Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kuota Bidik Misi Universitas Brawijaya Bertambah

bidik misi, universitas brawijaya, malang

Posted on 22 Jan 2013. Hits : 1426

Kuota mahasiswa yang diterima melalui jalur Bidik Misi di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, terus bertambah, yakni dari 500 mahasiswa pada tahun 2011 menjadi 1.250 pada tahun 2012.

"Tahun ini kemungkinan besar kuotanya juga bertambah lagi menjadi 1.500 mahasiswa. Yang bertambah ini bukan hanya kuotanya, tapi jumlah pendaftarnya juga terus meningkat," kata Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Yogi Sugito di Malang, Selasa.

Karena jumlah pendaftar yang terus meningkat, kata Yogi, maka seleksi yang dilakukan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru juga diperketat agar tidak sampai salah sasaran, bahkan tim juga melakukan kunjungan ke rumah calon penerima Bidik Misi tersebut.

Ia juga mengaku heran kenapa kuota mahasiswa dari jalur Bidik Misi di kampus yang dipimpinnya selalu bertambah dan lebih banyak dari kampus negeri lain yang ada di Kota Malang, seperti Universitas Negeri Malang (UM) maupun Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki).

Kuota mahasiswa Bidik Misi di UM tahun 2012 sebanyak 550 mahasiswa dan di UIN Maliki hanya 170 mahasiswa. Dan, tahun ini kemungkinan besar juga tidak akan ada perbedaan secara signifikan.

Sementara PR I UB Prof Dr Bambang Suharto sebelumnya mengatakan, Bidik Misi tersebut tidak hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA 2013, tapi juga lulusan tahun 2011-2012, asalkan memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan.

Hanya saja, kata Bambang, untuk siswa lulusan 2011 dan 2012 harus mendaftar terlebih dahulu ke laman www.bidikmisi.dikti.go.id. Setelah mendaftar, mereka wajib mengikuti tes tulis melalui seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SMPTN).

Sedangkan untuk angkatan 2013 (fresh graduate), lanjutnya, tidak perlu mengikuti SMPTN karena sekolah sudah mendaftarkannya melalui jalur undangan, kecuali yang tidak lolos pada jalur undangan, maka harus mendaftar SMPTN. (ant/ed)

Kido/hendra Menikmati Pergantian Strategi Bermain

Ganda putra Jaya Raya Jakarta Markis Kido/Hendra Setiawan masih menikmati bermain bersama dengan mengubah strategi saat menghadapi pasangan Mutiara Cardinal Bandung dalam babak penyisihan Djarum Superliga Badminton 2015 di Denpasar, Rabu malam.

Batam Luncurkan Layanan Izin Peralihan Hak Online

Badan Pengusahaan (BP) Batam menerapkan layanan online untuk mempermudah pengurusan izin peralihan hak (IPH) atas lahan yang selama ini dikeluhkan pengembang karena dinilai berbelit-belit sehingga memakan waktu yang lama.

PFI Akan Gelar Pameran Filateli Internasional Asia

Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) akan menggelar Pameran Filateli Internasional Asia ke-33 pada 2017 diperkirakan diikuti puluhan federasi filateli.

47 Anak Usia Sekolah Pekanbaru Terjerat Hukum

Pejabat Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengatakan selama 2014 tercatat 47 anak usia sekolah di wilayahnya terjerat kasus hukum atas tindak kejahatan yang mereka lakukan.

Revisi PP Gambut Pakai Permentan No.14/2009

Peneliti gambut tropis Universitas Riau menyatakan idealnya revisi peraturan pemerintah memakai Peraturan Menteri Pertanian No.