Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPR Segera Sahkan Kabupaten Morowali Utara

morowali utara, tokoh masyarakat, pemerintah provinsi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 1258

DPR RI dalam waktu dekat akan mengagendakan pengesahan Kabupaten Morowali Utara hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, kata anggota Komisi II DPR Murad Nasir saat dihubungi dari Palu, Selasa malam.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Tengah itu mengatakan pembentukan Kabupaten Morowali Utara tidak ada masalah lagi sehingga tinggal menunggu waktu penetapannya.

"Hari Kamis (7/2) ini ada rencana untuk itu," katanya.

Dia mengatakan tertundanya pengesahan Kabupaten Morowali Utara tersebut pada Desember lalu karena adanya surat keberatan dari dua kecamatan untuk bergabung ke Morowali Utara.

"Yang betulnya pemekaran Morowali Utara sudah dalam proses pengesahannya tinggal ada keberatan dari dua kecamatan dari tokoh masyarakat diperkuat surat bupati sehingga kita tangguhkan pengesahannya sampai menunggu tidak ada lagi masalah," katanya.

Murad mengatakan beberapa waktu lalu sudah ada klarifikasi dari tokoh masyarakat Morowali dan dikawal oleh pemerintah provinsi bertemu dengan Ketua Komisi II dan Kementerian Dalam Negeri. Klarifikasi itu kata Murad akan menjadi pertimbangan disetujuinya Kabupaten Morowali Utara tersebut.

"Kemarin sudah ada klarifikasi. Artinya kita tinggal tunggu penjadwalannya lagi," katanya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kantor Gubernur Baharuddin HT yang dihubungi beberapa hari sebelumnya mengatakan untuk pemerintah pusat dan DPR tidak ada lagi masalah.

"Kita berharap satu suara. Bolanya sekarang ada di pemerintah daerah, kalau pemerintah pusat tidak ada masalah baik DPR maupun Kementerian," katanya.

Dia mengatakan dari sisi fisik dan administrasi pembentukan Kabupaten Morowali Utara sudah memenuhi syarat.

Baharuddin mengatakan saat dirinya mendampingi sekitar 100 tokoh dari masyarakat Morowali Utara sesungguhnya penolakan bergabungnya dua kecamatan itu tidak ada.

"Mereka bahkan menganggap itu ada penghianatan karena itu sudah berproses sejak tahun 2004," katanya.(ant/rd)

PSM Santai Jelang Pembagian Grup Piala Presiden

Tim pelatih PSM Makassar bersikap santai jelang pembagian grup di turnamen Piala Presiden atau sebelumnya bernama Piala Indonesia Satu (PIS) oleh pihak Mahaka Sport and Entertainment.

Bupati : Alor Fokus Optimalkan Potensi Wisata

Bupati Alor Amon Djobo mengatakan, saat ini dirinya fokus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi wisata yang tersedia di daerahnya seperti taman laut, karang dan biota laut lainnya yang memesona pengunjung.

Joged Bumbung Sinabun Buleleng Pukau Penonton Mahalango

Penampilan Joged Bumbung Desa Sinabun, Kabupaten Buleleng, Bali memukau ratusan penonton pagelaran Bali Mandara Mahalango ke-2 di Kalangan Ayodya, Taman Budaya, Denpasar, Sabtu Malam.

Kapal Pemkab 'Yap Wairon' Dikelola Pihak Ketiga

Operasional kapal perintis milik pemerintah kabupaten Biak Numfor, Papua, KM Yap Wairon, akan ditangani pihak ketiga yaitu perusahaan pelayaran Papua Lintas Nusantara.

'Water Cannon' Polda NTB Padamkan Kebakaran Hypermart

Tiga mobil 'water cannon' Polda NTB dan Polres Mataram diperbantukan untuk memadamkan kebakaran gedung pusat perbelanjaan Hypermart Kota Mataram, Minggu pagi.