Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Akui Tidak Maksimal Awasi Penggunaan Anggaran

dewan perwakilan rakyat daerah, yohanis eluay, pengawasan penggunaan anggaran

Posted on 31 May 2013. Hits : 193

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura, Yohanis Eluay mengakui pihaknya tidak maksimal dalam melakukan pengawasan penggunaan anggaran.

'Bagaimana ingin maksimal jika pihak eksekutif belum menyerahkan salinan Daftar Pelaksaan Anggaran (DPA),' ujar Yohanis kepada Antara di Sentani, Jumat.

Ia mengtakan pihaknya sudah dua kali meminta salinan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tersebut kepada pihak eksekutif, baik melalui surat resmi, namun hingga sekarang masih belum ada tanda-tanda akan diserahkan.

Seharusnya salinan DPA tersebut sudah diserahkan ke DPRD setelah ditetapkannya anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Kini sudah memasuki bulan kedua setelah penetapan APBD 2013, naman pihak DPRD belum menerima salinan DPA tersebut.

'Berdasarkan ketentuan, seluruh pimpinan dan anggota DPRD berhak mendapatkan salinan DPA tersebut karena DPA merupakan salah satu bahan untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran,' urainya.

Yohanis menjelaskan dirinya selaku ketua dewan menyayangkan hal ini,karena sudah dua kali menyurati eksekutif untuk meminta DPA dinas-dinas agar disosialisasikan dan pengawasan pembangunan sesuai dengan wewenang DPR. Namun, hingga saat ini belum satupun diserahkan, sementara kegiatan sudah berjalan yang sekarang ini sudah menuju ketahapan fisik.

'Alasan pihak eksekutif belum menyerahkan salinan DPA tersebut tidak jelas, bahkan pihak eksekutif terkesan menyembunyikan DPA tersebut dengan tidak menyerahkan salinannya. Apabila DPA tersebut tidak segera diserahkan maka pengawasan DPRD terhadap penggunaan anggaran APBD 2013 tidak dapat maksimal dan hal itu rawan terjadi penyelewengan anggaran,' katanya.(ant/rd)

Jokowi Lebaran Perpisahan Di Balaikota

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) merayakan Idul Fitri 1435 Hijriah bersama dengan keluarga besar pegawai Pemerintah Provinsi DKI dan DPRD setempat sebelum dilantik sebagai Presiden RI pada 20 Oktober mendatang.

Trans Kalimantan Poros Selatan Masih Ramai Pemudik

Arus mudik di ruas jalan Trans Kalimantan Poros Selatan, khususnya yang melintasi Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, hingga hari raya ini masih terlihat ramai.

Jusuf Kalla Minta Masyarakat Jaga Kedamaian

Calon wakil presiden terpilih sesuai rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jusuf Kalla meminta masyarakat Indonesia untuk menjaga kedamaian dalam merayakan Idul Fitri 1435 H.

Zoelva: Partisipasi Umat Islam Belum Selesai Pascapemilu

Partisipasi umat Islam belum selesai pasca-Pemilihan Umum Presiden 9 Juli 2014, kata Prof Dr Hamdan Zoelva dalam khutbahnya usai Shalat Idul Fitri 1435 H di Lapangan Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Senin.

Kalibukbuk Buleleng Alami Krisis Air Bersih

Masyarakat Banjar Celuk Buluh, Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali mengalami krisis air bersih akibat lokasi desa cukup tinggi dan pipa yang menyalurkan air dari Perusaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) tidak menjangkau daerah tersebut.