Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur: Ninik Mamak Jaga Dan Lestarikan Adat

irwan prayitno, ninik mamak, kerapatan adat nagari

Posted on 16 May 2013. Hits : 168

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengharapkan peranan 'ninik mamak' (pemangku adat) yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) mampu mengurus dan menjaga serta melestarikan adat dan aset nagari (desa adat).

'Kepedulian adat dan agama dapat terlihat dari keseriusan ninik mamak dalam menjalankan tugasnya sehingga kegiatan ini dapat menunjang peningkatan SDM dapat dijalankan,' katanya saat pengukuhkan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Saniang Baka Kecamatan x Koto Singkarak Kabupaten Solok, Kamis.

Dia mengapresiasi kinerja Bupati solok yang telah memprakarsai program MTTS dimana program tersebut sangat memperhatikan terhadap kepedulian adat dan agama serta telah menganggarkan dalam APBD sehingga bisa menjadi percontohan bagi daerah lain.

Sementara Bupati Solok Syamsu Rahim mengingatkan kepada ninik mamak untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar paham dengan masalah kekinian dan tidak dianggap remeh oleh anakkemanakan.

'Kalau seandainya ninik mamak tidak paham terhadap permasalahan terbaru, mereka akan kesulitan dalam menyelesaikan permasalah yang terjadi saat ini, dimana ilmu pengetahuan sudah berkembang begitu maju,' ujarnya.

Sementara fungsi KAN diharapkan sebagai lembaga peradilan adat dalam menyelesaikan perselisihan sako dan pusako. Selain itu, KAN tidak dapat dipisahkan dari pemerintahan daerah karena KAN merupakan unsur pimpinan informal dalam pemerintahan Minangkabau.

KAN harus berfungsi sebagai lembaga nagari yang mengurus dan menjaga serta melestarikan adat dan aset nagari, disamping itu diharapkan juga partisipasi dan kontribusi dalam mewujudkan pembangunan di nagari secara fisik maupun non fisik.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Solok Syamsu Rahim, Dirut PT Bank Nagari Sumbar sekaligus Ketua Dewan Penasehat KAN Saniang Baka Suryadi Asmi Dt. Rajo Nan Sati, Ketua LKAAM Sumbar Sayuti Dt Rajo Pangulu, Ketua LKAAM Kabupaten Solok Syafri Dt Siri Marajo, dan Wakil Wali Kota Solok Zul Elfian.(ant/rd)

Filipina Kirim TIm Pulangkan Warga Dari Yaman

Pemerintha Filipina telah mengirimkan tim kelola krisis ke Yaman untuk membantu warga Filipina yang ingin dipulangkan ke dalam negeri, kata Departemen Luar Negeri Selasa.

Ahok Dapat Bocoran Kriteria Menteri Jokowi

Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menerima bocoran kriteria figur yang akan diangkat sebagai menteri oleh Presiden Joko Widodo saat mengantar mantan Gubernur DKI Jakarta itu ke Istana Negara.

Gol Cavani Bawa PSG Tumbangkan APOEL

Penyerang Paris St Germain Edinson Cavani menutupi absennya Zlatan Ibrahmovic dengan mencetak gol kemenangan pada menit ke-87, untuk membuat tim Prancis itu menang 1-0 atas tuan rumah APOEL Nicosia pada pertandingan Liga Champions yang berlangsung pada Selasa (Rabu WIB).

Erupsi Sinabung Layak Jadi Bencana Nasional

Pemerintah layak menetapkan erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, sebagai bencana nasional karena berlangsung dalam rentang waktu yang lama, kata anggota DPRD setempat.

UMK Malang Diusulkan Rp 1,9 Juta

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, mengusulkan besaran Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) 2015 sebesar Rp1,9 juta per bulan atau naik sebesar Rp387 ribu dari tahun sebelumnya.