Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disporabudpar: Festival Teater Modern Untuk Lestarikan Budaya

menggelar festival teater modern, genarasi muda

Posted on 06 May 2013. Hits : 218

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar festival teater modern sebagai salah upaya untuk melestarikan budaya lokal.

"Festifal teater diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang terbagi menjadi beberapa group," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Disporabudpar Kabupaten Kotabaru Muhammad Yamin di Kotabaru, Senin.

Festival teater modern itu hasil kolaborasi budaya lokal yang dikemas dengan "bumbu-bumbu" teater yang menggambarkan zaman modern.

Tujuannya, katanya, agar budaya yang lebih mengedepankan kearifan lokal tidak ditinggalkan dan masih tetap dicintai oleh genarasi muda saat ini yang hidup di zaman modernisasi.

Dia menjelaskan untuk kelompok peserta dari tingkat SD dibagi menjadi empat grup, SMP enam grup, dan SMA sembilan grup. Setiap grup beranggotakan 10-24 pelajar.

Juri festival teater modern tersebut, lima orang. Mereka menilai para peserta teater yang berasal dari Banjarmasin dan tiga orang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu.

"Beberapa macam kisah judul yang diperankan dalam teater modern, mulai kisah Malin Kundang, Bawang Merah, dan Bawang Putih," katanya.

Selain upaya melestarikan budaya lokal, festival teater modern juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013.

"Dimana tingkat pendidikan di Indonesia dinilai masih kurang, banyak masih anak-anak yang tidak sekolah dikarenakan beberapa faktor mulai lingkungan sampai pergaulan," katanya.(ant/rd)

Jokowi Resmikan Terminal Bus Manggarai Gaya Baru

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terminal Bus Manggarai, Jakarta Selatan yang telah selesai direvitalisasi.

Calon Anggota DPD Riau Tersangka Pelanggaran Pemilu

Seorang calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Riau nomor urut 11 ditetapkan sebagai tersangka pelanggaran pidana Pemilihan Umum 2014, demikian kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo.

Pendistribusian Bansos Tunggu Pemilu Selesai

Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menegaskan agar pendistribusian dana bantuan sosial dilakukan menunggu proses Pemilu 2014 selesai.

PAN Kembali Unggul Dapil Tiga Kulon Progo

Partai Amanat Nasional Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali unggul di daerah pemilihan tiga yang meliputi Girimulyo, Samigaluh dan Kalibawang dengan memperoleh 10.

Dishubkominfo Sulut Programkan Pemindahan Jembatan Timbang Amurang

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sulawesi Utara memprogramkan pemindahan lokasi jembatan timbang di Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan.