Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Akui Tidak Maksimal Awasi Penggunaan Anggaran

dewan perwakilan rakyat daerah, yohanis eluay, pengawasan penggunaan anggaran

Posted on 31 May 2013. Hits : 201

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura, Yohanis Eluay mengakui pihaknya tidak maksimal dalam melakukan pengawasan penggunaan anggaran.

'Bagaimana ingin maksimal jika pihak eksekutif belum menyerahkan salinan Daftar Pelaksaan Anggaran (DPA),' ujar Yohanis kepada Antara di Sentani, Jumat.

Ia mengtakan pihaknya sudah dua kali meminta salinan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tersebut kepada pihak eksekutif, baik melalui surat resmi, namun hingga sekarang masih belum ada tanda-tanda akan diserahkan.

Seharusnya salinan DPA tersebut sudah diserahkan ke DPRD setelah ditetapkannya anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Kini sudah memasuki bulan kedua setelah penetapan APBD 2013, naman pihak DPRD belum menerima salinan DPA tersebut.

'Berdasarkan ketentuan, seluruh pimpinan dan anggota DPRD berhak mendapatkan salinan DPA tersebut karena DPA merupakan salah satu bahan untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran,' urainya.

Yohanis menjelaskan dirinya selaku ketua dewan menyayangkan hal ini,karena sudah dua kali menyurati eksekutif untuk meminta DPA dinas-dinas agar disosialisasikan dan pengawasan pembangunan sesuai dengan wewenang DPR. Namun, hingga saat ini belum satupun diserahkan, sementara kegiatan sudah berjalan yang sekarang ini sudah menuju ketahapan fisik.

'Alasan pihak eksekutif belum menyerahkan salinan DPA tersebut tidak jelas, bahkan pihak eksekutif terkesan menyembunyikan DPA tersebut dengan tidak menyerahkan salinannya. Apabila DPA tersebut tidak segera diserahkan maka pengawasan DPRD terhadap penggunaan anggaran APBD 2013 tidak dapat maksimal dan hal itu rawan terjadi penyelewengan anggaran,' katanya.(ant/rd)

Legislator : Pemkot Medan Sikapi Pembongkaran Jalan

Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, diharapkan dapat bersikap terhadap kerusakan sebagian ruas jalan di daerah itu yang diakibatkan pembongkaran berbagai badan jalan dengan dalih untuk keperluan pembangunan infrastruktur.

DPRD Klungkung Kritisi Kinerja Pemerintah Setempat

Ketua Komisi I DPRD Klungkung, Bali Komang Suantara alias Otal berupaya mengkritisi kinerja pemerintah setempat, karena sasaran program kerja dinilainya belum sesuai dengan harapan.

Dinkes Bali Ingatkan Kebersihan Sebelum Konsumsi Buah

Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengingatkan masyarakat terkait kebersihan sebelum mengonsumsi buah dan makanan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri berbahaya.

Pemkab Batang Siap Fasilitasi Pembangunan Tol

Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap memfasilitasi pembangunan tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer yang sempat terhenti akibat masalah pembebasan sisa lahan.

Anggota DPRD Kabupaten Solok Reses Ke Dapil

Anggota DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan kunjungan lapangan (reses) ke Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat pada 28 Januari hingga 2 Februari 2015.