Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPR Segera Sahkan Kabupaten Morowali Utara

morowali utara, tokoh masyarakat, pemerintah provinsi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 1258

DPR RI dalam waktu dekat akan mengagendakan pengesahan Kabupaten Morowali Utara hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, kata anggota Komisi II DPR Murad Nasir saat dihubungi dari Palu, Selasa malam.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Tengah itu mengatakan pembentukan Kabupaten Morowali Utara tidak ada masalah lagi sehingga tinggal menunggu waktu penetapannya.

"Hari Kamis (7/2) ini ada rencana untuk itu," katanya.

Dia mengatakan tertundanya pengesahan Kabupaten Morowali Utara tersebut pada Desember lalu karena adanya surat keberatan dari dua kecamatan untuk bergabung ke Morowali Utara.

"Yang betulnya pemekaran Morowali Utara sudah dalam proses pengesahannya tinggal ada keberatan dari dua kecamatan dari tokoh masyarakat diperkuat surat bupati sehingga kita tangguhkan pengesahannya sampai menunggu tidak ada lagi masalah," katanya.

Murad mengatakan beberapa waktu lalu sudah ada klarifikasi dari tokoh masyarakat Morowali dan dikawal oleh pemerintah provinsi bertemu dengan Ketua Komisi II dan Kementerian Dalam Negeri. Klarifikasi itu kata Murad akan menjadi pertimbangan disetujuinya Kabupaten Morowali Utara tersebut.

"Kemarin sudah ada klarifikasi. Artinya kita tinggal tunggu penjadwalannya lagi," katanya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kantor Gubernur Baharuddin HT yang dihubungi beberapa hari sebelumnya mengatakan untuk pemerintah pusat dan DPR tidak ada lagi masalah.

"Kita berharap satu suara. Bolanya sekarang ada di pemerintah daerah, kalau pemerintah pusat tidak ada masalah baik DPR maupun Kementerian," katanya.

Dia mengatakan dari sisi fisik dan administrasi pembentukan Kabupaten Morowali Utara sudah memenuhi syarat.

Baharuddin mengatakan saat dirinya mendampingi sekitar 100 tokoh dari masyarakat Morowali Utara sesungguhnya penolakan bergabungnya dua kecamatan itu tidak ada.

"Mereka bahkan menganggap itu ada penghianatan karena itu sudah berproses sejak tahun 2004," katanya.(ant/rd)

Warga Borobudur Rintis Wisata Bukit Purwosari

Masyarakat kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, merintis pengembangan kepariwisataan Bukit Purwosari yang menawarkan panorama matahari terbit dan keindahan kabut menyelimuti warisan peradaban dunia tersebut.

Timsel KPID Sulbar Kembali Disorot

Tim Seleksi (Timsel) Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Barat, kembali menuai sorotan dari publik lantaran tidak melibatkan satu pun perwakilan perempuan.

Gubernur Aceh : Forbes DPR-DPD Perjuangkan Turunan UUPA

Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta Forum Bersama (Forbes) anggota DPR-DPD asal provinsi itu dapat memperjuangkan beberapa turunan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh.

Pemprov Kepri Bantu Pembangunan Masjid Dan Mushala

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau membantu pembangunan sebuah masjid dan lima mushalla di Kecamatan Batuaji Kota Batam, Provinsi Kepri, untuk mempercepat pengerjaan rumah-rumah ibadah itu.

Zikrul Maut Di Batam Latih Pemandi Jenazah

Organisasi kemasyarakatan Zikrul Maut melatih 400 ibu-ibu anggota Badan Kontak Majelis Taklim di Kota Batam, Kepulauan Riau, mengenai cara memandikan jenazah yang benar sesuai syariat Islam.