Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kabupaten Jayapura Bentuk Dewan Pengupahan

besaran umk, dewan pengupahan

Posted on 06 May 2013. Hits : 206

Kabupaten Jayapura segera membentuk Dewan Pengupahan (DK), demikian ditegaskan Kepala Bidang Pengawasan pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Jayapura R. Yudi Harsono S.SH di Sentani, Senin.

"Saat ini kepengurusan Apindo sudah terbentuk dan tinggal dilantik saja," ujar Yudi.

Ia menjelaskan setelah Apindo dibentuk, maka proses selanjutnya adalah pembentukan Dewan Pengupahan. Yang mana nantinya, dewan inilah yang akan menetapkan besaran UMK (Upah Minimum Kabupaten) dari masukan tiap-tiap perusahaan yang ada di Kabupaten Jayapura.

"Jika sudah terbentuk Apindo, Dewan Pengupahan dan akhirnya ditetapkannya UMK, belum dapat diterapkan langsung di Kabupaten Jayapura," tandasnya.

Yudi menuturkan, meskipun sudah ditetapkan besaran UMK, tetapi penerapannya baru bisa dilakukan pada tahun 2014 nanti. Untuk itu, masyarakat khususnya para pekerja diminta untuk bersabar.

"Nantinya jika sudah ada Dewan Pengupahan, maka sebelum UMP (Upah Minimum Provinsi) ditetapkan, Kabupaten Jayapura akan memasukkan rancangan UMK sehingga setelah UMP ditetapkan, UMK pun menyusul ditetapkan," urainya.(ant/rd)

KIH dan KMP Diminta Duduk Bersama

Pengamat politik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia Arbi Sanit menyarankan Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih duduk bersama untuk mencari solusi bagi masalah yang terjadi di DPR-RI.

Serangan Drone Tewaskan 4 Orang di Pakistan

Empat orang tewas pada Kamis pagi, dalam serangan "drone" AS di wilayah suku di Pakistan Baratlaut, Waziristan Selatan, demikian laporan media setempat.

Harga Minyak Dunia Turun di Asia

Harga minyak dunia melemah di perdagangan Asia pada Kamis, namun kerugiannya dibatasi oleh penilaian positif mengejutkan ekonomi AS oleh Federal Reserve, kata para analis.

Ratusan Anak Sopir Tangki Peroleh Dana Pendidikan

Sebanyak 120 orang siswa SD hingga SMA yang berprestasi dari keluarga sopir atau awak mobil tangki bahan bakar minyak memperoleh bantuan dana pendidikan dari PT Pertamina Patra Niaga.

Antam Serahkan Bantuan Untuk Puskesmas

PT Antam Tbk UBPN Pomalaa, Sultra, menyerahkan beberapa bantuan kesehatan kepada sejumlah puskesmas yang ada di Kabupaten Kolaka dalam rangka pencanangan Gerakan KB-Kesehatan oleh Bupati Kolaka Ahmad Safei.