Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Forum Clearing House Kopi Jabar Dibentuk

membentuk forum, clearing house kopi jabar, mengembalikan kejayaan kopi

Posted on 06 Jul 2013. Hits : 671

Pelaku usaha, petani kopi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat membentuk Forum Clearing House Kopi Jabar sebagai upaya untuk mengembalikan kejayaan kopi asal Jawa Barat yakni Java Preanger Coffee di tanah air dan di kancah dunia.

'Jadi misi yang diemban forum jni adalah untuk meningkatkan posisi tawar petani dan menciptakan pasar kopi yang berkeadian. Selain itu menciptakan daya saing kopi di Jabar dan menjadi mitra strategis provinsi,' kata Ketua Forum Clearing House Kopi Jabar, Djumhana Purwanegara, di Bandung, Sabtu.

Forum Clearing House Kopi Jabar ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sekaligus membuka Java Preanger Coffee House di Jalan Cisangkuy Kota Bandung.

Djumhana menuturkan, adapun tujuan forum ini diharapkan bisa terbentuknya sistem perdagangan kopi yang bereadialan, melaksanakan fungsi fasilitas, klarifikasi dan verifikasi transaksi perdagangan kopi di Jabar dan meningkatkan peluang dan optimalsiasi potensi pengembangan agribisnis kopi.

Sementara itu, Ketua Harian Forum Claaring Hose Kopi Jabar, Jayagama ME menambahkan luas perkebunan kopi di Provinsi Jawa Barat sekitar 30.620 hektare terdiri atas 98 persen lahan perkebunan milik rakyat dan sisanya milik perusahaan swasta.

Lahan perkebunan kopi itu, kata dia, tersebar di 18 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Barat.

'Dan Sebenarnya potensi lahan di Jabar sangat luar biasa, sekitar 600.000 hektar. Potensi ini jauh lebih besar dibandinsg Brazil yang hanya memiliki lahan sekitar 300.000 hektare,' kata dia.

Akan tetapi, lanjut Jayagama potensi itu belum dioptimalkan sehingga dengan adanya forum ini mudah-mudaha menjadi tolak ukur bagi pelaku usah, petani dan pemda untuk bangkit mengangkat kejayaan kopi Java Preanger.

'Minimal dalam lima tahun ini kita bisa membuka lahan baru sekitar 100.000 hektare,' kata dia.(ant/rd)

Obama Pertahankan Sanksi Terhadap Myanmar

Presiden Amerika Serikat Barack Obama memutuskan untuk tetap mempertahankan Myanmar dalam daftar negara-negara yang masuk dalam sanksi-sanksi AS karena menggunakan tentara anak-anak.

Tebing Luar Merapi Gugur

Guguran tebing luar terjadi di puncak Gunung Merapi pada Rabu pagi, kata petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi di Babadan, Magelang, Heru Suparwoko.

Impor Tembakau Jatim Meningkat

Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Timur, M Sairi Hasbullah, menyatakan kinerja impor tembakau Jatim kian meningkat signifikan pada Agustus 2014 karena semakin tingginya permintaan pelaku industri rokok di provinsi itu.

Nico Siahaan Siap Perjuangkan Pendidikan

Artis Nico Siahaan yang kini menjadi anggota DPR RI menyatakan dirinya akan memperjuangkan pendidikan agar lebih baik, terutama pendidikan yang lulusannya siap untuk memasuki dunia kerja.

Hewan Kurban di Jabodetabek Meningkat 16 Persen

Kementerian Pertanian memperkirakan jumlah hewan kurban 2014 di wilayah Jabodetabek meningkat antara 3-16 persen untuk ternak besar, yakni sapi dan kerbau dibandingkan tahun sebelumnya.