Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Guru PAUD Diharapkan Ketahui Karakteristik Anak Didik

pendidikan anak usia dini, mengetahui karakter

Posted on 20 Mar 2013. Hits : 515

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Hj Fauziah Diani Budiarto mengharapkan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) lebih mengetahui karakter masing-masing anak didiknya.

"Paling tidak mengetahui psikologis dari anak-anak tersebut, karena tidak semua anak mempunyai karakter yang sama," katanya di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Memberikan tanggapan terkait pelatihan guru PAUD yang termasuk dalam program kerja Pokja II tahun 2013, ia mengatakan selain untuk meningkatkan kualitas SDM guru PAUD, pelatihan juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam memberikan pembelajaran kepada anak-anak didik.

"Juga untuk membekali guru PAUD dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar," katanya.

Ia mengatakan, dengan mengikuti pelatihan secara periodik, Fauziah berharap para guru PAUD juga dapat dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar, mulai dari cara belajar yang menyenangkan, gaya belajar anak dan cara menanamkan karakter.

Ketua penyelenggara pelatihan Anie Agung menambahkan kegiatan itumengusung tema "Dengan Pembekalan Guru PAUD Mari Kita Wujudkan Anak-Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Berkarakter".

Ia menjelaskan, sebanyak 250 guru PAUD se-Kota Bogor mengikuti pelatihan yang menghadirkan nara sumber pemerhati PAUD, yakni Tuti Gunawan dan Alisa.

Kegiatan itu, kata dia, sekaligus menyosialisasikan wawasan tentang stimulasi berbahasa yang sesuai dengan kinerja otak anak usia dini dan meningkatkan gairah mengajar untuk guru PAUD.

Berinovasi Pada bagian lain, Fauziah Diani Budiarto berharap pendidik PAUD harus dapat berinovasi, berintegrasi sehingga tumbuh kembang anak bisa optimal.

Menurut dia, dengan pendidikan yang berkarakter dapat meningkatkan kompetensi guru PAUD melalui pengembangan mutu pembelajaran PAUD.

"Sehingga tidak terjadi salah kaprah dalam memberikan pembelajaran," katanya.

Ia mengatakan, belakangan ini banyak ditemukan pelanggaran terhadap norma sosial dan agama.

Kondisi itu, kata dia, disebabkan oleh gagalnya para pendidik dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak usia dini.(ant/rd)

Palangka Raya Wacanakan Ciptakan Pasar Seni-Edukasi

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan mewacanakan untuk menciptakan pasar tradisional moderen dengan orientasi seni dan edukasi dalam bidang kerajinan tangan.

Kemendag Sediakan Klinik Bisnis di IFRA 2015

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia hadir di event waralaba internasional IFRA 2015 di Balai Sidang JCC, Jakarta yang digelar hingga esok hari.

Otoritas Pingtan Fujian Berminat Pelajari Pariwisata Bali

Pihak otoritas kawasan perdagangan bebas Pingtan di Provinsi Fujian, Tiongkok, berminat mempelajari pengelolaan objek wisata di Pulau Bali yang sudah dikenal masyarakat internasional.

Sentimen Konsumen AS Jatuh Ke Terendah Enam Bulan

Sentimen konsumen AS pada Mei turun ke tingkat terendah sejak November, dipengaruhi oleh kinerja ekonomi yang buruk pada kuartal pertama, indeks sentimen konsumen Thomson Reuters/University of Michigan mengungkapkan pada Jumat.

Dovizioso Dan Ducati Dominasi Sesi Latihan Moto GP

Pebalap Italia Andrea Dovizioso menjadi yang tercepat pada latihan bagi MotoGP Italia Minggu pada Jumat, ketika Ducati mendominasi sesi di trek Mugello, kurang dari 100 kilometer dari markas besar mereka.