Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur: Ninik Mamak Jaga Dan Lestarikan Adat

irwan prayitno, ninik mamak, kerapatan adat nagari

Posted on 16 May 2013. Hits : 168

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengharapkan peranan 'ninik mamak' (pemangku adat) yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) mampu mengurus dan menjaga serta melestarikan adat dan aset nagari (desa adat).

'Kepedulian adat dan agama dapat terlihat dari keseriusan ninik mamak dalam menjalankan tugasnya sehingga kegiatan ini dapat menunjang peningkatan SDM dapat dijalankan,' katanya saat pengukuhkan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Saniang Baka Kecamatan x Koto Singkarak Kabupaten Solok, Kamis.

Dia mengapresiasi kinerja Bupati solok yang telah memprakarsai program MTTS dimana program tersebut sangat memperhatikan terhadap kepedulian adat dan agama serta telah menganggarkan dalam APBD sehingga bisa menjadi percontohan bagi daerah lain.

Sementara Bupati Solok Syamsu Rahim mengingatkan kepada ninik mamak untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar paham dengan masalah kekinian dan tidak dianggap remeh oleh anakkemanakan.

'Kalau seandainya ninik mamak tidak paham terhadap permasalahan terbaru, mereka akan kesulitan dalam menyelesaikan permasalah yang terjadi saat ini, dimana ilmu pengetahuan sudah berkembang begitu maju,' ujarnya.

Sementara fungsi KAN diharapkan sebagai lembaga peradilan adat dalam menyelesaikan perselisihan sako dan pusako. Selain itu, KAN tidak dapat dipisahkan dari pemerintahan daerah karena KAN merupakan unsur pimpinan informal dalam pemerintahan Minangkabau.

KAN harus berfungsi sebagai lembaga nagari yang mengurus dan menjaga serta melestarikan adat dan aset nagari, disamping itu diharapkan juga partisipasi dan kontribusi dalam mewujudkan pembangunan di nagari secara fisik maupun non fisik.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Solok Syamsu Rahim, Dirut PT Bank Nagari Sumbar sekaligus Ketua Dewan Penasehat KAN Saniang Baka Suryadi Asmi Dt. Rajo Nan Sati, Ketua LKAAM Sumbar Sayuti Dt Rajo Pangulu, Ketua LKAAM Kabupaten Solok Syafri Dt Siri Marajo, dan Wakil Wali Kota Solok Zul Elfian.(ant/rd)

Sulbar Bahas Khusus Peningkatan Sumber Daya Pejabatnya

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat sedang membahas secara khusus peningkatan sumber daya manusia pejabatnya, agar dapat meningkat dan tidak menjadi penghambat pembangunan daerah.

KSEI Gandeng Bank Mandiri Permudah Akses Pasar Modal

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menggandeng PT Bank Mandiri Tbk guna mempermudah akses masyarakat masuk ke pasar modal melalui jaringan perbankan sehingga kegiatan investasi di dalam negeri meningkat.

Harga TBS Sawit Kembali Turun

Harga tandan buah segar kelapa sawit PT Antang Ganda Utama PIR Butong, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, memasuki September 2014 kembali turun dari Rp1.

66 Tenaga Honorer Tak Lolos Sertivikasi

Sebanyak 66 dari 298 tenaga honorer kategori II yang tidak lolos seleksi tes CPNS saat diikutkan dalam proses verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dinyatakan tidak lolos.

Sulsel Optimistis Gunakan Atlet Baru Kejurnas PPLP

Tim karate Sulawesi Selatan tetap mengusung optimisme tinggi meski akan diperkuat sebagian atlet baru di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) antarPusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Medan, Sumatera Utara, 30 Agustus - 3 September 2014.