Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kondisi Air Danau Toba "Cemar Sedang"

danua toba, cemar, blh, badan lingkungan hidup, cemar sedang, sumut

Posted on 07 Jan 2013. Hits : 433

Hasil penelitian yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumatera Utara menunjukkan, saat ini air Danau Toba berada dalam kondisi "cemar sedang" sehingga diharapkan adanya upaya-upaya penyelamatan agar tingkat pencemaran tidak semakin parah.

"Hasil identifikasi terhadap lebih 20 parameter yang diteliti menunjukkan, telah terjadi pencemaran sedang terhadap air di lokasi pariwisata Danau Toba," kata Kepala BLH Sumatera Utara, Dr Ir Hidayati MSi di Parapat, Kabupaten Simalungun, Senin.

Dikatakannya, kondisi "cemar sedang" terjadi pada beberapa daerah yang terletak di pinggiran danau, sementara beberapa lokasi lainnya belum mengalami pencemaran.

Penyebab terjadinya pencemaran pada Danau yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu, diduga akibat pembuangan limbah domestik, hotel, pertanian, serta berbagai limbah lainnya di atas baku mutu yang diperbolehkan.

Sebab, kata dia, selain menjadi objek wisata, kini danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara tersebut digunakan juga sebagai tempat budidaya ikan oleh beberapa masyarakat dan sejumlah perusahaan dengan sistem keramba.

Menurut dia, peringatan terhadap semua perusahaan yang memanfaatkan Danau Toba perlu diberikan, agar mereka menunjukkan tanggungjawabnya dalam melakukan pemulihan, sehingga air Danau tersebut bisa diselamatkan.

Danau Toba merupakan satu dari 15 danau yang menjadi target penyelamatan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Lingkungan Hidup, mengingat Danau terluas di Asia Tenggara tersebut sudah cukup terkenal dalam dunia internasional.

"Perlu adanya tindakan penyelamatan, agar pencemaran air Danau Toba tidak menjadi semakin parah," kata Hidayati. (ant/ed)

'KKN Asean Spirit' Indonesia-Malaysia Temui Titik Terang

Gagasan untuk mewujudkan 'Kuliah Kerja Nyata ASEAN Spirit' antara Indonesia dan Malaysia mulai menemui titik terang.

Jasad Siswa SMP Ditemukan Di Pantai Semarang

Jasad seorang siswa SMP yang masih berpakaian seragam sekolah ditemukan di tepi pantai kawasan utara Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat.

2.000 Pelanggaran Penyiaran Dalam Sebulan

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan melansir jumlah pelanggaran sejumlah lembaga penyiaran di Makassar dan hasilnya terdapat 2.

Senator Harapkan Presiden Jokowi Perhatikan Daerah

Anggota DPD RI dari Provinsi Sumatera Utara Parlindungan Purba menaruh harapan kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo dapat memperhatikan daerah.

Distanak Sulbar Ikut Kembangkan Budiaya Melon

Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat, ikut mendorong masyarakat atau petani menanam melon dalam menopang peningkatan ekonomi mereka.