Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Distribusi E-KTP Kota Serang 168.252 Lembar

bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan, pencatatan sipil kota

Posted on 08 Mar 2013. Hits : 200

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota serang Gema Advaita mengatakan pendistribusian kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP)di daerah itu sebanyak 168.252 lembar.

"Kita melaksanakan pendistribusian E-KTP pada awal Februari 2013 dan hingga kemarin (6/3) baru mencapai 168.252 lembar yang telah diberikan pada masyarakat," katanya di Serang, Kamis.

Menurut dia, pendistribusian dilakukan dengan dua cara, yakni sesuai aturan warga datang langsung ke kantor kecamatan mengambil E-KTP tersebut setelah sebelumnya dilakukan aktivasi.

"Sedangkan cara lainnya, kartu dibagikan kepada masyarakat tanpa dilakukan aktivasi terlebih dahulu, dan itu dimungkinkan bagi warga yang memang sangat memerlukan E-KTP tersebut," ujarnya.

Warga yang mengambil E-KTP, kata dia, diwajibkan menyerahkan KTP konvesional dan jika tidak punya atau hilang harus menuat surat pernyataan yang telah disiapkan di kantor kecamatan.

"Bagi masyarakat yang mengambil E-KTP untuk kepentingan mendesak, tetap diminta segera melakukan aktivasi setelah kepentingannya itu selesai, jadi ada semacam perjanjian," kata Gema.

Terkait kesalahan pada E-KTP yang telah dibagikan, menurut dia, memang ada seperti kesalahan penulisan nama dan alamat, dan pihaknya telah meminta kecamatan untuk melakukan pendataan dan pengumpulan kartu yang salah itu.

"E-KTP yang terjadi kesalahan nanti akan kita kirim kembali ke Kementerian Dalam Negeri untuk diperbaiki, dan warga masih dapat menggunakan KTP konvesional atau KTP yang lama," ujarnya.

Gema juga menjelaskan, hingga akhir 2012 jumlah warga yang telah mengikuti perekaman data untuk pembuatan E-KTP di enam kecamatan di Kota serang sebanyak 326.702 orang, dan kartu yang telah selesai dicetak 210.998 lembar.

"Yang sudah selesai dicetak 210.998 lembar, namun yang telah didistribusikan 168.252 lembar, sisanya akan dibagikan pada masyarakat secara bertahap," ujarnya.(ant/rd)

Asap Tebal Selimuti Daerah Riau

Empat Kabupaten dan Kota di Riau saat ini diselimuti kabut asap tebal dengan jarak pandang berkisar antara 400 meter hingga 800 meter pada Rabu pagi.

KPUD Harus Sosialisasikan Pemilih Cerdas

Komisi Pemilihan Umum Daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota harus gencar melakukan sosialisasi menjadi pemilih cerdas kepada masyarakat karena hal tersebut dapat mencegah terjadinya politik uang pada pelaksanakan Pilkada Serentak 2015.

Unicef: Jumlah Perempuan, Anak-Anak Yang Mengungsi Ke Eropa Meningkat

Sebanyak 3.000 orang singgah di republik bekas Yugoslavia, Macedonia, setiap hari, sepertiga dari mereka perempuan dan anak-anak, kata badan hak asasi anak PBB --UNICEF-- di Markas Besar PBB pada Selasa (1/9).

Sekjen PBB Serukan Disahkannya Agenda Baru Pembangunan

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Selasa (1/9) menyerukan disahkannya agenda baru pembangunan global yang berkelanjutan saat Sidang Majelis Umum menyerahkan rancangan kepada negara anggota.

Petani Gula Aren Keluhkan Penjualan

Petani gula aren di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengeluhkan penjualanan hasil panen tanaman nira dalam kurun waktu satu bulan terakhir.