Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kadisdik Banjarbaru Khawatir Penundaan UN Pengaruhi Kelulusan

penundaan pelaksanaan, ujian nasional

Posted on 15 Apr 2013. Hits : 377

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahmadi Arsyad mengkhawatirkan penundaan pelaksanaan ujian nasional tingkat sekolah menengah atas dan sederajat mempengaruhi kelulusan siswa di kota ini.

"Kami khawatir penundaan UN mempengaruhi siswa calon peserta ujian karena mereka sudah siap menghadapi ujian tetapi ternyata ditunda dan pengaruhnya tentu pada hasil kelulusan," ujarnya.

Ia mengatakan, penundaan tersebut dipastikan mempengaruhi aspek psikologi setiap calon peserta UN karena mereka sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri menghadapi ujian yang paling menentukan kelulusan sekolah itu.

Ibarat perang, kata dia, setiap peserta sudah mempersiapkan diri menghadapi peperangan tetapi ternyata perangnya ditunda sehingga bukan tidak mungkin mengakibatnya hilangnya semangat mengikuti ujian.

"Dampak psikologis atas penundaan UN itu pasti dirasakan siswa tetapi kami bersama guru-guru berupaya memberikan semangat agar mereka bisa mengikuti ujian sebaik-baiknya," ujarnya.

Menurut dia, dampak penundaan UN juga menimbulkan penafsiran berbeda-beda terhadap hasil kelulusan sehingga ada kesan hasilnya tidak murni karena perbedaan pelaksanaan ujian di tiap daerah.

"Jika hasilnya buruk, mungkin ada yang menilai soalnya dibikin lebih sulit, tetapi jika hasilnya bagus pasti menimbulkan kecurigaan soal ujian bocor akibat waktu pelaksanaan yang berbeda setiap daerah," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya sudah memberitahukan penundaan UN kepada kepala sekolah dan guru-guru disusul pemberitahuan langsung kepada siswa calon peserta ujian di sekolah masing-masing.

"Pemberitahuan resmi mengenai penundaan ujian disampaikan kepada siswa di sekolah masing-masing dan para guru juga diminta memberi semangat kepada anak didiknya agar tidak terpengaruh dengan penundaan itu," katanya.

Ditambahkan, sesuai surat pemberitahuan yang diterima dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, pelaksanaan UN yang semula dijadwalkan Senin (15/4) ditunda menjadi Rabu (17/4) dengan mata pelajaran yang diujikan tidak mengalami perubahan.(ant/rd)

Real Madrid Juara Piala Dunia Klub

Real Madrid mengalahkan San Lorenzo dari Argentina 2-0 Sabtu dan berhak atas gelar juara Piala Dunia Klub sekaligus menyabet piala kemenangan keempat pada 2014.

M Husni Terpilih Ketuai Kwarcab Pramuka Medan

Kepala Dinas Pendapatan Kota Medan, M Husni terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan, Sumatera Utara.

Dortmund Terpuruk Ke Peringkat Kedua Terbawah Setelah Telan Kekalahan Ketujuh

Krisis Borussia Dortmund di Liga Jerman semakin dalam pada Sabtu, setelah mereka menelan kekalahan kesepuluhnya pada musim ini saat takluk 1-2 di markas sesama tim papan bawah Werder Bremen, untuk turun ke peringkat kedua dari bawah.

City Samai Koleksi Angka Chelsea

Manchester City menang 3-0 atas Crystal Palace pada Sabtu untuk menyamai koleksi angka pemuncak klasemen Liga Utama Inggris Chelsea, sedangkan Radamel Falcao membuat Manchester United bermain imbang 1-1 di markas Aston Villa.

Seniman Pameran Lukisan Peringati 200 Tahun Borobudur

Para seniman di kawasan Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menggelar pameran seni rupa di Limanjawi Art House untuk memperingati 200 tahun ditemukannya Candi Borobudur.