Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kadisdik Banjarbaru Khawatir Penundaan UN Pengaruhi Kelulusan

penundaan pelaksanaan, ujian nasional

Posted on 15 Apr 2013. Hits : 365

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahmadi Arsyad mengkhawatirkan penundaan pelaksanaan ujian nasional tingkat sekolah menengah atas dan sederajat mempengaruhi kelulusan siswa di kota ini.

"Kami khawatir penundaan UN mempengaruhi siswa calon peserta ujian karena mereka sudah siap menghadapi ujian tetapi ternyata ditunda dan pengaruhnya tentu pada hasil kelulusan," ujarnya.

Ia mengatakan, penundaan tersebut dipastikan mempengaruhi aspek psikologi setiap calon peserta UN karena mereka sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri menghadapi ujian yang paling menentukan kelulusan sekolah itu.

Ibarat perang, kata dia, setiap peserta sudah mempersiapkan diri menghadapi peperangan tetapi ternyata perangnya ditunda sehingga bukan tidak mungkin mengakibatnya hilangnya semangat mengikuti ujian.

"Dampak psikologis atas penundaan UN itu pasti dirasakan siswa tetapi kami bersama guru-guru berupaya memberikan semangat agar mereka bisa mengikuti ujian sebaik-baiknya," ujarnya.

Menurut dia, dampak penundaan UN juga menimbulkan penafsiran berbeda-beda terhadap hasil kelulusan sehingga ada kesan hasilnya tidak murni karena perbedaan pelaksanaan ujian di tiap daerah.

"Jika hasilnya buruk, mungkin ada yang menilai soalnya dibikin lebih sulit, tetapi jika hasilnya bagus pasti menimbulkan kecurigaan soal ujian bocor akibat waktu pelaksanaan yang berbeda setiap daerah," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya sudah memberitahukan penundaan UN kepada kepala sekolah dan guru-guru disusul pemberitahuan langsung kepada siswa calon peserta ujian di sekolah masing-masing.

"Pemberitahuan resmi mengenai penundaan ujian disampaikan kepada siswa di sekolah masing-masing dan para guru juga diminta memberi semangat kepada anak didiknya agar tidak terpengaruh dengan penundaan itu," katanya.

Ditambahkan, sesuai surat pemberitahuan yang diterima dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, pelaksanaan UN yang semula dijadwalkan Senin (15/4) ditunda menjadi Rabu (17/4) dengan mata pelajaran yang diujikan tidak mengalami perubahan.(ant/rd)

PBB : Krisis Pangan Sudan Selatan Terburuk Di Dunia

Krisis pangan di Sudan Selatan sekarang adalah yang terburuk di dunia, kata Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa Jumat saat menyerukan pendanaan mendesak untuk meningkatkan pengiriman bantuan sangat dibutuhkan.

Gubernur : Terima Kasih Tingkat Partisipasi Pemilih Tinggi

Gubernur Sulawesi Barat berterima kasih kepada masyarakatnya karena partisipasi pemilih tinggi di Pemilihan Presiden (Pilpres).

Mataram Anggarkan Rp10 Miliar Untuk Jalan Lingkungan

Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk perbaikan dan pembangunan jalan lingkungan di daerah itu.

Jumlah Penumpang Bandara Pekanbaru Naik 11,83 Persen

Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II di Kota Pekanbaru, Riau, menyatakan jumlah pemudik menggunakan layanan pesawat terbang mengalami peningkatan 11,83 persen pada H-3.

Pasar Tradisional Kupang Jelang Lebaran 'Diserbu' Pembeli

Sejumlah pasar tradisional di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, diserbu pembeli, terutama para ibu rumah tangga untuk keperluan kebutuhan menjelang perayaan Idul Fitri 1435 Hijriah.