Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Semarang Pastikan Tidak Ada Lagi Penambangan

lokasi penambangan, rekomendasi penutupan, pantauan lapangan

Posted on 02 Apr 2013. Hits : 182

Komisi C DPRD Kota Semarang akan memantau ke sejumlah lokasi penambangan untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan penambangan di Ibu Kota Jawa Tengah setelah ada rekomendasi penutupan.

"Kami akan melakukan pantauan lapangan. Apalagi setelah ada rekomendasi penutupan penambangan, Pemerintah Kota Semarang juga menyatakan bahwa penambangan yang dapat merusak lingkungan harus ditutup," kata Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono di Semarang, Senin.

Ia mengatakan jika saat pemantauan lapangan masih ditemukan penambangan yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, pihaknya berharap pihak kepolisian dapat membantu bertindak.

"Kalau Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tentu belum bisa karena Kota Semarang belum memiliki peraturan daerah yang mengatur penambangan, sehingga perlu bantuan dari kepolisian," katanya.

Selain melakukan pemantauan lapangan, pihaknya juga berharap masyarakat dapat aktif ikut melakukan pantauan dan melaporkan jika ada kegiatan penambangan di daerahnya.

Sebelumnya, hasil rapat Komisi C DPRD Kota Semarang bersama dengan penambang (hanya dua penambang dari Sukorejo dan Mangunharjo yang hadir, red.), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polrestabes, dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait pada 25 Maret 2013 merekomendasikan agar seluruh kegiatan penambangan di Kota Semarang ditutup karena tidak berizin dan merusak lingkungan.

Menyikapi rekomendasi tersebut, Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku mendukung penutupan terhadap penambangan yang merusak lingkungan.

"Pemkot Semarang sangat setuju. Kalau tidak sesuai aturan dan merusak lingkungan memungkinkan untuk ditutup," katanya.(ant/rd)

Kaban Diklat Sulut Apresiasi PIM III Minahasa

Kepala Badan Diklat Provinsi Sulut Dr Noudy Tendean memberikan apresiasi bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa atas respon yang positif menggelar Diklat PIM III di tahun 2015 ini.

Animo Warga untuk PTSP di Jagakarsa Tinggi

Animo warga untuk mengurus perizinan serta dokumen ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Jagakarsa ternyata relatif tinggi.

Ratusan Ribu Ton Batubara Menumpuk Di Barut

Sedikitnya ratusan ribu metrik ton batu bara menumpuk di sejumlah pelabuhan khusus perusahaan tambang batu bara di wilayah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah akibat Sungai Barito surut hampir dua bulan terakhir.

Singapura Akui Kualitas CPO Dan Hortikultura Sumut

Singapura mengakui produk dan kualitas minyak sawit mentah atau crude palm oil dan hortikultura asal Sumatera Utara dan berharap kerja sama dagang bisa ditingkatkan.

Dishub Bantu Usulkan Penambahan Personel Lalu Lintas

Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana mengusulkan penambahan personel sebanyak 30 orang untuk memaksimalkan pengendalian lalu lintas di wilayah setempat.