Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Akui Tidak Maksimal Awasi Penggunaan Anggaran

dewan perwakilan rakyat daerah, yohanis eluay, pengawasan penggunaan anggaran

Posted on 31 May 2013. Hits : 201

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura, Yohanis Eluay mengakui pihaknya tidak maksimal dalam melakukan pengawasan penggunaan anggaran.

'Bagaimana ingin maksimal jika pihak eksekutif belum menyerahkan salinan Daftar Pelaksaan Anggaran (DPA),' ujar Yohanis kepada Antara di Sentani, Jumat.

Ia mengtakan pihaknya sudah dua kali meminta salinan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tersebut kepada pihak eksekutif, baik melalui surat resmi, namun hingga sekarang masih belum ada tanda-tanda akan diserahkan.

Seharusnya salinan DPA tersebut sudah diserahkan ke DPRD setelah ditetapkannya anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Kini sudah memasuki bulan kedua setelah penetapan APBD 2013, naman pihak DPRD belum menerima salinan DPA tersebut.

'Berdasarkan ketentuan, seluruh pimpinan dan anggota DPRD berhak mendapatkan salinan DPA tersebut karena DPA merupakan salah satu bahan untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran,' urainya.

Yohanis menjelaskan dirinya selaku ketua dewan menyayangkan hal ini,karena sudah dua kali menyurati eksekutif untuk meminta DPA dinas-dinas agar disosialisasikan dan pengawasan pembangunan sesuai dengan wewenang DPR. Namun, hingga saat ini belum satupun diserahkan, sementara kegiatan sudah berjalan yang sekarang ini sudah menuju ketahapan fisik.

'Alasan pihak eksekutif belum menyerahkan salinan DPA tersebut tidak jelas, bahkan pihak eksekutif terkesan menyembunyikan DPA tersebut dengan tidak menyerahkan salinannya. Apabila DPA tersebut tidak segera diserahkan maka pengawasan DPRD terhadap penggunaan anggaran APBD 2013 tidak dapat maksimal dan hal itu rawan terjadi penyelewengan anggaran,' katanya.(ant/rd)

Dolar Bervariasi Karena Ekonomi AS Tumbuh Moderat

Kurs dolar AS diperdagangkan bervariasi terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data menunjukkan ekonomi AS kembali ke pertumbuhan moderat pada kuartal keempat 2014.

UEFA : Liverpool Dan Sparta Praha Tidak Langgar Peraturan FFP

Klub Liga Utama Inggris Liverpool dan klub Ceko Sparta Praha dinyatakan tidak melanggar peraturan-peraturan Financial Fair Play (FFP), oleh badan sepak bola Eropa pada Jumat.

Emas Naik Setelah PDB AS Lebih Buruk Dari Perkiraan

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah data menunjukkan produk domestik bruto (PDB) AS tumbuh lebih rendah dari yang diperkirakan.

Pertumbuhan Ekonomi AS Melambat Jadi 2,2 Persen

Ekonomi Amerika Serikat tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada kuartal keempat 2014, tertekan oleh kenaikan lebih kecil dalam persediaan dan peningkatan lebih besar dalam impor, data revisi menunjukkan Jumat.

Taufan : Saya Tidak Mencalonkan Diri Ketua KNPI

Ketua demisioner DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan EN Rotorasiko menyatakan tidak akan maju dalam bursa pencalonan ketua KNPI periode 2015-2018.