Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jalan Layang KA Bandara Kualanamu Dibangun 2015

kemenhub, realisasi jalan layang, jalur kereta api, bandara udara kualanamu, dibangun 2015

Posted on 20 Sep 2013. Hits : 454

Kementerian Perhubungan akan merealisasikan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Kota Medan menuju Bandar Udara Kualanamu pada tahun 2015.

Dalam diskusi dengan jajaran pers di Medan, Kamis, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pembangunan jalan layang kereta api (KA) itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pascaoperasional Bandara Kualanamu.

Jalan layang yang akan dibangun tersebut bukan mendekati lokasi Bandara Kualanamu tetapi mulai Stasiun Besar KA Medan.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kondisi, pembangunan jalan layang KA itu baru akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sedangkan untuk program dalam waktu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mambangun 'double track' atau jalur ganda untuk KA yang menuju Bandara Kualanamu.

Double track tersebut akan dibangun menjelang akhir tahun 2013. 'Paling lama tahun 2014,' katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan kendala pembebasan lahan pembangunan double track, Bambang mengaku belum dapat menjelaskannya secara teknis.

'Penjelasan secara teknis, belum berani. Namun asti sudah dipikirkan,' katanya.

Sebelumnya, dalam dialog 'Kesiapan Publik Pindah Bandara' di Bandara Kualanamu pada 10 Juli, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Gumay mengatakan, pihaknya telah menyetujui pembangunan jalan layang untuk KA menuju Bandara Kualanamu.

Persetujuan itu dilakukan karena Kemenhub telah menerima masukan dari berbagai pihak mengenai kemungkinan meningkatnya kemacetan arus lalu lintas di Kota Medan pascaoperasional KA menuju Bandara Kualanamu.

Berdasarkan rapat di Kemenhub tersebut, jalan layang tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar enam hingga delapan kilometer.

Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang hadir dalam dialog itu menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kemenhub untuk membangun jalan layang bagi jalur KA menuju Bandara Kualanamu tersebut.(ant/rd)

Polres Badung Optimalkan Pengamanan Jalur Denpasar-Tabanan

Kepolisian Resor Badung, Bali, mengoptimalkan pengamanan di jalur utama yang menghubungkan Kota Denpasar dengan Kabupaten Tabanan untuk menekan kasus laka lantas saat arus mudik dan balik lebaran 2014.

Jalur Puncak Masih Satu Arah Ke Jakarta

Hingga pukul 19.47 WIB, arus lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada hari kedua Idul Fitri 1435 Hijria/2014, Selasa, masih diberlakukan satu arah menuju Jakarta.

MPR Nilai PBB Kehilangan Raison D'etre

Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari menilai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah kehilangan alasan kehadiran atau raison d'etre-nya jika tidak bisa menghentikan agresi dan kekejaman Israel terhadap bangsa Palestina.

Wabup Sarundajang Ajak Warga Bersinergi Bangun Minahasa

Wakil Bupati (Wabup) Ivan Sarundajang mengajak warga untuk terus bersinergi dengan semangat mapalus dalam membangun Minahasa tercinta.

Kapolres : Penyempitan Jalan Penyebab Kepadatan Di Nagreg

Kapolres Bandung AKBP Jamaludin mengatakan terjadinya penyempitan jalan dari arah Bandung menuju Garut sebagai penyebab kepadatan kendaraan di wilayah Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, pada musim mudik Lebaran.