Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Akui Tidak Maksimal Awasi Penggunaan Anggaran

dewan perwakilan rakyat daerah, yohanis eluay, pengawasan penggunaan anggaran

Posted on 31 May 2013. Hits : 201

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura, Yohanis Eluay mengakui pihaknya tidak maksimal dalam melakukan pengawasan penggunaan anggaran.

'Bagaimana ingin maksimal jika pihak eksekutif belum menyerahkan salinan Daftar Pelaksaan Anggaran (DPA),' ujar Yohanis kepada Antara di Sentani, Jumat.

Ia mengtakan pihaknya sudah dua kali meminta salinan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tersebut kepada pihak eksekutif, baik melalui surat resmi, namun hingga sekarang masih belum ada tanda-tanda akan diserahkan.

Seharusnya salinan DPA tersebut sudah diserahkan ke DPRD setelah ditetapkannya anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Kini sudah memasuki bulan kedua setelah penetapan APBD 2013, naman pihak DPRD belum menerima salinan DPA tersebut.

'Berdasarkan ketentuan, seluruh pimpinan dan anggota DPRD berhak mendapatkan salinan DPA tersebut karena DPA merupakan salah satu bahan untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran,' urainya.

Yohanis menjelaskan dirinya selaku ketua dewan menyayangkan hal ini,karena sudah dua kali menyurati eksekutif untuk meminta DPA dinas-dinas agar disosialisasikan dan pengawasan pembangunan sesuai dengan wewenang DPR. Namun, hingga saat ini belum satupun diserahkan, sementara kegiatan sudah berjalan yang sekarang ini sudah menuju ketahapan fisik.

'Alasan pihak eksekutif belum menyerahkan salinan DPA tersebut tidak jelas, bahkan pihak eksekutif terkesan menyembunyikan DPA tersebut dengan tidak menyerahkan salinannya. Apabila DPA tersebut tidak segera diserahkan maka pengawasan DPRD terhadap penggunaan anggaran APBD 2013 tidak dapat maksimal dan hal itu rawan terjadi penyelewengan anggaran,' katanya.(ant/rd)

India Larang Peredaran Alkohol

Pihak berwenang di Kerala mengumumkan pelarangan alkohol sebagai usaha mengatasi masalah kekerasan, yang meningkat di negara bagian India selatan itu.

Yaman Tingkatkan Siaga

Presiden Abdrabuh Mansur Hadi mendesak angkatan bersenjata Yaman "meningkatkan kesiagaan mereka" sehari menjelang berakhirnya batas waktu yang diberikan para gerilyawa bagi pemerintah untuk mundur.

ISI Padang Panjang Diapresiasi

Pemerintah dan masyarakat Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), memberikan apresiasi kepada pameran seni yang digelar mahasiswa jurusan Seni Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang di kota itu.

Karawang Akan Bangun Jembatan Layang

Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan membangun jalan layang di sekitar Johar untuk mengatasi kemacetan yang selalu terjadi setiap hari di daerah tersebut.

Tabrakan Bus Tewaskan 30 Orang

Menurut informasi terbaru, sedikitnya 30 orang tewas Jumat pagi dalam tabrakan dua bus di selatan Semenanjung Sinai di Mesir, mungkin ada warga Rusia di antara yang terluka, kata Reuters dan MENA Mesir dalam laporannya.