Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Akui Tidak Maksimal Awasi Penggunaan Anggaran

dewan perwakilan rakyat daerah, yohanis eluay, pengawasan penggunaan anggaran

Posted on 31 May 2013. Hits : 201

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura, Yohanis Eluay mengakui pihaknya tidak maksimal dalam melakukan pengawasan penggunaan anggaran.

'Bagaimana ingin maksimal jika pihak eksekutif belum menyerahkan salinan Daftar Pelaksaan Anggaran (DPA),' ujar Yohanis kepada Antara di Sentani, Jumat.

Ia mengtakan pihaknya sudah dua kali meminta salinan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tersebut kepada pihak eksekutif, baik melalui surat resmi, namun hingga sekarang masih belum ada tanda-tanda akan diserahkan.

Seharusnya salinan DPA tersebut sudah diserahkan ke DPRD setelah ditetapkannya anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Kini sudah memasuki bulan kedua setelah penetapan APBD 2013, naman pihak DPRD belum menerima salinan DPA tersebut.

'Berdasarkan ketentuan, seluruh pimpinan dan anggota DPRD berhak mendapatkan salinan DPA tersebut karena DPA merupakan salah satu bahan untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran,' urainya.

Yohanis menjelaskan dirinya selaku ketua dewan menyayangkan hal ini,karena sudah dua kali menyurati eksekutif untuk meminta DPA dinas-dinas agar disosialisasikan dan pengawasan pembangunan sesuai dengan wewenang DPR. Namun, hingga saat ini belum satupun diserahkan, sementara kegiatan sudah berjalan yang sekarang ini sudah menuju ketahapan fisik.

'Alasan pihak eksekutif belum menyerahkan salinan DPA tersebut tidak jelas, bahkan pihak eksekutif terkesan menyembunyikan DPA tersebut dengan tidak menyerahkan salinannya. Apabila DPA tersebut tidak segera diserahkan maka pengawasan DPRD terhadap penggunaan anggaran APBD 2013 tidak dapat maksimal dan hal itu rawan terjadi penyelewengan anggaran,' katanya.(ant/rd)

Trotoar Museum Nasional Kurang Tertib

Trotoar di depan Museum Nasional di Jl. Medan Merdeka Barat tampak kurang tertib dengan kehadiran para pedagang asongan dan gerobak di depannya.

Kisah Hidup Hendra Gunawan Terangkum dalam Seni Hologram 3D

Perjalanan hidup mendiang pelukis Indonesia Hendra Gunawan dirangkum dalam sebuah karya seni hologram 3 dimensi.

Tak Hanya di Acara Resmi, Perempuan Indonesia Perlu Pakai Kain dalam Keseharian

Bertempat di Museum Tekstil di Jakarta Sabtu kemarin, para perempuan Indonesia pecinta kain yang hadir diimbau untuk mengenakan busana kain asli Indonesia dalam keseharian mereka.

Rayakan Hari Ibu, Komunitas Cinta Berkain Meriahkan Museum Tekstil

Seorang perempuan mancanegara tampak asyik membatik di salah satu bangunan Museum Tekstil, Jl.

Dekati Akhir Tahun, IHSG DIramal Tembus 6.350

Gedung Bursa Saham Indonesia terlihat dari jalan protokol.