Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dispendukcapil Lamongan: KTP Elektronik Terkoneksi dengan Perbankan

smart card reader, transaksi di perbankan

Posted on 14 Mar 2013. Hits : 402

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, memastikan berlakunya kartu tanda penduduk elektronik di wilayah itu akan terkoneksi dengan sistem perbankan.

"Kami pastikan berlakunya e-KTP akan terkoneksi dan bisa untuk transaksi di perbankan, sebab kami sudah minta perbankan melengkapi fasilitasnya dengan "smart card reader" untuk membaca keaslian KTP elektronik," kata Kepala Dispendukcapil Lamongan Mursyid dalam kegiatan sosialisasi KTP elektronik dengan perbankan di Lamongan, Rabu.

Ia menjelaskan, kepastian itu ditegaskannya untuk menanggapi keresahan masyarakat yang mengaku tidak bisa menggunakan KTP elektronik untuk transaksi perbankan.

"Hari ini kami melakukan sosialisasi dengan menghadirkan beberapa pihak perbankan seperti BRI, BNI, BRI Syariah, Bank Mandiri dan Bank Pembangunan Daerah, dan mereka mengaku sanggup menyediakan fasilitas smart card reader," katanya.

Mursyid mengatakan, perbankan tidak mempermasalahkan penggunaan KTP elektronik, malah dianggap lebih mudah karena tanpa melakukan tanda tangan seperti saat KTP konvensional terdahulu.

"Kemendagri juga sudah melakukan MoU pemanfaatan KTP elektronik dengan sejumlah pihak, seperti perbankan yang diwakili Bank Indonesia dan Menteri BUMN, Badan Pertanahan Nasional, Polri, Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Kesehatan," katanya.

Mursyid mengaku, berlakukanya KTP elektronik di Lamongan akan mempermudah, sebab tidak mungkin bisa digandakan dan sangat sulit dipalsukan, karena dilengkapi kode keamanan dan "chip" yang berisi biodata, pas foto, sidik jari dan iris mata.

"Kalau terdahulu, menggunakan KTP konvensional yang sangat mudah dipalsukan atau digandakan," katanya.

Oleh karena itu, Mursyid mengaku mendukung sepenuhnya pihak perbankan dalam memanfaatkan adanya KTP elektronik dan apabila menemui kendala atau kesulitan dalam masalah legalitas, pihaknya siap membantu untuk konsultasi setiap saat.

Sementara itu, realisasi perekaman KTP elektronik secara kolektif di Kabupaten Lamongan sampai dengan 31 Desember 2012 mencapai 888.112 jiwa, ditambah yang melakukan perekaman KTP elektronik secara reguler hingga tanggal 17 Januari 2013 mencapai 374 jiwa, dari total penduduk Lamongan yang mencapai 10.083.661 jiwa.(ant/rd)

BPJS: Banyak Masyarakat Tertolong Program JKN

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris mengatakan hingga saat ini telah banyak masyarakat yang tertolong atas kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Intel Kembangkan Teknologi Komputer Hemat Listrik

Perusahaan internasional prosesor Intel menciptakan teknologi canggih dalam bentuk perangkat komputer berukuran mini dengan sedikit pemakaian daya listrik.

Pedagang Kerudung Siapkan Stok Untuk Lebaran

Pedagang yang berjualan di Pasar Bandar, Kota Kediri, Jawa Timur sudah menyiapkan stok berbagai jenis kerudung dan motif untuk persiapan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2015.

Lima Kawasan PKSN Perlu Investasi Infrastruktur

Sebanyak lima kawasan pusat kegiatan strategis nasional (PKSN) yang menjadi pintu gerbang perbatasan negara, memerlukan investasi yang cukup besar khususnya untuk pembangunan infrastruktur dasar.

Kadin: Suku Bunga Pinjaman Perbankan Terlalu Tinggi

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai suku bunga pinjaman perbankan yang diberikan kepada sektor industri masih terlalu tinggi.