Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jalan Layang KA Bandara Kualanamu Dibangun 2015

kemenhub, realisasi jalan layang, jalur kereta api, bandara udara kualanamu, dibangun 2015

Posted on 20 Sep 2013. Hits : 471

Kementerian Perhubungan akan merealisasikan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Kota Medan menuju Bandar Udara Kualanamu pada tahun 2015.

Dalam diskusi dengan jajaran pers di Medan, Kamis, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pembangunan jalan layang kereta api (KA) itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pascaoperasional Bandara Kualanamu.

Jalan layang yang akan dibangun tersebut bukan mendekati lokasi Bandara Kualanamu tetapi mulai Stasiun Besar KA Medan.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kondisi, pembangunan jalan layang KA itu baru akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sedangkan untuk program dalam waktu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mambangun 'double track' atau jalur ganda untuk KA yang menuju Bandara Kualanamu.

Double track tersebut akan dibangun menjelang akhir tahun 2013. 'Paling lama tahun 2014,' katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan kendala pembebasan lahan pembangunan double track, Bambang mengaku belum dapat menjelaskannya secara teknis.

'Penjelasan secara teknis, belum berani. Namun asti sudah dipikirkan,' katanya.

Sebelumnya, dalam dialog 'Kesiapan Publik Pindah Bandara' di Bandara Kualanamu pada 10 Juli, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Gumay mengatakan, pihaknya telah menyetujui pembangunan jalan layang untuk KA menuju Bandara Kualanamu.

Persetujuan itu dilakukan karena Kemenhub telah menerima masukan dari berbagai pihak mengenai kemungkinan meningkatnya kemacetan arus lalu lintas di Kota Medan pascaoperasional KA menuju Bandara Kualanamu.

Berdasarkan rapat di Kemenhub tersebut, jalan layang tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar enam hingga delapan kilometer.

Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang hadir dalam dialog itu menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kemenhub untuk membangun jalan layang bagi jalur KA menuju Bandara Kualanamu tersebut.(ant/rd)

Diskanla Susun Program Pembangunan Kelautan Dan Perikanan

Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menggelar rapat koordinasi untuk menyusun program pembangunan kelautan dan perikanan di Kabupaten setempat.

Saefudin Gantikan Nurlatifah Di DPRD Karawang

Saefudin Juhri menggantikan Nurlatifah yang sebelumnya tercatat sebagai anggota DPRD Karawang, Jawa Barat, dari Partai Gerindra karena terlibat kasus dugaan korupsi.

Singapura-Malaysia Ikut 'Tarung Pantun' Di Batam

Sebanyak 40 peserta dari Singapura, Malaysia dan Indonesia ambil bagian dalam kegiatan Tarung Pantun III yang diselenggarakan di Gedung Lembaga Adat Melayu Kota Batam.

KEK Sei Mangkei Tunggu Pelimpahan Kewenangan Perizinan

Pemerintah Pusat, Provinsi Sumatera Utara, Pemkab Simalungun dan Batubara diharapkan segera melimpahkan kewenangan perizinan kepada administrator di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke guna mempercepat pengoperasian dan pengembangan kawasan itu.

Prospek Ekonomi Sulsel 2015 Lebih Baik

Pengamat ekonomi dari Universitas Hasanuddin Makassar Prof Dr Hamid Paddu mengatakan, prospek ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 2015 akan lebih baik.