Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Keong Mas Serang Tanaman Padi di Mamuju

keong mas, tanaman padi, sulawesi barat, mamuju

Posted on 05 Feb 2013. Hits : 304

Para petani di Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, mulai mengkhawatirkan serangan keong emas terhadap tanaman padi yang baru mereka tanam seiring dengan curah hujan yang masih intensif hingga saat ini.

"Saat ini para petani makin khawatir dengan hadirnya serangan keong emas yang menyerang tanaman padi di Tommo. Hal ini dipastikan akan berakibat tanaman padi yang baru bermur muda ini terancam mati," kata Ketua Kelompok Tani Makmur Mamuju, Sunarto, di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan serangan keong emas bukan kejadian pertama, namun sudah sering terjadi, sehingga mereka sering merugi.

Ia mengatakan merebakknya serangan hama tersebut akibat curah hujan sejak awal Januari 2013 hingga saat ini masih intensif, sementara petani setempat baru memasuki musim tanam.

"Untuk mengatasi serangan hama keong emas ini maka petani melakukan pemberantasan hama secara manual dengan cara dipungut," katanya.

Namun demikian, kata dia, upaya memberantas hama itu dengan cara manual dianggap kurang efektif karena hanya mampu mengatasi hingga 50 persen.

"Hama keong emas ini memakan tanaman padi yang berusia muda sehingga menyebabkan tanaman padi menjadi mati," kata dia.

Ia memprediksi jika serangan hama itu terus berlarut, dipastikan produksi tanaman padi akan berkurang drastis.

"Jika merujuk dari kejadian sebelumnya maka serangan hama keong emas ini mampu menurunkan produksi tanaman. Biasanya, jika hama keong menjadi-jadi maka hasil panen petani hanya mampu menghasilkan 12 kuintal per hektare," katanya.

Sunarto menyatakan panen petani jika normal atau tanpa ada serangan hama, mampu menghasilkan hingga enam ton per hektare.

Ia mengharapkan pemerintah daerah setempat memberikan perhatian dengan mencari solusi agar serangan hama itu bisa diatasi. (ant/as)

Unpatti Gelar Sosialisasi Belajar Ke Luar Negeri

Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon bersama Excellence Learning Center (ELC) Education dan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) melakukan sosialisasi beasiswa 'Belajar ke Luar Negeri'.

Monaco Rekrut Penyerang Argentina Carrillo

Penyerang Argentina Guido Carrillo direkrut klub Liga Prancis Monaco pada Jumat, di hari yang sama ketika mereka meminjamkan penyerang Kolombia Radamel Falcao ke juara Liga Utama Inggris Chelsea.

Sampaoli : Chile Siap Menyerang Argentina

Pelatih Chile Jorge Sampaoli tidak akan menepikan gaya menyerang timnya ketika mereka menghadapi Argentina yang bertabur bintang di final Piala Amerika, ucapnya pada Jumat.

Dana Stabilitas Zona Euro : Yunani Resmi 'Default'

Yunani secara resmi dalam 'default' atau gagal bayar, tetapi pernyataan ini tidak akan memiliki konsekuensi langsung, dana stabilitas zona euro mengatakan dalam sebuah pernyataan, Jumat.

Dijsselbloem : Angka Utang IMF Untuk Yunani 'Usang'

Ketua Eurogroup Jeroen Dijsselbloem, Jumat, mengatakan analisis IMF tentang restrukturisasi utang Yunani didasarkan pada angka-angka usang (outdated), sehingga ia mengkritik komentar menteri keuangan Yunani bahwa kesepakatan utang itu 'sebentar lagi'.