Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kondisi Air Danau Toba "Cemar Sedang"

danua toba, cemar, blh, badan lingkungan hidup, cemar sedang, sumut

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 433

Hasil penelitian yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumatera Utara menunjukkan, saat ini air Danau Toba berada dalam kondisi "cemar sedang" sehingga diharapkan adanya upaya-upaya penyelamatan agar tingkat pencemaran tidak semakin parah.

"Hasil identifikasi terhadap lebih 20 parameter yang diteliti menunjukkan, telah terjadi pencemaran sedang terhadap air di lokasi pariwisata Danau Toba," kata Kepala BLH Sumatera Utara, Dr Ir Hidayati MSi di Parapat, Kabupaten Simalungun, Senin.

Dikatakannya, kondisi "cemar sedang" terjadi pada beberapa daerah yang terletak di pinggiran danau, sementara beberapa lokasi lainnya belum mengalami pencemaran.

Penyebab terjadinya pencemaran pada Danau yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu, diduga akibat pembuangan limbah domestik, hotel, pertanian, serta berbagai limbah lainnya di atas baku mutu yang diperbolehkan.

Sebab, kata dia, selain menjadi objek wisata, kini danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara tersebut digunakan juga sebagai tempat budidaya ikan oleh beberapa masyarakat dan sejumlah perusahaan dengan sistem keramba.

Menurut dia, peringatan terhadap semua perusahaan yang memanfaatkan Danau Toba perlu diberikan, agar mereka menunjukkan tanggungjawabnya dalam melakukan pemulihan, sehingga air Danau tersebut bisa diselamatkan.

Danau Toba merupakan satu dari 15 danau yang menjadi target penyelamatan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Lingkungan Hidup, mengingat Danau terluas di Asia Tenggara tersebut sudah cukup terkenal dalam dunia internasional.

"Perlu adanya tindakan penyelamatan, agar pencemaran air Danau Toba tidak menjadi semakin parah," kata Hidayati. (ant/ed)

Dishubkominfo Siapkan Bus Cadangan Untuk Penumpang Terlantar

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan dua bus cadangan dari Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik yang terlantar pada arus mudik dan balik Lebaran 2015.

Wall Street Melemah Tertekan Kekhawatiran Yunani Dan Tiongkok

Saham-saham di Wall Street melemah pada pembukaan perdagangan Selasa, karena kekhawatiran tentang potensi keluarnya Yunani dari zona euro dan pelemahan pasar Tiongkok memukul pasar global.

Pemprov DKI Jamin Keamanan Stok Pangan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjamin stok pangan di ibu kota aman hingga Lebaran nanti.

Supermarket di Jakarta Dukung Razia Keamanan Makanan

Langkah Tim Jejaring Keamanan Jakarta Timur melakukan pemeriksaan terhadap produk makanan dan minuman yang diduga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia berbahaya lainnya mendapat apresiasi dari pengelola supermarket di bilangan Rawamangun.

Wagub DKI: Tanpa Ketrampilan, Jangan Datang ke Jakarta

Kota Jakarta terbuka bagi siapa saja yang hendak mencoba mengadu nasib.