Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jalan Layang KA Bandara Kualanamu Dibangun 2015

kemenhub, realisasi jalan layang, jalur kereta api, bandara udara kualanamu, dibangun 2015

Posted on 20 Sep 2013. Hits : 471

Kementerian Perhubungan akan merealisasikan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Kota Medan menuju Bandar Udara Kualanamu pada tahun 2015.

Dalam diskusi dengan jajaran pers di Medan, Kamis, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pembangunan jalan layang kereta api (KA) itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pascaoperasional Bandara Kualanamu.

Jalan layang yang akan dibangun tersebut bukan mendekati lokasi Bandara Kualanamu tetapi mulai Stasiun Besar KA Medan.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kondisi, pembangunan jalan layang KA itu baru akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sedangkan untuk program dalam waktu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mambangun 'double track' atau jalur ganda untuk KA yang menuju Bandara Kualanamu.

Double track tersebut akan dibangun menjelang akhir tahun 2013. 'Paling lama tahun 2014,' katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan kendala pembebasan lahan pembangunan double track, Bambang mengaku belum dapat menjelaskannya secara teknis.

'Penjelasan secara teknis, belum berani. Namun asti sudah dipikirkan,' katanya.

Sebelumnya, dalam dialog 'Kesiapan Publik Pindah Bandara' di Bandara Kualanamu pada 10 Juli, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Gumay mengatakan, pihaknya telah menyetujui pembangunan jalan layang untuk KA menuju Bandara Kualanamu.

Persetujuan itu dilakukan karena Kemenhub telah menerima masukan dari berbagai pihak mengenai kemungkinan meningkatnya kemacetan arus lalu lintas di Kota Medan pascaoperasional KA menuju Bandara Kualanamu.

Berdasarkan rapat di Kemenhub tersebut, jalan layang tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar enam hingga delapan kilometer.

Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang hadir dalam dialog itu menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kemenhub untuk membangun jalan layang bagi jalur KA menuju Bandara Kualanamu tersebut.(ant/rd)

Pemkot Ternate Merespon Usulan Tingkatkan Wisatawan Lokal

Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, merespon usulan dinas pariwisata dan kebudayaan (Disbudpar) setempat untuk meningkatkan dan menggairahkan sektor pariwisata dengan memanfaatkan wisatawan lokal 'Ada empat program prioritas Disbudpar yang telah ditawarkan dan semua program tersebut sangat bersinergi dengan program pariwisata Kota Ternate, dimana dalam program tersebut berdampak pada meningkatnya potensi wisatawan lokal,' kata Kepala Disbudpar Kota Ternate, Anas di Ternate, Sabtu.

Jokowi Diyakini Mampu Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Duta Besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema berharap agar Presiden Indonesia Joko Widodo, diyakini mampu meningkatkan nilai kerja sama di sektor ekonomi jauh melampaui 14 miliar dolar AS.

Investor Mulai Lirik Kota Kekerabatan Maja

Investor mulai melirik Kota Kekerabatan Maja Kabupaten Lebak, Provinsi Banten karena akan dijadikan kawasan pengembangan permukiman untuk menampung warga DKI Jakarta.

BI : Perekonomian Nasional Hadapi Keterbatasan Likuiditas

Bank Indonesia (BI) menilai kondisi sistem keuangan dalam kondisi stabil namun ada masalah keterbatasan likuiditas dalam perekonomian nasional.

Pemkab Lebak Kembangkan Ternak Kambing

Pemerintah Kabupaten Lebak menganjurkan peternak mengembangkan ternak kambing guna mendorong pendapatan ekonomi, karena selain mudah memeliharanya juga prospeknya bagus.