Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Festival Makanan Khas Jabar di Sukabumi

festival keanekaragaman makanan khas jawa barat , tim penggerak pemberdayaan kesejahteraan keluarga kota sukabumi, dodongkal , gongsir

Posted on 21 May 2013. Hits : 369


Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Sukabumi menggelar festival keanekaragaman makanan khas Jawa Barat yang dilaksanakan ruangan pertemuan Sekretariat TP PKK setempat.

"Festival digelar untuk menunjukan dan memperkenalkan potensi kuliner khas Jabar khususnya kuliner Sunda di tengah serbuan makanan siap saji yang berasal dari luar negeri seperti fried chiken, hamburger dan lain-lain," kata Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Esih Setiasih Muraz, Selasa.

Dikatakan, makanan khas jabar yang diperlokan bahan bakunya ada yang berasal dari umbi-umbian dan protensi hewani yang diracik atau diolah sedemikian rupa agar menarik. Selain itu, makanan ini juga diharapkan menjadi unggulan dari daerah masing-masing di Kota Sukabumi.

Adapun makanan khas Jabar yang diperlombakan tersebut mayoritas berasal dari ubi-ubian, jagung dan lain-lain seperti dodongkal (kue yang berasal dari ubi kayu dicampur dengan gula) gongsir (biji jagung rebus yang disajikan dengan gula dan kelapa) dan berbagai olahan makanan khas sunda lainnya.

"Nantinya pemenang pada perlombaan ini akan menjadi wakil Kota Sukabumi untuk mengikuti festival tingkat provinsi di di Bandung pada 8 dan 9 Juni mendatang," tambahnya.

Dikatakannya, kegiatan ini juga bertujuan agar warga bisa memanfaatkan potensi bahan baku makanan yang ada seperti ubi kayu, ubi rambat, talas, jagung dan lain-lain karena Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil tanaman tersebut.

Dengan kegiatan ini juga agar masyarakat tidak terlalu mengandalkan beras sebagai makanan pokok. Selain itu untuk menambah nilai gizi makanan ini perlu ditambahkan atau dikolaborasikan dengan bahan lainnya yang mengandung protein hewani dan nabati.

"Selain makanan ini harus menarik dan lezat juga kandungannya harus memenuhi nilai gizi yang cukup sesuai dengan kebutuhan," kata Esih.

Sementara Ketua Kelompok Kerja (Pokja) III TP PKK Kota Sukabumi, selaku Panitia Penyelenggara, Ferry Endjo menambahkan kegiatan ini diikuti oleh tujuh TP PKK Kecamatan se-Kota Sukabumi. "Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa mendorong wisata kuliner khas Jabar di Kota Sukabumi," katanya. (ant/ed)

Sumsel Tarik Minat Investor Asal Tiongkok

Pengusaha asal Tiongkok menyatakan tertarik berinvestasi di kawasan ekonomi khusus pelabuhan laut Tanjung Api-Api Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan yang disampaikan saat acara "Tiongkok Ekspo" di Kota Nanning beberapa waktu lalu.

Penerimaan PBB Pekanbaru Triwulan Iii Rp32,7 Miliar

Dinas Pendapatan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mencatat realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga triwulan III tahun 2014 mencapai Rp32,7 miliar atau lebih besar dari target untuk periode itu sebesar Rp30 miliar.

APOEL Tahan Imbang Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam dan APOEL memainkan pertandingan menarik yang berakhir imbang 1-1 pada laga Liga Champions Selasa (Rabu WIB), namun kedua tim menyesali berbagai kesempatan yang dimiliki untuk mendulang tiga angka.

Mukomuko Beri Sapi Kurban Untuk Desa Miskin

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memberikan bantuan sapi kurban untuk 15 desa dengan jumlah penduduk miskin terbanyak di daerah itu.

Debit Air Bendungan Tilong Menyusut

Debit air Bendungan Tilong di wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mengalami penurunan drastis hingga mencapai 10 juta meter kubik dari kapasitas tampung normal 17 juta meter kubik.