Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jalan Layang KA Bandara Kualanamu Dibangun 2015

kemenhub, realisasi jalan layang, jalur kereta api, bandara udara kualanamu, dibangun 2015

Posted on 20 Sep 2013. Hits : 471

Kementerian Perhubungan akan merealisasikan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Kota Medan menuju Bandar Udara Kualanamu pada tahun 2015.

Dalam diskusi dengan jajaran pers di Medan, Kamis, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pembangunan jalan layang kereta api (KA) itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pascaoperasional Bandara Kualanamu.

Jalan layang yang akan dibangun tersebut bukan mendekati lokasi Bandara Kualanamu tetapi mulai Stasiun Besar KA Medan.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kondisi, pembangunan jalan layang KA itu baru akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sedangkan untuk program dalam waktu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mambangun 'double track' atau jalur ganda untuk KA yang menuju Bandara Kualanamu.

Double track tersebut akan dibangun menjelang akhir tahun 2013. 'Paling lama tahun 2014,' katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan kendala pembebasan lahan pembangunan double track, Bambang mengaku belum dapat menjelaskannya secara teknis.

'Penjelasan secara teknis, belum berani. Namun asti sudah dipikirkan,' katanya.

Sebelumnya, dalam dialog 'Kesiapan Publik Pindah Bandara' di Bandara Kualanamu pada 10 Juli, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Gumay mengatakan, pihaknya telah menyetujui pembangunan jalan layang untuk KA menuju Bandara Kualanamu.

Persetujuan itu dilakukan karena Kemenhub telah menerima masukan dari berbagai pihak mengenai kemungkinan meningkatnya kemacetan arus lalu lintas di Kota Medan pascaoperasional KA menuju Bandara Kualanamu.

Berdasarkan rapat di Kemenhub tersebut, jalan layang tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar enam hingga delapan kilometer.

Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang hadir dalam dialog itu menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kemenhub untuk membangun jalan layang bagi jalur KA menuju Bandara Kualanamu tersebut.(ant/rd)

Perluasan Pelabuhan Batam Percepat Proses Bongkar-muat

Badan Pengusahaan (BP) Batam menyatakan perluasan Pelabuhan Batuampar akan mampu mempercepat proses bongkar muat barang untuk keperluan produksi di Batam dan ekspor hasil produksi.

Calhaj Mataram Masih Gunakan Jalur Lama

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel Iskandar Fellang mengatakan, Jamaah Calon Haji (JCH) masih menggunakan jalur lama ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada embarkasi periode 2014.

Jenazah Gantung Diri Divisum

Instalasi Forensik Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar melakukan visum terhadap jenazah warga negara Australia, Rees Gremea Robert (42) yang ditemukan gantung diri di dalam kamar mandi kosnya, di Jalan Danau Tempe, Denpasar, Bali.

Pemkab Muarojambi Salurkan 15.000 Kelambu Insektisida

Pemkab Muarojambi melalui Dinas Kesehatanmenyalurkan bantuan kelambu insektisida sebanyak 15,000 unit kepada masyarakat dalam upaya pencegahan munculnya penyakit demam berdarah (DBD).

Pemerintah Perlu Hindari Belanja Tidak Produktif

Pemerintahan baru hasil Pemilihan Umum Presiden 2014 perlu menghindari belanja negara yang tidak produktif serta berfokus pada pembangunan negara, kata ekonom Universitas Gadjah Mada, Mudrajad Kuncoro.