Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distribusi E-KTP Kota Serang 168.252 Lembar

bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pencatatan sipil kota

Posted on 08 Mar 2013. Hits : 200

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota serang Gema Advaita mengatakan pendistribusian kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP)di daerah itu sebanyak 168.252 lembar.

"Kita melaksanakan pendistribusian E-KTP pada awal Februari 2013 dan hingga kemarin (6/3) baru mencapai 168.252 lembar yang telah diberikan pada masyarakat," katanya di Serang, Kamis.

Menurut dia, pendistribusian dilakukan dengan dua cara, yakni sesuai aturan warga datang langsung ke kantor kecamatan mengambil E-KTP tersebut setelah sebelumnya dilakukan aktivasi.

"Sedangkan cara lainnya, kartu dibagikan kepada masyarakat tanpa dilakukan aktivasi terlebih dahulu, dan itu dimungkinkan bagi warga yang memang sangat memerlukan E-KTP tersebut," ujarnya.

Warga yang mengambil E-KTP, kata dia, diwajibkan menyerahkan KTP konvesional dan jika tidak punya atau hilang harus menuat surat pernyataan yang telah disiapkan di kantor kecamatan.

"Bagi masyarakat yang mengambil E-KTP untuk kepentingan mendesak, tetap diminta segera melakukan aktivasi setelah kepentingannya itu selesai, jadi ada semacam perjanjian," kata Gema.

Terkait kesalahan pada E-KTP yang telah dibagikan, menurut dia, memang ada seperti kesalahan penulisan nama dan alamat, dan pihaknya telah meminta kecamatan untuk melakukan pendataan dan pengumpulan kartu yang salah itu.

"E-KTP yang terjadi kesalahan nanti akan kita kirim kembali ke Kementerian Dalam Negeri untuk diperbaiki, dan warga masih dapat menggunakan KTP konvesional atau KTP yang lama," ujarnya.

Gema juga menjelaskan, hingga akhir 2012 jumlah warga yang telah mengikuti perekaman data untuk pembuatan E-KTP di enam kecamatan di Kota serang sebanyak 326.702 orang, dan kartu yang telah selesai dicetak 210.998 lembar.

"Yang sudah selesai dicetak 210.998 lembar, namun yang telah didistribusikan 168.252 lembar, sisanya akan dibagikan pada masyarakat secara bertahap," ujarnya.(ant/rd)

YPK NTB Soroti Kebijakan Pemadaman Listrik PLN

Yayasan Perlindungan Konsumen Nusa Tenggara Barat menyoroti kebijakan PT Perusahaan Listrik Negara yang melakukan pemadaman listrik secara berdilir sejak dua bulan terakhir.

Ledakan Guncang Donetsk

Sebuah ledakan kuat dekat pabrik amunisi mengguncang kota yang dikuasai pemberontak Donetsk di Ukraina TIMUR Senin, menghancurkan jendela-jendela beberapa kilometer, tetapi tidak ada kata korban.

974 Warga Sasaran Program Buta Aksara

Dinas Pendidikan Tabalong, Kalimantan Selatan melaksanakan program pemberantasan buta aksara bagi 974 warga usia 45 sampai 59 tahun di sejumlah kecamatan.

Pelantikan Presiden Jokowi Dapat Perhatian Media Malaysia

Pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden ke-7 RI pada Senin, mendapatkan perhatian luas media massa Malaysia.

Spanduk 'Terima Kasih SBY' Bertebaran Di Palu

Kain spanduk berisi ucapan terima kasih kepada Susilo Bambang Yudhoyono yang telah memimpin Indonesia selama 10 tahun terakhir terpampang di sejumlah tempat di Kota Palu, Senin.