Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Legislator: Ambruknya Dermaga Bedugul Akibat Kecerobohan Pengelola

dermaga bedugul, kecerobohan pengelola, objek wisata, danau beratan, denpasar, bali

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 315

Anggota DPRD Provinsi Bali Gusti Putu Widjera menganggap, ambruknya dermaga II Danau Beratan yang menewaskan dua wisatawan asal Tuban, Jawa Timur, akibat kecerobohan pengelola objek wisata yang berada di kawasan Bedugul, Kabupaten Tabanan, itu.

"Ini jelas faktor kecerobohan dari pihak pengelola pariwisata Danau Beratan karena sampai dermaga tersebut ambruk yang menyebabkan pengunjung kecemplung ke dalam danau," kata mantan Kepala Penerangan Kabupaten Tabanan itu di Denpasar.

Ia mendesak pihak pengelola objek wisata Danau Beratan memperhatikan dan memelihara dengan baik kondisi dermaga tersebut. "Kalau mereka melakukan perawatan dermaga dengan baik, tidak mungkin hal itu terjadi," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Bali itu.

Dua siswa SMA Negeri 1 Plumpang, Kabupaten Tuban, yakni Selamet (17) dan Sri Utami (17), tewas akibat dermaga II Danau Beratan ambruk, Sabtu (5/1) petang.

Saat itu kedua korban dan 10 rekan satu sekolahannya yang berwisata ke Pulau Dewata foto bersama di atas dermaga yang terbuat dari papan kayu itu.

"Kalau memang kondisinya rusak, semestinya pihak pengelola harus menutup sementara dan memperbaiki, termasuk juga memasang rambu-rambu larangan yang jelas, sehingga pengunjung mengurungkan niatnya berdiri di dermaga itu," kata Widjera yang juga mantan Wakil Bupati Karangasem tersebut.

Ia mengharapkan kepada semua pengelola wisata di Pulau Dewata untuk memperhatikan objek yang dikelola sehingga pengunjung merasa nyaman dan mengindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Kalau sudah ada kejadian baru ada upaya akan memperbaiki, jelas tindakan ini terlambat. Dan ini juga menjadi taruhan bagi citra pariwisata, khususnya pariwisata di Bedugul," kata Widjera.

Sementara itu, Wakil Bupati Tabanan Nyoman Gede Sanjaya meminta pengelola objek wisata itu mengganti dermaga kayu tersebut dengan beton.

"Ini untuk keselamatan pengunjung objek wisata tersebut," katanya di sela-sela meninjau lokasi kejadian, Minggu (6/1). (ant/ed)

KPU Diminta Perinci Tahapan Pilkada 2015

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, menyarankan agar Komisi Pemilihan Umum merancang tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak dengan rinci sehingga tidak melewati tahun 2015, kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Djohermansyah Djohan.

Bengkulu Tergenang Banjir

Sejumlah wilayah di Kota Bengkulu tergenang akibat tingginya curah hujan yang terjadi di kota tersebut beberapa hari terakhir.

Insa Usulkan Dua Rute Tol Laut

Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (Insa) mengusulkan ke Kementerian Perhubungan dua rute tol laut yang akan dilaksanakan secara bertahap dengan mengoptimalkan rute pelayaran kontainer serta layanan keperintisan.

Sumsel Akan Kurangi Perjalanan Dinas

Pemerintah Provinsi Sumatera akan mengurangi perjalan dinas untuk menghemat dana sesuai dengan keputusan pemerintah pusat agar setiap provinsi dan kabupaten serta kota melakukan penghematan anggaran.

Vaksin Ebola Glaxo Lewati Ujian Awal

Percobaan Vaksin virus Ebola yang dibuat oleh perusahaan farmasi AS Glaxo Smith Kline berhasil melewati tes tahap pertama tanpa menimbulkan efek samping yang serius pada beberapa sukarelawan yang diuji.