Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disporabudpar: Festival Teater Modern Untuk Lestarikan Budaya

menggelar festival teater modern, genarasi muda

Posted on 06 May 2013. Hits : 261

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar festival teater modern sebagai salah upaya untuk melestarikan budaya lokal.

"Festifal teater diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang terbagi menjadi beberapa group," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Disporabudpar Kabupaten Kotabaru Muhammad Yamin di Kotabaru, Senin.

Festival teater modern itu hasil kolaborasi budaya lokal yang dikemas dengan "bumbu-bumbu" teater yang menggambarkan zaman modern.

Tujuannya, katanya, agar budaya yang lebih mengedepankan kearifan lokal tidak ditinggalkan dan masih tetap dicintai oleh genarasi muda saat ini yang hidup di zaman modernisasi.

Dia menjelaskan untuk kelompok peserta dari tingkat SD dibagi menjadi empat grup, SMP enam grup, dan SMA sembilan grup. Setiap grup beranggotakan 10-24 pelajar.

Juri festival teater modern tersebut, lima orang. Mereka menilai para peserta teater yang berasal dari Banjarmasin dan tiga orang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu.

"Beberapa macam kisah judul yang diperankan dalam teater modern, mulai kisah Malin Kundang, Bawang Merah, dan Bawang Putih," katanya.

Selain upaya melestarikan budaya lokal, festival teater modern juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013.

"Dimana tingkat pendidikan di Indonesia dinilai masih kurang, banyak masih anak-anak yang tidak sekolah dikarenakan beberapa faktor mulai lingkungan sampai pergaulan," katanya.(ant/rd)

Agama Suku Baduy Diminta Masuk E-KTP

Pemuka adat Baduy yang tinggal di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, meminta pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mencantumkan kepercayaan Sunda Wiwitan sebagai agama pada kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP.

Kalteng Target Satu Desa Satu PAUD

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan program satu desa satu satu lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) pada 2015 nanti.

Aceh Ekspor Daun Nipah

Pengusaha Aceh akan melakukan ekspor perdana daun nipah sebagai salah satu bahan baku pembuat rokok ke Malaysia melalui Pelabuhan Kuala Langsa, Kota Langsa.

Jokowi Diminta Benahi 'Sea Coast Guard'

Kamar Dagang dan Industri Indonesia meminta pemerintahan Joko Widodo untuk membenahi masalah Badan Penjagaan Laut dan Pantai (Sea and Coast Guard) yang belum disahkan.

Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Masih Rendah

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencatat angka konsumsi ikan warga di daerah itu hingga saat ini masih rendah atau jauh di bawah rata-rata perkapita nasional.