Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kolaka Timur Andalkan Hasil Pertanian Dan Perkebunan

kolaka timur, andalkan hasil pertanian, tony herbiansyah, daerah otonomi baru

Posted on 17 Sep 2013. Hits : 336

Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan PAD setempat, kata Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Sejak disahkannya sebagai daerah otonomi baru oleh Kementerian Dalam Negeri pada bulan Desember 2012, pemerintah setempat lebih mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai sektor pemungutan retisbusi ntuk meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD), katanyayang ditemui di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan pendapatan perkapita sektor pertanian daerah itu khususnya perkebunan kakao tergolong tinggi.

'Sebelum dimekarkan wilayah Kolaka Timur selaku penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar di Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Ladongi dari hasil produksi perkebunan kakao,' katanya tanpa menyebutkan jumlah dari sektor ini,' katanya.

Sentra laju pertumbuhan perekonomian pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, kata dia, berada di Kecamatan Ladongi, Mowewe, Uesi dan Kecamatan Uluiwoi yang mengandalkan sektor itu.

'Selain sektor pertanian ada juga sektor pertambangan namun masih dalam tahap pengkajian,' jelasnya.

Selain itu, kata dia, di wilayah itu juga sudah ada beberapa jenis usaha seperti perbankan, SPBU dan usaha lainnya yang bisa menopang pendapatan di bidang ekonomi.

'Meski sebagai kabupaten baru, penghasilan perkapita warga Kolaka Timur tinggi. Indikator penghasilan tinggi itu, di antaranya sudah ada beberapa bank, Pertamina (SPBU) serta kegiatan ekonomi lainnya,' jelas mantan kepala BKD Sultra itu.(ant/rd)

Nilai Tukar Rupiah Terdongkrak Euforia Pilpres

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi bergerak menguat sebesar 131 poin menjadi Rp11.

Antrean Kendaraan Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni

Antrean kendaraan pribadi dan truk mulai memadati Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, enam hari menjelang (H-6) Idul Fitri 1435 Hijriah.

Kerry-Abbas Bahas Gencatan Senjata

Menteri Luar Negeri AS John Kerry pada Rabu pagi membahas dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas kemungkinan dicapainya gencatan senjata guna mengakhiri pertempuran berdarah di Jalur Gaza.

Presiden SBY 'Setor' Zakat ke Baznas

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan zakat penghasilan dan zakat fitrah secara langsung kepada Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) saat menerima Pimpinan Baznas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Polresta Banjarmasin Amankan Lokasi Transaksi Keuangan

Polresta Banjarmasin Kalimantan Selatan, menjelang Idul Fitri 2014 bakal menambah pengamanan terhadap lima lokasi transaksi keuangan yang dianggap sebagai lokasi paling vital untuk beraksinya tindak kejahatan.