Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IPB Digandeng PTPN Kerja Sama Tridarma PT

institut pertanian bogor , pt perkebunan nusantara x , program tridarma perguruan tinggi , bogor

Posted on 17 Jun 2013. Hits : 513


Institut Pertanian Bogor digandeng PT Perkebunan Nusantara X untuk bekerja sama terkait program tridarma perguruan tinggi (PT), yakni mencakup penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

"Naskah kerja sama tersebut telah ditandatangani oleh Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto dan Direktur Utama PTPN X (Persero) Ir Subiyono," kata staf Humas IPB Waluyo Suprihartono di Bogor, Jawa Barat, Senin.

Ia menjelaskan sebelum acara penandatanganan kerja sama itu dilakukan kuliah umum terkait dengan tema utama "Integrasi Gula Nasional" dengan narasumber Direktur Utama PTPN X Subiyono.

Sedangkan sub-tema yang diusung adalah "Strategi Terpadu Membangun Kembali Kejayaan Industri Berbasis Tebu di Indonesia".

Menurut Subiyono, masalah tebu adalah masalah perjuangan bangsa.

Ia mengatakan bahwa PTPN X akan melaksanakan tiga strategi unggulan yakni efisiensi, diversifikasi, dan optimalisasi (EDO).

Hingga saat ini, kata dia, strategi yang berhasil dilaksanakan adalah pengefisiensian bahan bakar.

"Karena bahan bakar yang dipakai berasal dari ampas tebu itu sendiri," katanya.

Pihaknya mengajak pemangku kepentingan untuk mengembangkan dan memajukan komoditas tebu bersama-sama.

"Usaha ini tidak akan menjadi semangat nasional jika tidak ada dukungan dari semua pihak," katanya. (ant/ed)

MUI Lebak: Pemilik Lahan Tidur Kategori Mubadzir

Sekertaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lebak KH Ahmad Hudori mengatakan pemilik lahan tidur atau lahan kosong yang menelantarkan tanahnya dengan tidak ditanami tanaman-tanaman produktif masuk kategori mubadzir.

DPRD Jateng Kaji Rencana Pemekaran Cilacap Barat

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah mengkaji berbagai persyaratan yang terkait dengan rencana pemekaran sepuluh kecamatan di wilayah Cilacap Barat menjadi kabupaten baru.

DPRD Musiwaras Proses Pengunduran Diri Bupati

DPRD Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan, memproses pengunduran diri Bupati H Ridwan Mukti, karena yang bersangkutan akan maju menjadi calon Gubernur Bengkulu yang saat ini masih mengikuti tahapan Pilkada.

Kades Nganjuk Tanyakan Dana Desa Ke Menteri

Sejumlah kepala desa di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, masih bingung dan bertanya kepada Menteri Marwan Jafar tentang boleh atau tidaknya dana desa digunakan untuk pembangunan di daerahnya, seperti membangun objek wisata.

Legislator: Pendataan Raskin Seharusnya Ditangani Pemkab Penajam

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Anwar Sanusi mengatakan pendataan penerima beras untuk keluarga miskin yang selama ini merupakan kewenangan Badan Pusat Statistik, seharusnya segera dilimpahkan kepada pemerintah daerah.