Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disporabudpar: Festival Teater Modern Untuk Lestarikan Budaya

menggelar festival teater modern, genarasi muda

Posted on 06 May 2013. Hits : 261

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar festival teater modern sebagai salah upaya untuk melestarikan budaya lokal.

"Festifal teater diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang terbagi menjadi beberapa group," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Disporabudpar Kabupaten Kotabaru Muhammad Yamin di Kotabaru, Senin.

Festival teater modern itu hasil kolaborasi budaya lokal yang dikemas dengan "bumbu-bumbu" teater yang menggambarkan zaman modern.

Tujuannya, katanya, agar budaya yang lebih mengedepankan kearifan lokal tidak ditinggalkan dan masih tetap dicintai oleh genarasi muda saat ini yang hidup di zaman modernisasi.

Dia menjelaskan untuk kelompok peserta dari tingkat SD dibagi menjadi empat grup, SMP enam grup, dan SMA sembilan grup. Setiap grup beranggotakan 10-24 pelajar.

Juri festival teater modern tersebut, lima orang. Mereka menilai para peserta teater yang berasal dari Banjarmasin dan tiga orang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu.

"Beberapa macam kisah judul yang diperankan dalam teater modern, mulai kisah Malin Kundang, Bawang Merah, dan Bawang Putih," katanya.

Selain upaya melestarikan budaya lokal, festival teater modern juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013.

"Dimana tingkat pendidikan di Indonesia dinilai masih kurang, banyak masih anak-anak yang tidak sekolah dikarenakan beberapa faktor mulai lingkungan sampai pergaulan," katanya.(ant/rd)

Relawan: Komitmen Jokowi Mulai Terbukti

Kalangan pengusaha muda yang tergabung dalam Entrepreneur and Professional for Jokowi menilai komitmen Presiden Joko Widodo terhadap pemberantasan korupsi sudah terbukti dengan upaya menyerahkan nama kandidat menteri ke KPK dan PPATK.

Unjuk Rasa Anti Ahok Ganggu Lalu Lintas

Arus lalu lintas jalan kawasan kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat, terhambat unjuk rasa Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang menolak rencana pengangkatan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menjadi gubernur pengganti Joko Widodo.

Wali Kota Apresiasi Kegiatan Simulasi Teroris

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengapresiasi kegiatan latihan pemeliharaan kemampuan prajurit Satuan Yonif 900/Raider Rindam IX Udayana dalam penanganan aksi terorisme di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

ITS Berstatus PTN-BH

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah resmi berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) terhitung sejak 17 Oktober 2014 bersama Unpad Bandung, Unhas Makassar, dan Undip Semarang.

Indonesia Konsultasi Dengan Brazil

Pemerintah mempersiapkan sesi konsultasi dengan Brazil terkait proteksi perdagangan daging ayam beku dan olahannya, di mana Negeri Samba tersebut telah melaporkan Indonesia ke World Trade Organization.