Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distribusi E-KTP Kota Serang 168.252 Lembar

bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pencatatan sipil kota

Posted on 08 Mar 2013. Hits : 200

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota serang Gema Advaita mengatakan pendistribusian kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP)di daerah itu sebanyak 168.252 lembar.

"Kita melaksanakan pendistribusian E-KTP pada awal Februari 2013 dan hingga kemarin (6/3) baru mencapai 168.252 lembar yang telah diberikan pada masyarakat," katanya di Serang, Kamis.

Menurut dia, pendistribusian dilakukan dengan dua cara, yakni sesuai aturan warga datang langsung ke kantor kecamatan mengambil E-KTP tersebut setelah sebelumnya dilakukan aktivasi.

"Sedangkan cara lainnya, kartu dibagikan kepada masyarakat tanpa dilakukan aktivasi terlebih dahulu, dan itu dimungkinkan bagi warga yang memang sangat memerlukan E-KTP tersebut," ujarnya.

Warga yang mengambil E-KTP, kata dia, diwajibkan menyerahkan KTP konvesional dan jika tidak punya atau hilang harus menuat surat pernyataan yang telah disiapkan di kantor kecamatan.

"Bagi masyarakat yang mengambil E-KTP untuk kepentingan mendesak, tetap diminta segera melakukan aktivasi setelah kepentingannya itu selesai, jadi ada semacam perjanjian," kata Gema.

Terkait kesalahan pada E-KTP yang telah dibagikan, menurut dia, memang ada seperti kesalahan penulisan nama dan alamat, dan pihaknya telah meminta kecamatan untuk melakukan pendataan dan pengumpulan kartu yang salah itu.

"E-KTP yang terjadi kesalahan nanti akan kita kirim kembali ke Kementerian Dalam Negeri untuk diperbaiki, dan warga masih dapat menggunakan KTP konvesional atau KTP yang lama," ujarnya.

Gema juga menjelaskan, hingga akhir 2012 jumlah warga yang telah mengikuti perekaman data untuk pembuatan E-KTP di enam kecamatan di Kota serang sebanyak 326.702 orang, dan kartu yang telah selesai dicetak 210.998 lembar.

"Yang sudah selesai dicetak 210.998 lembar, namun yang telah didistribusikan 168.252 lembar, sisanya akan dibagikan pada masyarakat secara bertahap," ujarnya.(ant/rd)

Kabasarnas : Semangat Gotong Royong Relawan Luar Biasa

Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengatakan semangat gotong royong para relawan SAR saat mengevakuasi pendaki yang jatuh ke kawah Gunung Merapi luar biasa.

Aceh Perlu Sinergikan Perencanaan Destinasi Wisata Unggulan

Semua pemangku kepentingan agar bersinergi dalam merencanakan destinasi wisata unggulan di Provinsi Aceh, sehingga masing-masing kabupaten dan kota memiliki objek wisata yang bisa diandalkan untuk memajukan ekonomi.

Kontributor BeritaSatu Dijadikan Tersangka

Kontributor BeritaSatu TV di Ternate, Maluku Utara (Malut) Hijrah Ibrahim yang menjadi korban penganiayaan sejumlah oknum anggota Polres Ternate pada 21 Maret 2015, dijadikan tersangka dalam kasus itu oleh Polda Malut.

BPBD Lebak Minta Warga Waspadai Kebakaran Permukiman

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten meminta warga mewaspadai kebakaran permukiman setelah dua pekan terakhir ini mencapai belasan rumah menjadi korban si jago merah.

PSSI : Bukan Dasar Kuat Terhindar Sanksi FIFA

Wakil Ketua Umum PSSI Erwin Dwi Budiawan mengatakan putusan sela PTUN Jakarta Timur yang menunda berlakunya Surat Keputusan (SK) Menpora terkait pembekuan terhadap PSSI bukan menjadi dasar kuat untuk terhindar dari sanksi FIFA.