Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Keong Mas Serang Tanaman Padi di Mamuju

keong mas, tanaman padi, sulawesi barat, mamuju

Posted on 05 Feb 2013. Hits : 304

Para petani di Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, mulai mengkhawatirkan serangan keong emas terhadap tanaman padi yang baru mereka tanam seiring dengan curah hujan yang masih intensif hingga saat ini.

"Saat ini para petani makin khawatir dengan hadirnya serangan keong emas yang menyerang tanaman padi di Tommo. Hal ini dipastikan akan berakibat tanaman padi yang baru bermur muda ini terancam mati," kata Ketua Kelompok Tani Makmur Mamuju, Sunarto, di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan serangan keong emas bukan kejadian pertama, namun sudah sering terjadi, sehingga mereka sering merugi.

Ia mengatakan merebakknya serangan hama tersebut akibat curah hujan sejak awal Januari 2013 hingga saat ini masih intensif, sementara petani setempat baru memasuki musim tanam.

"Untuk mengatasi serangan hama keong emas ini maka petani melakukan pemberantasan hama secara manual dengan cara dipungut," katanya.

Namun demikian, kata dia, upaya memberantas hama itu dengan cara manual dianggap kurang efektif karena hanya mampu mengatasi hingga 50 persen.

"Hama keong emas ini memakan tanaman padi yang berusia muda sehingga menyebabkan tanaman padi menjadi mati," kata dia.

Ia memprediksi jika serangan hama itu terus berlarut, dipastikan produksi tanaman padi akan berkurang drastis.

"Jika merujuk dari kejadian sebelumnya maka serangan hama keong emas ini mampu menurunkan produksi tanaman. Biasanya, jika hama keong menjadi-jadi maka hasil panen petani hanya mampu menghasilkan 12 kuintal per hektare," katanya.

Sunarto menyatakan panen petani jika normal atau tanpa ada serangan hama, mampu menghasilkan hingga enam ton per hektare.

Ia mengharapkan pemerintah daerah setempat memberikan perhatian dengan mencari solusi agar serangan hama itu bisa diatasi. (ant/as)

4 RS Bangkok Rawat Pasien Ebola

Empat rumah sakit milik pemerintah di Bangkok Kamis ditugasi untuk memberikan pengobatan kepada pasien Ebola serta orang-orang yang dicurigai membawa virus mematikan itu, kata para pejabat.

Serangan Udara Tewaskan 4 Warga

Serangan udara Israel menewaskan empat warga Palestina di Jalur Gaza,Jumat, dua di Deir al-Balah dan dua di Nusseirat, kata seorang juru bicara badan urusan darurat.

Nama Satdion Sriwedari Solo Dikembalikan

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengatakan bahwa Stadion Sriwedari yang memiliki nilai sejarah dan kini namanya diganti Maladi akan dikembalikan seperti semula pada Hari Olahraga Nasional 2014, di Solo, Jateng, 9 September mendatang.

Indeks Ketahanan DIY Tertinggi

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional RI, Budi Susilo Soepandji mengatakan, indeks ketahanan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tertinggi di antara provinsi di Indonesia, dan Provinsi Jateng menempati posisi keempat.

KPU Sumut Terus Diamankan

Pihak kepolisian melanjutkan pengamanan kantor Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) pascapembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan hasil pemilihan presiden.