Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Forum Clearing House Kopi Jabar Dibentuk

membentuk forum, clearing house kopi jabar, mengembalikan kejayaan kopi

Posted on 06 Jul 2013. Hits : 671

Pelaku usaha, petani kopi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat membentuk Forum Clearing House Kopi Jabar sebagai upaya untuk mengembalikan kejayaan kopi asal Jawa Barat yakni Java Preanger Coffee di tanah air dan di kancah dunia.

'Jadi misi yang diemban forum jni adalah untuk meningkatkan posisi tawar petani dan menciptakan pasar kopi yang berkeadian. Selain itu menciptakan daya saing kopi di Jabar dan menjadi mitra strategis provinsi,' kata Ketua Forum Clearing House Kopi Jabar, Djumhana Purwanegara, di Bandung, Sabtu.

Forum Clearing House Kopi Jabar ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sekaligus membuka Java Preanger Coffee House di Jalan Cisangkuy Kota Bandung.

Djumhana menuturkan, adapun tujuan forum ini diharapkan bisa terbentuknya sistem perdagangan kopi yang bereadialan, melaksanakan fungsi fasilitas, klarifikasi dan verifikasi transaksi perdagangan kopi di Jabar dan meningkatkan peluang dan optimalsiasi potensi pengembangan agribisnis kopi.

Sementara itu, Ketua Harian Forum Claaring Hose Kopi Jabar, Jayagama ME menambahkan luas perkebunan kopi di Provinsi Jawa Barat sekitar 30.620 hektare terdiri atas 98 persen lahan perkebunan milik rakyat dan sisanya milik perusahaan swasta.

Lahan perkebunan kopi itu, kata dia, tersebar di 18 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Barat.

'Dan Sebenarnya potensi lahan di Jabar sangat luar biasa, sekitar 600.000 hektar. Potensi ini jauh lebih besar dibandinsg Brazil yang hanya memiliki lahan sekitar 300.000 hektare,' kata dia.

Akan tetapi, lanjut Jayagama potensi itu belum dioptimalkan sehingga dengan adanya forum ini mudah-mudaha menjadi tolak ukur bagi pelaku usah, petani dan pemda untuk bangkit mengangkat kejayaan kopi Java Preanger.

'Minimal dalam lima tahun ini kita bisa membuka lahan baru sekitar 100.000 hektare,' kata dia.(ant/rd)

Puluhan Musisi Gelar Latihan Jelang Jerman Fest

Puluhan musisi yang tergabung dalam kelompok musik Orkes Film Babelsberg dari Berlin, Jerman, menggelar latihan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat, menjelang perhelatan Pameran Budaya Jerman atau Jerman Fest.

DKP Imbau Aktivitas Tambak Udang Berhenti Sementara

Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau para petambak udang di Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan Gunung Kidul menghentikan sementara aktivitas budi daya udang vaname selama musim kemarau.

Bupati Kolaka Serahkan Santunan BPJS Kepada Nelayan

Bupati Kolaka Ahmad Safei menyerahkan santunan BPJS ketenagakerjaan kepada ahli waris salah seorang nelayan yang meninggal akibat kecelakaan kerja.

Dubes AS Hadiri Upacara Kelulusan Access Ambon

Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia Robert O.

Distan Jambi : Serapan Upsus Rendah Tidak Mengkhawatirkan

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Jambi Amrin Aziz menyatakan rendahnya serapan anggaran program Upaya Khusus (Upsus) padi, jagung dan kedelai (Pajale) di wilayahnya tidak dianggap mengkhawatirkan.