Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Karang Taruna Ketapang Bina Remaja Nakal

karang taruna, ketapang, remaja nakal, remaja

Posted on 13 Jan 2013. Hits : 490

Karang Taruna Ketapang Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, membina para remaja yang terlibat kenakalan di daerah setempat.

"Kami berupaya merubah pola pikir dan kebiasaan negatif generasi muda itu melalui tukar pendapat, musyawarah, kegiatan-kegiatan positif lainnya seperti kerja bakti, membantu korban bencana sosial dan alam," ujar Ketua Karang Taruna Ketapang, Muhamad Setiawan di Pangkalpinang, Minggu.

Ia menjelaskan, dalam merubah pola pikir dan kebiasaan generasi muda yang negatif menjadi positif ini, kami berupaya membuka peluang-peluang usaha seperti pengelolaan parkir kendaraan, budidaya ikan air tawar, beternak ayam dan lainnya.

Selain itu, kata dia, kami berupaya memutus mata rantai atau jaringan peredaran narkoba, miras, pornografi dan lainnya.

"Kami bekerja sama dengan aparat kepolisian ikut mengawasi lingkungan masyarakat dari peredaran barang-barang yang merusak moral generasi muda," ujarnya.

Menurut dia, saat ini, tingkat kenakalan remaja seperti penyalahgunaan obat-obatan (narkoba, miras, pemerasan, seks bebas dan lainnya sudah cukup mengkuatirkan karena tidak adanya bimbingan atau wadah untuk menampung aspirasi atau kegiatan positif mereka.

"Selama ini, wadah untuk membimbing aspirasi dan kegiatan pemuda ini masih belum berjalan optimal, sehingga kenakalan remaja ini semakin tinggi dan mengganggu keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, pemicu kenakalan remaja ini karena mereka tidak memiliki peluang pekerjaan seiring masih rendahnya sumber daya manusia (SDM) dan keterampilan pemuda untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

"Selama ini, kepedulian tokoh masyarakat dan pemerintah daerah terhadap pemuda ini kurang, sehingga tingkat pengangguran dan kriminalitas akan semakin meningkat," ujarnya.

Menurut dia, selama ini, tokoh masyarakat, pemerintah daerah tidak merasa peduli dengan hak, aset pemuda dalam pembangunan daerah.

"Peran pemuda ini besar dalam pembangunan, apabila tidak ada upaya pemberdayaan pemuda ini tentu tingkat kenakalan remaja, kriminalitas dan permasalahan sosial lainnya akan semakin tinggi dan menjadi permasalahan tersendiri bagi pemerintah dalam percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, kami berharap pemerintah untuk lebih memperhatikan generasi muda ini melalui pelatihan keterampilan kerja sehingga pemuda bisa membuka usaha dan kegiatan positif lainnya.

"Mari kita sama-sama membangun sumber daya manusia (SDM) pemuda kearah yang lebih baik, untuk menekan kenakalan remaja, kriminalitas dan permasalahan sosial lainnya," ujarnya.(ant/ ap)

Partai Harus Tonjolkan Capres Komunikasikan Visi-Misi

Partai Politik harus segera menonjolkan calon presiden masing-masing dengan memberi kesempatan untuk mengkomunikasikan visi atau misi yang akan disusung ketika menjadi presiden, kata pengamat politik Universitas Gadjah Mada, Erwan Agus Purwanto.

Gencatan Senjata Diakhiri

Taliban Pakistan secara resmi mengakhiri gencatan senjata 40 hari namun masih tetap terbuka untuk perundingan dengan pemerintah, kata seorang juru bicara, Rabu.

49 CPNS Terancam Batal Diangkat Jadi PNS

Sebanyak 49 calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang dinyatakan lulus tes penerimaan pegawai pada 2013 terancam batal diangkat menjadi PNS, karena menggunakan ijazah tidak sesuai formasi.

Snyder Kembali ke Yunani Kuno untuk Sekuel '300'

Sutradara Hollywood Zack Snyder mengatakan ia belum mempertimbangkan tindak lanjut film hits 2007 "300" hingga Frank Miller, penulis novel yag dijadikan dasar naskah, mengatakan ia mengerjakan sebuah proyek lainnya.

Dokkes Polda Temukan Penyakit Degeneratif Di Kepolisian

Kepala Sub bidang Kespol Bidang Dokter dan Kesehatan ( Bidokkes) Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat Ajun Komisaris Besar dr Purwanta mengatakan, ditemukan penyakit degeneratif di lingkungan kepolisian.