Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kolaka Timur Andalkan Hasil Pertanian Dan Perkebunan

kolaka timur, andalkan hasil pertanian, tony herbiansyah, daerah otonomi baru

Posted on 17 Sep 2013. Hits : 353

Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan PAD setempat, kata Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Sejak disahkannya sebagai daerah otonomi baru oleh Kementerian Dalam Negeri pada bulan Desember 2012, pemerintah setempat lebih mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai sektor pemungutan retisbusi ntuk meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD), katanyayang ditemui di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan pendapatan perkapita sektor pertanian daerah itu khususnya perkebunan kakao tergolong tinggi.

'Sebelum dimekarkan wilayah Kolaka Timur selaku penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar di Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Ladongi dari hasil produksi perkebunan kakao,' katanya tanpa menyebutkan jumlah dari sektor ini,' katanya.

Sentra laju pertumbuhan perekonomian pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, kata dia, berada di Kecamatan Ladongi, Mowewe, Uesi dan Kecamatan Uluiwoi yang mengandalkan sektor itu.

'Selain sektor pertanian ada juga sektor pertambangan namun masih dalam tahap pengkajian,' jelasnya.

Selain itu, kata dia, di wilayah itu juga sudah ada beberapa jenis usaha seperti perbankan, SPBU dan usaha lainnya yang bisa menopang pendapatan di bidang ekonomi.

'Meski sebagai kabupaten baru, penghasilan perkapita warga Kolaka Timur tinggi. Indikator penghasilan tinggi itu, di antaranya sudah ada beberapa bank, Pertamina (SPBU) serta kegiatan ekonomi lainnya,' jelas mantan kepala BKD Sultra itu.(ant/rd)

Komisi XI : Program RTMPE Kampar Tekan Inflasi

Legislator Komisi XI DPR-RI menyatakan kekaguman atas berbagai program yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Kampar Provinsi Riau khususnya Program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) karena berpotensi menekan inflasi.

Federer Kecewa Dengan Skandal FIFA

Atlet favorit publik Swiss Roger Federer mengekspresikan kekecewaannya terhadap skandal korupsi yang menimpa badan sepak bola dunia FIFA pada Jumat.

Kontribusi Pariwisata Pandeglang Pada Pdbr 0,14 Persen

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang, Banten, Anwar Fauzan menyatakan, kontribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan domestik regional bruto (PBRB) baru 0,14 persen.

Wako : Membumikan Olah Raga Tidak Sekadar Wacana

Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), Ali Yusuf, mengatakan upaya pihaknya untuk 'membumikan' olahraga bagi masyarakat kota itu tidak hanya sekadar wacana.

Traffic Light Khatib Sulaiman Padang Masa Observasi

Pengoperasian 'traffic light' atau lampu lalu lintas di kawasan Khatib Sulaiman Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang dimulai hari ini, Jumat, masih dalam tahap observasi atau pengamatan.