Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Semarang Pastikan Tidak Ada Lagi Penambangan

lokasi penambangan, rekomendasi penutupan, pantauan lapangan

Posted on 02 Apr 2013. Hits : 182

Komisi C DPRD Kota Semarang akan memantau ke sejumlah lokasi penambangan untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan penambangan di Ibu Kota Jawa Tengah setelah ada rekomendasi penutupan.

"Kami akan melakukan pantauan lapangan. Apalagi setelah ada rekomendasi penutupan penambangan, Pemerintah Kota Semarang juga menyatakan bahwa penambangan yang dapat merusak lingkungan harus ditutup," kata Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono di Semarang, Senin.

Ia mengatakan jika saat pemantauan lapangan masih ditemukan penambangan yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, pihaknya berharap pihak kepolisian dapat membantu bertindak.

"Kalau Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tentu belum bisa karena Kota Semarang belum memiliki peraturan daerah yang mengatur penambangan, sehingga perlu bantuan dari kepolisian," katanya.

Selain melakukan pemantauan lapangan, pihaknya juga berharap masyarakat dapat aktif ikut melakukan pantauan dan melaporkan jika ada kegiatan penambangan di daerahnya.

Sebelumnya, hasil rapat Komisi C DPRD Kota Semarang bersama dengan penambang (hanya dua penambang dari Sukorejo dan Mangunharjo yang hadir, red.), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polrestabes, dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait pada 25 Maret 2013 merekomendasikan agar seluruh kegiatan penambangan di Kota Semarang ditutup karena tidak berizin dan merusak lingkungan.

Menyikapi rekomendasi tersebut, Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku mendukung penutupan terhadap penambangan yang merusak lingkungan.

"Pemkot Semarang sangat setuju. Kalau tidak sesuai aturan dan merusak lingkungan memungkinkan untuk ditutup," katanya.(ant/rd)

Rusunawa Tipar Dilengkapi Jaringan Pipa Gas

Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta menyatakan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Tipar di Cakung, Jakarta Timur akan segera dilengkapi dengan jaringan pipa gas.

Permintaan Elpiji di Aceh Lesu

Permintaan elpiji 12 Kg di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, akhir-akhir ini mulia lesu, menyusul kebijakan PT Pertamina (Persero) yang menaikkan harganya sebesar Rp1.

Menkeu: Lindung Nilai Kerugian Negara

Menteri Keuangan Chatib Basri memastikan transaksi lindung nilai bukan merupakan perbuatan melanggar hukum yang dapat menyebabkan kerugian negara, sehingga dapat mulai dilakukan dalam setiap transaksi valuta asing (valas).

TNI Bakal Pamer Kekuatan di HUT ke-69

Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan unjuk kekuatan pada peringatan HUT ke-69 TNI yang jatuh pada 5 Oktober mendatang.

DKI Perbanyak Taman Anak dan Lansia

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperbanyak taman-taman kota, khususnya bagi anak dan para lanjut usia untuk mewujudkan program pembangunan lingkungan hidup.