Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Guru PAUD Diharapkan Ketahui Karakteristik Anak Didik

pendidikan anak usia dini, mengetahui karakter

Posted on 20 Mar 2013. Hits : 515

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Hj Fauziah Diani Budiarto mengharapkan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) lebih mengetahui karakter masing-masing anak didiknya.

"Paling tidak mengetahui psikologis dari anak-anak tersebut, karena tidak semua anak mempunyai karakter yang sama," katanya di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Memberikan tanggapan terkait pelatihan guru PAUD yang termasuk dalam program kerja Pokja II tahun 2013, ia mengatakan selain untuk meningkatkan kualitas SDM guru PAUD, pelatihan juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam memberikan pembelajaran kepada anak-anak didik.

"Juga untuk membekali guru PAUD dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar," katanya.

Ia mengatakan, dengan mengikuti pelatihan secara periodik, Fauziah berharap para guru PAUD juga dapat dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar, mulai dari cara belajar yang menyenangkan, gaya belajar anak dan cara menanamkan karakter.

Ketua penyelenggara pelatihan Anie Agung menambahkan kegiatan itumengusung tema "Dengan Pembekalan Guru PAUD Mari Kita Wujudkan Anak-Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Berkarakter".

Ia menjelaskan, sebanyak 250 guru PAUD se-Kota Bogor mengikuti pelatihan yang menghadirkan nara sumber pemerhati PAUD, yakni Tuti Gunawan dan Alisa.

Kegiatan itu, kata dia, sekaligus menyosialisasikan wawasan tentang stimulasi berbahasa yang sesuai dengan kinerja otak anak usia dini dan meningkatkan gairah mengajar untuk guru PAUD.

Berinovasi Pada bagian lain, Fauziah Diani Budiarto berharap pendidik PAUD harus dapat berinovasi, berintegrasi sehingga tumbuh kembang anak bisa optimal.

Menurut dia, dengan pendidikan yang berkarakter dapat meningkatkan kompetensi guru PAUD melalui pengembangan mutu pembelajaran PAUD.

"Sehingga tidak terjadi salah kaprah dalam memberikan pembelajaran," katanya.

Ia mengatakan, belakangan ini banyak ditemukan pelanggaran terhadap norma sosial dan agama.

Kondisi itu, kata dia, disebabkan oleh gagalnya para pendidik dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak usia dini.(ant/rd)

'Revolusi Mental' Sejalan Dengan Semangat Sumpah Pemuda

Semboyan 'Revolusi Mental' yang digaungkan Presiden Joko Widodo untuk memotivasi seluruh rakyat dinilai sejalan dengan semangat Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap 28 Oktober.

Bengkalis Pimpin Perolehan Medali Porprov Riau

Kabupaten Bengkalis memimpin perolehan medali pada Pekan Olahraga Provinsi Riau ke-VIII dengan 30 medali emas, 29 perak dan 31 perunggu diikuti Kota Pekanbaru dan tuan rumah Kabupaten Indragiri Hulu.

Dolar AS Melemah Setelah Kasus Ebola Menyebar

Kurs dolar AS melemah terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat (Sabtu pagi WIB) dan jatuh terhadap yen Jepang untuk pertama kalinya dalam enam hari, karena penyebaran virus Ebola memicu permintaan aset-aset 'safe haven'.

DPRD : Pembangunan Jalan Masih Prioritas

Pembangunan infrastruktur berupa jalan, khususnya di daerah pinggiran Kota Palangka Raya, masih menjadi prioritas proyek pada tahun depan, kata Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya Nenie A.

Hadapi MEA Dengan Cinta Produk Indonesia

Sekretaris Daerah Jawa Timur Ahmad Sukardi mengemukakan, untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 salah satu strategi penting yang harus dilakukan adalah menumbuhkan kecintaan terhadap produk Indonesia.