Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jalan Layang KA Bandara Kualanamu Dibangun 2015

kemenhub, realisasi jalan layang, jalur kereta api, bandara udara kualanamu, dibangun 2015

Posted on 20 Sep 2013. Hits : 471

Kementerian Perhubungan akan merealisasikan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Kota Medan menuju Bandar Udara Kualanamu pada tahun 2015.

Dalam diskusi dengan jajaran pers di Medan, Kamis, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pembangunan jalan layang kereta api (KA) itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pascaoperasional Bandara Kualanamu.

Jalan layang yang akan dibangun tersebut bukan mendekati lokasi Bandara Kualanamu tetapi mulai Stasiun Besar KA Medan.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kondisi, pembangunan jalan layang KA itu baru akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sedangkan untuk program dalam waktu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mambangun 'double track' atau jalur ganda untuk KA yang menuju Bandara Kualanamu.

Double track tersebut akan dibangun menjelang akhir tahun 2013. 'Paling lama tahun 2014,' katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan kendala pembebasan lahan pembangunan double track, Bambang mengaku belum dapat menjelaskannya secara teknis.

'Penjelasan secara teknis, belum berani. Namun asti sudah dipikirkan,' katanya.

Sebelumnya, dalam dialog 'Kesiapan Publik Pindah Bandara' di Bandara Kualanamu pada 10 Juli, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Gumay mengatakan, pihaknya telah menyetujui pembangunan jalan layang untuk KA menuju Bandara Kualanamu.

Persetujuan itu dilakukan karena Kemenhub telah menerima masukan dari berbagai pihak mengenai kemungkinan meningkatnya kemacetan arus lalu lintas di Kota Medan pascaoperasional KA menuju Bandara Kualanamu.

Berdasarkan rapat di Kemenhub tersebut, jalan layang tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar enam hingga delapan kilometer.

Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang hadir dalam dialog itu menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kemenhub untuk membangun jalan layang bagi jalur KA menuju Bandara Kualanamu tersebut.(ant/rd)

Kominfo Diminta Jelaskan Dua Kebijakan Strategis

Pengamat komunikasi politik Firdaus Muhammad mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika perlu menjelaskan dua kebijakan strategis yang baru dikeluarkan terkait penggunaan frekuensi.

Desain Stasiun Kereta Bandara Diubah

Kepala Dinas Tata Ruang DKI Gamal Sinurat mengatakan bahwa PT KAI sedang mengajukan perubahan rancangan stasiun kereta menuju ke Bandara Soekarno Hatta.

Pengamat Desak Presiden Tolak RUU Pilkada

Pengamat politik Refly Harun mendesak Presiden Susilo Bambang Yudoyono menolak Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah yang menyatakan bahwa kepala daerah dipilih secara tidak langsung oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Presiden Palestina-Presiden Prancis Akan Bertemu

Presiden Palestina Mahmud Abbas akan bertemu Presiden Prancis Francois Hollande di Paris Jumat, menjelang pidato kunci di Perserikatan Bangsa Bangsa, kata juru bicaranya.

Jalur Sepeda Diperbanyak

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana membuat jalur sepeda dengan ruten Taman Surapati-Balaikota pada tahun 2015 mendatang.