Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disporabudpar: Festival Teater Modern Untuk Lestarikan Budaya

menggelar festival teater modern, genarasi muda

Posted on 06 May 2013. Hits : 261

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar festival teater modern sebagai salah upaya untuk melestarikan budaya lokal.

"Festifal teater diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang terbagi menjadi beberapa group," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Disporabudpar Kabupaten Kotabaru Muhammad Yamin di Kotabaru, Senin.

Festival teater modern itu hasil kolaborasi budaya lokal yang dikemas dengan "bumbu-bumbu" teater yang menggambarkan zaman modern.

Tujuannya, katanya, agar budaya yang lebih mengedepankan kearifan lokal tidak ditinggalkan dan masih tetap dicintai oleh genarasi muda saat ini yang hidup di zaman modernisasi.

Dia menjelaskan untuk kelompok peserta dari tingkat SD dibagi menjadi empat grup, SMP enam grup, dan SMA sembilan grup. Setiap grup beranggotakan 10-24 pelajar.

Juri festival teater modern tersebut, lima orang. Mereka menilai para peserta teater yang berasal dari Banjarmasin dan tiga orang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu.

"Beberapa macam kisah judul yang diperankan dalam teater modern, mulai kisah Malin Kundang, Bawang Merah, dan Bawang Putih," katanya.

Selain upaya melestarikan budaya lokal, festival teater modern juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013.

"Dimana tingkat pendidikan di Indonesia dinilai masih kurang, banyak masih anak-anak yang tidak sekolah dikarenakan beberapa faktor mulai lingkungan sampai pergaulan," katanya.(ant/rd)

Indonesia Tambah Tiga Emas Renang POM ASEAN

Tim Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali setelah atlet renangnya mempersembahkan tiga medali emas pada Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN di Palembang, Sumsel, Jumat malam.

Sumbar Studi Banding Tentang PON Ke Kaltim

Pemprov Sumatera Barat melakukan studi banding ke Kalimantan Timur terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2024 yang akan digelar di Sumbar karena Kaltim dinilai sukses menggelar PON XVII/2008.

Bandara Hang Nadim Terganggu Akibat Hujan Deras

Cuaca buruk ditandai dengan hujan deras dan angin kencang yang terjadi sepanjang Jumat di Batam, Kepulauan Riau, membuat penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengalami gangguan.

Warga Mukomuko Tangkap Pasangan Mesum

Belasan warga Desa Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menangkap pasangan mesum di sebuah rumah sewaan di desa tersebut.

DPR Minta DKP Tidak Persulit Nelayan Kecil

Anggota Komisi VII DPR RI asal daerah pemilihan Maluku Mercy Christi Barends minta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) di kabupaten dan kota tidak mempersulit nelayan-nelayan kecil dalam mendapatkan rekomendasi pembelian bahan bakar minyak.