Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distribusi E-KTP Kota Serang 168.252 Lembar

bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pencatatan sipil kota

Posted on 08 Mar 2013. Hits : 200

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota serang Gema Advaita mengatakan pendistribusian kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP)di daerah itu sebanyak 168.252 lembar.

"Kita melaksanakan pendistribusian E-KTP pada awal Februari 2013 dan hingga kemarin (6/3) baru mencapai 168.252 lembar yang telah diberikan pada masyarakat," katanya di Serang, Kamis.

Menurut dia, pendistribusian dilakukan dengan dua cara, yakni sesuai aturan warga datang langsung ke kantor kecamatan mengambil E-KTP tersebut setelah sebelumnya dilakukan aktivasi.

"Sedangkan cara lainnya, kartu dibagikan kepada masyarakat tanpa dilakukan aktivasi terlebih dahulu, dan itu dimungkinkan bagi warga yang memang sangat memerlukan E-KTP tersebut," ujarnya.

Warga yang mengambil E-KTP, kata dia, diwajibkan menyerahkan KTP konvesional dan jika tidak punya atau hilang harus menuat surat pernyataan yang telah disiapkan di kantor kecamatan.

"Bagi masyarakat yang mengambil E-KTP untuk kepentingan mendesak, tetap diminta segera melakukan aktivasi setelah kepentingannya itu selesai, jadi ada semacam perjanjian," kata Gema.

Terkait kesalahan pada E-KTP yang telah dibagikan, menurut dia, memang ada seperti kesalahan penulisan nama dan alamat, dan pihaknya telah meminta kecamatan untuk melakukan pendataan dan pengumpulan kartu yang salah itu.

"E-KTP yang terjadi kesalahan nanti akan kita kirim kembali ke Kementerian Dalam Negeri untuk diperbaiki, dan warga masih dapat menggunakan KTP konvesional atau KTP yang lama," ujarnya.

Gema juga menjelaskan, hingga akhir 2012 jumlah warga yang telah mengikuti perekaman data untuk pembuatan E-KTP di enam kecamatan di Kota serang sebanyak 326.702 orang, dan kartu yang telah selesai dicetak 210.998 lembar.

"Yang sudah selesai dicetak 210.998 lembar, namun yang telah didistribusikan 168.252 lembar, sisanya akan dibagikan pada masyarakat secara bertahap," ujarnya.(ant/rd)

ISIS Serukan Serang Mesir

Kelompok Daulah Islam (atau juga dikenal dengan nama ISIS) Senin menyeru pemberontak Mesir di Semenajung Sinai untuk terus menyerang pasukan keamanan di negaranya.

IHSG Ditutup Melemah 7,77 Poin

Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia, Senin, ditutup bergerak melemah sebesar 7,77 poin mengikuti bursa saham di kawasan Asia yang cenderung tertekan.

Penerimaan PBB Kudus Rp 11,52 Miliar

Realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hingga 15 September 2014 mencapai Rp11,52 miliar atau 66,96 persen dari rencana penerimaan selama setahun sebesar Rp17,2 miliar.

Gorontalo Gelar Mutasi Pejabat

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melakukan mutasi pejabat eselon III, sebagai bentuk penyegaran pejabat di lingkungan pemerintahan itu.

TNI Paparkan Kronologis Penembakan Anggota

Mabes TNI Angkatan Darat (Mabes AD) memaparkan kronologis penembakan anggota TNI dari Batalyon Infanteri 134/Tuah Sakti, Batam, oleh oknum anggota Brimob Polda Kepulauan Riau yang melakukan penggerebekan gudang diduga lokasi penimbunan BBM, Minggu (21/9) malam.