Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Semarang Pastikan Tidak Ada Lagi Penambangan

lokasi penambangan, rekomendasi penutupan, pantauan lapangan

Posted on 02 Apr 2013. Hits : 182

Komisi C DPRD Kota Semarang akan memantau ke sejumlah lokasi penambangan untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan penambangan di Ibu Kota Jawa Tengah setelah ada rekomendasi penutupan.

"Kami akan melakukan pantauan lapangan. Apalagi setelah ada rekomendasi penutupan penambangan, Pemerintah Kota Semarang juga menyatakan bahwa penambangan yang dapat merusak lingkungan harus ditutup," kata Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono di Semarang, Senin.

Ia mengatakan jika saat pemantauan lapangan masih ditemukan penambangan yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, pihaknya berharap pihak kepolisian dapat membantu bertindak.

"Kalau Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tentu belum bisa karena Kota Semarang belum memiliki peraturan daerah yang mengatur penambangan, sehingga perlu bantuan dari kepolisian," katanya.

Selain melakukan pemantauan lapangan, pihaknya juga berharap masyarakat dapat aktif ikut melakukan pantauan dan melaporkan jika ada kegiatan penambangan di daerahnya.

Sebelumnya, hasil rapat Komisi C DPRD Kota Semarang bersama dengan penambang (hanya dua penambang dari Sukorejo dan Mangunharjo yang hadir, red.), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polrestabes, dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait pada 25 Maret 2013 merekomendasikan agar seluruh kegiatan penambangan di Kota Semarang ditutup karena tidak berizin dan merusak lingkungan.

Menyikapi rekomendasi tersebut, Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku mendukung penutupan terhadap penambangan yang merusak lingkungan.

"Pemkot Semarang sangat setuju. Kalau tidak sesuai aturan dan merusak lingkungan memungkinkan untuk ditutup," katanya.(ant/rd)

Lampung Sosialisasi Perda Keolahragaan

Pemerintah Provinsi Lampung menggelar sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 16 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi itu.

Tiga Jemaah Haji Masih Dirawat di RS Batam

Tiga orang jemaah haji Debarkasi Batam Kepulauan Riau yang baru saja tiba di Tanah Air hingga kini masih dirawat di Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam dan belum bisa dipulangkan ke daerah masing-masing.

Senjata Kiriman AS 'Nyasar' ke IS

Senjata-senjata yang dikirim Amerika Serikat untuk para petempur Kurdi jatuh ketangan musuh mereka kelompok ISIS dekat medan tempur kota Kobane Suriah, kata satu kelompok pemantau, Selasa.

Sejumlah Sekolah Belum Pasang Foto Presiden Baru

Sejumlah sekolah dasar di Jakarta belum mengganti foto Presiden Indonesia dari Susilo Bambang Yudhono ke Joko Widodo yang baru dilantik.

Harga Minyak Turun di Asia

Harga minyak turun di perdagangan Asia, Rabu, setelah menikmati kenaikan baru-baru ini sejalan dengan "rebound" ekuitas global, sementara para analis mengatakan investor sekarang akan mengawasi pertemuan kebijakan Federal Reserve AS berikutnya.