Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gelar TTG Ajang Belajar Teknologi

irwan prayitno, gelar teknologi tepat guna nasional 2013, ajang praktis masyarakat, belajar teknologi

Posted on 14 Sep 2013. Hits : 506

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional 2013 menjadi ajang praktis masyarakat untuk belajar dan mencontoh teknologi yang dikembangkan suatu daerah.

'Masyarakat dan pemangku kepentingan daerah agar menjadikan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional 2013 sebagai wadah motivasi dan pembelajaran,' katanya di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan masyarakat Sumbar sebagai tuan rumah acara tersebut harus memanfaatkan kegiatan itu untuk belajar teknologi tepat guna.

Sumbar sebagai tuan rumah Gelar TTG Nasional XV pada 26-30 September 2013. Rencananya, kegiatan di Lapangan GOR Agus Salim Padang itu akan dibuka oleh Presiden RI.

Hal itu, katanya, sebagai suatu yang positif daerah untuk belajar secara praktis tentang teknologi yang dikembangkan oleh daerah lain.

Ia mengatakan kegiatan itu diikuti seluruh provinsi di Indonesia, antara lain berupa pameran teknologi yang dihasilkan masyarakat baik sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, serta bidang industri mikro, keci, dan menengah.

'Jadi, suatu kesempatan bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meniru produk teknologi yang sudah dihasilkan masyarakat provinsi lainnya dalam meningkatkan atau pengolahan ragam produk di berbagai bidang tersebut,' katanya.

Selain itu, katanya, Gelar TTG Nasional merupakan momentum untuk masyarakat Sumbar ikut memamerkan teknologi yang dihasilkan.

Sebab, katanya, teknologi tepat guna yang dihasilkan masyarakat atau kelompok masyarakat di Sumbar sudah ada yang diikutkan dalam pameran di tingkat nasional, bahkan ada yang telah mendapatkan penghargaan.

'Yang berprestasi silahkan untuk menampilkan pada Gelar TTG Nasional nanti. Tahun lalu pelaksanaan TTG tingkat nasional di Kepulauan Riau, teknologi dari Pesisir Selatan dan Tanah Datar ditampilkan,' ujarnya.

Menurut dia, teknologi yang ditampilkan adalah hasil karya masyarakat, bukan hasil industri atau perguruan tinggi.

'Makanya harus terus didorong,' katanya.

Selama ini, katanya, pemerintah daerah memberikan apresiasi dengan memberi penghargaan dan bonus untuk biaya pembinaan terhadap mereka yang berhasil melakukan kreatifitas.(ant/rd)

Kalbar Kembali Raih Opini WTP

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dengan paragraf penjelasan atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2013.

DPRD Babel Minta Wagub Jangan Asal Bicara

Wakil ketua komisi II, DPRD Provinsi Bangka Belitung, Deddy Yulianto meminta Wakil Gubernur Hidayat Arsani untuk tidak asal bicara dalam memberikan kritik yang bisa mencederai kelembagaan DPRD.

AS Lakukan 14 Serangan

Pesawat Amerika Serikat menghantam para pejuang Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS/IS) di 14 serangan udara dekat bendungan terbesar Irak dalam 24 jam terakhir, kata para pejabat Rabu, di tengah ancaman ISIS untuk membunuh seorang wartawan Amerika yang kedua.

Petani Kesulitan BBM Untuk Alat Pertanian

Ratusan petani di wilayah Cianjur selatan, Jabar, mengeluhkan sulitnya mendapatkan BBM jenis solar, setelah dilakukan pembatasan pembelian BBM.

Warga Berharap Harga Elpiji Tidak Naik

Warga Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berharap pada pemerintah untuk membatalkan rencana kenaikan harga elpiji 12 kilogram karena dikhawatirkan akan memicu naiknya harga kebutuhan masyarakat lainnya.