Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gelar TTG Ajang Belajar Teknologi

irwan prayitno, gelar teknologi tepat guna nasional 2013, ajang praktis masyarakat, belajar teknologi

Posted on 14 Sep 2013. Hits : 506

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional 2013 menjadi ajang praktis masyarakat untuk belajar dan mencontoh teknologi yang dikembangkan suatu daerah.

'Masyarakat dan pemangku kepentingan daerah agar menjadikan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional 2013 sebagai wadah motivasi dan pembelajaran,' katanya di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan masyarakat Sumbar sebagai tuan rumah acara tersebut harus memanfaatkan kegiatan itu untuk belajar teknologi tepat guna.

Sumbar sebagai tuan rumah Gelar TTG Nasional XV pada 26-30 September 2013. Rencananya, kegiatan di Lapangan GOR Agus Salim Padang itu akan dibuka oleh Presiden RI.

Hal itu, katanya, sebagai suatu yang positif daerah untuk belajar secara praktis tentang teknologi yang dikembangkan oleh daerah lain.

Ia mengatakan kegiatan itu diikuti seluruh provinsi di Indonesia, antara lain berupa pameran teknologi yang dihasilkan masyarakat baik sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, serta bidang industri mikro, keci, dan menengah.

'Jadi, suatu kesempatan bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meniru produk teknologi yang sudah dihasilkan masyarakat provinsi lainnya dalam meningkatkan atau pengolahan ragam produk di berbagai bidang tersebut,' katanya.

Selain itu, katanya, Gelar TTG Nasional merupakan momentum untuk masyarakat Sumbar ikut memamerkan teknologi yang dihasilkan.

Sebab, katanya, teknologi tepat guna yang dihasilkan masyarakat atau kelompok masyarakat di Sumbar sudah ada yang diikutkan dalam pameran di tingkat nasional, bahkan ada yang telah mendapatkan penghargaan.

'Yang berprestasi silahkan untuk menampilkan pada Gelar TTG Nasional nanti. Tahun lalu pelaksanaan TTG tingkat nasional di Kepulauan Riau, teknologi dari Pesisir Selatan dan Tanah Datar ditampilkan,' ujarnya.

Menurut dia, teknologi yang ditampilkan adalah hasil karya masyarakat, bukan hasil industri atau perguruan tinggi.

'Makanya harus terus didorong,' katanya.

Selama ini, katanya, pemerintah daerah memberikan apresiasi dengan memberi penghargaan dan bonus untuk biaya pembinaan terhadap mereka yang berhasil melakukan kreatifitas.(ant/rd)

Pemkab Sukabumi Ungsikan 100 Jiwa Korban Longsor

Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengungsikan sekitar 100 jiwa korban bencana tanah longsor tebing setinggi kurang lebih 30 meter di Kampung Cimerak yang menyebabkan 10 orang tertimbun.

LSM Kritik Kebijakan Wacana Pengampunan Pajak

Sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang tergabung dalam Forum Pajak Berkeadilan (FPB) mengkritik wacana bakal adanya kebijakan pengampunan pajak yang dinilai berpotensi memberi keringanan bagi pelaku kejahatan perpajakan dan keuangan.

Wapres : Peminat Donor Darah Semakin Menyebar

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla mengatakan peminat donor darah di Indonesia semakin banyak dan menyebar.

JK Resmikan Donor Darah TMP

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) telah meresmikan kegiatan Donor Darah Taruna Merah Putih (TMP) di Jakarta untuk memenuhi kebutuhan persediaan darah di Indonesia.

Taman Lalu Lintas Akan Dilengkapi Miniatur Rel

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mengusulkan permohonan anggaran ke Kementerian Perhubungan untuk melengkapi fasilitas Taman Lalu Lintas dengan miniatur jalan raya dan rel kereta api.