Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kolaka Timur Andalkan Hasil Pertanian Dan Perkebunan

kolaka timur, andalkan hasil pertanian, tony herbiansyah, daerah otonomi baru

Posted on 17 Sep 2013. Hits : 353

Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan PAD setempat, kata Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Sejak disahkannya sebagai daerah otonomi baru oleh Kementerian Dalam Negeri pada bulan Desember 2012, pemerintah setempat lebih mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai sektor pemungutan retisbusi ntuk meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD), katanyayang ditemui di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan pendapatan perkapita sektor pertanian daerah itu khususnya perkebunan kakao tergolong tinggi.

'Sebelum dimekarkan wilayah Kolaka Timur selaku penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar di Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Ladongi dari hasil produksi perkebunan kakao,' katanya tanpa menyebutkan jumlah dari sektor ini,' katanya.

Sentra laju pertumbuhan perekonomian pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, kata dia, berada di Kecamatan Ladongi, Mowewe, Uesi dan Kecamatan Uluiwoi yang mengandalkan sektor itu.

'Selain sektor pertanian ada juga sektor pertambangan namun masih dalam tahap pengkajian,' jelasnya.

Selain itu, kata dia, di wilayah itu juga sudah ada beberapa jenis usaha seperti perbankan, SPBU dan usaha lainnya yang bisa menopang pendapatan di bidang ekonomi.

'Meski sebagai kabupaten baru, penghasilan perkapita warga Kolaka Timur tinggi. Indikator penghasilan tinggi itu, di antaranya sudah ada beberapa bank, Pertamina (SPBU) serta kegiatan ekonomi lainnya,' jelas mantan kepala BKD Sultra itu.(ant/rd)

Indonesia Targetkan Juara Umum Di Piala Presiden

Indonesia sebagai tuan rumah menargetkan juara umum di kejuaraan tinju Piala Presiden ke-22 yang akan digelar di Palembang, Sumatera Selatan, pada 19-25 April 2015.

Gubernur Jateng Temukan Beras Rusak di Gudang Bulog

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemukan ratusan ton beras untuk warga miskin yang tidak layak konsumsi atau rusak saat melakukan inspeksi mendadak di gudang Badan Urusan Logistik Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara.

BPSDM KP Koordinasikan Penyuluh Perikanan

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) mengintensifkan koordinasi dengan pemerintah kabupaten, kota dan provinsi seluruh Indonesia menyangkut penyuluhan bidang kelautan dan perikanan.

Lahan Pertanian Berkurang 70 Hektare Tiap Tahun

Lahan pertanian produktif berkurang seluas 70 hektare tiap tahun di kawasan Pantai Utara Kabupaten Tangerang, Banten, untuk dijadikan kawasan perumahan dan pabrik.

Ratusan Lapak Pasar Mauk Dibongkar

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, berencana membongkar ratusan lapak pedagang kaki lima di sekitar Pasar Mauk karena dianggap menghambat arus lalu lintas.