Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kunjungi Festival Gura Ici di Maluku Utara

festival, gura ici, maluku utara, pemerintah

Posted on 17 Jun 2013. Hits : 331

Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menampilkan kekhasan budaya dari sepuluh kabupaten/kota di Malut pada Festival Gura Ici di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pada 26-27 Juni 2013.

Sekretaris Provinsi Malut Husen Madjid mengatakan di Ternate, Senin, seluruh pemerintah kabupaten/kota di Malut telah menyiapkan berbagai budaya khas masing-masing, terutama berupa tarian dan kesenian tradisional untuk ditampilkan pada festival tahunan tersebut.

Festival yang telah masuk dalam kalender kegiatan pariwisata nasional tersebut akan dipusatkan di Pulau Lelei, salah satu lokasi kawasan wisata Gura Ici, yang selama ini terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya.

Ia mengatakan, Pemprov Malut juga telah menyiapkan berbagai kegiatan lainnya untuk menyemarakan festival tersebut, seperti berbagai jenis lomba yang terkait dengan kebaharian, di antaranya lomba renang, lomba dayung dan lomba fotografi bawah laut.

Selain itu, akan dimeriahkan pula dengan kegiatan wisata bawah laut pada puluhan titik penyelaman yang selama ini terkenal memiliki keindahan panorama bawah laut, baik dari segi terumbu karang maupun keragaman jenis ikan.

"Menyelam di kawasan wisata Perairan Gura Ici akan menyaksikan berbagai pemandangan menarik yang jarang terdapat di daerah lain, seperti atraksi ikan pari raksasa, berbagai jenis hiu dan lumba-lumba," katanya.

Pemprov Malut telah menyiapkan sarana transportasi laut dari Ternate ke Pulau Lelei yang akan dimanfaatkan para wisatawan, sedangkan untuk akomodasi selain memanfaatkan sejumlah vila di kawasan itu, juga menggunakan rumah warga setempat.

Ia menambahkan, pelaksanaan Festival Gura Ici tersebut memang bertepatan dengan masa kampanye pilkada Malut, namun dipastikan tidak akan mempengaruhi kemeriahan penyelenggaraan festival itu.

Pemprov Malut mengimbau para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk tidak khwatir menghadiri festival tersebut walaupun bertempatan dengan momentum pelaksanaan kampanye pilkada, karena aparat keamanan setempat menjamin stabilitas keamanan di daerah ini. (bn/ant)

Retribusi Izin Trayek Oku Terealisasi 6,41 Persen

Retribusi izin trayek di Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan hingga Juli 2014 baruterealisasi 6,41 persen.

Legistator Pamekasan Minta Pemkab Selesaikan Kasus Hotel

Hosnan Achmadi, anggota DPRD Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, minta pemkab setempat segera menyelesaikan kasus hotel di Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, yang pembangunanannya dihentikan dengan alasan khawatir akan menjadi tempat maksiat.

Jalan Tembus TNKS Masuk Tata Ruang Mukomuko

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memasukkan jalan tembus yang membelah kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dalam tata ruang daerah itu.

Ajub Suratman Kepala Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi menghadiri serah terima jabatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di provinsi tersebut dari Rachmat Prio Sutardjo, Bc.

Pelatih Mitra Evaluasi Lini Belakang

Pelatih Mitra Kukar Stefan Hansson akan mengevaluasi lini belakang tim besutannya pasca kekalahan 2-4 atas tim tamu Persebaya Surabaya, Jatim, dalam laga lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kaltim, Selasa.