Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Kabupaten Pesisir Selatan Lantik 75 PPK

melantik 75 anggota panitia pemilihan kecamatan, pemilihan umum 2014

Posted on 09 Mar 2013. Hits : 498

Ketua Komisi Pemilihan UmumKabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Toni Marsi melantik 75 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk bertugas pada Pemilihan Umum 2014.

Anggota PPK yang dilantik ini nantinya akan bertugas pada 15 kecamatan yang ada di kabupaten ini, masing masing kecamatan lima orang. Tugas PPK sangat berat sebagai pelaksana Pemilu Legislatif dan Presiden mendatang. Untuk itu PPK harus bersih, punya integritas dan memiliki jiwa kepemimpinan, kata dia di Painan, Jumat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Sumbar Marzul Veri, Ketua DPRD Mardinas N Syair,Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pesisir Selatan Erizon, Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) kabupaten setempat, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan camat se Pesisir Selatan.

Dalam arahannya Toni Marsi mengatakan, mereka (PPK) yang dilantik merupakan hasil seleksi dari beberapa tahapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat secara ketat. Tes tersebut yakni administrasi, tertulis, serta uji kelayakan dan kepatutan.

Kata dia, pemilu yang jujur dan bersih harus diwujudkan di kabupaten itu. Untuk mewujudkannya harus diawali dengan pelaksanaan oleh PPK sebagai pelaksana di kecamatan.

"PPK merupakan ujung tombak KPU di lapangan dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden. Pemilih yang jujur itu sangat tergantung dari kejujuran para pelaksana (PPK) di lapangan, " kata dia.

Bersih atau tidaknya pelaksanaan pemilu akan ditentukan oleh PPK. Maka itu PPK harus bekerja sesuai aturan perundang undangan yang berlaku.

Sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum, ada sebanyak 14 tugas, wewenang dan kewajiban PPK sebagai pelaksana pemilu di kecamatan nanti, diantaranya melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, dan daftar pemilih tetap.

PPK juga bekerja membantu KPU Kabupaten dalam menyelenggarakan Pemilu, melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten.

Selain itu mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah kerjanya, melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam rapat yang harus dihadiri oleh saksi peserta Pemilu dan sebagainya.(ant/rd)

Kuansing Promosikan Budaya Daerah

Pemkab Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau mempromosikan seni dan budaya daerah setempat kepada peserta dan penonton yang menyaksikan iven 'Pacu Jalur' atau pacu sampan menggunakan perahu dengan panjang 24-40 meter didayung oleh 40 peserta.

Pertamina Siapkan LPG non-Subsidi 190 MT

Pertamina Area Manado menyiapkan Liquid Petroleum Gas (LPG) non subsidi di Provinsi Sulawesi Utara, sebanyak 190 metrik ton (MT) setiap hari, untuk memenuhi kebutuhan di daerah tersebut.

Ribuan Siswa Sambut Presiden

Sebanyak 4086 siswa SD hingga SMA/SMK di Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di daerah itu, 24-25 Agustus 2014.

Nonton Bareng Tayangan Putusan MK

Para komisioner dan staf Komisi Pemilihan Umum Kota Bogor, Jawa Barat, bersama-sama menonton tayangan televisi mengenai pembacaan putusan Mahkaman Konstitusi mengenai perselisihan hasil pemilihan umum presiden 2014.

Gubernur Riau : Pelaku Mutilasi Dihukum Seumur Hidup

Gubernur Riau Annas Maamun meminta para pelaku pelecehan seksual disertai pembunuhan dengan mutilasi yang merenggut tujuh korban untuk dihukum berat minimal seumur hidup.