Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kuota Bidik Misi Universitas Brawijaya Bertambah

bidik misi, universitas brawijaya, malang

Posted on 22 Jan 2013. Hits : 1426

Kuota mahasiswa yang diterima melalui jalur Bidik Misi di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, terus bertambah, yakni dari 500 mahasiswa pada tahun 2011 menjadi 1.250 pada tahun 2012.

"Tahun ini kemungkinan besar kuotanya juga bertambah lagi menjadi 1.500 mahasiswa. Yang bertambah ini bukan hanya kuotanya, tapi jumlah pendaftarnya juga terus meningkat," kata Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Yogi Sugito di Malang, Selasa.

Karena jumlah pendaftar yang terus meningkat, kata Yogi, maka seleksi yang dilakukan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru juga diperketat agar tidak sampai salah sasaran, bahkan tim juga melakukan kunjungan ke rumah calon penerima Bidik Misi tersebut.

Ia juga mengaku heran kenapa kuota mahasiswa dari jalur Bidik Misi di kampus yang dipimpinnya selalu bertambah dan lebih banyak dari kampus negeri lain yang ada di Kota Malang, seperti Universitas Negeri Malang (UM) maupun Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki).

Kuota mahasiswa Bidik Misi di UM tahun 2012 sebanyak 550 mahasiswa dan di UIN Maliki hanya 170 mahasiswa. Dan, tahun ini kemungkinan besar juga tidak akan ada perbedaan secara signifikan.

Sementara PR I UB Prof Dr Bambang Suharto sebelumnya mengatakan, Bidik Misi tersebut tidak hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA 2013, tapi juga lulusan tahun 2011-2012, asalkan memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan.

Hanya saja, kata Bambang, untuk siswa lulusan 2011 dan 2012 harus mendaftar terlebih dahulu ke laman www.bidikmisi.dikti.go.id. Setelah mendaftar, mereka wajib mengikuti tes tulis melalui seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SMPTN).

Sedangkan untuk angkatan 2013 (fresh graduate), lanjutnya, tidak perlu mengikuti SMPTN karena sekolah sudah mendaftarkannya melalui jalur undangan, kecuali yang tidak lolos pada jalur undangan, maka harus mendaftar SMPTN. (ant/ed)

LBH TKI Dukung Jumhur Ikuti Konvensi Demokrat

Forum Komunikasi Lembaga Bantuan Hukum Tenaga Kerja Indonesia (LBH TKI) mendukung tokoh muda Moh Jumhur Hidayat mengikuti konvensi calon presiden dan wapres dari Partai Demokrat.

Nelayan Cilacap Enggan Melaut Akibat Cuaca Buruk

Ribuan nelayan yang tersebar di berbagai wilayah Cilacap enggan melaut akibat cuaca buruk yang terjadi di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menteri Mesir : Peringatan AS Agar Warganya Tak Kunjungi Piramida Tak Dapat Dibenarkan

Menteri Mesir Urusan Barang Antik menggambarkan peringatan baru-baru ini oleh Kedutaan Besar AS di Kairo bahwa warganegara AS mesti menghindari kunjungan ke Piramida sebagai tak bisa dibenarkan, kata kantor berita resmi Mesir, MENA.

Presiden Filipina Perintahkan Penyelidikan Ledakan Di Metro Manila

Presiden Filipina Benigno Aquino III telah memerintahkan semua instansi pemerintah terkait untuk menyatukan keahlian mereka untuk menentukan penyebab ledakan keras di satu kondominium mewah di Metro Manila Jumat malam, kata seorang pejabat senior pemerintahSabtu.

PM Kamboja Yakin Menang Dalam Pemilihan Mendatang

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen Sabtu mengatakan bahwa Partai Rakyat Kamboja-nya pasti akan menang telak dalam pemilihan umum Juli dan menyarankan para menterinya untuk mempersiapkan pelaksanaan rencana aksi lima tahun berikutnya dalam periode baru pemerintah mendatang.