Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kunjungi Festival Gura Ici di Maluku Utara

festival, gura ici, maluku utara, pemerintah

Posted on 17 Jun 2013. Hits : 331

Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menampilkan kekhasan budaya dari sepuluh kabupaten/kota di Malut pada Festival Gura Ici di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pada 26-27 Juni 2013.

Sekretaris Provinsi Malut Husen Madjid mengatakan di Ternate, Senin, seluruh pemerintah kabupaten/kota di Malut telah menyiapkan berbagai budaya khas masing-masing, terutama berupa tarian dan kesenian tradisional untuk ditampilkan pada festival tahunan tersebut.

Festival yang telah masuk dalam kalender kegiatan pariwisata nasional tersebut akan dipusatkan di Pulau Lelei, salah satu lokasi kawasan wisata Gura Ici, yang selama ini terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya.

Ia mengatakan, Pemprov Malut juga telah menyiapkan berbagai kegiatan lainnya untuk menyemarakan festival tersebut, seperti berbagai jenis lomba yang terkait dengan kebaharian, di antaranya lomba renang, lomba dayung dan lomba fotografi bawah laut.

Selain itu, akan dimeriahkan pula dengan kegiatan wisata bawah laut pada puluhan titik penyelaman yang selama ini terkenal memiliki keindahan panorama bawah laut, baik dari segi terumbu karang maupun keragaman jenis ikan.

"Menyelam di kawasan wisata Perairan Gura Ici akan menyaksikan berbagai pemandangan menarik yang jarang terdapat di daerah lain, seperti atraksi ikan pari raksasa, berbagai jenis hiu dan lumba-lumba," katanya.

Pemprov Malut telah menyiapkan sarana transportasi laut dari Ternate ke Pulau Lelei yang akan dimanfaatkan para wisatawan, sedangkan untuk akomodasi selain memanfaatkan sejumlah vila di kawasan itu, juga menggunakan rumah warga setempat.

Ia menambahkan, pelaksanaan Festival Gura Ici tersebut memang bertepatan dengan masa kampanye pilkada Malut, namun dipastikan tidak akan mempengaruhi kemeriahan penyelenggaraan festival itu.

Pemprov Malut mengimbau para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk tidak khwatir menghadiri festival tersebut walaupun bertempatan dengan momentum pelaksanaan kampanye pilkada, karena aparat keamanan setempat menjamin stabilitas keamanan di daerah ini. (bn/ant)

20 Persen Perumahan Bandarlampung Tak Miliki TPU

Sebanyak 20 persen perumahan di Kota Bandarlampung belum memiliki tempat pemakaman umum (TPU), yang seharusnya disiapkan berdasarkan perwali nomor 76 tahun 1992.

REI Diminta Bangun Rumah Murah di Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo meminta Real Estate Indonesia (REI) Sulsel mengembangkan pembangunan rumah bagi masyarakat miskin di wilayah itu.

Menteri Korsel Desak Korut Terima Tawaran Dialog

Tokoh penting Korea Selatan mengenai Korea Utara Rabu menyerukan untuk "berhati-hati dan bijaksana" mengenai keputusan Pyongyang atas penawaran pembicaraan tingkat tinggi Seoul.

Audit Pertamina dan PLN Diharapkan Segera Rampung

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berharap dapat menuntaskan tinjauan pemeriksaan terhadap PT Pertamina dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada Oktober 2014, agar dapat menyimpulkan acuan harga jual solar untuk kedua BUMN itu.

Anderlecht Paksa Galatasaray Main Imbang

Gol pada fase akhir pertandingan dari Burak Yilmaz membuat Galatasaray bermain imbang 1-1 dengan Anderlecht pada pertandingan pembukaan Grup D Liga Champions mereka yang dimainkan Selasa (Rabu WIB), setelah Dennis Praet membuat tim tamu berada di jalur untuk membawa pulang kemenangan.