Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPU Kabupaten Pesisir Selatan Lantik 75 PPK

melantik 75 anggota panitia pemilihan kecamatan, pemilihan umum 2014

Posted on 09 Mar 2013. Hits : 498

Ketua Komisi Pemilihan UmumKabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Toni Marsi melantik 75 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk bertugas pada Pemilihan Umum 2014.

Anggota PPK yang dilantik ini nantinya akan bertugas pada 15 kecamatan yang ada di kabupaten ini, masing masing kecamatan lima orang. Tugas PPK sangat berat sebagai pelaksana Pemilu Legislatif dan Presiden mendatang. Untuk itu PPK harus bersih, punya integritas dan memiliki jiwa kepemimpinan, kata dia di Painan, Jumat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Sumbar Marzul Veri, Ketua DPRD Mardinas N Syair,Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pesisir Selatan Erizon, Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) kabupaten setempat, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan camat se Pesisir Selatan.

Dalam arahannya Toni Marsi mengatakan, mereka (PPK) yang dilantik merupakan hasil seleksi dari beberapa tahapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat secara ketat. Tes tersebut yakni administrasi, tertulis, serta uji kelayakan dan kepatutan.

Kata dia, pemilu yang jujur dan bersih harus diwujudkan di kabupaten itu. Untuk mewujudkannya harus diawali dengan pelaksanaan oleh PPK sebagai pelaksana di kecamatan.

"PPK merupakan ujung tombak KPU di lapangan dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden. Pemilih yang jujur itu sangat tergantung dari kejujuran para pelaksana (PPK) di lapangan, " kata dia.

Bersih atau tidaknya pelaksanaan pemilu akan ditentukan oleh PPK. Maka itu PPK harus bekerja sesuai aturan perundang undangan yang berlaku.

Sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum, ada sebanyak 14 tugas, wewenang dan kewajiban PPK sebagai pelaksana pemilu di kecamatan nanti, diantaranya melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara, dan daftar pemilih tetap.

PPK juga bekerja membantu KPU Kabupaten dalam menyelenggarakan Pemilu, melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten.

Selain itu mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah kerjanya, melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam rapat yang harus dihadiri oleh saksi peserta Pemilu dan sebagainya.(ant/rd)

Industri Tekstil Diharapkan Kurangi Pengangguran

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) berharap industri tekstil mampu menimalisasi jumlah pengangguran seiring dengan semakin luasnya pasar untuk sektor tersebut.

Mukomuko Percepat Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendorong seluruh rekanan atau pihak ketiga mempercepat kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah di daerah itu.

Kota Malang Kekurangan Ratusan Guru

Kota Malang, Jawa Timur, hingga saat ini masih kekurangan sebanyak 437 guru sekolah dasar berstatus pegawai negeri sipil, baik untuk guru kelas, guru agama maupun guru olahraga.

Sebanyak 777 Rangkaian Bunga Pecahkan Rekor Muri

Sebanyak 777 rangkaian bunga hasil kreativitas pelajar di Tabanan, Bali berhasil mencatat prestasi gemilang di Museum Rekor Indonesia (Muri), yang digelar di kawasan wisata Ulun Danu Beratan, Bedugul, Minggu.

Ratusan Karya Penyandang Disabilitas Rambah Pasar Internasional

Ratusan karya industri kreatif penyandang disabilitas di Surabaya telah merambah pasar internasional seperti ke Brazil, Virginia, Conneticut, Singapura, Jepang, Taiwan, danIndia.