Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disporabudpar: Festival Teater Modern Untuk Lestarikan Budaya

menggelar festival teater modern, genarasi muda

Posted on 06 May 2013. Hits : 261

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar festival teater modern sebagai salah upaya untuk melestarikan budaya lokal.

"Festifal teater diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang terbagi menjadi beberapa group," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Disporabudpar Kabupaten Kotabaru Muhammad Yamin di Kotabaru, Senin.

Festival teater modern itu hasil kolaborasi budaya lokal yang dikemas dengan "bumbu-bumbu" teater yang menggambarkan zaman modern.

Tujuannya, katanya, agar budaya yang lebih mengedepankan kearifan lokal tidak ditinggalkan dan masih tetap dicintai oleh genarasi muda saat ini yang hidup di zaman modernisasi.

Dia menjelaskan untuk kelompok peserta dari tingkat SD dibagi menjadi empat grup, SMP enam grup, dan SMA sembilan grup. Setiap grup beranggotakan 10-24 pelajar.

Juri festival teater modern tersebut, lima orang. Mereka menilai para peserta teater yang berasal dari Banjarmasin dan tiga orang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu.

"Beberapa macam kisah judul yang diperankan dalam teater modern, mulai kisah Malin Kundang, Bawang Merah, dan Bawang Putih," katanya.

Selain upaya melestarikan budaya lokal, festival teater modern juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013.

"Dimana tingkat pendidikan di Indonesia dinilai masih kurang, banyak masih anak-anak yang tidak sekolah dikarenakan beberapa faktor mulai lingkungan sampai pergaulan," katanya.(ant/rd)

Unpatti Gelar Sosialisasi Belajar Ke Luar Negeri

Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon bersama Excellence Learning Center (ELC) Education dan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) melakukan sosialisasi beasiswa 'Belajar ke Luar Negeri'.

Monaco Rekrut Penyerang Argentina Carrillo

Penyerang Argentina Guido Carrillo direkrut klub Liga Prancis Monaco pada Jumat, di hari yang sama ketika mereka meminjamkan penyerang Kolombia Radamel Falcao ke juara Liga Utama Inggris Chelsea.

Sampaoli : Chile Siap Menyerang Argentina

Pelatih Chile Jorge Sampaoli tidak akan menepikan gaya menyerang timnya ketika mereka menghadapi Argentina yang bertabur bintang di final Piala Amerika, ucapnya pada Jumat.

Dana Stabilitas Zona Euro : Yunani Resmi 'Default'

Yunani secara resmi dalam 'default' atau gagal bayar, tetapi pernyataan ini tidak akan memiliki konsekuensi langsung, dana stabilitas zona euro mengatakan dalam sebuah pernyataan, Jumat.

Dijsselbloem : Angka Utang IMF Untuk Yunani 'Usang'

Ketua Eurogroup Jeroen Dijsselbloem, Jumat, mengatakan analisis IMF tentang restrukturisasi utang Yunani didasarkan pada angka-angka usang (outdated), sehingga ia mengkritik komentar menteri keuangan Yunani bahwa kesepakatan utang itu 'sebentar lagi'.