Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Guru PAUD Diharapkan Ketahui Karakteristik Anak Didik

pendidikan anak usia dini, mengetahui karakter

Posted on 20 Mar 2013. Hits : 515

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Hj Fauziah Diani Budiarto mengharapkan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) lebih mengetahui karakter masing-masing anak didiknya.

"Paling tidak mengetahui psikologis dari anak-anak tersebut, karena tidak semua anak mempunyai karakter yang sama," katanya di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Memberikan tanggapan terkait pelatihan guru PAUD yang termasuk dalam program kerja Pokja II tahun 2013, ia mengatakan selain untuk meningkatkan kualitas SDM guru PAUD, pelatihan juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam memberikan pembelajaran kepada anak-anak didik.

"Juga untuk membekali guru PAUD dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar," katanya.

Ia mengatakan, dengan mengikuti pelatihan secara periodik, Fauziah berharap para guru PAUD juga dapat dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan mengajar, mulai dari cara belajar yang menyenangkan, gaya belajar anak dan cara menanamkan karakter.

Ketua penyelenggara pelatihan Anie Agung menambahkan kegiatan itumengusung tema "Dengan Pembekalan Guru PAUD Mari Kita Wujudkan Anak-Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Berkarakter".

Ia menjelaskan, sebanyak 250 guru PAUD se-Kota Bogor mengikuti pelatihan yang menghadirkan nara sumber pemerhati PAUD, yakni Tuti Gunawan dan Alisa.

Kegiatan itu, kata dia, sekaligus menyosialisasikan wawasan tentang stimulasi berbahasa yang sesuai dengan kinerja otak anak usia dini dan meningkatkan gairah mengajar untuk guru PAUD.

Berinovasi Pada bagian lain, Fauziah Diani Budiarto berharap pendidik PAUD harus dapat berinovasi, berintegrasi sehingga tumbuh kembang anak bisa optimal.

Menurut dia, dengan pendidikan yang berkarakter dapat meningkatkan kompetensi guru PAUD melalui pengembangan mutu pembelajaran PAUD.

"Sehingga tidak terjadi salah kaprah dalam memberikan pembelajaran," katanya.

Ia mengatakan, belakangan ini banyak ditemukan pelanggaran terhadap norma sosial dan agama.

Kondisi itu, kata dia, disebabkan oleh gagalnya para pendidik dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak usia dini.(ant/rd)

Alfamart Gelar Edukasi Belanja Untuk Murid

PT Sumber Alfaria Trijaya sebagai pengelola toko berjaringan Alfamart menggelar edukasi belanja untuk murid dari taman kanak-kanak di Singapadu, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat.

Smesco Sediakan Ruang Kreatif Untuk Semua Kalangan

Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM pengelola Gedung Smesco menyediakan ruang kreatif alias creative space yang diperuntukkan bagi semua kalangan agar bisa menampilkan karya kreatif mereka.

Banten Bangun Asrama BLKI Senilai Rp40 Miliar

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman (DSDAP) akan membangun asrama Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Banten di Serpong Kota Tangerang Selatan.

Tanah Laut Usulkan 18.000 Hektare Hutan Kemasyarakatan

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Ir Ahmad Hairin mengungkapkan, pemerintah kabupaten setempat mengusulkan hutan kemasyarakatan ke Kementerian Kehutanan RI sebanyak 18.

Disperindagkop Temukan Apel Mengandung Bakteri Berbahaya

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprindagkop) dan UKM Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, menemukan buah apel mengandung bakteri yang membahayakan bagi kesehatan manusia.