Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPR Segera Sahkan Kabupaten Morowali Utara

morowali utara, tokoh masyarakat, pemerintah provinsi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 1231

DPR RI dalam waktu dekat akan mengagendakan pengesahan Kabupaten Morowali Utara hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, kata anggota Komisi II DPR Murad Nasir saat dihubungi dari Palu, Selasa malam.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Tengah itu mengatakan pembentukan Kabupaten Morowali Utara tidak ada masalah lagi sehingga tinggal menunggu waktu penetapannya.

"Hari Kamis (7/2) ini ada rencana untuk itu," katanya.

Dia mengatakan tertundanya pengesahan Kabupaten Morowali Utara tersebut pada Desember lalu karena adanya surat keberatan dari dua kecamatan untuk bergabung ke Morowali Utara.

"Yang betulnya pemekaran Morowali Utara sudah dalam proses pengesahannya tinggal ada keberatan dari dua kecamatan dari tokoh masyarakat diperkuat surat bupati sehingga kita tangguhkan pengesahannya sampai menunggu tidak ada lagi masalah," katanya.

Murad mengatakan beberapa waktu lalu sudah ada klarifikasi dari tokoh masyarakat Morowali dan dikawal oleh pemerintah provinsi bertemu dengan Ketua Komisi II dan Kementerian Dalam Negeri. Klarifikasi itu kata Murad akan menjadi pertimbangan disetujuinya Kabupaten Morowali Utara tersebut.

"Kemarin sudah ada klarifikasi. Artinya kita tinggal tunggu penjadwalannya lagi," katanya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kantor Gubernur Baharuddin HT yang dihubungi beberapa hari sebelumnya mengatakan untuk pemerintah pusat dan DPR tidak ada lagi masalah.

"Kita berharap satu suara. Bolanya sekarang ada di pemerintah daerah, kalau pemerintah pusat tidak ada masalah baik DPR maupun Kementerian," katanya.

Dia mengatakan dari sisi fisik dan administrasi pembentukan Kabupaten Morowali Utara sudah memenuhi syarat.

Baharuddin mengatakan saat dirinya mendampingi sekitar 100 tokoh dari masyarakat Morowali Utara sesungguhnya penolakan bergabungnya dua kecamatan itu tidak ada.

"Mereka bahkan menganggap itu ada penghianatan karena itu sudah berproses sejak tahun 2004," katanya.(ant/rd)

Omzet Pengusaha Coklat Naik Drastis

Omzet pengusaha makanan olahan dari cokelat di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, naik drastis menjelang Lebaran Idul Fitri 2014, bahkan sampai 100 persen yang dipicu karena tingginya permintaan.

Pebalap Sulsel Tampil di jepang

Tiga pembalap asal Sulawesi Selatan mewakili Indonesia tampil di ajang Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship di Sirkuit Suzuka, Jepang, Agustus 2014.

Dua Tentara Israel Tewas

Dua lagi tentara Israel tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza, kata pihak militer negara Yahudi itu Selasa, meningkatkan jumlah prajurit negara itu yang tewas dalam konflik heri ke-15 dengan Hamas menjadi 27.

Pelindo Salahkan pemerintah Soal Kemacetan di Priok

Direktur Utama Pelindo II Richard Jose Lino menyatakan kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok terkait dengan pengangkutan barang karena birokrasi pemerintah yang dinilai masih berbelit-belit.

Jalan Proyek Abrasi Ditutup Paksa

Jalan menuju proyek abrasi di Desa Cupel, Kabupaten Jembrana, Bali, ditutup paksa oleh warga yang mengaku sebagai pemasok material.