Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gubernur Banten Targetkan Sertifikasi Guru Selesai 2014

banten, sertifikasi, kompetensi, pedagogil

Posted on 29 Nov 2012. Hits : 231

Gubernur Banten menargetkan sebanyak 88.317 guru di Banten selesai mengikuti program sertifikasi serta uji kompetensi guru hingga Tahun 2014.

"Saat ini masih ada sekitar 54 ribu yang belum sertifikasi. Namun dari jumlah itu sekitar 30 ribu termasuk usia lanjut, sisanya sekitar 24 ribu guru ditargetkan selesai sertifikasi hingga 2014," kata Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah usai peringatan hari guru tingkat Provinsi Banten di Serang, Kamis.

Ia mengatakan, target tersebut optimis bisa tercapai karena Pemerintah Provinsi Banten melalui APBD terus berupaya mendorong peningkatan kompetensi guru terutama untuk para guru yang belum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sedangkan bagi guru PNS sudah menjadi kewenangan pemerintah pusat.

"Kami melalui Dinas Pendidikan Provinsi Banten terus berupaya mendorong agar semua guru di Banten ikut sertifikasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi para guru," kata Atut.

Menurutnya, para guru harus menumbuhkan semangat dan tekad dengan penuh keihlasan dan profesionalisme untuk meningkatkan Sumber daya manusia melalui sertifikasi. Sehingga melalui sertifikasi tersebut bisa memberikan kontribus bagi para guru.

"Harus benar-benar dan serius untuk memanfaatkan kesempatan sertifikasi," katanya.

Ia mengatakan, dalam melakukan uji kompetensi para guru juga dituntut untuk memehami empat kompetensi yang harus dilmiliki seorang guru, diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi pribadi dan kompetensi sosial.

Ia meminta para guru terus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya, sehingga nantinya bisa menghasilkan anak didik atau putra-putri generasi di Banten yang lebih baik.

"Saya memiliki harapan kepada guru agar rakyat Banten tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri, tetapi jadi tuan di daerahnya sendiri," kata Ratu Atut.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Hudaya mengtakan, peringatan hari guru bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dalam merealisasikan guru yang profesional melalui peningkatan kompetensi dan kode etik guru.

Selain itu meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru membangun bangsa Indonesia yang cerdas, kompetitif dan bermartabat.

"Peringatan hari guru nasional dan HUT ke-67 PGRI ini diikuti sekitar 3.500 guru dari perwakilan delapan daerah di Banten," kata Hudaya.

Dalam kesempatan tersebut puluhan guru dan kepal sekolah berprestasi di Banten, memperoleh hadiah berupa 'note book' dan sepeda motor yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.(ant/ev)

Wawrinka Kalahkan Federer Untuk Juarai Monte Carlo

Stanislas Wawrinka mengalahkan sesama petenis Swiss Roger Federer 4-6, 7-6 (7/5), 6-2 pada Minggu untuk memenangi Monte Carlo Masters ketika juara Australia Terbuka itu menggarisbawahi bahwa ia merupakan sosok yang layak diwaspadai di Prancis Terbuka.

Bayer Kembali Rebut Peringkat Keempat Liga Jerman

Bayer Leverkusen kembali merebut peringkat keempat di Liga Jerman pada Minggu melalui kemenangan 4-1 di markas Nuremberg, pada perjuangan mereka untuk mempertahankan tempat di Liga Champions untuk musim depan.

Pemkot Pekanbaru Perbaiki 250 Rumah Warga Miskin

Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, memperbaiki sebanyak 250 unit rumah warga miskin yang tidak layak huni dengan melibatkan warga setempat agar dalam pelaksanaannya dapat diawasi.

11 Negara Akan Ikuti Pesta Adat

Sedikitnya 11 negara akan mengikuti pesta adat, seni dan budaya Erau yang akan digelar di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, 15-22 Juni 2014.

Perayaan Paskah Di Kupang Khidmat

Perayaan paskah mengenang kebangkitan Kristus di gereja-gereja dalam Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur berjalan lancar dan khidmat.