Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kolaka Timur Andalkan Hasil Pertanian Dan Perkebunan

kolaka timur, andalkan hasil pertanian, tony herbiansyah, daerah otonomi baru

Posted on 17 Sep 2013. Hits : 353

Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan PAD setempat, kata Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Sejak disahkannya sebagai daerah otonomi baru oleh Kementerian Dalam Negeri pada bulan Desember 2012, pemerintah setempat lebih mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai sektor pemungutan retisbusi ntuk meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD), katanyayang ditemui di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan pendapatan perkapita sektor pertanian daerah itu khususnya perkebunan kakao tergolong tinggi.

'Sebelum dimekarkan wilayah Kolaka Timur selaku penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar di Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Ladongi dari hasil produksi perkebunan kakao,' katanya tanpa menyebutkan jumlah dari sektor ini,' katanya.

Sentra laju pertumbuhan perekonomian pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, kata dia, berada di Kecamatan Ladongi, Mowewe, Uesi dan Kecamatan Uluiwoi yang mengandalkan sektor itu.

'Selain sektor pertanian ada juga sektor pertambangan namun masih dalam tahap pengkajian,' jelasnya.

Selain itu, kata dia, di wilayah itu juga sudah ada beberapa jenis usaha seperti perbankan, SPBU dan usaha lainnya yang bisa menopang pendapatan di bidang ekonomi.

'Meski sebagai kabupaten baru, penghasilan perkapita warga Kolaka Timur tinggi. Indikator penghasilan tinggi itu, di antaranya sudah ada beberapa bank, Pertamina (SPBU) serta kegiatan ekonomi lainnya,' jelas mantan kepala BKD Sultra itu.(ant/rd)

Oesman Sapta Disebut Calon Ketua DPD RI

Sejumlah pihak menyebutkan pengusaha Oesman Sapta Odang atau Oso memiliki kapabilitas sebagai calon kuat Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2014-2019.

Presiden Sampaikan Komitmen Indonesia Atas Lingkungan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan kembali komitmen Indonesia terhadap upaya memelihara lingkungan termasuk mengantisipasi perubahan iklim dalam sidang pararel KTT Iklim di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat, Selasa (23/9) pagi waktu setempat.

Hasyim Muzadi : Belum Saatnya PPP Beroposisi

Mantan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) KH Hasyim Muzadi menilai partai berlambang Ka'bah itu belum saatnya beroposisi terhadap pemerintah karena secara internal organisasi masih memerlukan pembenahan.

BNI Akan Pamerkan Produk UKM Binaannya

Bank Nasional Indonesia berencana memamerkan produk pelaku usaha kecil dan menengah binaannya dalam Festival Seni dan Fashion BNI di Makassar, Sulawesi Selatan, 23-26 Oktober 2014.

Accor Ingin Perkokoh Segmen Hotel Ekonomi Indonesia

Perusahaan operator hotel multinasional Accor ingin memperkokoh posisinya di segmen hotel ekonomi Indonesia dengan membuka dua hotel Ibis baru di Jakarta, tepatnya di Cawang dan di dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta.