Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gelar TTG Ajang Belajar Teknologi

irwan prayitno, gelar teknologi tepat guna nasional 2013, ajang praktis masyarakat, belajar teknologi

Posted on 14 Sep 2013. Hits : 506

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional 2013 menjadi ajang praktis masyarakat untuk belajar dan mencontoh teknologi yang dikembangkan suatu daerah.

'Masyarakat dan pemangku kepentingan daerah agar menjadikan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional 2013 sebagai wadah motivasi dan pembelajaran,' katanya di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan masyarakat Sumbar sebagai tuan rumah acara tersebut harus memanfaatkan kegiatan itu untuk belajar teknologi tepat guna.

Sumbar sebagai tuan rumah Gelar TTG Nasional XV pada 26-30 September 2013. Rencananya, kegiatan di Lapangan GOR Agus Salim Padang itu akan dibuka oleh Presiden RI.

Hal itu, katanya, sebagai suatu yang positif daerah untuk belajar secara praktis tentang teknologi yang dikembangkan oleh daerah lain.

Ia mengatakan kegiatan itu diikuti seluruh provinsi di Indonesia, antara lain berupa pameran teknologi yang dihasilkan masyarakat baik sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, serta bidang industri mikro, keci, dan menengah.

'Jadi, suatu kesempatan bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meniru produk teknologi yang sudah dihasilkan masyarakat provinsi lainnya dalam meningkatkan atau pengolahan ragam produk di berbagai bidang tersebut,' katanya.

Selain itu, katanya, Gelar TTG Nasional merupakan momentum untuk masyarakat Sumbar ikut memamerkan teknologi yang dihasilkan.

Sebab, katanya, teknologi tepat guna yang dihasilkan masyarakat atau kelompok masyarakat di Sumbar sudah ada yang diikutkan dalam pameran di tingkat nasional, bahkan ada yang telah mendapatkan penghargaan.

'Yang berprestasi silahkan untuk menampilkan pada Gelar TTG Nasional nanti. Tahun lalu pelaksanaan TTG tingkat nasional di Kepulauan Riau, teknologi dari Pesisir Selatan dan Tanah Datar ditampilkan,' ujarnya.

Menurut dia, teknologi yang ditampilkan adalah hasil karya masyarakat, bukan hasil industri atau perguruan tinggi.

'Makanya harus terus didorong,' katanya.

Selama ini, katanya, pemerintah daerah memberikan apresiasi dengan memberi penghargaan dan bonus untuk biaya pembinaan terhadap mereka yang berhasil melakukan kreatifitas.(ant/rd)

Rumah Sakit Wisata Harapkan Pengalihan Pasien Jamkesda

Pihak Rumah Sakit Wisata Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar berharap Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dapat mengalihkan pasien Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke fasilitas pelayanan kesehatan baru tersebut.

Polres Balangan Razia Obat Terlarang

Kepolisian Resor Balangan, Kalimantan Selatan, merazia peredaran obat terlarang daftar G yang kini marak diperjualbelikan di wilayahnya.

Organisasi Persatuan Alumni GMNI Didesak Jadi Presidium

Sejumlah kalangan mendesak agar format organisasi persatuan alumni GMNI berbentuk presidium karena lebih merealisasikan konsep gotong-royong dalam organisasi.

Perbatasan Kolombia-Venezuela Ditutup

Seorang pria ditembak dan tewas dalam bentrokan antara penjaga nasional Venezuela dan para pedagang yang memasukkan barang dagangan ke Kolombia sehingga mendorong pihak otoritas untuk menutup penyeberangan perbatasan utama antara kedua negara.

Situasi di MMalangsari Sudah Kondusif

Situasi keamanan di Desa Malangsari Kabupaten Lampung Selatan pada Kamis sudah kondusif, namun personel gabungan masih berjaga di daerah tersebut.