Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dispendukcapil Lamongan: KTP Elektronik Terkoneksi dengan Perbankan

smart card reader, transaksi di perbankan

Posted on 14 Mar 2013. Hits : 386

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, memastikan berlakunya kartu tanda penduduk elektronik di wilayah itu akan terkoneksi dengan sistem perbankan.

"Kami pastikan berlakunya e-KTP akan terkoneksi dan bisa untuk transaksi di perbankan, sebab kami sudah minta perbankan melengkapi fasilitasnya dengan "smart card reader" untuk membaca keaslian KTP elektronik," kata Kepala Dispendukcapil Lamongan Mursyid dalam kegiatan sosialisasi KTP elektronik dengan perbankan di Lamongan, Rabu.

Ia menjelaskan, kepastian itu ditegaskannya untuk menanggapi keresahan masyarakat yang mengaku tidak bisa menggunakan KTP elektronik untuk transaksi perbankan.

"Hari ini kami melakukan sosialisasi dengan menghadirkan beberapa pihak perbankan seperti BRI, BNI, BRI Syariah, Bank Mandiri dan Bank Pembangunan Daerah, dan mereka mengaku sanggup menyediakan fasilitas smart card reader," katanya.

Mursyid mengatakan, perbankan tidak mempermasalahkan penggunaan KTP elektronik, malah dianggap lebih mudah karena tanpa melakukan tanda tangan seperti saat KTP konvensional terdahulu.

"Kemendagri juga sudah melakukan MoU pemanfaatan KTP elektronik dengan sejumlah pihak, seperti perbankan yang diwakili Bank Indonesia dan Menteri BUMN, Badan Pertanahan Nasional, Polri, Kementerian Agama, Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Kesehatan," katanya.

Mursyid mengaku, berlakukanya KTP elektronik di Lamongan akan mempermudah, sebab tidak mungkin bisa digandakan dan sangat sulit dipalsukan, karena dilengkapi kode keamanan dan "chip" yang berisi biodata, pas foto, sidik jari dan iris mata.

"Kalau terdahulu, menggunakan KTP konvensional yang sangat mudah dipalsukan atau digandakan," katanya.

Oleh karena itu, Mursyid mengaku mendukung sepenuhnya pihak perbankan dalam memanfaatkan adanya KTP elektronik dan apabila menemui kendala atau kesulitan dalam masalah legalitas, pihaknya siap membantu untuk konsultasi setiap saat.

Sementara itu, realisasi perekaman KTP elektronik secara kolektif di Kabupaten Lamongan sampai dengan 31 Desember 2012 mencapai 888.112 jiwa, ditambah yang melakukan perekaman KTP elektronik secara reguler hingga tanggal 17 Januari 2013 mencapai 374 jiwa, dari total penduduk Lamongan yang mencapai 10.083.661 jiwa.(ant/rd)

DPRD Banten Minta Pelayanan Arus Mudik Ditingkatkan

Komisi IV DPRD Banten meminta pihak-pihak terkait yang menyiapkan pelayanan arus mudik di Banten diharapkan bisa meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

Pemudik Diimbau Istirahat Tiap 4 Jam

Pemudik yang menempuh perjalanan jauh diimbau beristirahat setiap empat jam sekali guna menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat kelelahan, kata Kasat Lantas Polres Kudus AKP Billy Andha Hildiario Budiman.

Timses Jokowi-JK Jamin Kondisi Aman Pasca-Putusan KPU

Tim sukses Joko Widodo-Jusuf Kalla Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjamin kondisi keamanan di wilayah ini aman, dan tidak perlu khawatir adanya kerusuhan pascapengumuman hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum atas kemenangan Jokowi-JK pada Pemilu 2014.

KNPI Maluku Sesalkan Sikap Prabowo

Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Maluku Victor Peilouw menyesalkan sikap Prabowo Subianto yang menarik diri dari proses pemilihan umum presiden karena hal itu menunjukkan yang bersangkutan tidak siap kalah.

Jokowi Ngantor Lagi di Balai Kota, Ahok: Selamat Pak Presiden!

Terpilihnya Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemenang Pilpres 2014 mendapat ucapan selamat dari rekan kerja sekaligus Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama saat Jokowi kembali 'ngantor' di Balai Kota sebagai Gubernur DKI Jakarta, Rabu (23/7).