Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Akui Tidak Maksimal Awasi Penggunaan Anggaran

dewan perwakilan rakyat daerah, yohanis eluay, pengawasan penggunaan anggaran

Posted on 31 May 2013. Hits : 201

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura, Yohanis Eluay mengakui pihaknya tidak maksimal dalam melakukan pengawasan penggunaan anggaran.

'Bagaimana ingin maksimal jika pihak eksekutif belum menyerahkan salinan Daftar Pelaksaan Anggaran (DPA),' ujar Yohanis kepada Antara di Sentani, Jumat.

Ia mengtakan pihaknya sudah dua kali meminta salinan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tersebut kepada pihak eksekutif, baik melalui surat resmi, namun hingga sekarang masih belum ada tanda-tanda akan diserahkan.

Seharusnya salinan DPA tersebut sudah diserahkan ke DPRD setelah ditetapkannya anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Kini sudah memasuki bulan kedua setelah penetapan APBD 2013, naman pihak DPRD belum menerima salinan DPA tersebut.

'Berdasarkan ketentuan, seluruh pimpinan dan anggota DPRD berhak mendapatkan salinan DPA tersebut karena DPA merupakan salah satu bahan untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran,' urainya.

Yohanis menjelaskan dirinya selaku ketua dewan menyayangkan hal ini,karena sudah dua kali menyurati eksekutif untuk meminta DPA dinas-dinas agar disosialisasikan dan pengawasan pembangunan sesuai dengan wewenang DPR. Namun, hingga saat ini belum satupun diserahkan, sementara kegiatan sudah berjalan yang sekarang ini sudah menuju ketahapan fisik.

'Alasan pihak eksekutif belum menyerahkan salinan DPA tersebut tidak jelas, bahkan pihak eksekutif terkesan menyembunyikan DPA tersebut dengan tidak menyerahkan salinannya. Apabila DPA tersebut tidak segera diserahkan maka pengawasan DPRD terhadap penggunaan anggaran APBD 2013 tidak dapat maksimal dan hal itu rawan terjadi penyelewengan anggaran,' katanya.(ant/rd)

Marching Band Bantaeng Ikut Lomba Di Bali

Marching Band (MB) Loka Nada Kabupaten Bantaeng mengikuti lomba bertaraf nasional di Kota Denpasar, Bali.

Unismuh Makassar Tuan Rumah Pelatihan Reviewer Nasional

Universitas Muhammadiyah Makassar ditunjuk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Ristek dansebagai tuan rumah Pelatihan Reviewer Nasional Program Penelitian Perguruan Tinggi.

Bengkel Sofa Kulon Progo Sibuk Kerjakan Pesanan

Pekerja di Bengkel Sofa 'Baskoro' di Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sibuk mengerjakan pesanan perbaikan sofa menjelang Lebaran 2015.

Indofood Tingkatkan Produksi Jelang Lebaran

PT Indofood CBP Sukses Makmur meningkatkan produksi jelang Lebaran seiring dengan permintaan masyarakat yang mengalami kenaikan.

Pertamina Jual Gas Ke PGN

PT Pertamina (Persero) melalui perusahaan afiliasinya, PT Pertagas Niaga, menjual gas ke PT PGN (Persero) Tbk untuk mengatasi krisis energi di Sumut.