Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Semarang Pastikan Tidak Ada Lagi Penambangan

lokasi penambangan, rekomendasi penutupan, pantauan lapangan

Posted on 02 Apr 2013. Hits : 150

Komisi C DPRD Kota Semarang akan memantau ke sejumlah lokasi penambangan untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan penambangan di Ibu Kota Jawa Tengah setelah ada rekomendasi penutupan.

"Kami akan melakukan pantauan lapangan. Apalagi setelah ada rekomendasi penutupan penambangan, Pemerintah Kota Semarang juga menyatakan bahwa penambangan yang dapat merusak lingkungan harus ditutup," kata Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono di Semarang, Senin.

Ia mengatakan jika saat pemantauan lapangan masih ditemukan penambangan yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, pihaknya berharap pihak kepolisian dapat membantu bertindak.

"Kalau Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tentu belum bisa karena Kota Semarang belum memiliki peraturan daerah yang mengatur penambangan, sehingga perlu bantuan dari kepolisian," katanya.

Selain melakukan pemantauan lapangan, pihaknya juga berharap masyarakat dapat aktif ikut melakukan pantauan dan melaporkan jika ada kegiatan penambangan di daerahnya.

Sebelumnya, hasil rapat Komisi C DPRD Kota Semarang bersama dengan penambang (hanya dua penambang dari Sukorejo dan Mangunharjo yang hadir, red.), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polrestabes, dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait pada 25 Maret 2013 merekomendasikan agar seluruh kegiatan penambangan di Kota Semarang ditutup karena tidak berizin dan merusak lingkungan.

Menyikapi rekomendasi tersebut, Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku mendukung penutupan terhadap penambangan yang merusak lingkungan.

"Pemkot Semarang sangat setuju. Kalau tidak sesuai aturan dan merusak lingkungan memungkinkan untuk ditutup," katanya.(ant/rd)

Jalasenastri Korcab Pasmar-1 Gelar Lomba Tenis Berkebaya

Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir menggelar berbagai perlombaan untuk memperingati Hari Kartini 2014, di antaranya lomba tenis berkebaya dan lomba memasak nasi goreng berkebaya.

Umat Kristiani Khusuk Merayakan Tri Hari Paskah

Umat Kristiani di Nusa Tenggara Timur khusuk merayakan tri hari suci Paskah sejak malam Rabu atau Kamis Putih dan dilanjutkan dengan Jumat Agung, lalu Sabtu Alleya.

PGRI Lubuklinggau Minta Polisi Usut Kematian Guru

Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan minta jajaran Polres setempat mengusut tuntas kasus kematian guru SDN 47 di kota itu pekan lalu.

PLN Musirawas Perbaiki Jaringan Ke BTS Ulu

PT PLN Kabupaten Musiarwas, Sumatera selatan, sudah memperbaiki seluruh jaringan listrik ke beberapa desa di Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu setelah terputus akibat bencana alam beberapa waktu lalu.

Pakaian Jadi Bali Raup 6,36 Juta Dolar

Bali meraup devisa sebesar 6,36 juta dolar AS dari ekspor pakaian jadi bukan rajutan selama Februari 2014, menurun 4,83 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 6,67 juta dolar AS.