Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur Sumsel Tetapkan UMP Rp1,6 Juta

gubernur sumsel, ump, upah minimum provinsi, h alex noerdin, palembang

Posted on 21 Jan 2013. Hits : 666

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 sebesar Rp1.6.030.000.

Keputusan UMP itu berdasarkan kesepakatan kalangan buruh bersama H Alex Noerdin saat mereka melaksanakan unjuk rasa di kantor Gubernur Sumsel di Palembang, Senin.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Front Buruh dan Rakyat Sumsel Bersatu itu menginginkan UMP sebesar Rp1,8 juta, namun setelah dilaksanakan perundingan maka diputuskan sebesar itu.

Gubernur Sumsel mengatakan, keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan antara kemampuan perusahaan dengan kondisi kehidupan sekarang ini.

Bahkan, lanjut gubernur, UMP tersebut merupakan yang tertinggi di Sumatera karena pihaknya ingin memperjuangkan nasib rakyat termasuk kalangan pekerja.

Ketua Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Sumsel Suyono Y mengatakan, memang pihaknya sudah melakukan peninjauan di pasar pasar dan untuk hidup layak UMP harus diatas Rp1,6 juta.

Hal ini berarti gubernur sangat peduli dengan kehidupan masyarakat terutama kalangan buruh, tambah dia.

Sementara Ketua Umum KASBI Pusat Nining Elitos mengatakan, pihaknya memang sebelumnya telah menyampaikan aspirasi tentang kenaikan UMP tersebut.

Untuk tahap pertama ditetapkan sebesar Rp1,4 juta dari Rp1.350 dari tahun sebelumnya.

Namun, keputusan UMP pertama tersebut pihaknya masih keberatan karena belum sesuai dengan kehidupan layak sekarang ini.

Oleh karena itu, pihaknya datang kembali untuk meminta kepada gubernur agar menaikkan lagi UMP yang diminta tersebut.

"Alhamdulillah gubernur sangat peduli dengan kalangan para buruh di daerah ini sehingga menetapkan UMP lebih dari Rp1,6 juta," ujarnya.

Setelah ditetapkan UMP tersebut, ratusan demonstran langsung membubarkan diri karena upah mereka mengalami kenaikan. (ant/ed)

Tony Abbott Bantah Kabinet Dalam Krisis

Perdana Menteri Australia Tony Abbott membantah perombakan yang terjadi dalam kabinetnya merupakan tanda krisis setelah dikecam karena mengatakan pencapaian terbesarnya untuk perempuan adalah mengurangi pajak karbon.

Puluhan Perusahaan Media di Jember Belum Daftarkan Jurnalis ke BPJS

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jember mencatat sebanyak 32 perusahaan media di Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, Jatim, belum mendaftarkan jurnalisnya ikut Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Pekerjaan Rumah Ibu Indonesia Masih Berat

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PPP Reni Marlinawati mengemukakan, pekerjaan rumah ibu Indonesia masih berat dan memiliki tanggung jawab moral yang tidak kecil atas masa depan anak-anak Indonesia.

Kades Diminta Jadi Inspirator Pembangunan

Bupati Sumenep A Busyro Karim meminta para kepala desa (kades) menjadi inspirator pembangunan dan pemberdayaan semua elemen masyarakat di masing-masing desa.

Mukomuko Contoh Pemerataan Guru

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun depan menjadi pencontohan nasional dalam melakukan pemerataan persebaran guru.