Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPR Segera Sahkan Kabupaten Morowali Utara

morowali utara, tokoh masyarakat, pemerintah provinsi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 1258

DPR RI dalam waktu dekat akan mengagendakan pengesahan Kabupaten Morowali Utara hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, kata anggota Komisi II DPR Murad Nasir saat dihubungi dari Palu, Selasa malam.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Tengah itu mengatakan pembentukan Kabupaten Morowali Utara tidak ada masalah lagi sehingga tinggal menunggu waktu penetapannya.

"Hari Kamis (7/2) ini ada rencana untuk itu," katanya.

Dia mengatakan tertundanya pengesahan Kabupaten Morowali Utara tersebut pada Desember lalu karena adanya surat keberatan dari dua kecamatan untuk bergabung ke Morowali Utara.

"Yang betulnya pemekaran Morowali Utara sudah dalam proses pengesahannya tinggal ada keberatan dari dua kecamatan dari tokoh masyarakat diperkuat surat bupati sehingga kita tangguhkan pengesahannya sampai menunggu tidak ada lagi masalah," katanya.

Murad mengatakan beberapa waktu lalu sudah ada klarifikasi dari tokoh masyarakat Morowali dan dikawal oleh pemerintah provinsi bertemu dengan Ketua Komisi II dan Kementerian Dalam Negeri. Klarifikasi itu kata Murad akan menjadi pertimbangan disetujuinya Kabupaten Morowali Utara tersebut.

"Kemarin sudah ada klarifikasi. Artinya kita tinggal tunggu penjadwalannya lagi," katanya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kantor Gubernur Baharuddin HT yang dihubungi beberapa hari sebelumnya mengatakan untuk pemerintah pusat dan DPR tidak ada lagi masalah.

"Kita berharap satu suara. Bolanya sekarang ada di pemerintah daerah, kalau pemerintah pusat tidak ada masalah baik DPR maupun Kementerian," katanya.

Dia mengatakan dari sisi fisik dan administrasi pembentukan Kabupaten Morowali Utara sudah memenuhi syarat.

Baharuddin mengatakan saat dirinya mendampingi sekitar 100 tokoh dari masyarakat Morowali Utara sesungguhnya penolakan bergabungnya dua kecamatan itu tidak ada.

"Mereka bahkan menganggap itu ada penghianatan karena itu sudah berproses sejak tahun 2004," katanya.(ant/rd)

Anggaran Perluasan Apron Hang Nadim Rp110 Miliar

Badan Pengusahaan (BP) Batam menganggarkan Rp110 miliar uuntuk memperluas apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk menambah kapasitas pesawat.

2006 Atlet Ikuti Porkab Kulon Progo 2014

Sebanyak 2006 atlet di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengikuti Pekan Olahraga Kabupaten III Kulon Progo 2014 yang memperebutkan 545 medali emas.

Demokrat Gandeng PAN

Partai Demokrat Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengandeng Partai Amanat Nasional untuk "berkoalisi" di DPRD dalam rangka mendukung program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

DK PBB Diusulkan Bahas Serangan Teror

Rusia mengajukan usulan untuk memulai pembahasan masalah kompleks memerangi terorisme di Timur Tengah dan Afrika Utara di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di sela-sela konferensi internasional mengenai Irak, Senin.

Pengawasan Penjualan Sapi Kurban Diperketat

Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Biak Numfor, Papua, memperketat pengawasan penjualan hewan untuk kurban berupa sapi dan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1435 Hijriyah.