Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jalan Layang KA Bandara Kualanamu Dibangun 2015

kemenhub, realisasi jalan layang, jalur kereta api, bandara udara kualanamu, dibangun 2015

Posted on 20 Sep 2013. Hits : 410

Kementerian Perhubungan akan merealisasikan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Kota Medan menuju Bandar Udara Kualanamu pada tahun 2015.

Dalam diskusi dengan jajaran pers di Medan, Kamis, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pembangunan jalan layang kereta api (KA) itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pascaoperasional Bandara Kualanamu.

Jalan layang yang akan dibangun tersebut bukan mendekati lokasi Bandara Kualanamu tetapi mulai Stasiun Besar KA Medan.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kondisi, pembangunan jalan layang KA itu baru akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sedangkan untuk program dalam waktu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mambangun 'double track' atau jalur ganda untuk KA yang menuju Bandara Kualanamu.

Double track tersebut akan dibangun menjelang akhir tahun 2013. 'Paling lama tahun 2014,' katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan kendala pembebasan lahan pembangunan double track, Bambang mengaku belum dapat menjelaskannya secara teknis.

'Penjelasan secara teknis, belum berani. Namun asti sudah dipikirkan,' katanya.

Sebelumnya, dalam dialog 'Kesiapan Publik Pindah Bandara' di Bandara Kualanamu pada 10 Juli, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Gumay mengatakan, pihaknya telah menyetujui pembangunan jalan layang untuk KA menuju Bandara Kualanamu.

Persetujuan itu dilakukan karena Kemenhub telah menerima masukan dari berbagai pihak mengenai kemungkinan meningkatnya kemacetan arus lalu lintas di Kota Medan pascaoperasional KA menuju Bandara Kualanamu.

Berdasarkan rapat di Kemenhub tersebut, jalan layang tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar enam hingga delapan kilometer.

Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang hadir dalam dialog itu menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kemenhub untuk membangun jalan layang bagi jalur KA menuju Bandara Kualanamu tersebut.(ant/rd)

Jalasenastri Korcab Pasmar-1 Gelar Lomba Tenis Berkebaya

Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir menggelar berbagai perlombaan untuk memperingati Hari Kartini 2014, di antaranya lomba tenis berkebaya dan lomba memasak nasi goreng berkebaya.

Umat Kristiani Khusuk Merayakan Tri Hari Paskah

Umat Kristiani di Nusa Tenggara Timur khusuk merayakan tri hari suci Paskah sejak malam Rabu atau Kamis Putih dan dilanjutkan dengan Jumat Agung, lalu Sabtu Alleya.

PGRI Lubuklinggau Minta Polisi Usut Kematian Guru

Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan minta jajaran Polres setempat mengusut tuntas kasus kematian guru SDN 47 di kota itu pekan lalu.

PLN Musirawas Perbaiki Jaringan Ke BTS Ulu

PT PLN Kabupaten Musiarwas, Sumatera selatan, sudah memperbaiki seluruh jaringan listrik ke beberapa desa di Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu setelah terputus akibat bencana alam beberapa waktu lalu.

Pakaian Jadi Bali Raup 6,36 Juta Dolar

Bali meraup devisa sebesar 6,36 juta dolar AS dari ekspor pakaian jadi bukan rajutan selama Februari 2014, menurun 4,83 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 6,67 juta dolar AS.