Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distribusi E-KTP Kota Serang 168.252 Lembar

bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pencatatan sipil kota

Posted on 08 Mar 2013. Hits : 190

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota serang Gema Advaita mengatakan pendistribusian kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP)di daerah itu sebanyak 168.252 lembar.

"Kita melaksanakan pendistribusian E-KTP pada awal Februari 2013 dan hingga kemarin (6/3) baru mencapai 168.252 lembar yang telah diberikan pada masyarakat," katanya di Serang, Kamis.

Menurut dia, pendistribusian dilakukan dengan dua cara, yakni sesuai aturan warga datang langsung ke kantor kecamatan mengambil E-KTP tersebut setelah sebelumnya dilakukan aktivasi.

"Sedangkan cara lainnya, kartu dibagikan kepada masyarakat tanpa dilakukan aktivasi terlebih dahulu, dan itu dimungkinkan bagi warga yang memang sangat memerlukan E-KTP tersebut," ujarnya.

Warga yang mengambil E-KTP, kata dia, diwajibkan menyerahkan KTP konvesional dan jika tidak punya atau hilang harus menuat surat pernyataan yang telah disiapkan di kantor kecamatan.

"Bagi masyarakat yang mengambil E-KTP untuk kepentingan mendesak, tetap diminta segera melakukan aktivasi setelah kepentingannya itu selesai, jadi ada semacam perjanjian," kata Gema.

Terkait kesalahan pada E-KTP yang telah dibagikan, menurut dia, memang ada seperti kesalahan penulisan nama dan alamat, dan pihaknya telah meminta kecamatan untuk melakukan pendataan dan pengumpulan kartu yang salah itu.

"E-KTP yang terjadi kesalahan nanti akan kita kirim kembali ke Kementerian Dalam Negeri untuk diperbaiki, dan warga masih dapat menggunakan KTP konvesional atau KTP yang lama," ujarnya.

Gema juga menjelaskan, hingga akhir 2012 jumlah warga yang telah mengikuti perekaman data untuk pembuatan E-KTP di enam kecamatan di Kota serang sebanyak 326.702 orang, dan kartu yang telah selesai dicetak 210.998 lembar.

"Yang sudah selesai dicetak 210.998 lembar, namun yang telah didistribusikan 168.252 lembar, sisanya akan dibagikan pada masyarakat secara bertahap," ujarnya.(ant/rd)

Empat Narapidana Lapas Kerobokan Dapat Remisi Bebas

Empat orang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Denpasar di Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali, mendapatkan remisi khusus langsung bebas serangkaian Idul Fitri 1435 Hijriah, Senin.

Kesalehan Individu Tidak Bernilai Tanpa Kepedulian Sosial

Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Palu, Sulawesi Tengah, Zainal Abidin mengatakan, kesalehan beribadah secara individu bagi seorang Muslim tidak akan bernilai jika tidak dibarengi dengan sikap kepedulian sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Narapidana Diharapkan Introspeksi Diri Maknai Idul Fitri

Narapidana dan tahanan Muslim yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Denpasar di Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali, diharapkan introspeksi diri memaknai Idul Fitri 1 Syawal 1435 Hijriah.

Presiden Sholat Idul Fitri Di Istiqlal

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta keluargamenunaikan sholat Idul Fitri 1435 H di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin pagi.

Presiden Sampaikan Ucapan Idul Fitri

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui akun twitter @SBYudhoyono menyampaikan ucapan selamat merayakan Idul Fitri kepada seluruh rakyat Indonesia terutama yang beragama Islam.