Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur NTT Kunjungi Korban Banjir Benenain

frans lebu raya, korban banjir

Posted on 25 Feb 2013. Hits : 268

Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya, Senin, mengunjungi para korban banjir luapan Sungai Benenain, di Kabupaten Belu, wilayah yang berbatasan darat dengan Timor Leste.

"Kunjungan ke Benenain ini untuk melihat dari dekat, kondisi para korban dan bantuan-bantuan apa saja yang diperlukan oleh para korban, kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya di Kupang, Senin, sebelum bertolak ke Atambua, Belu.

Kunjungan ke lokasi bencana alam itu menggunakan helikopter milik TNI dengan langsung turun di Malaka, calon Ibu Kota Kabupaten Malaka karena kondisi jalan dari Atambua menuju lokasi, terganggu tanah longsor.

Selain itu, untuk mencapai lokasi itu dari Kupang melalui jalur darat membutuhkan waktu sekitar 10 jam lebih.

Ribuan rumah penduduk di Kecamatan Malaka, Kabupaten Belu, terendam banjir, luapan Sungai Benenain.

Wakil Bupati Belu Lodovikus Taolin yang dikonfirmasi secara terpisah mengakui adanya luapan banjir Sungai Benenain, selama beberapa hari terakhir ini dan mengakibatkan rumah-rumah warga terendam.

Luapan Sungai Benenain itu juga merusak tanaman dan menyeret ternak-ternak milik warga.

Dia mengatakan pemerintah telah mengirim bantuan makanan, terpal, dan selimut ke lokasi bencana.

Camat Malaka Barat Anselmus Nahak secara terpisah mengatakan sembilan desa terendam banjir Sungai Benenain.

Sembilan desa yang dilanda banjir akibat tanggul sungai itu jebol, adalah Umatoos, Fafoe, Lasaen, Rabasa, Hai, Sikun, Loomota, Sukabilulik, dan Umalor.

Dia memperkirakan hingga Maret, luapan banjir di daerah itu akan menjadi ancaman serius karena tanggul penahan banjir yang jebol belum diperbaiki.

Menurut Nahak, pada 2012 masyarakat secara swadaya menutup air dengan membuat tanggul darurat, akan tetapi tidak mampu menahan banjir kiriman dari kabupaten-kabupaten tetangga, seperti Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan.(ant/rd)

Gubernur : Tidak Benar Bupati Mateng Malas Berkantor

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh menyatakan, tidak benar Bupati Karateker Mamuju Tengah (Mateng), Ismail Zainuddin jarang berkantor, seperti tudingan sekelompok masyarakat.

Menkes dan IDI Bakal Bahas Aborsi

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan telah menjadwalkan pertemuan dengan organisasi profesi Ikatan Dokter Indonesia erkait dengan penolakan terhadap penerapan pasal aborsi pada PP 61/2014 tentang Kesehatan Reproduksi.

Jalur Wisata Kawah Kamojang Segera Dibuka

Jalur wisata alam kawah Kamojang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, segera dibuka selama ini pengunjung kesulitan melintasi tanjakan terjal Cukang Monteng.

Jet-jet Rusia Langgar Wilayah Udara

Finlandia Kamis mengatakan angkatan udaranya meningkatkan "penerbangan pengawasan" setelah jet-jet Rusia tiga kali melanggar wilayah udaranya dalam waktu kurang dari sepekan.

Bupati Mamuju Sampaikan Salam Perpisahan Legislator Lama

Bupati Mamuju, Sulawesi Barat, memanfaatkan momen dengan menyampaikan salam perpisahan kepada para legislator yang telah memasuki akhir masa jabatannya.