Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Semarang Pastikan Tidak Ada Lagi Penambangan

lokasi penambangan, rekomendasi penutupan, pantauan lapangan

Posted on 02 Apr 2013. Hits : 182

Komisi C DPRD Kota Semarang akan memantau ke sejumlah lokasi penambangan untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan penambangan di Ibu Kota Jawa Tengah setelah ada rekomendasi penutupan.

"Kami akan melakukan pantauan lapangan. Apalagi setelah ada rekomendasi penutupan penambangan, Pemerintah Kota Semarang juga menyatakan bahwa penambangan yang dapat merusak lingkungan harus ditutup," kata Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono di Semarang, Senin.

Ia mengatakan jika saat pemantauan lapangan masih ditemukan penambangan yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, pihaknya berharap pihak kepolisian dapat membantu bertindak.

"Kalau Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tentu belum bisa karena Kota Semarang belum memiliki peraturan daerah yang mengatur penambangan, sehingga perlu bantuan dari kepolisian," katanya.

Selain melakukan pemantauan lapangan, pihaknya juga berharap masyarakat dapat aktif ikut melakukan pantauan dan melaporkan jika ada kegiatan penambangan di daerahnya.

Sebelumnya, hasil rapat Komisi C DPRD Kota Semarang bersama dengan penambang (hanya dua penambang dari Sukorejo dan Mangunharjo yang hadir, red.), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polrestabes, dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait pada 25 Maret 2013 merekomendasikan agar seluruh kegiatan penambangan di Kota Semarang ditutup karena tidak berizin dan merusak lingkungan.

Menyikapi rekomendasi tersebut, Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku mendukung penutupan terhadap penambangan yang merusak lingkungan.

"Pemkot Semarang sangat setuju. Kalau tidak sesuai aturan dan merusak lingkungan memungkinkan untuk ditutup," katanya.(ant/rd)

Pemkab Pinjamkan Mobil Untuk Operasional Penegak Hukum

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminjamkan sejumlah mobil sebagai kendaraan operasional institusi penegak hukum setempat, guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi pokok mereka.

DPRD Lubuklinggau Dukung Pemda Inventarisasi Potensi Pajak

DPRD Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, mendukung pemerintah daerah setempat untuk menginventarisasi berbagai potensi pajak guna merealisasikan target penarikan pajak bumi dan bangunan.

Pemkab Pasaman Imbau Masyarakat Antisipasi Sirup Ilegal

Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, meminta masyarakat setempat untuk mengantisipasi peredaran sirup ilegal di daerah itu menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah.

Papua - Penumpang Kapal Pelni Di Papua Stabil

PT Pelni Jayapura, Papua, memperkirakan tidak terjadi lonjakan penumpang selama menyambut Idul Fitri 1436 Hijriah dan liburan anak sekolah 2015.

Baznas Samarinda Bantu Modal Usaha Kepada Mualaf

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, memberi bantuan modal usaha kepada 17 kelompok mualaf di Loa Janan Ilir.