Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur Sumsel Tetapkan UMP Rp1,6 Juta

gubernur sumsel, ump, upah minimum provinsi, h alex noerdin, palembang

Posted on 21 Jan 2013. Hits : 666

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 sebesar Rp1.6.030.000.

Keputusan UMP itu berdasarkan kesepakatan kalangan buruh bersama H Alex Noerdin saat mereka melaksanakan unjuk rasa di kantor Gubernur Sumsel di Palembang, Senin.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Front Buruh dan Rakyat Sumsel Bersatu itu menginginkan UMP sebesar Rp1,8 juta, namun setelah dilaksanakan perundingan maka diputuskan sebesar itu.

Gubernur Sumsel mengatakan, keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan antara kemampuan perusahaan dengan kondisi kehidupan sekarang ini.

Bahkan, lanjut gubernur, UMP tersebut merupakan yang tertinggi di Sumatera karena pihaknya ingin memperjuangkan nasib rakyat termasuk kalangan pekerja.

Ketua Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Sumsel Suyono Y mengatakan, memang pihaknya sudah melakukan peninjauan di pasar pasar dan untuk hidup layak UMP harus diatas Rp1,6 juta.

Hal ini berarti gubernur sangat peduli dengan kehidupan masyarakat terutama kalangan buruh, tambah dia.

Sementara Ketua Umum KASBI Pusat Nining Elitos mengatakan, pihaknya memang sebelumnya telah menyampaikan aspirasi tentang kenaikan UMP tersebut.

Untuk tahap pertama ditetapkan sebesar Rp1,4 juta dari Rp1.350 dari tahun sebelumnya.

Namun, keputusan UMP pertama tersebut pihaknya masih keberatan karena belum sesuai dengan kehidupan layak sekarang ini.

Oleh karena itu, pihaknya datang kembali untuk meminta kepada gubernur agar menaikkan lagi UMP yang diminta tersebut.

"Alhamdulillah gubernur sangat peduli dengan kalangan para buruh di daerah ini sehingga menetapkan UMP lebih dari Rp1,6 juta," ujarnya.

Setelah ditetapkan UMP tersebut, ratusan demonstran langsung membubarkan diri karena upah mereka mengalami kenaikan. (ant/ed)

Alfred Riedl Puji Pemainnya Meski Gagal Ke Semifinal

Pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl memuji semangat juang para pemainnya dalam pertandingan melawan Laos di Hanoi, Jumat, meskipun kemenangan telak 5-1 belum cukup untuk membawa mereka ke semifinal Piala AFF.

DPRD Kotabaru Panggil Perusahaan Kebun PT JMS

Kalangan DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, segera memanggil perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Jaya Mandiri Sukses, untuk dengar pendapat (hearing), kebun plasma milik warga Batu Lasung, Kecamatan Kelumpang Hulu, yang belum diserahkan.

Batik Warna Alami Giriloyo Disukai Konsumen

Batik tulis dengan pewarnaan alami di sentra kerajinan batik tulis Giriloyo, Imogiri, Kabupaten Bantul,Daerah Istimewa Yogyakarta, makin banyak digemari konsumen dari dalam dan luar daerah.

Petani Majene Harap Pemerintah Bangun Akses Jalan

Petani kemiri di Desa Tallu Banua, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, berharap pemerintah di Majene membangun akses jalan untuk mempermudah akses distribusi hasil pertanian mereka.

19 SPBU Di Sulbar Dikelola Swasta

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, sebanyak 19 Stasion Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang beroperasi di wilayah Sulawesi Barat, semuanya dikelolaswasta.