Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Festival Makanan Khas Jabar di Sukabumi

festival keanekaragaman makanan khas jawa barat , tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga kota sukabumi, dodongkal , gongsir

Posted on 21 May 2013. Hits : 369


Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Sukabumi menggelar festival keanekaragaman makanan khas Jawa Barat yang dilaksanakan ruangan pertemuan Sekretariat TP PKK setempat.

"Festival digelar untuk menunjukan dan memperkenalkan potensi kuliner khas Jabar khususnya kuliner Sunda di tengah serbuan makanan siap saji yang berasal dari luar negeri seperti fried chiken, hamburger dan lain-lain," kata Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Esih Setiasih Muraz, Selasa.

Dikatakan, makanan khas jabar yang diperlokan bahan bakunya ada yang berasal dari umbi-umbian dan protensi hewani yang diracik atau diolah sedemikian rupa agar menarik. Selain itu, makanan ini juga diharapkan menjadi unggulan dari daerah masing-masing di Kota Sukabumi.

Adapun makanan khas Jabar yang diperlombakan tersebut mayoritas berasal dari ubi-ubian, jagung dan lain-lain seperti dodongkal (kue yang berasal dari ubi kayu dicampur dengan gula) gongsir (biji jagung rebus yang disajikan dengan gula dan kelapa) dan berbagai olahan makanan khas sunda lainnya.

"Nantinya pemenang pada perlombaan ini akan menjadi wakil Kota Sukabumi untuk mengikuti festival tingkat provinsi di di Bandung pada 8 dan 9 Juni mendatang," tambahnya.

Dikatakannya, kegiatan ini juga bertujuan agar warga bisa memanfaatkan potensi bahan baku makanan yang ada seperti ubi kayu, ubi rambat, talas, jagung dan lain-lain karena Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil tanaman tersebut.

Dengan kegiatan ini juga agar masyarakat tidak terlalu mengandalkan beras sebagai makanan pokok. Selain itu untuk menambah nilai gizi makanan ini perlu ditambahkan atau dikolaborasikan dengan bahan lainnya yang mengandung protein hewani dan nabati.

"Selain makanan ini harus menarik dan lezat juga kandungannya harus memenuhi nilai gizi yang cukup sesuai dengan kebutuhan," kata Esih.

Sementara Ketua Kelompok Kerja (Pokja) III TP PKK Kota Sukabumi, selaku Panitia Penyelenggara, Ferry Endjo menambahkan kegiatan ini diikuti oleh tujuh TP PKK Kecamatan se-Kota Sukabumi. "Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa mendorong wisata kuliner khas Jabar di Kota Sukabumi," katanya. (ant/ed)

Kemarau Tak Pengaruhi Ketahanan Pangan Bulog

Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivisi Regional Kediri, Jawa Timur, menegaskan kemarau tidak akan memengaruhi ketahanan pangan karena stok beras masih melimpah.

IAGI : Dahulukan Eksplorasi Migas Ketimbang Pelabuhan

Ketua Umum Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Rovicky Dwi Putrohari menegaskan bahwa pemerintah hendaknya mendahulukan kepentingan eksplorasi migas di lepas pantai Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, baru kemudian membangun pelabuhan.

Permukiman Khusus PNS Berencana Dibangun

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berencana membangun permukiman khusus bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI di Ciangir, Kabupaten Tangerang.

Halte Trans Padang Dikaji Ulang

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) tengah mengkaji ulang desain halte bus Trans Padang, yang dinilai tidak memberikan pelayanan yang baik karena beberapa diantaranya tanpa atap, tempat duduk ataupun keduanya.

Polres Jakbar Ungkap 32 Kasus Kriminal Umum

Polres Jakarta Barat berhasil mengungkap 32 kasus kriminal umum dalam kurun waktu 5-16 September 2014 di seluruh wilayah hukum Polres Jakarta Barat.