Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disporabudpar: Festival Teater Modern Untuk Lestarikan Budaya

menggelar festival teater modern, genarasi muda

Posted on 06 May 2013. Hits : 261

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar festival teater modern sebagai salah upaya untuk melestarikan budaya lokal.

"Festifal teater diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang terbagi menjadi beberapa group," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Disporabudpar Kabupaten Kotabaru Muhammad Yamin di Kotabaru, Senin.

Festival teater modern itu hasil kolaborasi budaya lokal yang dikemas dengan "bumbu-bumbu" teater yang menggambarkan zaman modern.

Tujuannya, katanya, agar budaya yang lebih mengedepankan kearifan lokal tidak ditinggalkan dan masih tetap dicintai oleh genarasi muda saat ini yang hidup di zaman modernisasi.

Dia menjelaskan untuk kelompok peserta dari tingkat SD dibagi menjadi empat grup, SMP enam grup, dan SMA sembilan grup. Setiap grup beranggotakan 10-24 pelajar.

Juri festival teater modern tersebut, lima orang. Mereka menilai para peserta teater yang berasal dari Banjarmasin dan tiga orang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu.

"Beberapa macam kisah judul yang diperankan dalam teater modern, mulai kisah Malin Kundang, Bawang Merah, dan Bawang Putih," katanya.

Selain upaya melestarikan budaya lokal, festival teater modern juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013.

"Dimana tingkat pendidikan di Indonesia dinilai masih kurang, banyak masih anak-anak yang tidak sekolah dikarenakan beberapa faktor mulai lingkungan sampai pergaulan," katanya.(ant/rd)

Blue Bird Peringati Dua Tahun Di Padang

Blue Bird Padang menggelar acara 'customer reward gathering' dalam memperingati dua tahun pengoperasian taksi itu di Sumatera Barat (Sumbar) di Hotel Mercure Hotel, Sabtu (24/6) malam.

Sumbar Akan Ubah Mekanisme Taksi Di BIM

Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), akan melakukan perubahan mekanisme pemilihan transportasi taksi yang terdapat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Pemkab Jamin Stok Pangan Cukup Hingga Ramadhan

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menjamin stock pangan konsumsi masyarakat di daerah itu cukup hingga Hari Raya Idul Fitri tahun 2015.

Hulu Sungai Utara Upayakan Pengendalian Penduduk

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, terus berupaya mengendalikan jumlah penduduk guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan ketahanan pangan daerah.

Sumsel Pecahkan Rekor Dunia Belajar Matematika

Sumatera Selatan mewakili Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia belajar matematika dalam satu ruangan secara bersama-sama diikuti 2.