Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kolaka Timur Andalkan Hasil Pertanian Dan Perkebunan

kolaka timur, andalkan hasil pertanian, tony herbiansyah, daerah otonomi baru

Posted on 17 Sep 2013. Hits : 353

Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan PAD setempat, kata Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Sejak disahkannya sebagai daerah otonomi baru oleh Kementerian Dalam Negeri pada bulan Desember 2012, pemerintah setempat lebih mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai sektor pemungutan retisbusi ntuk meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD), katanyayang ditemui di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan pendapatan perkapita sektor pertanian daerah itu khususnya perkebunan kakao tergolong tinggi.

'Sebelum dimekarkan wilayah Kolaka Timur selaku penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar di Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Ladongi dari hasil produksi perkebunan kakao,' katanya tanpa menyebutkan jumlah dari sektor ini,' katanya.

Sentra laju pertumbuhan perekonomian pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, kata dia, berada di Kecamatan Ladongi, Mowewe, Uesi dan Kecamatan Uluiwoi yang mengandalkan sektor itu.

'Selain sektor pertanian ada juga sektor pertambangan namun masih dalam tahap pengkajian,' jelasnya.

Selain itu, kata dia, di wilayah itu juga sudah ada beberapa jenis usaha seperti perbankan, SPBU dan usaha lainnya yang bisa menopang pendapatan di bidang ekonomi.

'Meski sebagai kabupaten baru, penghasilan perkapita warga Kolaka Timur tinggi. Indikator penghasilan tinggi itu, di antaranya sudah ada beberapa bank, Pertamina (SPBU) serta kegiatan ekonomi lainnya,' jelas mantan kepala BKD Sultra itu.(ant/rd)

Pemkab Sukabumi Ungsikan 100 Jiwa Korban Longsor

Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengungsikan sekitar 100 jiwa korban bencana tanah longsor tebing setinggi kurang lebih 30 meter di Kampung Cimerak yang menyebabkan 10 orang tertimbun.

LSM Kritik Kebijakan Wacana Pengampunan Pajak

Sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang tergabung dalam Forum Pajak Berkeadilan (FPB) mengkritik wacana bakal adanya kebijakan pengampunan pajak yang dinilai berpotensi memberi keringanan bagi pelaku kejahatan perpajakan dan keuangan.

Wapres : Peminat Donor Darah Semakin Menyebar

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla mengatakan peminat donor darah di Indonesia semakin banyak dan menyebar.

JK Resmikan Donor Darah TMP

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) telah meresmikan kegiatan Donor Darah Taruna Merah Putih (TMP) di Jakarta untuk memenuhi kebutuhan persediaan darah di Indonesia.

Taman Lalu Lintas Akan Dilengkapi Miniatur Rel

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mengusulkan permohonan anggaran ke Kementerian Perhubungan untuk melengkapi fasilitas Taman Lalu Lintas dengan miniatur jalan raya dan rel kereta api.