Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur NTT Kunjungi Korban Banjir Benenain

frans lebu raya, korban banjir

Posted on 25 Feb 2013. Hits : 268

Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya, Senin, mengunjungi para korban banjir luapan Sungai Benenain, di Kabupaten Belu, wilayah yang berbatasan darat dengan Timor Leste.

"Kunjungan ke Benenain ini untuk melihat dari dekat, kondisi para korban dan bantuan-bantuan apa saja yang diperlukan oleh para korban, kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya di Kupang, Senin, sebelum bertolak ke Atambua, Belu.

Kunjungan ke lokasi bencana alam itu menggunakan helikopter milik TNI dengan langsung turun di Malaka, calon Ibu Kota Kabupaten Malaka karena kondisi jalan dari Atambua menuju lokasi, terganggu tanah longsor.

Selain itu, untuk mencapai lokasi itu dari Kupang melalui jalur darat membutuhkan waktu sekitar 10 jam lebih.

Ribuan rumah penduduk di Kecamatan Malaka, Kabupaten Belu, terendam banjir, luapan Sungai Benenain.

Wakil Bupati Belu Lodovikus Taolin yang dikonfirmasi secara terpisah mengakui adanya luapan banjir Sungai Benenain, selama beberapa hari terakhir ini dan mengakibatkan rumah-rumah warga terendam.

Luapan Sungai Benenain itu juga merusak tanaman dan menyeret ternak-ternak milik warga.

Dia mengatakan pemerintah telah mengirim bantuan makanan, terpal, dan selimut ke lokasi bencana.

Camat Malaka Barat Anselmus Nahak secara terpisah mengatakan sembilan desa terendam banjir Sungai Benenain.

Sembilan desa yang dilanda banjir akibat tanggul sungai itu jebol, adalah Umatoos, Fafoe, Lasaen, Rabasa, Hai, Sikun, Loomota, Sukabilulik, dan Umalor.

Dia memperkirakan hingga Maret, luapan banjir di daerah itu akan menjadi ancaman serius karena tanggul penahan banjir yang jebol belum diperbaiki.

Menurut Nahak, pada 2012 masyarakat secara swadaya menutup air dengan membuat tanggul darurat, akan tetapi tidak mampu menahan banjir kiriman dari kabupaten-kabupaten tetangga, seperti Timor Tengah Utara dan Timor Tengah Selatan.(ant/rd)

Eropa Tinjau Kembali Suber Daya Untuk Perangi Ebola

Negara-negara Eropa menilai sumber daya yang mereka miliki untuk membantu memerangi Ebola dan merencanakan respon yang terkoordinasi terhadap wabah virus adalah terburuk dalam sejarah, kata Menteri Kesehatan Italia, Beatrice Lorenzin, di sela-sela pertemuan Senin.

Penarikan Pajak dan Retribusi Masih Jauh Dari Harapan

Penarikan sektor pajak dan restribusi di Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta sampai triwulan tiga masih jauh dari target yang telah ditetapkan sehingga perlu terus digenjot.

Lalu Lintas Hewan Kurban Diperketat

Dinas Pertanian Pemerintah Kota Surakarta menjelang Idul Adha memperketat lalu lintas hewan kurban, utamanya dari daerah endemis antraks.

PM Jepang Batalkan Rencana Kunjungan Presiden Rusia

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membatalkan rencana menjadi tuan rumah bagi Presiden Rusia Vladimir Putin, yang dijadwalkan berkunjung ke Jepang pada tahun ini.

Bermain Perahu Motor Mini

Sejumlah warga sedang memainkan perahu motor mini yang bisa dikendalikan dari jarak jauh, di kawasan Dharmawangsa Residence, Bekasi, Selasa (23/9).