Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disporabudpar: Festival Teater Modern Untuk Lestarikan Budaya

menggelar festival teater modern, genarasi muda

Posted on 06 May 2013. Hits : 255

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar festival teater modern sebagai salah upaya untuk melestarikan budaya lokal.

"Festifal teater diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang terbagi menjadi beberapa group," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Disporabudpar Kabupaten Kotabaru Muhammad Yamin di Kotabaru, Senin.

Festival teater modern itu hasil kolaborasi budaya lokal yang dikemas dengan "bumbu-bumbu" teater yang menggambarkan zaman modern.

Tujuannya, katanya, agar budaya yang lebih mengedepankan kearifan lokal tidak ditinggalkan dan masih tetap dicintai oleh genarasi muda saat ini yang hidup di zaman modernisasi.

Dia menjelaskan untuk kelompok peserta dari tingkat SD dibagi menjadi empat grup, SMP enam grup, dan SMA sembilan grup. Setiap grup beranggotakan 10-24 pelajar.

Juri festival teater modern tersebut, lima orang. Mereka menilai para peserta teater yang berasal dari Banjarmasin dan tiga orang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu.

"Beberapa macam kisah judul yang diperankan dalam teater modern, mulai kisah Malin Kundang, Bawang Merah, dan Bawang Putih," katanya.

Selain upaya melestarikan budaya lokal, festival teater modern juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013.

"Dimana tingkat pendidikan di Indonesia dinilai masih kurang, banyak masih anak-anak yang tidak sekolah dikarenakan beberapa faktor mulai lingkungan sampai pergaulan," katanya.(ant/rd)

Masyarakat Sambas Masak Nasi Menggunakan Air Parit

Akibat kemarau yang melanda sebagian besar Kabupaten Sambas, warga kabupaten itu mulai mengalami krisis air bersih, sehingga ada warga yang memasak nasi dengan menggunakan air parit yang sudah terintrusi air laut.

PGN Layani Rumah Tangga Pekanbaru 2016

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk akan melayani pelanggan golongan rumah tangga melalui program sayang ibu mulai 2016 seiring dengan pembangunan transmisi dan distribusi di Tenayan Raya, Pekanbaru.

Wakalpolda Cek Jalan Alternatif Di Jalur Puncak

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengecek situasi jalur Puncak Kabupaten Bogor, salah satunya jalan alternatif yang mungkin bisa dilewati kendaraan untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi pada Kamis.

Korban Boat Tenggelam Di Labuhanbatu 14 Orang

Korban tewas akibat boat tenggelam di perairan Sungai Kubung Sei Berombang, Desa Sei Penggantungan, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Rabu (30/7) pukul 10.

Arus Penumpang Pelabuhan Batam Naik 400 Persen

Syahbandar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam, mencatat jumlah penumpang yang menggunakan pelabuhan tersebut pada puncak arus mudik dan balik Idul Fitri 1435 Hijriah naik sekitar 400 persen dibanding hari-hari biasa.