Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Karang Taruna Ketapang Bina Remaja Nakal

karang taruna, ketapang, remaja nakal, remaja

Posted on 13 Jan 2013. Hits : 568

Karang Taruna Ketapang Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, membina para remaja yang terlibat kenakalan di daerah setempat.

"Kami berupaya merubah pola pikir dan kebiasaan negatif generasi muda itu melalui tukar pendapat, musyawarah, kegiatan-kegiatan positif lainnya seperti kerja bakti, membantu korban bencana sosial dan alam," ujar Ketua Karang Taruna Ketapang, Muhamad Setiawan di Pangkalpinang, Minggu.

Ia menjelaskan, dalam merubah pola pikir dan kebiasaan generasi muda yang negatif menjadi positif ini, kami berupaya membuka peluang-peluang usaha seperti pengelolaan parkir kendaraan, budidaya ikan air tawar, beternak ayam dan lainnya.

Selain itu, kata dia, kami berupaya memutus mata rantai atau jaringan peredaran narkoba, miras, pornografi dan lainnya.

"Kami bekerja sama dengan aparat kepolisian ikut mengawasi lingkungan masyarakat dari peredaran barang-barang yang merusak moral generasi muda," ujarnya.

Menurut dia, saat ini, tingkat kenakalan remaja seperti penyalahgunaan obat-obatan (narkoba, miras, pemerasan, seks bebas dan lainnya sudah cukup mengkuatirkan karena tidak adanya bimbingan atau wadah untuk menampung aspirasi atau kegiatan positif mereka.

"Selama ini, wadah untuk membimbing aspirasi dan kegiatan pemuda ini masih belum berjalan optimal, sehingga kenakalan remaja ini semakin tinggi dan mengganggu keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, pemicu kenakalan remaja ini karena mereka tidak memiliki peluang pekerjaan seiring masih rendahnya sumber daya manusia (SDM) dan keterampilan pemuda untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

"Selama ini, kepedulian tokoh masyarakat dan pemerintah daerah terhadap pemuda ini kurang, sehingga tingkat pengangguran dan kriminalitas akan semakin meningkat," ujarnya.

Menurut dia, selama ini, tokoh masyarakat, pemerintah daerah tidak merasa peduli dengan hak, aset pemuda dalam pembangunan daerah.

"Peran pemuda ini besar dalam pembangunan, apabila tidak ada upaya pemberdayaan pemuda ini tentu tingkat kenakalan remaja, kriminalitas dan permasalahan sosial lainnya akan semakin tinggi dan menjadi permasalahan tersendiri bagi pemerintah dalam percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, kami berharap pemerintah untuk lebih memperhatikan generasi muda ini melalui pelatihan keterampilan kerja sehingga pemuda bisa membuka usaha dan kegiatan positif lainnya.

"Mari kita sama-sama membangun sumber daya manusia (SDM) pemuda kearah yang lebih baik, untuk menekan kenakalan remaja, kriminalitas dan permasalahan sosial lainnya," ujarnya.(ant/ ap)

PMKS Masih Marak di Jakarta Pusat

Meskipun sudah sering ditindak, kehadiran para penyandang masalah kesejahteraan sosial atau PMKS masih marak di ibukota.

‎Ahok: Rp1,35 T Dialokasikan untuk PSO

Public Service Obligation sebesar Rp1,35 triliun akan dianggarkan demi membuat pelayanan transportasi publik Jakarta lebih dapat diandalkan.

Parkir Ilegal, Ratusan Mobil Diderek Paksa

Walaupun para pejabat dari Sub Dinas Komunikasi Jakarta Utara telah secara intensif menyampaikan larangan parkir ilegal di wilayah mereka, sebagian warga tampak tidak mengindahkannya.

Pertamina Fokuskan CSR Madura Pada Pengembangan UMKM

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) West Madura Offshore (WMO) tahun ini akan memfokuskan pembagian "tanggung jawab sosial perusahaan atau "corporate social responsibility" (CSR) di Madura, Jawa Timur pada pengembangan dan pembinaan UMKM.

Pelindo Bangun Pelabuhan Petikemas Modern di Kendari

PT Pelabuhan Indonesia IV akan membangun pelabuhan peti kemas modern di Kawasan Bungkutoko, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dengan nilai investasi sekitar Rp630 miliar.