Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IPB Digandeng PTPN Kerja Sama Tridarma PT

institut pertanian bogor , pt perkebunan nusantara x , program tridarma perguruan tinggi , bogor

Posted on 17 Jun 2013. Hits : 513


Institut Pertanian Bogor digandeng PT Perkebunan Nusantara X untuk bekerja sama terkait program tridarma perguruan tinggi (PT), yakni mencakup penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

"Naskah kerja sama tersebut telah ditandatangani oleh Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto dan Direktur Utama PTPN X (Persero) Ir Subiyono," kata staf Humas IPB Waluyo Suprihartono di Bogor, Jawa Barat, Senin.

Ia menjelaskan sebelum acara penandatanganan kerja sama itu dilakukan kuliah umum terkait dengan tema utama "Integrasi Gula Nasional" dengan narasumber Direktur Utama PTPN X Subiyono.

Sedangkan sub-tema yang diusung adalah "Strategi Terpadu Membangun Kembali Kejayaan Industri Berbasis Tebu di Indonesia".

Menurut Subiyono, masalah tebu adalah masalah perjuangan bangsa.

Ia mengatakan bahwa PTPN X akan melaksanakan tiga strategi unggulan yakni efisiensi, diversifikasi, dan optimalisasi (EDO).

Hingga saat ini, kata dia, strategi yang berhasil dilaksanakan adalah pengefisiensian bahan bakar.

"Karena bahan bakar yang dipakai berasal dari ampas tebu itu sendiri," katanya.

Pihaknya mengajak pemangku kepentingan untuk mengembangkan dan memajukan komoditas tebu bersama-sama.

"Usaha ini tidak akan menjadi semangat nasional jika tidak ada dukungan dari semua pihak," katanya. (ant/ed)

'Blue Economy' Dorong Industri Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo, mengemukakan bahwa konsep ekonomi biru atau 'blue economy' menekankan pentingnya pengelolaan laut berkelanjutan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi kemakmuran rakyat.

Temanggung Rawan Krisis Air Bersih

Sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terancam krisis air bersih pada musim kemarau tahun ini.

Tarif Listrik Picu Inflasi

Tarif listrik memicu inflasi Jawa Timur pada bulan Agustus 2014 sebesar 0,37 persen karena terjadinya peningkatan tarif 3,89 persen hingga menjadikannya sebagai penyumbang tertinggi terhadap inflasi.

KKP Siapkan SDM Unggul

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo mengatakan Kementerian Kelautan dan Perikanan menyiapkan sumber daya manusia unggul yang dapat bersaing di dunia global terutama dalam sektor kelautan dan perikanan.

Eksekutif Diminta Selektif Mencari Investor

Anggota Komisi III bidang pembangunan dan sarana prasarana DPRD Kota Mataram Zaitun meminta pihak eksekutif ke depan lebih selektif mencari calon investor.