Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Banten 2014 Tetap 85 Kursi

pemilihan umum legislatif, rapat kordinasi, konsultasi publik

Posted on 01 Mar 2013. Hits : 450

Jumlah kursi DPRD Banten pada pemilihan umum legislatif 2014 tidak akan bertambah dari kursi yang ada saat ini, yakni 85 kursi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten Hambali di Serang, Kamis mengatakan bahwa jumlah penduduk Banten saat ini sesuai daftar agregat kependudukan yang diterima KPU belum melebihi dari 11 juta jiwa yakni sekitar 9,9 juta jiwa.

Berdasarkan ketentuan dan rumusan yang diatur dalam Peraturan KPU No 5 Tahun 2013, bagi provinsi yang jumlah penduduknya minimal sembilan juta dan maksimal 11 juta, jumlah anggota DPRD 85 kursi.

"Jika mengacu aturan yang ada saat ini dan sampai detik ini belum ada perubahan, maka jumlah kursi di DPRD Banten hasil pemilihan umum 2014 nanti masih tetap 85 kursi," kata Ketua KPU Banten Hambali saat membuka Rapat Kordinasi dan Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan Daerah Pemilihan Anggota DPRD Banten.

Ia mengatakan, dalam ketentuan jumlah kursi DPRD Provinsi ditetapkan paling sedikit 35 kursi dan paling banyak 100 kursi, disesuaikan dengan jumlah penduduk yang ada di provinsi tersebut. Dengan demikian, jika jumlah penduduk satu provinsi dibawah satu juta, maka jumlah kursi di DPRD provinsi tersebut alokasinya 35 kursi dan penduduk lebih dari 11 juta, alokasi dewan perwakilan rakyat di DPRD 100 kursi.

"Kami berharap dengan rapat kordinasi dan konsultasi publik ini, KPU mendapatkan masukan dari unsur parpol dan juga masyarakat," kata Hambali.

Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan 10 partai politik di Banten, semua anggota KPU Banten, Bawaslu serta beberapa anggota DPRD Banten.

Sementara Anggota KPU Banten Lukman Hakim mengatakan, taggal 28 Pebruari 2013 merupakan hari terakhir KPU provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan konsultasi publik terkait pembagian daerah pemilihan dan usulan jumlah kursi di DPRD sesuai Peraturan KPU No 5 Tahun 2013. Pada pemilu sebelumnya kegiatan tersebut tidak pernah dilakukan oleh KPU, namun pada tahapan Pemilu 2014 u¿i publik tersebut harus dilakukan oleh KPU provinsi dan kabupaten/kota.

Lukman mengatakan, jumlah kuris di DPRD Banten untuk Pemilu 2014 mendatang tidak mengalami penambahan, sehingga jumlahnya akan tetap sama dengan yang ada saat ini yakni 85 kursi atau anggota DPRD. Meskipun jumlah kursi tetap 85, akan tetapi jumlah daerah pemilihan di Banten akan beertambah dari sebelumnya enam daerah pemilihan menjadi sepuluh daerah pemilihan karena ada beberapa daerah yang menjadi pemekaran wilayah.

"Selain itu ada aturan dalam Undang-undang, satu daerah pemilihan yang lebih dari 12 kursi maka harus dimekarkan," kata Lukman.(ant/rd)

Mantan Juara Dunia Ingatkan Pelari Kenya Untuk Berimprovisasi Kalahkan Farah

Mantan juara dunia lari 5000 meter dan pemegang rekor lari 10000 meter Yobes Ondieki memperingatkan pelari Kenya bahwa mereka harus bekerja lebih keras untuk mengalahkan juara dunia dua kali Mo Farah dalam kejuaraan dunia yang digelar bulan ini di Beijing.

KTNA Banten : Produksi Pangan Turun Akibat Kemarau

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Banten Oong Syahroni mengatakan produksi pangan di daerah ini dipastikan mengalami penurunan akibat kemarau panjang.

Pengamat Dukung KPU Konsisten Dengan PKPU

Pengamat Hukum dan Politik Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang Nicolau Pira Bunga mendukung konsistensi KPU dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 12 yang merupakan turunan UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkeda serentak.

Penjual Bendera Mulai Menjamur Di Palangka Raya

Penjual bendera merah putih mulai menjamur dan terlihat di berbagai sudut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menjelang Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tahun yang jatuh pada 17 Agustus 2015.

KBRI Adakan Forum Pengusaha ICT Selandia Baru-Indonesia

KBRI Wellington mengadakan kegiatan forum bisnis di bidang teknologi informasi dan komunikas (ICT) yang dihadiri sejumlah pimpinan perusahaan penyedia ICT di ibu kota itu yang tertarik melakukan kerja sama dengan mitra di Indonesia.