Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPR Segera Sahkan Kabupaten Morowali Utara

morowali utara, tokoh masyarakat, pemerintah provinsi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 1258

DPR RI dalam waktu dekat akan mengagendakan pengesahan Kabupaten Morowali Utara hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, kata anggota Komisi II DPR Murad Nasir saat dihubungi dari Palu, Selasa malam.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Tengah itu mengatakan pembentukan Kabupaten Morowali Utara tidak ada masalah lagi sehingga tinggal menunggu waktu penetapannya.

"Hari Kamis (7/2) ini ada rencana untuk itu," katanya.

Dia mengatakan tertundanya pengesahan Kabupaten Morowali Utara tersebut pada Desember lalu karena adanya surat keberatan dari dua kecamatan untuk bergabung ke Morowali Utara.

"Yang betulnya pemekaran Morowali Utara sudah dalam proses pengesahannya tinggal ada keberatan dari dua kecamatan dari tokoh masyarakat diperkuat surat bupati sehingga kita tangguhkan pengesahannya sampai menunggu tidak ada lagi masalah," katanya.

Murad mengatakan beberapa waktu lalu sudah ada klarifikasi dari tokoh masyarakat Morowali dan dikawal oleh pemerintah provinsi bertemu dengan Ketua Komisi II dan Kementerian Dalam Negeri. Klarifikasi itu kata Murad akan menjadi pertimbangan disetujuinya Kabupaten Morowali Utara tersebut.

"Kemarin sudah ada klarifikasi. Artinya kita tinggal tunggu penjadwalannya lagi," katanya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kantor Gubernur Baharuddin HT yang dihubungi beberapa hari sebelumnya mengatakan untuk pemerintah pusat dan DPR tidak ada lagi masalah.

"Kita berharap satu suara. Bolanya sekarang ada di pemerintah daerah, kalau pemerintah pusat tidak ada masalah baik DPR maupun Kementerian," katanya.

Dia mengatakan dari sisi fisik dan administrasi pembentukan Kabupaten Morowali Utara sudah memenuhi syarat.

Baharuddin mengatakan saat dirinya mendampingi sekitar 100 tokoh dari masyarakat Morowali Utara sesungguhnya penolakan bergabungnya dua kecamatan itu tidak ada.

"Mereka bahkan menganggap itu ada penghianatan karena itu sudah berproses sejak tahun 2004," katanya.(ant/rd)

Kerajinan Keset Limbah Kain Banyak Diminati

Kerajinan keset merek "Gajah" asal Jalan Kerinci Raya No.

Lukisan Cat Air Hitler Dilelang

Lukisan benda berupa bebungaan dengan media cat air karya Adolf Hitler semasa muda akan dijual dalam lelang di Los Angeles pekan ini, kata pihak penyelenggara, Senin.

Kerugian Kebakaran Ruko Miliaran Rupiah

Kerugian akibat kebakaran tujuh rumah toko di Jalan Bengkulu Pasar Tengah Kota Bandarlampung, Senin (30/3) malam, sekitar pukul 19.

Usai Serangan Berdarah, Museum Nasional Bardo Akan Dibuka Kembali

Museum Nasional Bardo milik Tunisia direncanakan akan dibuka kembali untuk publik, setelah peristiwa penyerangan oleh jihadis yang menewaskan 20 orang asing, seiring dengan upaya Tunisia mengembalikan kepercayaan wisatawan terhadap sektor pariwisatanya.

Dukung Pengembangan Pariwisata, Pemerintah Bangun Rest Area

Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, membangun sebuah area peristirahatan sejenak ("rest area") di Desa Parbalokan, sebagai upaya mendukung pengembangan sektor wisata daerah iti.