Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dishub : Elf Tabrakan Tidak Dilengkapi KIR

angkutan umum elf, dinas perhubungan, tabrakan tunggal

Posted on 27 Mar 2013. Hits : 388

Dinas Perhubungan menyatakan angkutan umum elf yang mengalami tabrakan tunggal hingga menewaskan empat penumpang di jalur Warung Peuteuy, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (25/3), tidak dilengkapi persyaratan uji KIR atau layak beroperasi.

"Kepemilikan STNK kendaraan itu pak Toni alamat Taraju, terakhir uji KIR tahun 2008, berarti sudah lima tahun tidak uji KIR," kata Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tasikmalaya, Sunaryo kepada wartawan, Selasa.

Ia menyebutkan sesuai aturan yang berlaku, kendaraan umum atau kendaraan bermotor wajib diperiksa kelayakannya setiap enam bulan sekali oleh petugas Dishub.

Sementara mobil elf nomor polisi Z7581NB jurusan Kota Tasikmalaya-Taraju-Singajaya, kata Sunaryo mendapatkan izin operasi dan trayeknya bukan dari Dishub Kabupaten Tasikmalaya, melainkan Provinsi.

"Kendaraan yang bersangkutan merupakan angkutan antar daerah provinsi, jadi trayeknya tidak dikeluarkan kabupaten tapi provinsi," katanya.

Namun petugas Dishub daerah, kata Sunaryo, hanya menjalankan tugas menertibkan kendaraan angkutan orang atau barang yang tidak dilengkapi surat-surat resmi atau menyalahi aturan berlalu lintas.

Jika menemukan ada kendaraan tidak dilengkapi surat telah uji KIR, lanjut Sunaryo, maka akan mendapatkan sanksi tilang dan dilarang beroperasi.

"Kalau terbukti tidak membawa surat-surat izin trayek atau sudah habis, itu ditilang saat kita melakukan pengawasan," katanya.

Sementara itu, mini bus bermuatan penumpang 18 orang mengalami kecelakaan tunggal dan masuk jurang saat melintasi tikungan di Kampung Cimawate, Desa Sukakarsa, Kecamatan Salawu, Senin sekitar pukul 17.30 WIB.(ant/rd)

Politisi PAN Kembali Terpilih Ketua Apindo Sulbar

Politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) Drs.H.

Sejumlah 'Pewarang' Tulungagung Buka Layanan Memandikan Pusaka

Sejumlah 'pewarang', sesepuh desa atau tokoh adat yang memiliki keahlian merawat benda pusaka di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, membuka layanan memandikan keris dan benda pusaka lainnya yang diyakini memiliki tuah bertepatan bulan Suro/Muharam.

Gema Selawat Badar Di Pantai Takisung Kalsel

Gema Selawat Badar mewarnai awal tahun baru Islam 1 Maharam 1436 Hijriah di Pantai Takisung Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu.

Mamuju Tingkatkan Daya Saing Pelaku Usaha

Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, terus meningkatkan daya saing pelaku usaha dalam rangka meningkatkan ekonomi Mamuju dari sektor industri.

Produksi Minyak Jambi Masih Kecil

Produksi minyak yang dihasilkan dari beberapa sumur minyak di Provinsi Jambi masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan produksi minyak daerah lain di Indonesia.