Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jalan Layang KA Bandara Kualanamu Dibangun 2015

kemenhub, realisasi jalan layang, jalur kereta api, bandara udara kualanamu, dibangun 2015

Posted on 20 Sep 2013. Hits : 471

Kementerian Perhubungan akan merealisasikan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Kota Medan menuju Bandar Udara Kualanamu pada tahun 2015.

Dalam diskusi dengan jajaran pers di Medan, Kamis, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pembangunan jalan layang kereta api (KA) itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pascaoperasional Bandara Kualanamu.

Jalan layang yang akan dibangun tersebut bukan mendekati lokasi Bandara Kualanamu tetapi mulai Stasiun Besar KA Medan.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kondisi, pembangunan jalan layang KA itu baru akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sedangkan untuk program dalam waktu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mambangun 'double track' atau jalur ganda untuk KA yang menuju Bandara Kualanamu.

Double track tersebut akan dibangun menjelang akhir tahun 2013. 'Paling lama tahun 2014,' katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan kendala pembebasan lahan pembangunan double track, Bambang mengaku belum dapat menjelaskannya secara teknis.

'Penjelasan secara teknis, belum berani. Namun asti sudah dipikirkan,' katanya.

Sebelumnya, dalam dialog 'Kesiapan Publik Pindah Bandara' di Bandara Kualanamu pada 10 Juli, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Gumay mengatakan, pihaknya telah menyetujui pembangunan jalan layang untuk KA menuju Bandara Kualanamu.

Persetujuan itu dilakukan karena Kemenhub telah menerima masukan dari berbagai pihak mengenai kemungkinan meningkatnya kemacetan arus lalu lintas di Kota Medan pascaoperasional KA menuju Bandara Kualanamu.

Berdasarkan rapat di Kemenhub tersebut, jalan layang tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar enam hingga delapan kilometer.

Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang hadir dalam dialog itu menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kemenhub untuk membangun jalan layang bagi jalur KA menuju Bandara Kualanamu tersebut.(ant/rd)

Presiden Lantik Wakil Gubernur Papua Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy untuk sisa masa jabatan 2012-2017 bersamaan dengan Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Desi Albert Mamahit.

FPKB DPR Bantu Pengungsi Rohingya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI melalui tim solidaritas kemanusiaan akan memberikan bantuan kepada para pengungsi Rohingya dari Myanmar yang ditampung di lokasi pengungsian di Aceh dan Sumatera Utara.

Harga Daging Ayam Broiler di Ngawi Naik

Harga daging ayam pedaging atau ayam broiler di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, terpantau naik akibat stok di pasaran yang tidak mampu mencukupi permintaan konsumen.

Sumbar Buat Fasilitas Pengolahan Ikan Laut

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat (Sumbar) telah membuat sejumlah fasilitas pengolahan ikan laut berupa sentra pengolahan, rumah kemasan serta outlet untuk meningkatkan nilai jual ikan sehingga lebih ekonomis.

Tapanuli Utara Inisiasi Hak Paten Kacang Sihobuk

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, menginisiasi penerbitan hak paten "Kacang Garing Sihobuk" sebagai langkah meligitimasi produk khas daerah itu, sehingga dapat melakukan pengawasan dan menjaga kualitas yang dimiliki.