Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Legislator: Ambruknya Dermaga Bedugul Akibat Kecerobohan Pengelola

dermaga bedugul, kecerobohan pengelola, objek wisata, danau beratan, denpasar, bali

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 315

Anggota DPRD Provinsi Bali Gusti Putu Widjera menganggap, ambruknya dermaga II Danau Beratan yang menewaskan dua wisatawan asal Tuban, Jawa Timur, akibat kecerobohan pengelola objek wisata yang berada di kawasan Bedugul, Kabupaten Tabanan, itu.

"Ini jelas faktor kecerobohan dari pihak pengelola pariwisata Danau Beratan karena sampai dermaga tersebut ambruk yang menyebabkan pengunjung kecemplung ke dalam danau," kata mantan Kepala Penerangan Kabupaten Tabanan itu di Denpasar.

Ia mendesak pihak pengelola objek wisata Danau Beratan memperhatikan dan memelihara dengan baik kondisi dermaga tersebut. "Kalau mereka melakukan perawatan dermaga dengan baik, tidak mungkin hal itu terjadi," kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Bali itu.

Dua siswa SMA Negeri 1 Plumpang, Kabupaten Tuban, yakni Selamet (17) dan Sri Utami (17), tewas akibat dermaga II Danau Beratan ambruk, Sabtu (5/1) petang.

Saat itu kedua korban dan 10 rekan satu sekolahannya yang berwisata ke Pulau Dewata foto bersama di atas dermaga yang terbuat dari papan kayu itu.

"Kalau memang kondisinya rusak, semestinya pihak pengelola harus menutup sementara dan memperbaiki, termasuk juga memasang rambu-rambu larangan yang jelas, sehingga pengunjung mengurungkan niatnya berdiri di dermaga itu," kata Widjera yang juga mantan Wakil Bupati Karangasem tersebut.

Ia mengharapkan kepada semua pengelola wisata di Pulau Dewata untuk memperhatikan objek yang dikelola sehingga pengunjung merasa nyaman dan mengindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Kalau sudah ada kejadian baru ada upaya akan memperbaiki, jelas tindakan ini terlambat. Dan ini juga menjadi taruhan bagi citra pariwisata, khususnya pariwisata di Bedugul," kata Widjera.

Sementara itu, Wakil Bupati Tabanan Nyoman Gede Sanjaya meminta pengelola objek wisata itu mengganti dermaga kayu tersebut dengan beton.

"Ini untuk keselamatan pengunjung objek wisata tersebut," katanya di sela-sela meninjau lokasi kejadian, Minggu (6/1). (ant/ed)

WWF : Butuh Rp7.582 Triliun Rehabilitasi Hutan NTT

Pimpinan WWF Indonesia Ridha Hakim mengatakan pemerintah perlu mengalokasikan anggaran sebesar RpRp7.

Moody's Pertahankan Peringkat Prancis Pada Prospek Negatif

Moody's tetap mempertahankan peringkat negatifnya untuk Prancis pada Jumat, namun -- meskipun laporan sebelumnya -- tidak membahas penurunan peringkat ekonomi yang sedang kesulitan itu.

Kredit Perbankan Bermasalah Di Bali Rp879 Miliar

Bank Indonesia (BI) wilayah III Bali-Nusa Tenggara memprediksi kondisi rasio kredit bermasalah atau Non-Performing Loan (NPL) perbankandi tahun 2014 akan meningkat, dalam triwulan II-2014 tercatat Rp879 miliar.

Diskes Denpasar-JICA Kerja Sama Selenggarakan 'TCTP'

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Luh Putu Sri Armini mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan JICA menyelenggarakan 'The Third Country Training Program (TCTP)' Buku Kesehatan Ibu dan Anak.

BPBD Malang : Daerah Krisis Air Bersih Bertambah

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Hafie Lutfi, menyatakan daerah yang mengalami krisis air bersih bertambah karena kecamatan yang sebelumnya tidak pernah mengajukan dropping air, sekarang minta dipasok air bersih.