Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur Sumsel Tetapkan UMP Rp1,6 Juta

gubernur sumsel, ump, upah minimum provinsi, h alex noerdin, palembang

Posted on 21 Jan 2013. Hits : 652

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 sebesar Rp1.6.030.000.

Keputusan UMP itu berdasarkan kesepakatan kalangan buruh bersama H Alex Noerdin saat mereka melaksanakan unjuk rasa di kantor Gubernur Sumsel di Palembang, Senin.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Front Buruh dan Rakyat Sumsel Bersatu itu menginginkan UMP sebesar Rp1,8 juta, namun setelah dilaksanakan perundingan maka diputuskan sebesar itu.

Gubernur Sumsel mengatakan, keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan antara kemampuan perusahaan dengan kondisi kehidupan sekarang ini.

Bahkan, lanjut gubernur, UMP tersebut merupakan yang tertinggi di Sumatera karena pihaknya ingin memperjuangkan nasib rakyat termasuk kalangan pekerja.

Ketua Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Sumsel Suyono Y mengatakan, memang pihaknya sudah melakukan peninjauan di pasar pasar dan untuk hidup layak UMP harus diatas Rp1,6 juta.

Hal ini berarti gubernur sangat peduli dengan kehidupan masyarakat terutama kalangan buruh, tambah dia.

Sementara Ketua Umum KASBI Pusat Nining Elitos mengatakan, pihaknya memang sebelumnya telah menyampaikan aspirasi tentang kenaikan UMP tersebut.

Untuk tahap pertama ditetapkan sebesar Rp1,4 juta dari Rp1.350 dari tahun sebelumnya.

Namun, keputusan UMP pertama tersebut pihaknya masih keberatan karena belum sesuai dengan kehidupan layak sekarang ini.

Oleh karena itu, pihaknya datang kembali untuk meminta kepada gubernur agar menaikkan lagi UMP yang diminta tersebut.

"Alhamdulillah gubernur sangat peduli dengan kalangan para buruh di daerah ini sehingga menetapkan UMP lebih dari Rp1,6 juta," ujarnya.

Setelah ditetapkan UMP tersebut, ratusan demonstran langsung membubarkan diri karena upah mereka mengalami kenaikan. (ant/ed)

DPRD Banten Minta Pelayanan Arus Mudik Ditingkatkan

Komisi IV DPRD Banten meminta pihak-pihak terkait yang menyiapkan pelayanan arus mudik di Banten diharapkan bisa meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Pemudik Diimbau Istirahat Tiap 4 Jam

Pemudik yang menempuh perjalanan jauh diimbau beristirahat setiap empat jam sekali guna menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat kelelahan, kata Kasat Lantas Polres Kudus AKP Billy Andha Hildiario Budiman.

Timses Jokowi-JK Jamin Kondisi Aman Pasca-Putusan KPU

Tim sukses Joko Widodo-Jusuf Kalla Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjamin kondisi keamanan di wilayah ini aman, dan tidak perlu khawatir adanya kerusuhan pascapengumuman hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum atas kemenangan Jokowi-JK pada Pemilu 2014.

KNPI Maluku Sesalkan Sikap Prabowo

Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Maluku Victor Peilouw menyesalkan sikap Prabowo Subianto yang menarik diri dari proses pemilihan umum presiden karena hal itu menunjukkan yang bersangkutan tidak siap kalah.

Jokowi Ngantor Lagi di Balai Kota, Ahok: Selamat Pak Presiden!

Terpilihnya Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemenang Pilpres 2014 mendapat ucapan selamat dari rekan kerja sekaligus Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama saat Jokowi kembali 'ngantor' di Balai Kota sebagai Gubernur DKI Jakarta, Rabu (23/7).