Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kondisi Air Danau Toba "Cemar Sedang"

danua toba, cemar, blh, badan lingkungan hidup, cemar sedang, sumut

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 433

Hasil penelitian yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumatera Utara menunjukkan, saat ini air Danau Toba berada dalam kondisi "cemar sedang" sehingga diharapkan adanya upaya-upaya penyelamatan agar tingkat pencemaran tidak semakin parah.

"Hasil identifikasi terhadap lebih 20 parameter yang diteliti menunjukkan, telah terjadi pencemaran sedang terhadap air di lokasi pariwisata Danau Toba," kata Kepala BLH Sumatera Utara, Dr Ir Hidayati MSi di Parapat, Kabupaten Simalungun, Senin.

Dikatakannya, kondisi "cemar sedang" terjadi pada beberapa daerah yang terletak di pinggiran danau, sementara beberapa lokasi lainnya belum mengalami pencemaran.

Penyebab terjadinya pencemaran pada Danau yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu, diduga akibat pembuangan limbah domestik, hotel, pertanian, serta berbagai limbah lainnya di atas baku mutu yang diperbolehkan.

Sebab, kata dia, selain menjadi objek wisata, kini danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara tersebut digunakan juga sebagai tempat budidaya ikan oleh beberapa masyarakat dan sejumlah perusahaan dengan sistem keramba.

Menurut dia, peringatan terhadap semua perusahaan yang memanfaatkan Danau Toba perlu diberikan, agar mereka menunjukkan tanggungjawabnya dalam melakukan pemulihan, sehingga air Danau tersebut bisa diselamatkan.

Danau Toba merupakan satu dari 15 danau yang menjadi target penyelamatan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Lingkungan Hidup, mengingat Danau terluas di Asia Tenggara tersebut sudah cukup terkenal dalam dunia internasional.

"Perlu adanya tindakan penyelamatan, agar pencemaran air Danau Toba tidak menjadi semakin parah," kata Hidayati. (ant/ed)

Indonesia Berpotensi Kembangkan Ekonomi Hijau

Negara Indonesia dinilai berpotensi mengembangkan ekonomi hijau, yakni perekonomian yang tumbuh berkualitas tanpa mengabaikan kelestarian lingkungan.

Pedoman Lindung Nilai Jadi Referensi Pemerikasaan

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Rizal Djalil mengatakan bahwa pedoman lindung nilai atau "hedging" yang disepakati pihaknya bersama pemerintah akan dilihat sebagai bahan referensi dalam pemeriksaan laporan keuangan.

Zenit GAsal Benfica di Liga Champions

Gol-gol dari Hulk dan Axel Witsel membantu Zenit St Petersburg untuk membuka perjalanan mereka di Liga Champions dengan start sempurna, ketika mereka mengalahkan tuan rumah Benfica dengan skor 2-0 pada Selasa (Rabu WIB).

Riau Dapat Kuota Haji Tambahan

Provinsi Riau dan Kalimantan Barat memperoleh tambahan kuota haji dari sisa kuota nasional yang akan diberangkatkan bersama Kelompok Terbang 18 Embarkasi Batam, Kepulauan Riau.

Pertumbuhan Pariwisata Lewati Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan pertumbuhan industri pariwisata melampaui pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini.