Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jalan Layang KA Bandara Kualanamu Dibangun 2015

kemenhub, realisasi jalan layang, jalur kereta api, bandara udara kualanamu, dibangun 2015

Posted on 20 Sep 2013. Hits : 471

Kementerian Perhubungan akan merealisasikan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Kota Medan menuju Bandar Udara Kualanamu pada tahun 2015.

Dalam diskusi dengan jajaran pers di Medan, Kamis, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pembangunan jalan layang kereta api (KA) itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pascaoperasional Bandara Kualanamu.

Jalan layang yang akan dibangun tersebut bukan mendekati lokasi Bandara Kualanamu tetapi mulai Stasiun Besar KA Medan.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kondisi, pembangunan jalan layang KA itu baru akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sedangkan untuk program dalam waktu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mambangun 'double track' atau jalur ganda untuk KA yang menuju Bandara Kualanamu.

Double track tersebut akan dibangun menjelang akhir tahun 2013. 'Paling lama tahun 2014,' katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan kendala pembebasan lahan pembangunan double track, Bambang mengaku belum dapat menjelaskannya secara teknis.

'Penjelasan secara teknis, belum berani. Namun asti sudah dipikirkan,' katanya.

Sebelumnya, dalam dialog 'Kesiapan Publik Pindah Bandara' di Bandara Kualanamu pada 10 Juli, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Gumay mengatakan, pihaknya telah menyetujui pembangunan jalan layang untuk KA menuju Bandara Kualanamu.

Persetujuan itu dilakukan karena Kemenhub telah menerima masukan dari berbagai pihak mengenai kemungkinan meningkatnya kemacetan arus lalu lintas di Kota Medan pascaoperasional KA menuju Bandara Kualanamu.

Berdasarkan rapat di Kemenhub tersebut, jalan layang tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar enam hingga delapan kilometer.

Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang hadir dalam dialog itu menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kemenhub untuk membangun jalan layang bagi jalur KA menuju Bandara Kualanamu tersebut.(ant/rd)

Pertamina Perkuat Pengawasan Distribusi BBM

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Sumatera Bagian Utara memperkuat pemantauan distribusi bahan bakar minyak untuk mengantisipasi praktik penyelewengan.

IKM Perlu Diberi Insentif Jika BBM Naik

Industri kecil dan menengah (IKM) sebaiknya diberikan insentif menyusul rencana kenaikan harga BBM bersubsidi.

Suzuki Bidik Keluarga Muda

PT Armada Banda Jaya Cabang Banda Aceh, dealer mobil merek Suzuki di Provinsi Aceh, membidik keluarga muda di daerah itu dengan menghadirkan varian terbaru Suzuki Karimun.

Ratusan PNS Jambi Pensiun Tiap Tahun

Setiap tahun ada ratusan PNS di Provinsi Jambi yang pensiun, jika pemerintah pusat memberlakukan Moratorium PNS selama lima tahun maka Provinsi Jambi akan mengalami banyak kekurangan pegawai di pemerintahan.

Tangerang Pinjamkan Kendaraan Bekas Pada Anggota DPRD

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, meminjamkan kendaraan dinas bekas layak pakai kepada anggota DPRD periode 2014-2019 untuk dimanfaatkan sebagai penunjang kinerja.