Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kadisdik Banjarbaru Khawatir Penundaan UN Pengaruhi Kelulusan

penundaan pelaksanaan, ujian nasional

Posted on 15 Apr 2013. Hits : 369

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahmadi Arsyad mengkhawatirkan penundaan pelaksanaan ujian nasional tingkat sekolah menengah atas dan sederajat mempengaruhi kelulusan siswa di kota ini.

"Kami khawatir penundaan UN mempengaruhi siswa calon peserta ujian karena mereka sudah siap menghadapi ujian tetapi ternyata ditunda dan pengaruhnya tentu pada hasil kelulusan," ujarnya.

Ia mengatakan, penundaan tersebut dipastikan mempengaruhi aspek psikologi setiap calon peserta UN karena mereka sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri menghadapi ujian yang paling menentukan kelulusan sekolah itu.

Ibarat perang, kata dia, setiap peserta sudah mempersiapkan diri menghadapi peperangan tetapi ternyata perangnya ditunda sehingga bukan tidak mungkin mengakibatnya hilangnya semangat mengikuti ujian.

"Dampak psikologis atas penundaan UN itu pasti dirasakan siswa tetapi kami bersama guru-guru berupaya memberikan semangat agar mereka bisa mengikuti ujian sebaik-baiknya," ujarnya.

Menurut dia, dampak penundaan UN juga menimbulkan penafsiran berbeda-beda terhadap hasil kelulusan sehingga ada kesan hasilnya tidak murni karena perbedaan pelaksanaan ujian di tiap daerah.

"Jika hasilnya buruk, mungkin ada yang menilai soalnya dibikin lebih sulit, tetapi jika hasilnya bagus pasti menimbulkan kecurigaan soal ujian bocor akibat waktu pelaksanaan yang berbeda setiap daerah," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya sudah memberitahukan penundaan UN kepada kepala sekolah dan guru-guru disusul pemberitahuan langsung kepada siswa calon peserta ujian di sekolah masing-masing.

"Pemberitahuan resmi mengenai penundaan ujian disampaikan kepada siswa di sekolah masing-masing dan para guru juga diminta memberi semangat kepada anak didiknya agar tidak terpengaruh dengan penundaan itu," katanya.

Ditambahkan, sesuai surat pemberitahuan yang diterima dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, pelaksanaan UN yang semula dijadwalkan Senin (15/4) ditunda menjadi Rabu (17/4) dengan mata pelajaran yang diujikan tidak mengalami perubahan.(ant/rd)

Harga Daging Di Muara Teweh Mulai Turun

Harga daging sapi di pasar tradisional Muara Teweh Kabupaten, Barito Utara, Kalimantan Tengah, dua hari setelah Lebaran 2014 mulai turun jadi Rp140.

Omzet Penjualan Mainan Di Bandarlampung Meningkat

Omzet penjualan mainan di Kota Bandarlampung meningkat saat libur hari raya Idul Fitri 1435 H.

BNPB Kerahkan Helikopter Antisipasi Kebakaran Kalbar

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mendatangkan helikopter khusus untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dengan upaya pemadaman dengan menjatuhkan bom air atau 'water bombing'.

Penumpang 'Speed Boat' Sungai Barito Masih Sepi

Arus balik Lebaran 1435 Hijriyah hari kedua melalui angkutan sungai menggunakan kapal cepat di pelabuhan terapung di Sungai Barito dari dan ke Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah masih sepi.

Konsumen Telkomsel Sesalkan Harga Pulsa Naik

Sejumlah konsumen Telkomsel di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengaku kesal dengan kebijakan perusahaan telekomunikasi itu yang menaikan harga pulsa saat perayaan Hari Raya Idul Fitri.