Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gelar TTG Ajang Belajar Teknologi

irwan prayitno, gelar teknologi tepat guna nasional 2013, ajang praktis masyarakat, belajar teknologi

Posted on 14 Sep 2013. Hits : 506

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional 2013 menjadi ajang praktis masyarakat untuk belajar dan mencontoh teknologi yang dikembangkan suatu daerah.

'Masyarakat dan pemangku kepentingan daerah agar menjadikan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional 2013 sebagai wadah motivasi dan pembelajaran,' katanya di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan masyarakat Sumbar sebagai tuan rumah acara tersebut harus memanfaatkan kegiatan itu untuk belajar teknologi tepat guna.

Sumbar sebagai tuan rumah Gelar TTG Nasional XV pada 26-30 September 2013. Rencananya, kegiatan di Lapangan GOR Agus Salim Padang itu akan dibuka oleh Presiden RI.

Hal itu, katanya, sebagai suatu yang positif daerah untuk belajar secara praktis tentang teknologi yang dikembangkan oleh daerah lain.

Ia mengatakan kegiatan itu diikuti seluruh provinsi di Indonesia, antara lain berupa pameran teknologi yang dihasilkan masyarakat baik sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, serta bidang industri mikro, keci, dan menengah.

'Jadi, suatu kesempatan bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meniru produk teknologi yang sudah dihasilkan masyarakat provinsi lainnya dalam meningkatkan atau pengolahan ragam produk di berbagai bidang tersebut,' katanya.

Selain itu, katanya, Gelar TTG Nasional merupakan momentum untuk masyarakat Sumbar ikut memamerkan teknologi yang dihasilkan.

Sebab, katanya, teknologi tepat guna yang dihasilkan masyarakat atau kelompok masyarakat di Sumbar sudah ada yang diikutkan dalam pameran di tingkat nasional, bahkan ada yang telah mendapatkan penghargaan.

'Yang berprestasi silahkan untuk menampilkan pada Gelar TTG Nasional nanti. Tahun lalu pelaksanaan TTG tingkat nasional di Kepulauan Riau, teknologi dari Pesisir Selatan dan Tanah Datar ditampilkan,' ujarnya.

Menurut dia, teknologi yang ditampilkan adalah hasil karya masyarakat, bukan hasil industri atau perguruan tinggi.

'Makanya harus terus didorong,' katanya.

Selama ini, katanya, pemerintah daerah memberikan apresiasi dengan memberi penghargaan dan bonus untuk biaya pembinaan terhadap mereka yang berhasil melakukan kreatifitas.(ant/rd)

BMKG Tercatat Miliki Tiga Inovasi Baru

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mencatat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memiliki tiga inovasi baru dalam pelayanan publik.

KSPI: Buruh Defisit Akibat Kenaikan Harga BBM

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan buruh yang mendapatkan upah minimum kini mengalami defisit Rp500 ribu per bulan akibat efek bola salju kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Bank DKI Target Masuk BUKU III 2015

Bank DKI Jakarta menargetkan masuk kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) III dengan pengajuan penambahan modal hingga Rp5 triliun pada 2015.

Harga Kemiri Petani Di Majene Turun

Harga kemiri yang dikembangkan petani di Kecamatan Sendana dan Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat mengalami penurunan akibat produksi kemiri petani juga turun.

Petani Jeruk Merugi Akibat Banjir

Petani jeruk manis di Nagari Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman , Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengalami kerugian ratusan juta rupiah akibat banjir Sungai Batang Saman dan Sungai Batang Kenaikan.