Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Festival Makanan Khas Jabar di Sukabumi

festival keanekaragaman makanan khas jawa barat , tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga kota sukabumi, dodongkal , gongsir

Posted on 21 May 2013. Hits : 369


Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Sukabumi menggelar festival keanekaragaman makanan khas Jawa Barat yang dilaksanakan ruangan pertemuan Sekretariat TP PKK setempat.

"Festival digelar untuk menunjukan dan memperkenalkan potensi kuliner khas Jabar khususnya kuliner Sunda di tengah serbuan makanan siap saji yang berasal dari luar negeri seperti fried chiken, hamburger dan lain-lain," kata Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Esih Setiasih Muraz, Selasa.

Dikatakan, makanan khas jabar yang diperlokan bahan bakunya ada yang berasal dari umbi-umbian dan protensi hewani yang diracik atau diolah sedemikian rupa agar menarik. Selain itu, makanan ini juga diharapkan menjadi unggulan dari daerah masing-masing di Kota Sukabumi.

Adapun makanan khas Jabar yang diperlombakan tersebut mayoritas berasal dari ubi-ubian, jagung dan lain-lain seperti dodongkal (kue yang berasal dari ubi kayu dicampur dengan gula) gongsir (biji jagung rebus yang disajikan dengan gula dan kelapa) dan berbagai olahan makanan khas sunda lainnya.

"Nantinya pemenang pada perlombaan ini akan menjadi wakil Kota Sukabumi untuk mengikuti festival tingkat provinsi di di Bandung pada 8 dan 9 Juni mendatang," tambahnya.

Dikatakannya, kegiatan ini juga bertujuan agar warga bisa memanfaatkan potensi bahan baku makanan yang ada seperti ubi kayu, ubi rambat, talas, jagung dan lain-lain karena Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil tanaman tersebut.

Dengan kegiatan ini juga agar masyarakat tidak terlalu mengandalkan beras sebagai makanan pokok. Selain itu untuk menambah nilai gizi makanan ini perlu ditambahkan atau dikolaborasikan dengan bahan lainnya yang mengandung protein hewani dan nabati.

"Selain makanan ini harus menarik dan lezat juga kandungannya harus memenuhi nilai gizi yang cukup sesuai dengan kebutuhan," kata Esih.

Sementara Ketua Kelompok Kerja (Pokja) III TP PKK Kota Sukabumi, selaku Panitia Penyelenggara, Ferry Endjo menambahkan kegiatan ini diikuti oleh tujuh TP PKK Kecamatan se-Kota Sukabumi. "Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa mendorong wisata kuliner khas Jabar di Kota Sukabumi," katanya. (ant/ed)

Sentul Datangkan Desainer Dunia Hadapi Motogp

Manajemen Sirkuit Internasional Sentul Bogor, Jawa Barat, mendatangkan desainer sirkuit kelas dunia asal Italia yaitu Jarno Zaffeli guna mempersiapkan diri untuk menghadapi rencana menjadi tuan rumah kejuaraan salah satu seri MotoGP 2017.

Wimbledon Adakan Hening Cipta Mengenang Serangan Tunisia

Penyelenggara kejuaraan Wimbledon, pada Jumat,mengadakan sesi hening cipta untuk mengenang para korban penembakan di lokasi wisata pantai di Tunisia, dimana puluhan ribu penonton ikut menundukkan kepala dan berdoa.

Rosberg Tercepat Pada Latihan GP Britania

Publik tuan rumah bersorak gembira untuk Lewis Hamilton, namun rekan setimnya di Mercedes Nico Rosberg memuncaki catatan waktu pebalap pada kedua sesi latihan untuk Grand Prix Britania pada Jumat.

SPSI : Pengusaha Jangan Beralasan Tolak Bayar THR

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Kalimantan Timur Amir P Alie mengatakan bahwa kelesuan iklim usaha beberapa bulan terakhir jangan menjadi alasan bagi pengusaha untuk menolak membayar tunjangan hari raya kepada karyawan atau pekerja.

'Fun Bike UII' Targetkan 15 Ribu Peserta

Panitia 'Fun Bike UII' menargetkan sebanyak 15 ribu peserta ambil bagian dalam kegiatan yang digelar dalam rangka puncak peringatan Milad Ke-72 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.