Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kondisi Air Danau Toba "Cemar Sedang"

danua toba, cemar, blh, badan lingkungan hidup, cemar sedang, sumut

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 433

Hasil penelitian yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumatera Utara menunjukkan, saat ini air Danau Toba berada dalam kondisi "cemar sedang" sehingga diharapkan adanya upaya-upaya penyelamatan agar tingkat pencemaran tidak semakin parah.

"Hasil identifikasi terhadap lebih 20 parameter yang diteliti menunjukkan, telah terjadi pencemaran sedang terhadap air di lokasi pariwisata Danau Toba," kata Kepala BLH Sumatera Utara, Dr Ir Hidayati MSi di Parapat, Kabupaten Simalungun, Senin.

Dikatakannya, kondisi "cemar sedang" terjadi pada beberapa daerah yang terletak di pinggiran danau, sementara beberapa lokasi lainnya belum mengalami pencemaran.

Penyebab terjadinya pencemaran pada Danau yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu, diduga akibat pembuangan limbah domestik, hotel, pertanian, serta berbagai limbah lainnya di atas baku mutu yang diperbolehkan.

Sebab, kata dia, selain menjadi objek wisata, kini danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara tersebut digunakan juga sebagai tempat budidaya ikan oleh beberapa masyarakat dan sejumlah perusahaan dengan sistem keramba.

Menurut dia, peringatan terhadap semua perusahaan yang memanfaatkan Danau Toba perlu diberikan, agar mereka menunjukkan tanggungjawabnya dalam melakukan pemulihan, sehingga air Danau tersebut bisa diselamatkan.

Danau Toba merupakan satu dari 15 danau yang menjadi target penyelamatan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Lingkungan Hidup, mengingat Danau terluas di Asia Tenggara tersebut sudah cukup terkenal dalam dunia internasional.

"Perlu adanya tindakan penyelamatan, agar pencemaran air Danau Toba tidak menjadi semakin parah," kata Hidayati. (ant/ed)

Wagub Jabar : Pangandaran Harus Punya Destinasi Menarik

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengharapkan objek wisata di Kabupaten Pangandaran harus mempunyai destinasi yang menarik untuk mampu mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara ke Pangandaran.

BRK Bantu Korban Banjir Indragiri Hulu

Bank Riau dan Kepulauan Riau (BRK) Kantor Cabang Air Molek, Kabupaten Indragiri Hulu, menyalurkan bantuan bagi korban bencana banjir yang berada di Desa Bandar Padang, Kecamatan Seberida.

Harga Elpiji Di Denpasar Naik

- Harga gas elpiji ukuran tiga kilogram dan 12 kilogram mengalamikenaikan sejak adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Legislator Klarifikasi BP2T Izin Pabrik Sandal

Legislator Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan klarifikasi kepada aparat Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) setempat dan pimpinan pabrik PT DJS yang memproduksi sandal karena diduga menyalahgunakan perizinan.

Dana PSKS Bengkalis Belum Cair

Dana bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) untuk Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, saat ini masih belum bisa dicairkan.