Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kondisi Air Danau Toba "Cemar Sedang"

danua toba, cemar, blh, badan lingkungan hidup, cemar sedang, sumut

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 424

Hasil penelitian yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumatera Utara menunjukkan, saat ini air Danau Toba berada dalam kondisi "cemar sedang" sehingga diharapkan adanya upaya-upaya penyelamatan agar tingkat pencemaran tidak semakin parah.

"Hasil identifikasi terhadap lebih 20 parameter yang diteliti menunjukkan, telah terjadi pencemaran sedang terhadap air di lokasi pariwisata Danau Toba," kata Kepala BLH Sumatera Utara, Dr Ir Hidayati MSi di Parapat, Kabupaten Simalungun, Senin.

Dikatakannya, kondisi "cemar sedang" terjadi pada beberapa daerah yang terletak di pinggiran danau, sementara beberapa lokasi lainnya belum mengalami pencemaran.

Penyebab terjadinya pencemaran pada Danau yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu, diduga akibat pembuangan limbah domestik, hotel, pertanian, serta berbagai limbah lainnya di atas baku mutu yang diperbolehkan.

Sebab, kata dia, selain menjadi objek wisata, kini danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara tersebut digunakan juga sebagai tempat budidaya ikan oleh beberapa masyarakat dan sejumlah perusahaan dengan sistem keramba.

Menurut dia, peringatan terhadap semua perusahaan yang memanfaatkan Danau Toba perlu diberikan, agar mereka menunjukkan tanggungjawabnya dalam melakukan pemulihan, sehingga air Danau tersebut bisa diselamatkan.

Danau Toba merupakan satu dari 15 danau yang menjadi target penyelamatan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Lingkungan Hidup, mengingat Danau terluas di Asia Tenggara tersebut sudah cukup terkenal dalam dunia internasional.

"Perlu adanya tindakan penyelamatan, agar pencemaran air Danau Toba tidak menjadi semakin parah," kata Hidayati. (ant/ed)

Empat Musibah Kebakaran Landa Sangatta Selama Ramadhan

Kepala Unit Pelaksana Tehnis Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (UPT PPK) Kabupaten Kutai Timur, Failu mengatakan, selama Ramadhan terjadi empat kali musibah kebakaran rumah di Sangatta dan sekitarnya.

Kemacetan Terjadi Di Tegineneng Lampung

Arus lalu-lintas di Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, mengalami kemacetan seiring peningkatan volume kendaraan pada jalur Jalan Lintas Tengah Sumatera ini pada dua hari setelah Idul Fitri 1435 Hijriah.

Sulut Ekspor Biji Pala Ke Argentina

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor komoditas biji pala ke Argentina sebanyak 6.

Dinas Kesehatan Musirawas Imbau Pemudik Gunakan Masker

Dinas Kesehatan Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mengimbau seluruh pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk memakai masker karena peralihan cuaca saat ini kondisinya sangat terik, sehingga menimbulkan debu-debu di jalan cukup banyak.

Arus Balik Mulai Jumat

Arus balik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah melalui Bandara Sepinggan Balikpapan, diperkirakan terjadi mulai Jumat (1/8) hingga Minggu (3/8).