Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distribusi E-KTP Kota Serang 168.252 Lembar

bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pencatatan sipil kota

Posted on 08 Mar 2013. Hits : 200

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota serang Gema Advaita mengatakan pendistribusian kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP)di daerah itu sebanyak 168.252 lembar.

"Kita melaksanakan pendistribusian E-KTP pada awal Februari 2013 dan hingga kemarin (6/3) baru mencapai 168.252 lembar yang telah diberikan pada masyarakat," katanya di Serang, Kamis.

Menurut dia, pendistribusian dilakukan dengan dua cara, yakni sesuai aturan warga datang langsung ke kantor kecamatan mengambil E-KTP tersebut setelah sebelumnya dilakukan aktivasi.

"Sedangkan cara lainnya, kartu dibagikan kepada masyarakat tanpa dilakukan aktivasi terlebih dahulu, dan itu dimungkinkan bagi warga yang memang sangat memerlukan E-KTP tersebut," ujarnya.

Warga yang mengambil E-KTP, kata dia, diwajibkan menyerahkan KTP konvesional dan jika tidak punya atau hilang harus menuat surat pernyataan yang telah disiapkan di kantor kecamatan.

"Bagi masyarakat yang mengambil E-KTP untuk kepentingan mendesak, tetap diminta segera melakukan aktivasi setelah kepentingannya itu selesai, jadi ada semacam perjanjian," kata Gema.

Terkait kesalahan pada E-KTP yang telah dibagikan, menurut dia, memang ada seperti kesalahan penulisan nama dan alamat, dan pihaknya telah meminta kecamatan untuk melakukan pendataan dan pengumpulan kartu yang salah itu.

"E-KTP yang terjadi kesalahan nanti akan kita kirim kembali ke Kementerian Dalam Negeri untuk diperbaiki, dan warga masih dapat menggunakan KTP konvesional atau KTP yang lama," ujarnya.

Gema juga menjelaskan, hingga akhir 2012 jumlah warga yang telah mengikuti perekaman data untuk pembuatan E-KTP di enam kecamatan di Kota serang sebanyak 326.702 orang, dan kartu yang telah selesai dicetak 210.998 lembar.

"Yang sudah selesai dicetak 210.998 lembar, namun yang telah didistribusikan 168.252 lembar, sisanya akan dibagikan pada masyarakat secara bertahap," ujarnya.(ant/rd)

Rusia Mendapat Peringatan NATO

Komandan militer NATO menyatakan keprihatinannya atas persiapan militer Rusia di wilayah Crimea dapat digunakan sebagai tempat peluncuran serangan di seluruh wilayah Laut Hitam.

Indef Catat Enam Perbaikan Ekonomi Satu Dekade

Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan ada enam indikator kinerja ekonomi yang mengalami perbaikan dalam satu dekade terakhir, termasuk di antaranya pertumbuhan ekonomi yang bisa mencapai kisaran enam persen.

Bupati Didesak Menindak Penambang Liar

Komite Nasional Penyelamat Asset Negara (Komnaspam) mendesak Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata untuk menindak tegas penambang liar batu padas di seputaran daerah aliran sungai (DAS) Tukad Pakerisan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati.

Sumbar Gelar Dialog Politik Bersama Masyarakat

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar dialog politik bersama pimpinan partai politik, organisasi masyarakat, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis.

Asuransi Swasta Siap Dukung BPJS Kesehatan

Sebanyak 30 asuransi swasta sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan siap mendukung program tersebut dengan skema COB (Coordination of Benefit) bagi pekerja BUMN dan swasta yang wajib ikut sistem jaminan nasional kesehatan mulai 1 Januari 2015.