Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur: Ninik Mamak Jaga Dan Lestarikan Adat

irwan prayitno, ninik mamak, kerapatan adat nagari

Posted on 16 May 2013. Hits : 168

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengharapkan peranan 'ninik mamak' (pemangku adat) yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) mampu mengurus dan menjaga serta melestarikan adat dan aset nagari (desa adat).

'Kepedulian adat dan agama dapat terlihat dari keseriusan ninik mamak dalam menjalankan tugasnya sehingga kegiatan ini dapat menunjang peningkatan SDM dapat dijalankan,' katanya saat pengukuhkan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Saniang Baka Kecamatan x Koto Singkarak Kabupaten Solok, Kamis.

Dia mengapresiasi kinerja Bupati solok yang telah memprakarsai program MTTS dimana program tersebut sangat memperhatikan terhadap kepedulian adat dan agama serta telah menganggarkan dalam APBD sehingga bisa menjadi percontohan bagi daerah lain.

Sementara Bupati Solok Syamsu Rahim mengingatkan kepada ninik mamak untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar paham dengan masalah kekinian dan tidak dianggap remeh oleh anakkemanakan.

'Kalau seandainya ninik mamak tidak paham terhadap permasalahan terbaru, mereka akan kesulitan dalam menyelesaikan permasalah yang terjadi saat ini, dimana ilmu pengetahuan sudah berkembang begitu maju,' ujarnya.

Sementara fungsi KAN diharapkan sebagai lembaga peradilan adat dalam menyelesaikan perselisihan sako dan pusako. Selain itu, KAN tidak dapat dipisahkan dari pemerintahan daerah karena KAN merupakan unsur pimpinan informal dalam pemerintahan Minangkabau.

KAN harus berfungsi sebagai lembaga nagari yang mengurus dan menjaga serta melestarikan adat dan aset nagari, disamping itu diharapkan juga partisipasi dan kontribusi dalam mewujudkan pembangunan di nagari secara fisik maupun non fisik.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Solok Syamsu Rahim, Dirut PT Bank Nagari Sumbar sekaligus Ketua Dewan Penasehat KAN Saniang Baka Suryadi Asmi Dt. Rajo Nan Sati, Ketua LKAAM Sumbar Sayuti Dt Rajo Pangulu, Ketua LKAAM Kabupaten Solok Syafri Dt Siri Marajo, dan Wakil Wali Kota Solok Zul Elfian.(ant/rd)

Relawan: Komitmen Jokowi Mulai Terbukti

Kalangan pengusaha muda yang tergabung dalam Entrepreneur and Professional for Jokowi menilai komitmen Presiden Joko Widodo terhadap pemberantasan korupsi sudah terbukti dengan upaya menyerahkan nama kandidat menteri ke KPK dan PPATK.

Unjuk Rasa Anti Ahok Ganggu Lalu Lintas

Arus lalu lintas jalan kawasan kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat, terhambat unjuk rasa Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang menolak rencana pengangkatan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menjadi gubernur pengganti Joko Widodo.

Wali Kota Apresiasi Kegiatan Simulasi Teroris

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengapresiasi kegiatan latihan pemeliharaan kemampuan prajurit Satuan Yonif 900/Raider Rindam IX Udayana dalam penanganan aksi terorisme di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

ITS Berstatus PTN-BH

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah resmi berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) terhitung sejak 17 Oktober 2014 bersama Unpad Bandung, Unhas Makassar, dan Undip Semarang.

Indonesia Konsultasi Dengan Brazil

Pemerintah mempersiapkan sesi konsultasi dengan Brazil terkait proteksi perdagangan daging ayam beku dan olahannya, di mana Negeri Samba tersebut telah melaporkan Indonesia ke World Trade Organization.