Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dispendukcapil Lamongan: KTP Elektronik Terkoneksi dengan Perbankan

smart card reader, transaksi di perbankan

Posted on 14 Mar 2013. Hits : 402

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, memastikan berlakunya kartu tanda penduduk elektronik di wilayah itu akan terkoneksi dengan sistem perbankan.

"Kami pastikan berlakunya e-KTP akan terkoneksi dan bisa untuk transaksi di perbankan, sebab kami sudah minta perbankan melengkapi fasilitasnya dengan "smart card reader" untuk membaca keaslian KTP elektronik," kata Kepala Dispendukcapil Lamongan Mursyid dalam kegiatan sosialisasi KTP elektronik dengan perbankan di Lamongan, Rabu.

Ia menjelaskan, kepastian itu ditegaskannya untuk menanggapi keresahan masyarakat yang mengaku tidak bisa menggunakan KTP elektronik untuk transaksi perbankan.

"Hari ini kami melakukan sosialisasi dengan menghadirkan beberapa pihak perbankan seperti BRI, BNI, BRI Syariah, Bank Mandiri dan Bank Pembangunan Daerah, dan mereka mengaku sanggup menyediakan fasilitas smart card reader," katanya.

Mursyid mengatakan, perbankan tidak mempermasalahkan penggunaan KTP elektronik, malah dianggap lebih mudah karena tanpa melakukan tanda tangan seperti saat KTP konvensional terdahulu.

"Kemendagri juga sudah melakukan MoU pemanfaatan KTP elektronik dengan sejumlah pihak, seperti perbankan yang diwakili Bank Indonesia dan Menteri BUMN, Badan Pertanahan Nasional, Polri, Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Kesehatan," katanya.

Mursyid mengaku, berlakukanya KTP elektronik di Lamongan akan mempermudah, sebab tidak mungkin bisa digandakan dan sangat sulit dipalsukan, karena dilengkapi kode keamanan dan "chip" yang berisi biodata, pas foto, sidik jari dan iris mata.

"Kalau terdahulu, menggunakan KTP konvensional yang sangat mudah dipalsukan atau digandakan," katanya.

Oleh karena itu, Mursyid mengaku mendukung sepenuhnya pihak perbankan dalam memanfaatkan adanya KTP elektronik dan apabila menemui kendala atau kesulitan dalam masalah legalitas, pihaknya siap membantu untuk konsultasi setiap saat.

Sementara itu, realisasi perekaman KTP elektronik secara kolektif di Kabupaten Lamongan sampai dengan 31 Desember 2012 mencapai 888.112 jiwa, ditambah yang melakukan perekaman KTP elektronik secara reguler hingga tanggal 17 Januari 2013 mencapai 374 jiwa, dari total penduduk Lamongan yang mencapai 10.083.661 jiwa.(ant/rd)

Pemkab Simalungun Rombak Satuan Kerja 2015

Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, melakukan perombakan terhadap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di jajaran pemerintahan pada tahun 2015.

Puluhan Pecalang Amankan Ritual 'Aci' Di Gianyar

Puluhan petugas keamanan desa adat atau 'pecalang' bersama polisi mengamankan pelaksanaan ritual Aci Keburan di Desa Kelusa, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu.

Raptors Hajar Clippiers Lewat Keunggulan Kuarter Empat

Kyle Lowry membuat angka 25poin dan Greivis Vasquez menambah angka kunci pada kuarter keempat ketika Toronto Raptors mengalahkan Los Angeles Clippers 110-98 pada lanjutan pertandingan kompetisi NBA, Sabtu.

Pascabanjir BPBD Mataram Tetap Tingkatkan Kewaspadaan

Setelah terjadinya banjir yang merendam 20 rumah di Lingkungan Karang Buaye, Kelurahan Pagutan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, BPBD setempat tetap meningkatkan pengawasan terhadap titik-titik rawan bencana sebagai antisipasi hujan dengan curah lebih tinggi.

Kalsel Diguyur Hujan Lebat Sejak Sabtu Malam

Seluruh wilayah Kalimantan Selatan diguyur hujan lebat sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi dan dikhawatirkan berdampak terhadap munculnya banjir pada sejumlah daerah rawan banjir.