Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dispendukcapil Lamongan: KTP Elektronik Terkoneksi dengan Perbankan

smart card reader, transaksi di perbankan

Posted on 14 Mar 2013. Hits : 402

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, memastikan berlakunya kartu tanda penduduk elektronik di wilayah itu akan terkoneksi dengan sistem perbankan.

"Kami pastikan berlakunya e-KTP akan terkoneksi dan bisa untuk transaksi di perbankan, sebab kami sudah minta perbankan melengkapi fasilitasnya dengan "smart card reader" untuk membaca keaslian KTP elektronik," kata Kepala Dispendukcapil Lamongan Mursyid dalam kegiatan sosialisasi KTP elektronik dengan perbankan di Lamongan, Rabu.

Ia menjelaskan, kepastian itu ditegaskannya untuk menanggapi keresahan masyarakat yang mengaku tidak bisa menggunakan KTP elektronik untuk transaksi perbankan.

"Hari ini kami melakukan sosialisasi dengan menghadirkan beberapa pihak perbankan seperti BRI, BNI, BRI Syariah, Bank Mandiri dan Bank Pembangunan Daerah, dan mereka mengaku sanggup menyediakan fasilitas smart card reader," katanya.

Mursyid mengatakan, perbankan tidak mempermasalahkan penggunaan KTP elektronik, malah dianggap lebih mudah karena tanpa melakukan tanda tangan seperti saat KTP konvensional terdahulu.

"Kemendagri juga sudah melakukan MoU pemanfaatan KTP elektronik dengan sejumlah pihak, seperti perbankan yang diwakili Bank Indonesia dan Menteri BUMN, Badan Pertanahan Nasional, Polri, Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Kesehatan," katanya.

Mursyid mengaku, berlakukanya KTP elektronik di Lamongan akan mempermudah, sebab tidak mungkin bisa digandakan dan sangat sulit dipalsukan, karena dilengkapi kode keamanan dan "chip" yang berisi biodata, pas foto, sidik jari dan iris mata.

"Kalau terdahulu, menggunakan KTP konvensional yang sangat mudah dipalsukan atau digandakan," katanya.

Oleh karena itu, Mursyid mengaku mendukung sepenuhnya pihak perbankan dalam memanfaatkan adanya KTP elektronik dan apabila menemui kendala atau kesulitan dalam masalah legalitas, pihaknya siap membantu untuk konsultasi setiap saat.

Sementara itu, realisasi perekaman KTP elektronik secara kolektif di Kabupaten Lamongan sampai dengan 31 Desember 2012 mencapai 888.112 jiwa, ditambah yang melakukan perekaman KTP elektronik secara reguler hingga tanggal 17 Januari 2013 mencapai 374 jiwa, dari total penduduk Lamongan yang mencapai 10.083.661 jiwa.(ant/rd)

Arema Kandaskan Persela 4-0

Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, mengandaskan tamunya Persela Lamongan dengan skor telak 4-0 dalam lanjutan babak delapan besar Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Sabtu malam.

Enggartiasto Bantah Terlibat Dalam Kasus BLBI

Politisi Partai NasDem, Enggartiasto Lukita membantah tersangkut skandal Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang melibatkan Djoko S Tjandra pada 1999.

Cody Simpson Akui Dedikasi Fans Indonesia

Penyanyi pop asal Australia Cody Simpson mengakui fansnya di Indonesia sangat berdedikasi dan 'crazy'.

Ambar Tjahyono Mengaku Belum Terima Surat Pemecatan

Anggota DPR RI dari Partai Demokrat Ambar Tjahjono mengaku belum menerima surat resmi pemecatan dirinya dari keanggotaan Partai Demokrat termasuk juga kursi dewan yang diraihnya pada Pemilihan Umum Legislatif 2014.

Anggota DPRD Kalsel Arie Sophian Meninggal Dunia

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan H Arie Sophian dari Partai Golkar meninggal dunia karena sakit, dan dimakamkan di Banjarbaru, Sabtu.