Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur Sumsel Tetapkan UMP Rp1,6 Juta

gubernur sumsel, ump, upah minimum provinsi, h alex noerdin, palembang

Posted on 21 Jan 2013. Hits : 666

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 sebesar Rp1.6.030.000.

Keputusan UMP itu berdasarkan kesepakatan kalangan buruh bersama H Alex Noerdin saat mereka melaksanakan unjuk rasa di kantor Gubernur Sumsel di Palembang, Senin.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Front Buruh dan Rakyat Sumsel Bersatu itu menginginkan UMP sebesar Rp1,8 juta, namun setelah dilaksanakan perundingan maka diputuskan sebesar itu.

Gubernur Sumsel mengatakan, keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan antara kemampuan perusahaan dengan kondisi kehidupan sekarang ini.

Bahkan, lanjut gubernur, UMP tersebut merupakan yang tertinggi di Sumatera karena pihaknya ingin memperjuangkan nasib rakyat termasuk kalangan pekerja.

Ketua Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Sumsel Suyono Y mengatakan, memang pihaknya sudah melakukan peninjauan di pasar pasar dan untuk hidup layak UMP harus diatas Rp1,6 juta.

Hal ini berarti gubernur sangat peduli dengan kehidupan masyarakat terutama kalangan buruh, tambah dia.

Sementara Ketua Umum KASBI Pusat Nining Elitos mengatakan, pihaknya memang sebelumnya telah menyampaikan aspirasi tentang kenaikan UMP tersebut.

Untuk tahap pertama ditetapkan sebesar Rp1,4 juta dari Rp1.350 dari tahun sebelumnya.

Namun, keputusan UMP pertama tersebut pihaknya masih keberatan karena belum sesuai dengan kehidupan layak sekarang ini.

Oleh karena itu, pihaknya datang kembali untuk meminta kepada gubernur agar menaikkan lagi UMP yang diminta tersebut.

"Alhamdulillah gubernur sangat peduli dengan kalangan para buruh di daerah ini sehingga menetapkan UMP lebih dari Rp1,6 juta," ujarnya.

Setelah ditetapkan UMP tersebut, ratusan demonstran langsung membubarkan diri karena upah mereka mengalami kenaikan. (ant/ed)

Bayern Tutup Musim Dengan Kemenangan 2-0 Atas Mainz

Tim juara Bayern Munich mengakhiri rentetan tiga kekalahan beruntunnya di Liga Jerman dengan kemenangan 2-0 atas Mainz untuk menutup musim pada Sabtu, ketika Hamburg dan Stuttgart berhasil terhindar dari degradasi.

Sudin Jakpus : Petugas Pemadam Alami Patah Tulang

Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat menyatakan salah satu dari dua orang petugas pemadam yang cedera saat berusaha memadamkan kebakaran di daerah Senen, Jakarta, Sabtu, mengalami patah tulang.

Ketua FKUB NTT Meninggal Dunia

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Nusa Tenggara Timur RD Agustinus Raymon Parera,Pr (48), meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RS Carolus Boromeus, Belo, Kota Kupang, Jumat, dini hari.

Belum Mendaftar Ke OJK 3.000 Lkm Terancam

Batas waktu pendaftaran tinggal tujuh bulan lagi, namun belum satupun dari 3.

Mukomuko Terkendala Sarana Tertibkan Kendaraan Kelebihan Tonase

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, terkendala sarana berupa jembatan timbang untuk menertibkan kendaraan yang membawa muatan melebihi tonase di daerah itu.