Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Guru PAUD Diharapkan Ketahui Karakteristik Anak Didik

pendidikan anak usia dini, mengetahui karakter

Posted on 20 Mar 2013. Hits : 515

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Hj Fauziah Diani Budiarto mengharapkan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) lebih mengetahui karakter masing-masing anak didiknya.

"Paling tidak mengetahui psikologis dari anak-anak tersebut, karena tidak semua anak mempunyai karakter yang sama," katanya di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Memberikan tanggapan terkait pelatihan guru PAUD yang termasuk dalam program kerja Pokja II tahun 2013, ia mengatakan selain untuk meningkatkan kualitas SDM guru PAUD, pelatihan juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam memberikan pembelajaran kepada anak-anak didik.

"Juga untuk membekali guru PAUD dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar," katanya.

Ia mengatakan, dengan mengikuti pelatihan secara periodik, Fauziah berharap para guru PAUD juga dapat dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar, mulai dari cara belajar yang menyenangkan, gaya belajar anak dan cara menanamkan karakter.

Ketua penyelenggara pelatihan Anie Agung menambahkan kegiatan itumengusung tema "Dengan Pembekalan Guru PAUD Mari Kita Wujudkan Anak-Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Berkarakter".

Ia menjelaskan, sebanyak 250 guru PAUD se-Kota Bogor mengikuti pelatihan yang menghadirkan nara sumber pemerhati PAUD, yakni Tuti Gunawan dan Alisa.

Kegiatan itu, kata dia, sekaligus menyosialisasikan wawasan tentang stimulasi berbahasa yang sesuai dengan kinerja otak anak usia dini dan meningkatkan gairah mengajar untuk guru PAUD.

Berinovasi Pada bagian lain, Fauziah Diani Budiarto berharap pendidik PAUD harus dapat berinovasi, berintegrasi sehingga tumbuh kembang anak bisa optimal.

Menurut dia, dengan pendidikan yang berkarakter dapat meningkatkan kompetensi guru PAUD melalui pengembangan mutu pembelajaran PAUD.

"Sehingga tidak terjadi salah kaprah dalam memberikan pembelajaran," katanya.

Ia mengatakan, belakangan ini banyak ditemukan pelanggaran terhadap norma sosial dan agama.

Kondisi itu, kata dia, disebabkan oleh gagalnya para pendidik dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak usia dini.(ant/rd)

KIH dan KMP Diminta Duduk Bersama

Pengamat politik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia Arbi Sanit menyarankan Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih duduk bersama untuk mencari solusi bagi masalah yang terjadi di DPR-RI.

Serangan Drone Tewaskan 4 Orang di Pakistan

Empat orang tewas pada Kamis pagi, dalam serangan "drone" AS di wilayah suku di Pakistan Baratlaut, Waziristan Selatan, demikian laporan media setempat.

Harga Minyak Dunia Turun di Asia

Harga minyak dunia melemah di perdagangan Asia pada Kamis, namun kerugiannya dibatasi oleh penilaian positif mengejutkan ekonomi AS oleh Federal Reserve, kata para analis.

Ratusan Anak Sopir Tangki Peroleh Dana Pendidikan

Sebanyak 120 orang siswa SD hingga SMA yang berprestasi dari keluarga sopir atau awak mobil tangki bahan bakar minyak memperoleh bantuan dana pendidikan dari PT Pertamina Patra Niaga.

Antam Serahkan Bantuan Untuk Puskesmas

PT Antam Tbk UBPN Pomalaa, Sultra, menyerahkan beberapa bantuan kesehatan kepada sejumlah puskesmas yang ada di Kabupaten Kolaka dalam rangka pencanangan Gerakan KB-Kesehatan oleh Bupati Kolaka Ahmad Safei.