Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur Sumsel Tetapkan UMP Rp1,6 Juta

gubernur sumsel, ump, upah minimum provinsi, h alex noerdin, palembang

Posted on 21 Jan 2013. Hits : 578

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 sebesar Rp1.6.030.000.

Keputusan UMP itu berdasarkan kesepakatan kalangan buruh bersama H Alex Noerdin saat mereka melaksanakan unjuk rasa di kantor Gubernur Sumsel di Palembang, Senin.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Front Buruh dan Rakyat Sumsel Bersatu itu menginginkan UMP sebesar Rp1,8 juta, namun setelah dilaksanakan perundingan maka diputuskan sebesar itu.

Gubernur Sumsel mengatakan, keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan antara kemampuan perusahaan dengan kondisi kehidupan sekarang ini.

Bahkan, lanjut gubernur, UMP tersebut merupakan yang tertinggi di Sumatera karena pihaknya ingin memperjuangkan nasib rakyat termasuk kalangan pekerja.

Ketua Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Sumsel Suyono Y mengatakan, memang pihaknya sudah melakukan peninjauan di pasar pasar dan untuk hidup layak UMP harus diatas Rp1,6 juta.

Hal ini berarti gubernur sangat peduli dengan kehidupan masyarakat terutama kalangan buruh, tambah dia.

Sementara Ketua Umum KASBI Pusat Nining Elitos mengatakan, pihaknya memang sebelumnya telah menyampaikan aspirasi tentang kenaikan UMP tersebut.

Untuk tahap pertama ditetapkan sebesar Rp1,4 juta dari Rp1.350 dari tahun sebelumnya.

Namun, keputusan UMP pertama tersebut pihaknya masih keberatan karena belum sesuai dengan kehidupan layak sekarang ini.

Oleh karena itu, pihaknya datang kembali untuk meminta kepada gubernur agar menaikkan lagi UMP yang diminta tersebut.

"Alhamdulillah gubernur sangat peduli dengan kalangan para buruh di daerah ini sehingga menetapkan UMP lebih dari Rp1,6 juta," ujarnya.

Setelah ditetapkan UMP tersebut, ratusan demonstran langsung membubarkan diri karena upah mereka mengalami kenaikan. (ant/ed)

Wacana Evaluasi Kepemipimpinan Partai Golkar Menguat

Politisi senior Partai Golkar, Zainal Bintang mengatakan, wacana evaluasi kepemimpinan di Partai Golkar menguat menyusul hasil suara partai Golkar pada pemilu legislatif 2014 berdasarkan hitung cepat hanya sekitar 14.

Arema Kembali Rebut Posisi Puncak Klasemen

Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, kembali merebut posisi puncak klasemen sementara Liga Super Indonesia setelah mengalahkan Pelita Bandung Raya 3-0 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu malam.

Kejaksaan Selidiki Proyek Lampu Stadion Tanjabar

Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal tengah menyelidiki proyek lampu stadion Persitaj Tanjung JabungBarat (Tanjabar) tahun 2012 senilai Rp2,7 miliar, karena diduga telah terjadi penggelembungan harga (mark up).

Dua Pemuda Ditangkap Menenggak Minuman Keras

Dua orang pemuda ditangkap oleh polisi saat melakukan patroli rutin karena diketahui menenggak minuman keras di lokasi pasar di kota tersebut.

Polisi Banjarmasin Tangkap Penjual Narkoba

Satuan Narkoba Polresta Banjarmasin, menangkap seorang pria yang diketahui sebagai penjual narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) di wilayah Pekapuran Raya Banjarmasin Timur.