Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kolaka Timur Andalkan Hasil Pertanian Dan Perkebunan

kolaka timur, andalkan hasil pertanian, tony herbiansyah, daerah otonomi baru

Posted on 17 Sep 2013. Hits : 353

Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan PAD setempat, kata Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Sejak disahkannya sebagai daerah otonomi baru oleh Kementerian Dalam Negeri pada bulan Desember 2012, pemerintah setempat lebih mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai sektor pemungutan retisbusi ntuk meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD), katanyayang ditemui di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan pendapatan perkapita sektor pertanian daerah itu khususnya perkebunan kakao tergolong tinggi.

'Sebelum dimekarkan wilayah Kolaka Timur selaku penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar di Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Ladongi dari hasil produksi perkebunan kakao,' katanya tanpa menyebutkan jumlah dari sektor ini,' katanya.

Sentra laju pertumbuhan perekonomian pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, kata dia, berada di Kecamatan Ladongi, Mowewe, Uesi dan Kecamatan Uluiwoi yang mengandalkan sektor itu.

'Selain sektor pertanian ada juga sektor pertambangan namun masih dalam tahap pengkajian,' jelasnya.

Selain itu, kata dia, di wilayah itu juga sudah ada beberapa jenis usaha seperti perbankan, SPBU dan usaha lainnya yang bisa menopang pendapatan di bidang ekonomi.

'Meski sebagai kabupaten baru, penghasilan perkapita warga Kolaka Timur tinggi. Indikator penghasilan tinggi itu, di antaranya sudah ada beberapa bank, Pertamina (SPBU) serta kegiatan ekonomi lainnya,' jelas mantan kepala BKD Sultra itu.(ant/rd)

Bayern Hancurkan Hoffenheim Untuk Unggul Tujuh Angka

Bayern Munich membuka keunggulan tujuh angka di puncak klasemen Liga Jerman pada Sabtu, ketika mereka melakukan pemanasan untuk pertandingan Liga Champions di markas Manchester City dengan kemenangan 4-0 atas Hoffenheim.

Sergio Perez Perpanjang Kontrak Di Force India

Sergio Perez akan bertahan di tim Force India pada 2015 setelah menyepakati kontrak 'beberapa tahun' dengan tim yang bermarkas di Silverstone itu, demikian diumumkan di Grand Prix Abu Dhabi pada Sabtu.

Iran Desak Kerja Sama Semua Negara Untuk Atasi Terorisme

Menteri Kehakiman Mostafa Pour-Mohammadi Sabtu menyerukan perluasan kerja sama di antara semua negara untuk mengatasi terorisme.

Presiden : FARC Akan Bebaskan Jenderal Kolombia, Dan Lainnya Pekan Depan

Gerilyawan FARC yang menangkap Jenderal Kolombia dan empat orang lainnya akan melepaskan mereka pekan depan, kata Presiden Juan Manuel Santos Sabtu, membuka jalan untuk kembali ke pembicaraan damai.

Marco Reus Kembali Dihantam Cedera

Pemain sayap Borussia Dortmund Marco Reus mengalami cedera pada pertengahan babak kedua saat bermain melawan Paderborn di Liga Jerman, setelah sebelumnya sempat mencetak gol pada pertandingan perdananya setelah pulih dari cedera pergelangan kaki.