Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kuota Bidik Misi Universitas Brawijaya Bertambah

bidik misi, universitas brawijaya, malang

Posted on 22 Jan 2013. Hits : 1426

Kuota mahasiswa yang diterima melalui jalur Bidik Misi di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, terus bertambah, yakni dari 500 mahasiswa pada tahun 2011 menjadi 1.250 pada tahun 2012.

"Tahun ini kemungkinan besar kuotanya juga bertambah lagi menjadi 1.500 mahasiswa. Yang bertambah ini bukan hanya kuotanya, tapi jumlah pendaftarnya juga terus meningkat," kata Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Yogi Sugito di Malang, Selasa.

Karena jumlah pendaftar yang terus meningkat, kata Yogi, maka seleksi yang dilakukan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru juga diperketat agar tidak sampai salah sasaran, bahkan tim juga melakukan kunjungan ke rumah calon penerima Bidik Misi tersebut.

Ia juga mengaku heran kenapa kuota mahasiswa dari jalur Bidik Misi di kampus yang dipimpinnya selalu bertambah dan lebih banyak dari kampus negeri lain yang ada di Kota Malang, seperti Universitas Negeri Malang (UM) maupun Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki).

Kuota mahasiswa Bidik Misi di UM tahun 2012 sebanyak 550 mahasiswa dan di UIN Maliki hanya 170 mahasiswa. Dan, tahun ini kemungkinan besar juga tidak akan ada perbedaan secara signifikan.

Sementara PR I UB Prof Dr Bambang Suharto sebelumnya mengatakan, Bidik Misi tersebut tidak hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA 2013, tapi juga lulusan tahun 2011-2012, asalkan memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan.

Hanya saja, kata Bambang, untuk siswa lulusan 2011 dan 2012 harus mendaftar terlebih dahulu ke laman www.bidikmisi.dikti.go.id. Setelah mendaftar, mereka wajib mengikuti tes tulis melalui seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SMPTN).

Sedangkan untuk angkatan 2013 (fresh graduate), lanjutnya, tidak perlu mengikuti SMPTN karena sekolah sudah mendaftarkannya melalui jalur undangan, kecuali yang tidak lolos pada jalur undangan, maka harus mendaftar SMPTN. (ant/ed)

Rumah Sakit Wisata Harapkan Pengalihan Pasien Jamkesda

Pihak Rumah Sakit Wisata Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar berharap Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dapat mengalihkan pasien Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke fasilitas pelayanan kesehatan baru tersebut.

Polres Balangan Razia Obat Terlarang

Kepolisian Resor Balangan, Kalimantan Selatan, merazia peredaran obat terlarang daftar G yang kini marak diperjualbelikan di wilayahnya.

Organisasi Persatuan Alumni GMNI Didesak Jadi Presidium

Sejumlah kalangan mendesak agar format organisasi persatuan alumni GMNI berbentuk presidium karena lebih merealisasikan konsep gotong-royong dalam organisasi.

Perbatasan Kolombia-Venezuela Ditutup

Seorang pria ditembak dan tewas dalam bentrokan antara penjaga nasional Venezuela dan para pedagang yang memasukkan barang dagangan ke Kolombia sehingga mendorong pihak otoritas untuk menutup penyeberangan perbatasan utama antara kedua negara.

Situasi di MMalangsari Sudah Kondusif

Situasi keamanan di Desa Malangsari Kabupaten Lampung Selatan pada Kamis sudah kondusif, namun personel gabungan masih berjaga di daerah tersebut.