Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Keong Mas Serang Tanaman Padi di Mamuju

keong mas, tanaman padi, sulawesi barat, mamuju

Posted on 05 Feb 2013. Hits : 299

Para petani di Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, mulai mengkhawatirkan serangan keong emas terhadap tanaman padi yang baru mereka tanam seiring dengan curah hujan yang masih intensif hingga saat ini.

"Saat ini para petani makin khawatir dengan hadirnya serangan keong emas yang menyerang tanaman padi di Tommo. Hal ini dipastikan akan berakibat tanaman padi yang baru bermur muda ini terancam mati," kata Ketua Kelompok Tani Makmur Mamuju, Sunarto, di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan serangan keong emas bukan kejadian pertama, namun sudah sering terjadi, sehingga mereka sering merugi.

Ia mengatakan merebakknya serangan hama tersebut akibat curah hujan sejak awal Januari 2013 hingga saat ini masih intensif, sementara petani setempat baru memasuki musim tanam.

"Untuk mengatasi serangan hama keong emas ini maka petani melakukan pemberantasan hama secara manual dengan cara dipungut," katanya.

Namun demikian, kata dia, upaya memberantas hama itu dengan cara manual dianggap kurang efektif karena hanya mampu mengatasi hingga 50 persen.

"Hama keong emas ini memakan tanaman padi yang berusia muda sehingga menyebabkan tanaman padi menjadi mati," kata dia.

Ia memprediksi jika serangan hama itu terus berlarut, dipastikan produksi tanaman padi akan berkurang drastis.

"Jika merujuk dari kejadian sebelumnya maka serangan hama keong emas ini mampu menurunkan produksi tanaman. Biasanya, jika hama keong menjadi-jadi maka hasil panen petani hanya mampu menghasilkan 12 kuintal per hektare," katanya.

Sunarto menyatakan panen petani jika normal atau tanpa ada serangan hama, mampu menghasilkan hingga enam ton per hektare.

Ia mengharapkan pemerintah daerah setempat memberikan perhatian dengan mencari solusi agar serangan hama itu bisa diatasi. (ant/as)

Empat Musibah Kebakaran Landa Sangatta Selama Ramadhan

Kepala Unit Pelaksana Tehnis Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (UPT PPK) Kabupaten Kutai Timur, Failu mengatakan, selama Ramadhan terjadi empat kali musibah kebakaran rumah di Sangatta dan sekitarnya.

Kemacetan Terjadi Di Tegineneng Lampung

Arus lalu-lintas di Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, mengalami kemacetan seiring peningkatan volume kendaraan pada jalur Jalan Lintas Tengah Sumatera ini pada dua hari setelah Idul Fitri 1435 Hijriah.

Sulut Ekspor Biji Pala Ke Argentina

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor komoditas biji pala ke Argentina sebanyak 6.

Dinas Kesehatan Musirawas Imbau Pemudik Gunakan Masker

Dinas Kesehatan Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mengimbau seluruh pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk memakai masker karena peralihan cuaca saat ini kondisinya sangat terik, sehingga menimbulkan debu-debu di jalan cukup banyak.

Arus Balik Mulai Jumat

Arus balik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah melalui Bandara Sepinggan Balikpapan, diperkirakan terjadi mulai Jumat (1/8) hingga Minggu (3/8).