Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Legislator: Ambruknya Dermaga Bedugul Akibat Kecerobohan Pengelola

dermaga bedugul, kecerobohan pengelola, objek wisata, danau beratan, denpasar, bali

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 315

Anggota DPRD Provinsi Bali Gusti Putu Widjera menganggap, ambruknya dermaga II Danau Beratan yang menewaskan dua wisatawan asal Tuban, Jawa Timur, akibat kecerobohan pengelola objek wisata yang berada di kawasan Bedugul, Kabupaten Tabanan, itu.

"Ini jelas faktor kecerobohan dari pihak pengelola pariwisata Danau Beratan karena sampai dermaga tersebut ambruk yang menyebabkan pengunjung kecemplung ke dalam danau," kata mantan Kepala Penerangan Kabupaten Tabanan itu di Denpasar.

Ia mendesak pihak pengelola objek wisata Danau Beratan memperhatikan dan memelihara dengan baik kondisi dermaga tersebut. "Kalau mereka melakukan perawatan dermaga dengan baik, tidak mungkin hal itu terjadi," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Bali itu.

Dua siswa SMA Negeri 1 Plumpang, Kabupaten Tuban, yakni Selamet (17) dan Sri Utami (17), tewas akibat dermaga II Danau Beratan ambruk, Sabtu (5/1) petang.

Saat itu kedua korban dan 10 rekan satu sekolahannya yang berwisata ke Pulau Dewata foto bersama di atas dermaga yang terbuat dari papan kayu itu.

"Kalau memang kondisinya rusak, semestinya pihak pengelola harus menutup sementara dan memperbaiki, termasuk juga memasang rambu-rambu larangan yang jelas, sehingga pengunjung mengurungkan niatnya berdiri di dermaga itu," kata Widjera yang juga mantan Wakil Bupati Karangasem tersebut.

Ia mengharapkan kepada semua pengelola wisata di Pulau Dewata untuk memperhatikan objek yang dikelola sehingga pengunjung merasa nyaman dan mengindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Kalau sudah ada kejadian baru ada upaya akan memperbaiki, jelas tindakan ini terlambat. Dan ini juga menjadi taruhan bagi citra pariwisata, khususnya pariwisata di Bedugul," kata Widjera.

Sementara itu, Wakil Bupati Tabanan Nyoman Gede Sanjaya meminta pengelola objek wisata itu mengganti dermaga kayu tersebut dengan beton.

"Ini untuk keselamatan pengunjung objek wisata tersebut," katanya di sela-sela meninjau lokasi kejadian, Minggu (6/1). (ant/ed)

Forum MD2 Bertekad Amandemen UU Keuangan

Forum Anggota MPR, DPR dan DPD (MD2) dengan asal dari Riau bertekad memperjuangkan amandemen Undang-undang No.

Pemkot Luncurkan Layanan Perizinan 'Mobile'

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, meluncurkan program layanan perizinan "mobile" agar lebih transparan soal pembiayaan dan mudah dijangkau masyarakat setempat.

Dinkes Dirikan Pos Kesehatan Natal

Dinas Kesehatan Kota Medan mendirikan 10 pos kesehatan yang tergabung bersama petugas kepolisian untuk mengantisipasi mudik Natal dan Tahun Baru.

Tiongkok Berniat Bantu Rusia Atasi Krisis Ekonomi

Tiongkok berniat membantu Rusia jika dibutuhkan meski di sisi lain yakin bahwa Moskow punya kemampuan untuk mengatasi sendiri krisis ekonomi yang tengah mendera negara tersebut, demikian pernyataan Menteri Luar Negeri Wang Yi sebagaimana dikutip dari surat kabar China Daily Senin.

Sawit Sumber Mas Akuisisi Dua Perusahaan

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk akan mengakuisisi dua perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah sebagai upaya perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan produksi, operasional serta finansial perseroan.