Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kendaraan Satu Arah Kota Malang Segera Diujicobakan

penerapan jalur kendaraan, kota malang, ujicoba

Posted on 04 Nov 2013. Hits : 312

Penerapan jalur kendaraan satu arah di sejumlah titik di Kota Malang, Jawa Timur, khususnya di kawasan kampus Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim segera diujicobakan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Subari di Malang, Senin, mengemukakan seluruh persiapan infrastruktur penunjang kendaraan satu jalur tersebut sudah tuntas, sehingga bisa segera diujicobakan.

'Kemungkinan besar Rabu (6/11) kendaraan satu jalur ini mulai diterapkan, namun akan tetap disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Selama masa ujicoba ini, akan menjadi bahan evaluasi jalur,' ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Subari, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk menentukan dimulainya jam uji coba satu jalur. Dan, evaluasi satu jalur ini akan dilakukan secara rutin sebelum ditetapkan menjadi kebijakan permanen.

Ia mengakui segera diterapkannya uji coba satu jalur tersebut karena peraturan wali kota (Perwali)-nya sudah diterbitkan oleh Wali Kota Malang Moch Anton belum lama ini.

Selain itu infrastruktur jalan juga sudah disiapkan dan Dishub juga telah memasang 60 unit rambu lalu lintas di sepanjang lokasi satu jalur tersebut, yakni mulai Jalan Mayjen Haryono, Jalan Mayjen Panjaitan, Jalan Bogor, Jalan Veteran hingga Jalan Gajayana.

Menurut Subari, marka jalan khusus untuk angkutan kota (angkot) di kawasan Jalan Sumbersari, Jalan Gaj ayana, Jalan Mayjen Har yono dan Jalan Mayjen Panjaitan hingga J alan Bogor juga sudah tuntas, termasuk pembukaan perempatan baru di Jalan Bogor dan Veteran.

Menyinggung sosialisasi diterapkannya kendaraan satu jalur tersebut, Subari mengatakan sudah dilakukan beberapa kali, termasuk di kalangan sopir angkot. 'Para pengemudi angkot tidak masalah dengan penerapan kendaraan satu jalur ini,' tegas Subari.

Menanggapi segera diberlakukannya kendaraan satu jalur tersebut sejumlah sopir angkot mengaku memberikan dukungan dengan catatan harus ada petugas yang disiagakan di area jalur satu arah itu agar kendaraan pribadi tidak sampai menyerobot jalur angkot.

'Petugas harus selalu siaga karena jalur ini masih baru. Kemungkinan masih banyak pengendara yang belum tahu dan kalaupun sudah tahu, dikhawatirkan kendaraan pribadi akan masuk jalur angkotdan sebaliknya ank ot masuk jalur kendaraan lain ,' tegas Subar uno, salah seorang sopir angkot jurusan Landungsari-Gadang.(ant/rd)

Wisatawan Jakarta Diminta Gunakan Kereta

Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil meminta wisatawan dari Jakarta yang akan menuju Kota Bandung setiap akhir pekan untuk menggunakan kereta api dibandingkan kendaraan pribadi guna mengurangi kemacetan di wilayahnya.

DPR Segera Setujui RUU Perlindungan Anak

Ketua Komisi VIII DPR Ida Fauziyah menyatakan DRI RI akan segera menyetujui penetapan Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Perlindungan Anak menjadi UU sebelum akhir masa tugasnya September 2014 ini.

Pasar di Jakarta Diremajakan Dalam 3 Tahun

Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis memastikan pihaknya akan selesai meremajakan seluruh pasar inpres di DKI Jakarta dalam waktu tiga tahun ke depan.

Bandung Segera Bangun Tiga Jembatan Layang

Kota Bandung akan membangun tiga jalan layang di jalur Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung yang merupakan jalur masuk Kota Kembang yang cukup padat.

Debit Air Sungai Serayu Menyusut

Debit air Sungai Serayu yang melintasi wilayah eks Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah, menyusut akibat datangnya musim kemarau sehingga aliran air irigasi ke areal persawahan digilir.