Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Guru PAUD Diharapkan Ketahui Karakteristik Anak Didik

pendidikan anak usia dini, mengetahui karakter

Posted on 20 Mar 2013. Hits : 504

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Hj Fauziah Diani Budiarto mengharapkan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) lebih mengetahui karakter masing-masing anak didiknya.

"Paling tidak mengetahui psikologis dari anak-anak tersebut, karena tidak semua anak mempunyai karakter yang sama," katanya di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Memberikan tanggapan terkait pelatihan guru PAUD yang termasuk dalam program kerja Pokja II tahun 2013, ia mengatakan selain untuk meningkatkan kualitas SDM guru PAUD, pelatihan juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam memberikan pembelajaran kepada anak-anak didik.

"Juga untuk membekali guru PAUD dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar," katanya.

Ia mengatakan, dengan mengikuti pelatihan secara periodik, Fauziah berharap para guru PAUD juga dapat dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar, mulai dari cara belajar yang menyenangkan, gaya belajar anak dan cara menanamkan karakter.

Ketua penyelenggara pelatihan Anie Agung menambahkan kegiatan itumengusung tema "Dengan Pembekalan Guru PAUD Mari Kita Wujudkan Anak-Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Berkarakter".

Ia menjelaskan, sebanyak 250 guru PAUD se-Kota Bogor mengikuti pelatihan yang menghadirkan nara sumber pemerhati PAUD, yakni Tuti Gunawan dan Alisa.

Kegiatan itu, kata dia, sekaligus menyosialisasikan wawasan tentang stimulasi berbahasa yang sesuai dengan kinerja otak anak usia dini dan meningkatkan gairah mengajar untuk guru PAUD.

Berinovasi Pada bagian lain, Fauziah Diani Budiarto berharap pendidik PAUD harus dapat berinovasi, berintegrasi sehingga tumbuh kembang anak bisa optimal.

Menurut dia, dengan pendidikan yang berkarakter dapat meningkatkan kompetensi guru PAUD melalui pengembangan mutu pembelajaran PAUD.

"Sehingga tidak terjadi salah kaprah dalam memberikan pembelajaran," katanya.

Ia mengatakan, belakangan ini banyak ditemukan pelanggaran terhadap norma sosial dan agama.

Kondisi itu, kata dia, disebabkan oleh gagalnya para pendidik dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak usia dini.(ant/rd)

Presiden Brazil Kutuk 'Pembantaian' Israel Di Gaza

Presiden Brazil Dilma Rousseff mengutuk serangan Israel di Gaza sebagai 'pembantaian', Senin, bergabung dengan seruan internasional untuk menghentikan pertumpahan darah di wilayah pendudukan itu.

Mukomuko Akan Tegur Penyedia Hiburan Tidak Berizin

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memberikan sanksi teguran terhadap penyedia hiburan rakyat di objek wisata di daerah itu yang tidak mengantongi izin lokasi dari instansi terkait.

Empat Rumah Di Jambi Tebakar Disaat Belebaran

Empat rumah bedeng yang berada di Kelurahan Jambi Timur, Kota Jambi, Senin, habis terbakar disaat suasana lebaran 1435 H, dan dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa hanya kerugian materi yang dialami penghuninya.

Gelandang Bosnia Muhamed Besic Bergabung Di Everton

Gelandang Bosnia Muhamed Besic bergabung dengan Everton dari klub Hungaria Ferencvaros dengan fee yang tidak disebutkan, demikian pernyataan klub liga utama Inggris itu pada Senin waktu setempat.

38 Peti Jenazah Korban MH-17 Tiba Di Belanda

Sebanyak 38 peti jenazah penumpang pesawat maskapai penerbangan Malaysia MH-17 kembali tiba di Bandar Udara militer Belanda di Einhoven dari Kharkiv Ukraina, dengan diangkut dua pesawat C-130 Hercules Kerajaan Belanda dan pesawat Boeing C-17 Australia.