Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kondisi Air Danau Toba "Cemar Sedang"

danua toba, cemar, blh, badan lingkungan hidup, cemar sedang, sumut

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 433

Hasil penelitian yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumatera Utara menunjukkan, saat ini air Danau Toba berada dalam kondisi "cemar sedang" sehingga diharapkan adanya upaya-upaya penyelamatan agar tingkat pencemaran tidak semakin parah.

"Hasil identifikasi terhadap lebih 20 parameter yang diteliti menunjukkan, telah terjadi pencemaran sedang terhadap air di lokasi pariwisata Danau Toba," kata Kepala BLH Sumatera Utara, Dr Ir Hidayati MSi di Parapat, Kabupaten Simalungun, Senin.

Dikatakannya, kondisi "cemar sedang" terjadi pada beberapa daerah yang terletak di pinggiran danau, sementara beberapa lokasi lainnya belum mengalami pencemaran.

Penyebab terjadinya pencemaran pada Danau yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu, diduga akibat pembuangan limbah domestik, hotel, pertanian, serta berbagai limbah lainnya di atas baku mutu yang diperbolehkan.

Sebab, kata dia, selain menjadi objek wisata, kini danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara tersebut digunakan juga sebagai tempat budidaya ikan oleh beberapa masyarakat dan sejumlah perusahaan dengan sistem keramba.

Menurut dia, peringatan terhadap semua perusahaan yang memanfaatkan Danau Toba perlu diberikan, agar mereka menunjukkan tanggungjawabnya dalam melakukan pemulihan, sehingga air Danau tersebut bisa diselamatkan.

Danau Toba merupakan satu dari 15 danau yang menjadi target penyelamatan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Lingkungan Hidup, mengingat Danau terluas di Asia Tenggara tersebut sudah cukup terkenal dalam dunia internasional.

"Perlu adanya tindakan penyelamatan, agar pencemaran air Danau Toba tidak menjadi semakin parah," kata Hidayati. (ant/ed)

NTT Target Produksi 600 Ton Benih

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menargetkan produksi 600 ton benih jagung unggul pada tahun ini untuk memenuhi kebutuhan petani setempat.

Pasar Tradisional Masih Menjadi Primadona

Di jaman modern ini pasar tradisional masih menjadi primadona untuk dikunjungi masyarakat dalam mencari kebutuhan pokok, seperti di Pasar Klender, Jakarta Timur, Rabu 27/8.

KPU Diminta Cabut SK Penetapan Wali Kota

Kuasa hukum Ismiryadi meminta KPU Kota Pangkalpinang mencabut Surat Keputusan (SK) Nomor 30 tentang Penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pangkalpinang terpilih menyusul keluarnya putusan Mahkamah Agung (MA) yang berkekuatan hukum tetap.

Ramayana Masuk Anggota SPAR

Perusahaan ritel PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk pada 1 September 2014 akan menjadi anggota organisasi SPAR Internasional B.

Kelangkaan BBM Dapat Memicu Inflasi

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Reflis, mengemukakan kelangkaan bahan bakar minyak yang terjadi di daerah itu bisa memicu laju inflasi.