Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kantor Pos Bontang Salurkan 380 Kartu BSM

kantor pos, menyalurkan 380 kartu bsm, kota bontang, kabupaten kutai timur

Posted on 23 Jun 2013. Hits : 302

Kantor PosKota Bontang, Kalimantan Timur, segera menyalurkan 380 kartu bantuan siswa miskin (BSM) untuk dua wilayah kerjanya, yakni Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur.

'Sebanyak 380 kartu BSM akan kami salurkan kepada siswa sekolah dari keluarga miskin di Kota Bontang dan Kutai Timur,' kata Kepala Kantor Pos Bontang, Surya Hambali, Sabtu.

Program BSM itu disalurkan, kata dia, karena masih banyak anak-anak yang tidak dapat bersekolah, putus sekolah dan tidak dapat melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang pendidikan berikutnya.

Salah satu penyebabnya menurut Surya Hambali yakni, kesulitan orangtua/keluarga dalam memenuhi kebutuhan pendidikan lainnya seperti baju seragam, buku tulis, sepatu, biaya transportasi maupun biaya pendidikan lainnya yang tidak ditanggung melalui dana BOS.

'Hal inilah yang melatarbelakangi dikembangkannya program BSM. Namun, untuk penyaluran di Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur, masih terkendala alamat siswa dan sekolahnya, yang tidak dicantumkan dalam data yang diberikan pusat,' ujarnya sambil menyebutkan sbahwa aat ini masih dalam tahap koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Bontang dan Kutai Timur.

Program BSM lanjut dia merupakan program nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah dengan membantu mereka memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun (bahkan hingga tingkat menengah atas) serta membantu kelancaran program sekolah.

Melalui Program BSM ini lanjut dia, diharapkan anak usia sekolah dari rumah-tangga/keluarga miskin dapat terus bersekolah dan di masa depan diharapkan mereka dapat memutus rantai kemiskinan yang saat ini dialami orangtuanya.

Program BSM juga mendukung komitmen pemerintah untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan di kabupaten/kota miskin dan terpencil serta pada kelompok marjinal.

Program ini kata dia bersifat bantuan langsung kepada siswa dan bukan beasiswa, karena berdasarkan kondisi ekonomi siswa dan bukan berdasarkan prestasi (beasiswa), mempertimbangkan kondisi siswa, sedangkan beasiswa diberikan dengan mempertimbangkan prestasi siswa.

Penerima BSM untuk Sekolah Dasar dari keluarga miskin lanjut Surya Hambali, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah dengan kriteria, tingkat kehadiran 75 persen di sekolah, memiliki kepribadian terpuji (rajin dan disiplin), taat aturan dan tata tertib, santun serta tidak merokok atau terlibat narkoba.

Sementara, penerima BSM untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah siswa miskin yang memenuhi sekurang┬┐kurangnya satu dari kriteria yakni, orang tua siswa terdaftar sebagai peserta PKH, memiliki kartu miskin, yatim/piatu, pertimbangan lain misalnya, kelainan fisik, korban musibah berkepanjangan, anak korban PHK, atau indikator lokal lainnya.

'Khusus 380 kartu BSM ini adalah siswa kelas enam SD yang akan melanjutkan ke SMP,' kata Surya Hambali.(ant/rd)

Cara Menjual Sikat Gigi

Seorang salesman sikat gigi di perusahaan diminta oleh atasannya untuk menjelaskan bagaimana ia berhasil menjual begitu banyak sikat gigi.

Para Perundingan Tambah Waktu Untuk Bahas Program Nuklir Iran

Kekuatan-kekuatan global yang berkutat untuk mencapai sebuah perjanjian nuklir dengan Iran meminta waktu lagi pada Selasa setelah para menteri luar negeri gagal menjembatani apa yang seorang diplomat sebut isu-isu yang masih ada "sangat, sangat, sangat alot".

Peserta BPJS Mukomuko Keluhan Pelayanan Puskesmas

Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengeluhkan tidak maksimalnya pelayanan kesehatan bagi pasien BPJS di puskesmas Kecamatan Ipuh.

Tentara Aljazair Tewaskan 102 Gerilyawan Dalam Enam Bulan

Sebanyak 102 gerilyawan fanatik bersenjata tewas oleh prajurit Angkatan Darat Aljazair selama semester pertama 2015, kata satu laporan resmi yang dikeluarkan pada Selasa (7/7) oleh Kementerian Pertahanan.

60 Napi Narkoba Jalani Rehabilitasi Dalam Lapas

Sebanyak 60 orang narapidana menjalani rehabilitasi di dalam Lapas Narkoba Kelas IIA Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, dengan waktu selama tiga bulan.