Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Semarang Pastikan Tidak Ada Lagi Penambangan

lokasi penambangan, rekomendasi penutupan, pantauan lapangan

Posted on 02 Apr 2013. Hits : 151

Komisi C DPRD Kota Semarang akan memantau ke sejumlah lokasi penambangan untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan penambangan di Ibu Kota Jawa Tengah setelah ada rekomendasi penutupan.

"Kami akan melakukan pantauan lapangan. Apalagi setelah ada rekomendasi penutupan penambangan, Pemerintah Kota Semarang juga menyatakan bahwa penambangan yang dapat merusak lingkungan harus ditutup," kata Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono di Semarang, Senin.

Ia mengatakan jika saat pemantauan lapangan masih ditemukan penambangan yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, pihaknya berharap pihak kepolisian dapat membantu bertindak.

"Kalau Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tentu belum bisa karena Kota Semarang belum memiliki peraturan daerah yang mengatur penambangan, sehingga perlu bantuan dari kepolisian," katanya.

Selain melakukan pemantauan lapangan, pihaknya juga berharap masyarakat dapat aktif ikut melakukan pantauan dan melaporkan jika ada kegiatan penambangan di daerahnya.

Sebelumnya, hasil rapat Komisi C DPRD Kota Semarang bersama dengan penambang (hanya dua penambang dari Sukorejo dan Mangunharjo yang hadir, red.), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polrestabes, dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait pada 25 Maret 2013 merekomendasikan agar seluruh kegiatan penambangan di Kota Semarang ditutup karena tidak berizin dan merusak lingkungan.

Menyikapi rekomendasi tersebut, Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku mendukung penutupan terhadap penambangan yang merusak lingkungan.

"Pemkot Semarang sangat setuju. Kalau tidak sesuai aturan dan merusak lingkungan memungkinkan untuk ditutup," katanya.(ant/rd)

Dinas P2B DKI Diminta Cek Izin Reklame

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memberikan instruksi kepada Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI untuk mengecek kembali perizinan bangunan reklame yang roboh pada Selasa (22/2).

Bulog Jamin Ketersediaan Beras Sumut Saat Kemarau

Bulog menjamin ketersediaan stok beras di Sumatera Utara meski sedang terjadi gangguan panen padi akibat kemarau.

Dishub Jaring Kapal Motor Tak Berizin

Dinas Perhubungan Kota Palembang menjaring sebanyak 21 unit kapal motor yang beroperasi di perairan Sungai Musi karena tidak memiliki kelengkapan sertifikat izin operasional, surat kecakapan kapal dan perlengkapan alat keselamatan.

Pemkab Bangka Latih Tenaga Kerja

Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melatih sejumlah tenaga kerja di beberapa bidang guna meningkatkan kualitas mereka.

Golkar Raih 17 Kursi DPR di Jabar

Ketua Pemenangan Pemilu Jawa 1 Partai Golkar Ade Komaruddin mengatakan partainya meraih 17 kursi DPR dari wilayah Jawa Barat naik dibandingkan perolehan pada pemilu 2009.