Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kota Pariaman Miliki 10 Lokasi Desa Dering

pusat layanan internet kecamatan, standar pelayanan minimal

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 392

Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat saat ini telah memiliki 10 lokasi desa berdering dengan 30 SSL dari Program KPU/USO di Kementerian Komunikasi dan Informasi.

"Dari 10 lokasi itu untuk program Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) telah dibangun enam lokasi, sedangkan untuk Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) mendapatkan 4 unit," kata anggota Dewan Pengawas BP3TI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Koesmarihati, di Pariaman, Kamis.

Menurut dia, Kemenkominfo juga sudah membangun Nix internet exchange dan internasional internet exchange terutama di titik-titik tertentu, dengan tujuan operasional jaringan internet.

"Dalam pengoperasian fasilitas tersebut, para penyedia jasa dapat bekerja sama dengan UKM, koperasi dan mitra perorangan sesuai dengan standar pelayanan minimal dan teknis yang ditetapkan oleh Kemenkominfo.

Selanjutnya, koperasi dan mitra perorangan sesuai dengan standar pelayanan minimal dan teknis yang ditetapkan oleh Kementerian Kominfo,"jelas dia.

Program-program ini dimaksudkan untuk lebih menyebarluaskan akses komunikasi layanan internet di seluruh indonesia agar masyarakat dapat mengambil manfaat positif dari akses internet tersebut "Para mitra yang melaksanakan program USO dapat memberikan solusi terhadap kendala dan permasalahan yang terjadi di lapangan agar setiap permasalahan secepatnya teratasi dengan baik,"tegas Koesmarihati.

Dia mengatakan, percepatan peningkatan pemerataan fasilitas komunikasi dan informasi bagi warga masyarakat di seluruh pelosok tanah air terutama yang bermukim di pedesaan harus terus mendapatkan perhatian pemerintah.

"Kita harus dapat memanfaatkan kemudahan dan sisi positif yang ada tersedia dalam kemajuan teknologi dewasa ini, karena teknologi informasi dan komunikasi sebagai media untuk mengumpulkan, menyimpan, menye­barkan informasi dan pengetahuan adalah solusi bagi daerah-daerah pedesaan,"kata dia.

Dia menambahkan, tersedianya perangkat komputer dan akses internet, sejumlah kegiatan bisa dilakukan. Diantaranya menciptakan layanan informasi pedesaan yang memberikan informasi tentang kondisi dan potensi hasil pertanian, tersedianya media interaksi antar warga dan masyarakat di perkotaan, serta terciptanya fasilitas pembelajaran dan pendidikan berbasis TIK.

"Dengan adanya Desa Pintar, kesenjangan informasi dan pendidikan bisa teratasi. Karena dengan adanya komputer yang dilengkapi akses internet, masyarakat dapat mengakses informasi apapun termasuk dunia pendidikan dan pengetahuan lain,"ungkap dia.

Sementara itu Asisten I Pemkot Pariaman Lukman Syam menyatakan pemerataan jaringan komunikasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan aksesabilitas dalam mendapatkan berbagai informasi.

"Aksesabilitas inilah yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan mendasar dan seringkali menjadi faktor utama penyebab kemiskinan dan kebodohan," ungkap dia.

Menurut dia, saat ini dunia sedang mengalami transformasi menuju era masyarakat informasi, di mana kemajuan teknologi informasi dan komunikasi demikian pesat serta potensi pemanfaatannya secara luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat.

"Penggunaan media elektronik merupakan faktor yang penting dalam berbagai transaksi internasional terutama dalam transaksi ekonom dan pergadangan,"ungkap dia.

Kewajiban pelayanan universal di sektor telekomunikasi merupakan komitmen bersama dari seluruh negera yang tergabung dalam organisasi telekomunikasi dunia untuk menyediakan akses layanan telekomunkasi merata di seluruh wilayah di Indonesia, "Hal ini sesuai amanat UU Nomor 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi dimana kewajiban pelayanan umum ini," katanya.(ant/rd)

Pemkot Ternate Merespon Usulan Tingkatkan Wisatawan Lokal

Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, merespon usulan dinas pariwisata dan kebudayaan (Disbudpar) setempat untuk meningkatkan dan menggairahkan sektor pariwisata dengan memanfaatkan wisatawan lokal 'Ada empat program prioritas Disbudpar yang telah ditawarkan dan semua program tersebut sangat bersinergi dengan program pariwisata Kota Ternate, dimana dalam program tersebut berdampak pada meningkatnya potensi wisatawan lokal,' kata Kepala Disbudpar Kota Ternate, Anas di Ternate, Sabtu.

Jokowi Diyakini Mampu Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Duta Besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema berharap agar Presiden Indonesia Joko Widodo, diyakini mampu meningkatkan nilai kerja sama di sektor ekonomi jauh melampaui 14 miliar dolar AS.

Investor Mulai Lirik Kota Kekerabatan Maja

Investor mulai melirik Kota Kekerabatan Maja Kabupaten Lebak, Provinsi Banten karena akan dijadikan kawasan pengembangan permukiman untuk menampung warga DKI Jakarta.

BI : Perekonomian Nasional Hadapi Keterbatasan Likuiditas

Bank Indonesia (BI) menilai kondisi sistem keuangan dalam kondisi stabil namun ada masalah keterbatasan likuiditas dalam perekonomian nasional.

Pemkab Lebak Kembangkan Ternak Kambing

Pemerintah Kabupaten Lebak menganjurkan peternak mengembangkan ternak kambing guna mendorong pendapatan ekonomi, karena selain mudah memeliharanya juga prospeknya bagus.