Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur Sumsel Tetapkan UMP Rp1,6 Juta

gubernur sumsel, ump, upah minimum provinsi, h alex noerdin, palembang

Posted on 21 Jan 2013. Hits : 666

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 sebesar Rp1.6.030.000.

Keputusan UMP itu berdasarkan kesepakatan kalangan buruh bersama H Alex Noerdin saat mereka melaksanakan unjuk rasa di kantor Gubernur Sumsel di Palembang, Senin.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Front Buruh dan Rakyat Sumsel Bersatu itu menginginkan UMP sebesar Rp1,8 juta, namun setelah dilaksanakan perundingan maka diputuskan sebesar itu.

Gubernur Sumsel mengatakan, keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan antara kemampuan perusahaan dengan kondisi kehidupan sekarang ini.

Bahkan, lanjut gubernur, UMP tersebut merupakan yang tertinggi di Sumatera karena pihaknya ingin memperjuangkan nasib rakyat termasuk kalangan pekerja.

Ketua Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Sumsel Suyono Y mengatakan, memang pihaknya sudah melakukan peninjauan di pasar pasar dan untuk hidup layak UMP harus diatas Rp1,6 juta.

Hal ini berarti gubernur sangat peduli dengan kehidupan masyarakat terutama kalangan buruh, tambah dia.

Sementara Ketua Umum KASBI Pusat Nining Elitos mengatakan, pihaknya memang sebelumnya telah menyampaikan aspirasi tentang kenaikan UMP tersebut.

Untuk tahap pertama ditetapkan sebesar Rp1,4 juta dari Rp1.350 dari tahun sebelumnya.

Namun, keputusan UMP pertama tersebut pihaknya masih keberatan karena belum sesuai dengan kehidupan layak sekarang ini.

Oleh karena itu, pihaknya datang kembali untuk meminta kepada gubernur agar menaikkan lagi UMP yang diminta tersebut.

"Alhamdulillah gubernur sangat peduli dengan kalangan para buruh di daerah ini sehingga menetapkan UMP lebih dari Rp1,6 juta," ujarnya.

Setelah ditetapkan UMP tersebut, ratusan demonstran langsung membubarkan diri karena upah mereka mengalami kenaikan. (ant/ed)

Bayern Hancurkan Hoffenheim Untuk Unggul Tujuh Angka

Bayern Munich membuka keunggulan tujuh angka di puncak klasemen Liga Jerman pada Sabtu, ketika mereka melakukan pemanasan untuk pertandingan Liga Champions di markas Manchester City dengan kemenangan 4-0 atas Hoffenheim.

Sergio Perez Perpanjang Kontrak Di Force India

Sergio Perez akan bertahan di tim Force India pada 2015 setelah menyepakati kontrak 'beberapa tahun' dengan tim yang bermarkas di Silverstone itu, demikian diumumkan di Grand Prix Abu Dhabi pada Sabtu.

Iran Desak Kerja Sama Semua Negara Untuk Atasi Terorisme

Menteri Kehakiman Mostafa Pour-Mohammadi Sabtu menyerukan perluasan kerja sama di antara semua negara untuk mengatasi terorisme.

Presiden : FARC Akan Bebaskan Jenderal Kolombia, Dan Lainnya Pekan Depan

Gerilyawan FARC yang menangkap Jenderal Kolombia dan empat orang lainnya akan melepaskan mereka pekan depan, kata Presiden Juan Manuel Santos Sabtu, membuka jalan untuk kembali ke pembicaraan damai.

Marco Reus Kembali Dihantam Cedera

Pemain sayap Borussia Dortmund Marco Reus mengalami cedera pada pertengahan babak kedua saat bermain melawan Paderborn di Liga Jerman, setelah sebelumnya sempat mencetak gol pada pertandingan perdananya setelah pulih dari cedera pergelangan kaki.