Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur Sumsel Tetapkan UMP Rp1,6 Juta

gubernur sumsel, ump, upah minimum provinsi, h alex noerdin, palembang

Posted on 21 Jan 2013. Hits : 666

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 sebesar Rp1.6.030.000.

Keputusan UMP itu berdasarkan kesepakatan kalangan buruh bersama H Alex Noerdin saat mereka melaksanakan unjuk rasa di kantor Gubernur Sumsel di Palembang, Senin.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Front Buruh dan Rakyat Sumsel Bersatu itu menginginkan UMP sebesar Rp1,8 juta, namun setelah dilaksanakan perundingan maka diputuskan sebesar itu.

Gubernur Sumsel mengatakan, keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan antara kemampuan perusahaan dengan kondisi kehidupan sekarang ini.

Bahkan, lanjut gubernur, UMP tersebut merupakan yang tertinggi di Sumatera karena pihaknya ingin memperjuangkan nasib rakyat termasuk kalangan pekerja.

Ketua Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Sumsel Suyono Y mengatakan, memang pihaknya sudah melakukan peninjauan di pasar pasar dan untuk hidup layak UMP harus diatas Rp1,6 juta.

Hal ini berarti gubernur sangat peduli dengan kehidupan masyarakat terutama kalangan buruh, tambah dia.

Sementara Ketua Umum KASBI Pusat Nining Elitos mengatakan, pihaknya memang sebelumnya telah menyampaikan aspirasi tentang kenaikan UMP tersebut.

Untuk tahap pertama ditetapkan sebesar Rp1,4 juta dari Rp1.350 dari tahun sebelumnya.

Namun, keputusan UMP pertama tersebut pihaknya masih keberatan karena belum sesuai dengan kehidupan layak sekarang ini.

Oleh karena itu, pihaknya datang kembali untuk meminta kepada gubernur agar menaikkan lagi UMP yang diminta tersebut.

"Alhamdulillah gubernur sangat peduli dengan kalangan para buruh di daerah ini sehingga menetapkan UMP lebih dari Rp1,6 juta," ujarnya.

Setelah ditetapkan UMP tersebut, ratusan demonstran langsung membubarkan diri karena upah mereka mengalami kenaikan. (ant/ed)

Agama Suku Baduy Diminta Masuk E-KTP

Pemuka adat Baduy yang tinggal di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, meminta pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mencantumkan kepercayaan Sunda Wiwitan sebagai agama pada kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP.

Kalteng Target Satu Desa Satu PAUD

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan program satu desa satu satu lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) pada 2015 nanti.

Aceh Ekspor Daun Nipah

Pengusaha Aceh akan melakukan ekspor perdana daun nipah sebagai salah satu bahan baku pembuat rokok ke Malaysia melalui Pelabuhan Kuala Langsa, Kota Langsa.

Jokowi Diminta Benahi 'Sea Coast Guard'

Kamar Dagang dan Industri Indonesia meminta pemerintahan Joko Widodo untuk membenahi masalah Badan Penjagaan Laut dan Pantai (Sea and Coast Guard) yang belum disahkan.

Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Masih Rendah

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencatat angka konsumsi ikan warga di daerah itu hingga saat ini masih rendah atau jauh di bawah rata-rata perkapita nasional.