Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Keong Mas Serang Tanaman Padi di Mamuju

keong mas, tanaman padi, sulawesi barat, mamuju

Posted on 05 Feb 2013. Hits : 297

Para petani di Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, mulai mengkhawatirkan serangan keong emas terhadap tanaman padi yang baru mereka tanam seiring dengan curah hujan yang masih intensif hingga saat ini.

"Saat ini para petani makin khawatir dengan hadirnya serangan keong emas yang menyerang tanaman padi di Tommo. Hal ini dipastikan akan berakibat tanaman padi yang baru bermur muda ini terancam mati," kata Ketua Kelompok Tani Makmur Mamuju, Sunarto, di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan serangan keong emas bukan kejadian pertama, namun sudah sering terjadi, sehingga mereka sering merugi.

Ia mengatakan merebakknya serangan hama tersebut akibat curah hujan sejak awal Januari 2013 hingga saat ini masih intensif, sementara petani setempat baru memasuki musim tanam.

"Untuk mengatasi serangan hama keong emas ini maka petani melakukan pemberantasan hama secara manual dengan cara dipungut," katanya.

Namun demikian, kata dia, upaya memberantas hama itu dengan cara manual dianggap kurang efektif karena hanya mampu mengatasi hingga 50 persen.

"Hama keong emas ini memakan tanaman padi yang berusia muda sehingga menyebabkan tanaman padi menjadi mati," kata dia.

Ia memprediksi jika serangan hama itu terus berlarut, dipastikan produksi tanaman padi akan berkurang drastis.

"Jika merujuk dari kejadian sebelumnya maka serangan hama keong emas ini mampu menurunkan produksi tanaman. Biasanya, jika hama keong menjadi-jadi maka hasil panen petani hanya mampu menghasilkan 12 kuintal per hektare," katanya.

Sunarto menyatakan panen petani jika normal atau tanpa ada serangan hama, mampu menghasilkan hingga enam ton per hektare.

Ia mengharapkan pemerintah daerah setempat memberikan perhatian dengan mencari solusi agar serangan hama itu bisa diatasi. (ant/as)

Legislator : Akses Pendidikan Di Kaltim Belum Merata

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Yakub Ukung mengatakan Kaltim memiliki sumber daya alam (SDA), sayangnya timbal balik negara untuk provinsi yang kaya ini sangat jauh dari kata adil dan merata.

Pemantauan Karhutla Dekati 'Real-time' Dengan KMS,

Pemantauan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia mendekati 'real time' dan online mulai dilakukan dengan menggabungkan Sistem Monitoring Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla Monitoring System/KMS) dan Global Forest Watch Fires (GFW-Fires).

Tenaga Medis Muba Raih Penghargaan Dokter Teladan

Dokter asal Kabupaten Musi Banyuasin, meraih penghargaan sebagai dokter teladan tingkat provinsi Sumatera Selatan tahun 2014.

Pemkab Badung Sosialisasikan Perda Tanggungjawab Sosial Perusahaan

Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mensosialisasikan Peraturan Daerah tentang Tanggung jawab Sosial Perusahaan, dalam rapat koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, di Mangupura, Rabu.

Bantul Jamin Kelancaran Distribusi Sembako Selama Lebaran

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjamin kelancaran distribusi sembilan bahan kebutuhan pokok di wilayah ini selama libur Lebaran 2014.