Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPR Segera Sahkan Kabupaten Morowali Utara

morowali utara, tokoh masyarakat, pemerintah provinsi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 1258

DPR RI dalam waktu dekat akan mengagendakan pengesahan Kabupaten Morowali Utara hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, kata anggota Komisi II DPR Murad Nasir saat dihubungi dari Palu, Selasa malam.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Tengah itu mengatakan pembentukan Kabupaten Morowali Utara tidak ada masalah lagi sehingga tinggal menunggu waktu penetapannya.

"Hari Kamis (7/2) ini ada rencana untuk itu," katanya.

Dia mengatakan tertundanya pengesahan Kabupaten Morowali Utara tersebut pada Desember lalu karena adanya surat keberatan dari dua kecamatan untuk bergabung ke Morowali Utara.

"Yang betulnya pemekaran Morowali Utara sudah dalam proses pengesahannya tinggal ada keberatan dari dua kecamatan dari tokoh masyarakat diperkuat surat bupati sehingga kita tangguhkan pengesahannya sampai menunggu tidak ada lagi masalah," katanya.

Murad mengatakan beberapa waktu lalu sudah ada klarifikasi dari tokoh masyarakat Morowali dan dikawal oleh pemerintah provinsi bertemu dengan Ketua Komisi II dan Kementerian Dalam Negeri. Klarifikasi itu kata Murad akan menjadi pertimbangan disetujuinya Kabupaten Morowali Utara tersebut.

"Kemarin sudah ada klarifikasi. Artinya kita tinggal tunggu penjadwalannya lagi," katanya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kantor Gubernur Baharuddin HT yang dihubungi beberapa hari sebelumnya mengatakan untuk pemerintah pusat dan DPR tidak ada lagi masalah.

"Kita berharap satu suara. Bolanya sekarang ada di pemerintah daerah, kalau pemerintah pusat tidak ada masalah baik DPR maupun Kementerian," katanya.

Dia mengatakan dari sisi fisik dan administrasi pembentukan Kabupaten Morowali Utara sudah memenuhi syarat.

Baharuddin mengatakan saat dirinya mendampingi sekitar 100 tokoh dari masyarakat Morowali Utara sesungguhnya penolakan bergabungnya dua kecamatan itu tidak ada.

"Mereka bahkan menganggap itu ada penghianatan karena itu sudah berproses sejak tahun 2004," katanya.(ant/rd)

Makassar Gelar Parade Budaya Di HUT 407

Pemerintah Kota Makassar akan menggelar parade budaya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-407 Kota Makassar, November 2014, dan semua etnis yang bermukim di kota ini akan dilibatkan.

Penjualan BBM Bersubsidi Rejanglebong Lancar

Penjualan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada sejumlah tempat di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, hingga saat ini masih lancar dan belum ditemukan adanya antrean kendaraan yang akan mendapatkannya.

Bupati Banjar Lepas 330 Calon Haji

Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Khairul Saleh melepas 330 calon haji Kabupaten Banjar yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci dalam tiga kali pemberangkatan.

Sekda Instruksikan Penarikan Paksa Mobil Dinas Dewan

Sekretaris Daerah Kota Bekasi Rayendra Sukarmadji akan menginstruksikan jajarannya untuk menarik paksa 21 unit mobil dinas dari tangan mantan anggota legislatif setempat.

Kajari Toboali Kunjungi Mess Atlet Porprov

Kepala Kejaksaan Negeri Toboali beserta Kapolres Bangka Selatan, Bangka Belitung, melakukan mengunjungi mess karantina atlet porprov di gedung Diklat Perkantoran Pemkab Bangka Selatan, Senin.