Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dispendukcapil Lamongan: KTP Elektronik Terkoneksi dengan Perbankan

smart card reader, transaksi di perbankan

Posted on 14 Mar 2013. Hits : 402

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, memastikan berlakunya kartu tanda penduduk elektronik di wilayah itu akan terkoneksi dengan sistem perbankan.

"Kami pastikan berlakunya e-KTP akan terkoneksi dan bisa untuk transaksi di perbankan, sebab kami sudah minta perbankan melengkapi fasilitasnya dengan "smart card reader" untuk membaca keaslian KTP elektronik," kata Kepala Dispendukcapil Lamongan Mursyid dalam kegiatan sosialisasi KTP elektronik dengan perbankan di Lamongan, Rabu.

Ia menjelaskan, kepastian itu ditegaskannya untuk menanggapi keresahan masyarakat yang mengaku tidak bisa menggunakan KTP elektronik untuk transaksi perbankan.

"Hari ini kami melakukan sosialisasi dengan menghadirkan beberapa pihak perbankan seperti BRI, BNI, BRI Syariah, Bank Mandiri dan Bank Pembangunan Daerah, dan mereka mengaku sanggup menyediakan fasilitas smart card reader," katanya.

Mursyid mengatakan, perbankan tidak mempermasalahkan penggunaan KTP elektronik, malah dianggap lebih mudah karena tanpa melakukan tanda tangan seperti saat KTP konvensional terdahulu.

"Kemendagri juga sudah melakukan MoU pemanfaatan KTP elektronik dengan sejumlah pihak, seperti perbankan yang diwakili Bank Indonesia dan Menteri BUMN, Badan Pertanahan Nasional, Polri, Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Kesehatan," katanya.

Mursyid mengaku, berlakukanya KTP elektronik di Lamongan akan mempermudah, sebab tidak mungkin bisa digandakan dan sangat sulit dipalsukan, karena dilengkapi kode keamanan dan "chip" yang berisi biodata, pas foto, sidik jari dan iris mata.

"Kalau terdahulu, menggunakan KTP konvensional yang sangat mudah dipalsukan atau digandakan," katanya.

Oleh karena itu, Mursyid mengaku mendukung sepenuhnya pihak perbankan dalam memanfaatkan adanya KTP elektronik dan apabila menemui kendala atau kesulitan dalam masalah legalitas, pihaknya siap membantu untuk konsultasi setiap saat.

Sementara itu, realisasi perekaman KTP elektronik secara kolektif di Kabupaten Lamongan sampai dengan 31 Desember 2012 mencapai 888.112 jiwa, ditambah yang melakukan perekaman KTP elektronik secara reguler hingga tanggal 17 Januari 2013 mencapai 374 jiwa, dari total penduduk Lamongan yang mencapai 10.083.661 jiwa.(ant/rd)

BATAN Bantah Uranium Sebabkan Kanker Paru

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) membantah Keberadaan uranium di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, dapat menimbulkan penyakit kanker paru.

Kemarau Tak pengaruhi Aktivitas Pelindo

Musim kemarau yang cukup panjang dalam enam bulan terakhir tidak mempengaruhi aktivitas PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang melayani bongkar muat kapal konvensional dan peti kemas di Pelabuhan Boom Baru.

Cianjur Harapkan Program PPIP Dilanjutkan

Dinas Tata Tuang dan Pemukiman (Distarkim) Cianjur, Jabar, berharap Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) terus dilanjutkan karena bermanfaat bagi masyarakat.

Tangerang Bangun Seribu Ruang Kelas Baru

Pemerintah Kota Tangerang, Banten, akan membangun sebanyak 1.

Wali Kota Madiun Sidak Sejumlah Proyek Besar

Wali Kota Madiun Bambang Irianto melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke sejumlah proyek berskala besar di wilayahnya yang menggunakan dana APBD setempat hingga miliaran Rupiah.