Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kantor Pos Bontang Salurkan 380 Kartu BSM

kantor pos, menyalurkan 380 kartu bsm, kota bontang, kabupaten kutai timur

Posted on 23 Jun 2013. Hits : 302

Kantor PosKota Bontang, Kalimantan Timur, segera menyalurkan 380 kartu bantuan siswa miskin (BSM) untuk dua wilayah kerjanya, yakni Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur.

'Sebanyak 380 kartu BSM akan kami salurkan kepada siswa sekolah dari keluarga miskin di Kota Bontang dan Kutai Timur,' kata Kepala Kantor Pos Bontang, Surya Hambali, Sabtu.

Program BSM itu disalurkan, kata dia, karena masih banyak anak-anak yang tidak dapat bersekolah, putus sekolah dan tidak dapat melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang pendidikan berikutnya.

Salah satu penyebabnya menurut Surya Hambali yakni, kesulitan orangtua/keluarga dalam memenuhi kebutuhan pendidikan lainnya seperti baju seragam, buku tulis, sepatu, biaya transportasi maupun biaya pendidikan lainnya yang tidak ditanggung melalui dana BOS.

'Hal inilah yang melatarbelakangi dikembangkannya program BSM. Namun, untuk penyaluran di Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur, masih terkendala alamat siswa dan sekolahnya, yang tidak dicantumkan dalam data yang diberikan pusat,' ujarnya sambil menyebutkan sbahwa aat ini masih dalam tahap koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Bontang dan Kutai Timur.

Program BSM lanjut dia merupakan program nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah dengan membantu mereka memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (bahkan hingga tingkat menengah atas) serta membantu kelancaran program sekolah.

Melalui Program BSM ini lanjut dia, diharapkan anak usia sekolah dari rumah-tangga/keluarga miskin dapat terus bersekolah dan di masa depan diharapkan mereka dapat memutus rantai kemiskinan yang saat ini dialami orangtuanya.

Program BSM juga mendukung komitmen pemerintah untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan di kabupaten/kota miskin dan terpencil serta pada kelompok marjinal.

Program ini kata dia bersifat bantuan langsung kepada siswa dan bukan beasiswa, karena berdasarkan kondisi ekonomi siswa dan bukan berdasarkan prestasi (beasiswa), mempertimbangkan kondisi siswa, sedangkan beasiswa diberikan dengan mempertimbangkan prestasi siswa.

Penerima BSM untuk Sekolah Dasar dari keluarga miskin lanjut Surya Hambali, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah dengan kriteria, tingkat kehadiran 75 persen di sekolah, memiliki kepribadian terpuji (rajin dan disiplin), taat aturan dan tata tertib, santun serta tidak merokok atau terlibat narkoba.

Sementara, penerima BSM untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah siswa miskin yang memenuhi sekurang┬┐kurangnya satu dari kriteria yakni, orang tua siswa terdaftar sebagai peserta PKH, memiliki kartu miskin, yatim/piatu, pertimbangan lain misalnya, kelainan fisik, korban musibah berkepanjangan, anak korban PHK, atau indikator lokal lainnya.

'Khusus 380 kartu BSM ini adalah siswa kelas enam SD yang akan melanjutkan ke SMP,' kata Surya Hambali.(ant/rd)

RTRWP Kalsel Masih Terganjal

Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, hingga kini masih terganjal di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, terutama evaluasi terhadap penetapan kawasan.

DPRD Manokwari Bahas Jadwal Pelantikan Ketua Definitif

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manokwari, 31 Oktobeer 2014 akan menggelar rapat pleno pembahasan jadwal pelantikan Ketua Definitif.

Pemkab OKU Belum Temukan Kesepakatan Tapal Batas

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, masih belum menemukan kesepakatan dengan Pemerintah OKU Timur, terkait wilayah perbatasan di area Kecamatan Peninjauan.

PASI Harapkan Satu Organisasi Olahraga

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Mohammad Hasan mengharapkan hanya ada satu induk organisasi keolahragaan yang mengurusi cabang-cabang olahraga di Indonesia.

Mendag Diminta Cabut Permendag 44/2014

Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Sihol Manulang meminta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel untuk mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 44 Tahun 2014, karena mendorong penyelundupan timah dalam jumlah besar.