Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kuota Bidik Misi Universitas Brawijaya Bertambah

bidik misi, universitas brawijaya, malang

Posted on 22 Jan 2013. Hits : 1426

Kuota mahasiswa yang diterima melalui jalur Bidik Misi di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, terus bertambah, yakni dari 500 mahasiswa pada tahun 2011 menjadi 1.250 pada tahun 2012.

"Tahun ini kemungkinan besar kuotanya juga bertambah lagi menjadi 1.500 mahasiswa. Yang bertambah ini bukan hanya kuotanya, tapi jumlah pendaftarnya juga terus meningkat," kata Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Yogi Sugito di Malang, Selasa.

Karena jumlah pendaftar yang terus meningkat, kata Yogi, maka seleksi yang dilakukan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru juga diperketat agar tidak sampai salah sasaran, bahkan tim juga melakukan kunjungan ke rumah calon penerima Bidik Misi tersebut.

Ia juga mengaku heran kenapa kuota mahasiswa dari jalur Bidik Misi di kampus yang dipimpinnya selalu bertambah dan lebih banyak dari kampus negeri lain yang ada di Kota Malang, seperti Universitas Negeri Malang (UM) maupun Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki).

Kuota mahasiswa Bidik Misi di UM tahun 2012 sebanyak 550 mahasiswa dan di UIN Maliki hanya 170 mahasiswa. Dan, tahun ini kemungkinan besar juga tidak akan ada perbedaan secara signifikan.

Sementara PR I UB Prof Dr Bambang Suharto sebelumnya mengatakan, Bidik Misi tersebut tidak hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA 2013, tapi juga lulusan tahun 2011-2012, asalkan memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan.

Hanya saja, kata Bambang, untuk siswa lulusan 2011 dan 2012 harus mendaftar terlebih dahulu ke laman www.bidikmisi.dikti.go.id. Setelah mendaftar, mereka wajib mengikuti tes tulis melalui seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SMPTN).

Sedangkan untuk angkatan 2013 (fresh graduate), lanjutnya, tidak perlu mengikuti SMPTN karena sekolah sudah mendaftarkannya melalui jalur undangan, kecuali yang tidak lolos pada jalur undangan, maka harus mendaftar SMPTN. (ant/ed)

Pemkot Bekasi Tambah 60 Truk Sampah Baru

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan membeli 60 unit truk pengangkut sampah yang baru senilai Rp28 milliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan 2015.

BPBD : Gempa Garut Tidak Berdampak Kerusakan

Badan Penanggulangan Bencana DaerahKabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan bencana gempa bumi di barat daya Garut tidak berdampak kerusakan pada rumah penduduk atau bangunan fasilitas umum.

Dinas Pengairan Bojonegoro Selesaikan Pembangunan 40 Embung

Dinas Pengairan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sudah menyelesaikan pembangunan 40 embung secara swakolola di tanah kas desa dari target 55 embung dengan alokasi anggaran Rp4 miliar dari APBD 2015 pada awal September 2015.

Djokovic Dan Cilic Melaju Ke Putaran Keempat AS Terbuka

Unggulan teratas Novak Djokovic dan juara bertahan Marin Cilic menggunakan jalan yang berbeda menuju putaran keempat AS Terbuka, ketika berbagai kejutan serta panas yang menyengat tidak terjadi di Flushing Meadows pada Jumat.

Pj Bupati Minta GP Ansor Bangun Waykanan

Penjabat Bupati Waykanan Provinsi Lampung Albar Hasan Tanjung meminta seluruh elemen masyarakat, termasuk organisasi kepemudaan seperti Gerakan Pemuda Ansor, untuk membangun daerah yang berada di selatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan itu.