Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kolaka Timur Andalkan Hasil Pertanian Dan Perkebunan

kolaka timur, andalkan hasil pertanian, tony herbiansyah, daerah otonomi baru

Posted on 17 Sep 2013. Hits : 353

Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan PAD setempat, kata Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Sejak disahkannya sebagai daerah otonomi baru oleh Kementerian Dalam Negeri pada bulan Desember 2012, pemerintah setempat lebih mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai sektor pemungutan retisbusi ntuk meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD), katanyayang ditemui di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan pendapatan perkapita sektor pertanian daerah itu khususnya perkebunan kakao tergolong tinggi.

'Sebelum dimekarkan wilayah Kolaka Timur selaku penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar di Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Ladongi dari hasil produksi perkebunan kakao,' katanya tanpa menyebutkan jumlah dari sektor ini,' katanya.

Sentra laju pertumbuhan perekonomian pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, kata dia, berada di Kecamatan Ladongi, Mowewe, Uesi dan Kecamatan Uluiwoi yang mengandalkan sektor itu.

'Selain sektor pertanian ada juga sektor pertambangan namun masih dalam tahap pengkajian,' jelasnya.

Selain itu, kata dia, di wilayah itu juga sudah ada beberapa jenis usaha seperti perbankan, SPBU dan usaha lainnya yang bisa menopang pendapatan di bidang ekonomi.

'Meski sebagai kabupaten baru, penghasilan perkapita warga Kolaka Timur tinggi. Indikator penghasilan tinggi itu, di antaranya sudah ada beberapa bank, Pertamina (SPBU) serta kegiatan ekonomi lainnya,' jelas mantan kepala BKD Sultra itu.(ant/rd)

'Mahar Politik' Pendaftaran Cabup Gerindra Rp250 Juta

Setelah pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Umum Kepala Daerah oleh DPR-RI, Partai Gerindra langsung membuka pendaftaran calon bupati dengan 'mahar politik' Rp250 juta.

Tokoh Nunukan Minta Tegas Terkait Batas Malaysia

Seorang tokoh masyarakat Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, meminta pemerintah Indonesia tegas terhadap tapal batas dengan Malaysia sekaitan dengan pembangunan pos di perairan ujung timur Pulau Kayu Mati.

Kadishub : Jalur Kereta Sumatera Tak Terhambat RTRW

Pembangunan jalur kereta api Trans Sumatera khususnya untuk lintasan Provinsi Riau tidak akan terhambat Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) yang belum disahkan, kata Kepada Dinas Perhubungan Provinsi Riau Adizar.

DPRD Pangkalpinang Sediakan Kotak Pengaduan Warga

DPRD Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung (Babel), menyediakan kotak pengaduan umum untuk memudahkan warga mengadukan nasib atau masalahnya kepada wakil rakyat tersebut.

Penembakan di Dalam Toko Tewaskan Dua Orang

Dua orang tewas pada Ahad sore (25/1), setelah penembakan di dalam toko Home Depot di Manhattan, Amerika Serikat, kata pihak berwenang.