Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kunjungi Festival Gura Ici di Maluku Utara

festival, gura ici, maluku utara, pemerintah

Posted on 17 Jun 2013. Hits : 331

Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menampilkan kekhasan budaya dari sepuluh kabupaten/kota di Malut pada Festival Gura Ici di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pada 26-27 Juni 2013.

Sekretaris Provinsi Malut Husen Madjid mengatakan di Ternate, Senin, seluruh pemerintah kabupaten/kota di Malut telah menyiapkan berbagai budaya khas masing-masing, terutama berupa tarian dan kesenian tradisional untuk ditampilkan pada festival tahunan tersebut.

Festival yang telah masuk dalam kalender kegiatan pariwisata nasional tersebut akan dipusatkan di Pulau Lelei, salah satu lokasi kawasan wisata Gura Ici, yang selama ini terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya.

Ia mengatakan, Pemprov Malut juga telah menyiapkan berbagai kegiatan lainnya untuk menyemarakan festival tersebut, seperti berbagai jenis lomba yang terkait dengan kebaharian, di antaranya lomba renang, lomba dayung dan lomba fotografi bawah laut.

Selain itu, akan dimeriahkan pula dengan kegiatan wisata bawah laut pada puluhan titik penyelaman yang selama ini terkenal memiliki keindahan panorama bawah laut, baik dari segi terumbu karang maupun keragaman jenis ikan.

"Menyelam di kawasan wisata Perairan Gura Ici akan menyaksikan berbagai pemandangan menarik yang jarang terdapat di daerah lain, seperti atraksi ikan pari raksasa, berbagai jenis hiu dan lumba-lumba," katanya.

Pemprov Malut telah menyiapkan sarana transportasi laut dari Ternate ke Pulau Lelei yang akan dimanfaatkan para wisatawan, sedangkan untuk akomodasi selain memanfaatkan sejumlah vila di kawasan itu, juga menggunakan rumah warga setempat.

Ia menambahkan, pelaksanaan Festival Gura Ici tersebut memang bertepatan dengan masa kampanye pilkada Malut, namun dipastikan tidak akan mempengaruhi kemeriahan penyelenggaraan festival itu.

Pemprov Malut mengimbau para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk tidak khwatir menghadiri festival tersebut walaupun bertempatan dengan momentum pelaksanaan kampanye pilkada, karena aparat keamanan setempat menjamin stabilitas keamanan di daerah ini. (bn/ant)

SatPol PP Lombok Barat Gusur PKL Membandel

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menggusur puluhan lapak pedagang kaki lima mulai dari kawasan Jalan TGH Lopan hingga Giri Menang Square karena dinilai melanggar aturan.

Dinsos Perhatikan Bakat Seni Anak Jalanan

Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta rencananya akan memberikan perhatian khusus terhadap bakat atau talenta yang dimiliki anak jalanan di bidang seni dan budaya.

DPRD Minta Dishub Pantau Truk Batu Bara

DPRD Batanghari, Jambi melalui Ketua Komisi II M. Amin.

Pemkab Bekasi Pastikan Venue Porda Jabar Siap

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memastikan seluruh venue atau arena pertandingan Pekan Olahraga Daerah Jabar XII/2014 telah siap dipergunakan pada November mendatang.

Ajak Generasi Muda Lebih Cintai Angkutan Umum, UPL TransJakarta Adakan 'TJ Goes to School'

Program TJ Goes to School digulirkan dengan tujuan masyarakat dan generasi muda lebih menyukai angkutan umum daripada pribadi.