Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

IPB Digandeng PTPN Kerja Sama Tridarma PT

institut pertanian bogor , pt perkebunan nusantara x , program tridarma perguruan tinggi , bogor

Posted on 17 Jun 2013. Hits : 513


Institut Pertanian Bogor digandeng PT Perkebunan Nusantara X untuk bekerja sama terkait program tridarma perguruan tinggi (PT), yakni mencakup penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

"Naskah kerja sama tersebut telah ditandatangani oleh Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto dan Direktur Utama PTPN X (Persero) Ir Subiyono," kata staf Humas IPB Waluyo Suprihartono di Bogor, Jawa Barat, Senin.

Ia menjelaskan sebelum acara penandatanganan kerja sama itu dilakukan kuliah umum terkait dengan tema utama "Integrasi Gula Nasional" dengan narasumber Direktur Utama PTPN X Subiyono.

Sedangkan sub-tema yang diusung adalah "Strategi Terpadu Membangun Kembali Kejayaan Industri Berbasis Tebu di Indonesia".

Menurut Subiyono, masalah tebu adalah masalah perjuangan bangsa.

Ia mengatakan bahwa PTPN X akan melaksanakan tiga strategi unggulan yakni efisiensi, diversifikasi, dan optimalisasi (EDO).

Hingga saat ini, kata dia, strategi yang berhasil dilaksanakan adalah pengefisiensian bahan bakar.

"Karena bahan bakar yang dipakai berasal dari ampas tebu itu sendiri," katanya.

Pihaknya mengajak pemangku kepentingan untuk mengembangkan dan memajukan komoditas tebu bersama-sama.

"Usaha ini tidak akan menjadi semangat nasional jika tidak ada dukungan dari semua pihak," katanya. (ant/ed)

Mendag Diminta Cabut Permendag 44/2014

Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Sihol Manulang meminta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel untuk mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 44 Tahun 2014, karena mendorong penyelundupan timah dalam jumlah besar.

Uranium Sulbar Tidak Dikomersialisasi

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyatakan kandungan uranium yang terdapat di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat tidak akan dibuat menjadi komersial tetapi untuk pembangunan bangsa ini.

Pemerintah Akan Perkuat Sistem Logistik Nasional

Pemerintahan Indonesia akan mengoptimalkan penerapan sistem logistik nasional untuk meningkatkan industri logistik Tanah Air, kata Asisten Deputi Fasilitas Sistem Logistik dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Erwin Raza.

KRKP Berharap Pemerintah Lirik Kedelai Edamame

Pemerintah diharapkan dapat melirik produksi kedelai edamame, pasalnya komoditi tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memberikan keuntungan bagi petaninya, kata Manager Advokasi dan Jaringan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah.

Kota Batu Gratiskan Sekolah Swasta

Seluruh sekolah swasta mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK swasta di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, mulai tahun pelajaran 2015 digratiskan karena biaya operasional sekolah didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).