Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Semarang Pastikan Tidak Ada Lagi Penambangan

lokasi penambangan, rekomendasi penutupan, pantauan lapangan

Posted on 02 Apr 2013. Hits : 182

Komisi C DPRD Kota Semarang akan memantau ke sejumlah lokasi penambangan untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan penambangan di Ibu Kota Jawa Tengah setelah ada rekomendasi penutupan.

"Kami akan melakukan pantauan lapangan. Apalagi setelah ada rekomendasi penutupan penambangan, Pemerintah Kota Semarang juga menyatakan bahwa penambangan yang dapat merusak lingkungan harus ditutup," kata Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono di Semarang, Senin.

Ia mengatakan jika saat pemantauan lapangan masih ditemukan penambangan yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, pihaknya berharap pihak kepolisian dapat membantu bertindak.

"Kalau Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tentu belum bisa karena Kota Semarang belum memiliki peraturan daerah yang mengatur penambangan, sehingga perlu bantuan dari kepolisian," katanya.

Selain melakukan pemantauan lapangan, pihaknya juga berharap masyarakat dapat aktif ikut melakukan pantauan dan melaporkan jika ada kegiatan penambangan di daerahnya.

Sebelumnya, hasil rapat Komisi C DPRD Kota Semarang bersama dengan penambang (hanya dua penambang dari Sukorejo dan Mangunharjo yang hadir, red.), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polrestabes, dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait pada 25 Maret 2013 merekomendasikan agar seluruh kegiatan penambangan di Kota Semarang ditutup karena tidak berizin dan merusak lingkungan.

Menyikapi rekomendasi tersebut, Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku mendukung penutupan terhadap penambangan yang merusak lingkungan.

"Pemkot Semarang sangat setuju. Kalau tidak sesuai aturan dan merusak lingkungan memungkinkan untuk ditutup," katanya.(ant/rd)

Kodim 0911 Siapkan 400 Hektar Lahan Persawahan

Kodim 0911/Nunukan, Kalimantan Utara telah menyediakan 400 hektar lahan persawahan untuk mendukung program swasembada pangan di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

'UMB Career Fair' Siapkan Lowongan Kerja Luar Negeri

Universitas Mercu Buana (UMB) Career Fair ke 13 menyiapkan lowongan kerja bagi mahasiswa untuk bekerja di perusahaan luar negeri.

Dirtek Garuda : Alam Tomohon Indah

Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada PT Garuda Indonesia Iwan Joeniarto mengemukakan bahwa alam Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, di antaranya Danau Linow berpanorama indah.

Bea Cukai Nunukan Siap Hadapi MEA

Kantor Bea Cukai Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, siap menghadapi perdagangan bebas Asia Tenggara atau yang lebih dikenal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Edi/Gloria Wakili Indonesia Pada Final China Masters

Pasangan pebulu tangkis ganda campuran Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja akan menjadi wakil Indonesia sekaligus satu-satunya wakil non-Tiongkok dalam putaran final turnamen China Masters yang akan berlangsung di Changzhou Tiongkok, Minggu.