indonesia sangat penting untuk kemajuan ekonomi, sosial, lingkungan dan pengambil keputusan pembangunan di tingkat lokal dan nasional.

BLH : Kalteng Belum Ada Perusahaan Pengumpul Limbah

Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menilai saat ini masih belum ada perusahaan yang bergerak dalam pengumpul limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Pemerintah Agar Utamakan Produk Lokal

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat disarankan untuk mengutamakan pembelian berbagai hasil produksi lokal untuk menumbuh kembangkan semangat masyarakat yang produktif berwiraswasta.

Disbun Bentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Lahan

Dinas Perkebunan Provinsi Jambi membentuk brigade pengendalian kebakaran lahan dan kebun tingkat provinsi serta Kabupaten dan Kota sejak memasuki musim kemarau April lalu.