Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPR Segera Sahkan Kabupaten Morowali Utara

morowali utara, tokoh masyarakat, pemerintah provinsi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 1258

DPR RI dalam waktu dekat akan mengagendakan pengesahan Kabupaten Morowali Utara hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, kata anggota Komisi II DPR Murad Nasir saat dihubungi dari Palu, Selasa malam.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Tengah itu mengatakan pembentukan Kabupaten Morowali Utara tidak ada masalah lagi sehingga tinggal menunggu waktu penetapannya.

"Hari Kamis (7/2) ini ada rencana untuk itu," katanya.

Dia mengatakan tertundanya pengesahan Kabupaten Morowali Utara tersebut pada Desember lalu karena adanya surat keberatan dari dua kecamatan untuk bergabung ke Morowali Utara.

"Yang betulnya pemekaran Morowali Utara sudah dalam proses pengesahannya tinggal ada keberatan dari dua kecamatan dari tokoh masyarakat diperkuat surat bupati sehingga kita tangguhkan pengesahannya sampai menunggu tidak ada lagi masalah," katanya.

Murad mengatakan beberapa waktu lalu sudah ada klarifikasi dari tokoh masyarakat Morowali dan dikawal oleh pemerintah provinsi bertemu dengan Ketua Komisi II dan Kementerian Dalam Negeri. Klarifikasi itu kata Murad akan menjadi pertimbangan disetujuinya Kabupaten Morowali Utara tersebut.

"Kemarin sudah ada klarifikasi. Artinya kita tinggal tunggu penjadwalannya lagi," katanya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kantor Gubernur Baharuddin HT yang dihubungi beberapa hari sebelumnya mengatakan untuk pemerintah pusat dan DPR tidak ada lagi masalah.

"Kita berharap satu suara. Bolanya sekarang ada di pemerintah daerah, kalau pemerintah pusat tidak ada masalah baik DPR maupun Kementerian," katanya.

Dia mengatakan dari sisi fisik dan administrasi pembentukan Kabupaten Morowali Utara sudah memenuhi syarat.

Baharuddin mengatakan saat dirinya mendampingi sekitar 100 tokoh dari masyarakat Morowali Utara sesungguhnya penolakan bergabungnya dua kecamatan itu tidak ada.

"Mereka bahkan menganggap itu ada penghianatan karena itu sudah berproses sejak tahun 2004," katanya.(ant/rd)

Kejari Bengkalis Gelar Kontes Batu Akik

Kejaksaan Negeri Bengkalis, Provinsi Riau, menggelar pameran dan kontes batu akik bertajuk 'Adhyaksa Gamestone' dalam rangka memperingatai hari Adhyaksa ke-55.

DPRD Surabaya Tindak Lanjuti Izin Usaha Kesehatan

Komisi D Bidang Kesra DPRD Kota Surabaya menindaklanjuti persoalan perizinan pelayanan kesehatan yang selama ini banyak disalahgunakan oleh praktisi kesehatan di Kota Pahlawan.

Pemko Lhokseumawe Serahkan Alokasi Dana Gampong 2015

Pemerintah Kota Lhokseumawe menyerahkan dana alokasi gampong/desa (DAG) tahun 2015 kepada seluruh keuchik (kepala desa) untuk pembangunan infrastruktur di daerah tersebut.

BKKBN : Bonus Demografi Bisa Jadi 'Berkah'

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan bahwa bonus demografi bisa menjadi 'berkah' bagi bangsa Indonesia bila kualitas sumber daya manusia (SDM) dipersiapkan sejak dini.

Bupati : Otonomi Dimaknai Sebagai Kesempatan Mempercepat Kesejahteraan

Bupati Sleman Sri Purnomo menyatakan pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada daerah harus dimaknai sebagai kesempatan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peran serta aktif seluruh pemangku kepentingan di daerah.