Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disporabudpar: Festival Teater Modern Untuk Lestarikan Budaya

menggelar festival teater modern, genarasi muda

Posted on 06 May 2013. Hits : 261

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar festival teater modern sebagai salah upaya untuk melestarikan budaya lokal.

"Festifal teater diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang terbagi menjadi beberapa group," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Disporabudpar Kabupaten Kotabaru Muhammad Yamin di Kotabaru, Senin.

Festival teater modern itu hasil kolaborasi budaya lokal yang dikemas dengan "bumbu-bumbu" teater yang menggambarkan zaman modern.

Tujuannya, katanya, agar budaya yang lebih mengedepankan kearifan lokal tidak ditinggalkan dan masih tetap dicintai oleh genarasi muda saat ini yang hidup di zaman modernisasi.

Dia menjelaskan untuk kelompok peserta dari tingkat SD dibagi menjadi empat grup, SMP enam grup, dan SMA sembilan grup. Setiap grup beranggotakan 10-24 pelajar.

Juri festival teater modern tersebut, lima orang. Mereka menilai para peserta teater yang berasal dari Banjarmasin dan tiga orang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu.

"Beberapa macam kisah judul yang diperankan dalam teater modern, mulai kisah Malin Kundang, Bawang Merah, dan Bawang Putih," katanya.

Selain upaya melestarikan budaya lokal, festival teater modern juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013.

"Dimana tingkat pendidikan di Indonesia dinilai masih kurang, banyak masih anak-anak yang tidak sekolah dikarenakan beberapa faktor mulai lingkungan sampai pergaulan," katanya.(ant/rd)

PDIP Buka Pendaftaran Cabup Tahap Dua

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Selatan tetap akan membuka pendaftaran bagi calon bupati yang ingin mengendarai parpol ini dalam pemilihan kepala daerah, apalagi ini adalah pendaftaran tahap kedua.

198 Sekolah Di Jatim Siap UN 'Online'

Sebanyak 198 sekolah di Jawa Timur siap melaksanakan ujian nasional dalam jaringan (online) atau Computer Based Test (CBT) pada 2015.

Bekasi Jadikan Kawasan Industri Tujuan Wisata Edukasi

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan memanfaatkan keberadaan kawasan industri di wilayah setempat sebagai tujuan wisata edukasi bagi kalangan pelajar.

Distributor Buah Babel Siap Musnahkan Apel Berbakteri

Distributor buah-buahan impor di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyatakan bersedia memusnahkan apel mengandung bakteri listeriosis dari Amerika Serikat.

Buku '100 Tokoh Jawa Tengah' Diluncurkan

Buku '100 Tokoh Jawa Tengah' yang berisi tentang profil tokoh-tokoh berpengaruh di provinsi ini diluncurkan di Semarang, Jumat malam.