Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jalan Layang KA Bandara Kualanamu Dibangun 2015

kemenhub, realisasi jalan layang, jalur kereta api, bandara udara kualanamu, dibangun 2015

Posted on 20 Sep 2013. Hits : 451

Kementerian Perhubungan akan merealisasikan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Kota Medan menuju Bandar Udara Kualanamu pada tahun 2015.

Dalam diskusi dengan jajaran pers di Medan, Kamis, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pembangunan jalan layang kereta api (KA) itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pascaoperasional Bandara Kualanamu.

Jalan layang yang akan dibangun tersebut bukan mendekati lokasi Bandara Kualanamu tetapi mulai Stasiun Besar KA Medan.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kondisi, pembangunan jalan layang KA itu baru akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sedangkan untuk program dalam waktu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mambangun 'double track' atau jalur ganda untuk KA yang menuju Bandara Kualanamu.

Double track tersebut akan dibangun menjelang akhir tahun 2013. 'Paling lama tahun 2014,' katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan kendala pembebasan lahan pembangunan double track, Bambang mengaku belum dapat menjelaskannya secara teknis.

'Penjelasan secara teknis, belum berani. Namun asti sudah dipikirkan,' katanya.

Sebelumnya, dalam dialog 'Kesiapan Publik Pindah Bandara' di Bandara Kualanamu pada 10 Juli, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Gumay mengatakan, pihaknya telah menyetujui pembangunan jalan layang untuk KA menuju Bandara Kualanamu.

Persetujuan itu dilakukan karena Kemenhub telah menerima masukan dari berbagai pihak mengenai kemungkinan meningkatnya kemacetan arus lalu lintas di Kota Medan pascaoperasional KA menuju Bandara Kualanamu.

Berdasarkan rapat di Kemenhub tersebut, jalan layang tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar enam hingga delapan kilometer.

Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang hadir dalam dialog itu menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kemenhub untuk membangun jalan layang bagi jalur KA menuju Bandara Kualanamu tersebut.(ant/rd)

Biaya Rujukan Pasien Dekai Rp60 Juta

Biaya rujukan pasien dari Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, ke Jayapura kemudian sebaliknya dari Jayapura kembali ke Dekai sebesar Rp60 juta.

Disperindag Temukan Bahan Kue Kedaluwarsa

Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindag) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menemukan bahan kue dan makanan serta ikan kaleng kedaluwarsa dalam inspeksi mendadak menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah.

Ngurah Rai Siap Hadapi Lebaran

Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali, dinilai siap dalam menghadapi lonjakan penumpang yang biasa dihadapi pada masa liburan lebaran 2014/1435 Hijriyah.

Telkomsel Pasang BTS di Bandara

Perseroan Terbatas Telkomsel Cabang Palu memasang satu unit base transceiver station (BTS) atau penguat sinyal untuk melayani para pemudik yang sedang berada di dalam ruang tunggu Bandara Mutiara SIS Aljufri, Kota Palu.

Polres Kotim Tingkatkan Pengamanan Rumah Pemudik

Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meningkatkan pengamanan selama perayaan lebaran Idul Fitri, di antaranya pengamanan rumah-rumah pemudik.