Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kolaka Timur Andalkan Hasil Pertanian Dan Perkebunan

kolaka timur, andalkan hasil pertanian, tony herbiansyah, daerah otonomi baru

Posted on 17 Sep 2013. Hits : 353

Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan PAD setempat, kata Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Sejak disahkannya sebagai daerah otonomi baru oleh Kementerian Dalam Negeri pada bulan Desember 2012, pemerintah setempat lebih mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai sektor pemungutan retisbusi ntuk meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD), katanyayang ditemui di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan pendapatan perkapita sektor pertanian daerah itu khususnya perkebunan kakao tergolong tinggi.

'Sebelum dimekarkan wilayah Kolaka Timur selaku penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar di Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Ladongi dari hasil produksi perkebunan kakao,' katanya tanpa menyebutkan jumlah dari sektor ini,' katanya.

Sentra laju pertumbuhan perekonomian pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, kata dia, berada di Kecamatan Ladongi, Mowewe, Uesi dan Kecamatan Uluiwoi yang mengandalkan sektor itu.

'Selain sektor pertanian ada juga sektor pertambangan namun masih dalam tahap pengkajian,' jelasnya.

Selain itu, kata dia, di wilayah itu juga sudah ada beberapa jenis usaha seperti perbankan, SPBU dan usaha lainnya yang bisa menopang pendapatan di bidang ekonomi.

'Meski sebagai kabupaten baru, penghasilan perkapita warga Kolaka Timur tinggi. Indikator penghasilan tinggi itu, di antaranya sudah ada beberapa bank, Pertamina (SPBU) serta kegiatan ekonomi lainnya,' jelas mantan kepala BKD Sultra itu.(ant/rd)

BPBD Rejanglebong Deteksi Tujuh Lokasi Rawan Longsor

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, mendeteksi sedikitnya tujuh lokasi di daerah setempat yang rawan terjadi bencana tanah longsor saat musim hujan.

Hendi : 'Saya Lebih Pikirkan Tugas Ketimbang Pilkada'

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan lebih memikirkan tugas dan pekerjaannya yang belum selesai ketimbang memikirkan persiapan maju pemilihan kepala daerah pada 2015.

Menpan Instruksikan PNS Lestarikan Lingkungan

Menteri Pemberdayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan menginstruksikan aparatur sipil negara melakukan penanaman pohon terutama yang tinggal di bantaran sungai.

DPRD Mukomuko Koordinasikan Solusi Krisis Listrik

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan berkoordinasi dengan pihak Perusahaan Listrik Negara untuk mencari solusi mengatasi krisis listrik berkepanjangan di wilayah setempat.

Golkar Sulsel Solid Di Munas Bali

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulawesi Selatan beserta 24 DPD II lainnya sudah menyatakan kesolidannya dan memutuskan akan mengikuti Musyawarah Nasional IX Partai Golkar yang akan digelar di Bali, 30 November 2014.