Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dishub : Elf Tabrakan Tidak Dilengkapi KIR

angkutan umum elf, dinas perhubungan, tabrakan tunggal

Posted on 27 Mar 2013. Hits : 328

Dinas Perhubungan menyatakan angkutan umum elf yang mengalami tabrakan tunggal hingga menewaskan empat penumpang di jalur Warung Peuteuy, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (25/3), tidak dilengkapi persyaratan uji KIR atau layak beroperasi.

"Kepemilikan STNK kendaraan itu pak Toni alamat Taraju, terakhir uji KIR tahun 2008, berarti sudah lima tahun tidak uji KIR," kata Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tasikmalaya, Sunaryo kepada wartawan, Selasa.

Ia menyebutkan sesuai aturan yang berlaku, kendaraan umum atau kendaraan bermotor wajib diperiksa kelayakannya setiap enam bulan sekali oleh petugas Dishub.

Sementara mobil elf nomor polisi Z7581NB jurusan Kota Tasikmalaya-Taraju-Singajaya, kata Sunaryo mendapatkan izin operasi dan trayeknya bukan dari Dishub Kabupaten Tasikmalaya, melainkan Provinsi.

"Kendaraan yang bersangkutan merupakan angkutan antar daerah provinsi, jadi trayeknya tidak dikeluarkan kabupaten tapi provinsi," katanya.

Namun petugas Dishub daerah, kata Sunaryo, hanya menjalankan tugas menertibkan kendaraan angkutan orang atau barang yang tidak dilengkapi surat-surat resmi atau menyalahi aturan berlalu lintas.

Jika menemukan ada kendaraan tidak dilengkapi surat telah uji KIR, lanjut Sunaryo, maka akan mendapatkan sanksi tilang dan dilarang beroperasi.

"Kalau terbukti tidak membawa surat-surat izin trayek atau sudah habis, itu ditilang saat kita melakukan pengawasan," katanya.

Sementara itu, mini bus bermuatan penumpang 18 orang mengalami kecelakaan tunggal dan masuk jurang saat melintasi tikungan di Kampung Cimawate, Desa Sukakarsa, Kecamatan Salawu, Senin sekitar pukul 17.30 WIB.(ant/rd)

Kalsel Berharap Ada Islah Kisruh Di PPP

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Rudy Ariffin berharap ada islah terhadap terjadinya kisruh di tubuh partai berlambang kabah tersebut baik yang ingin mengusulkan pergantian Ketua Umum PPP Surya Dharma Ali maupun pihak yang mempertahankan.

PLN Suluttenggo Targetkan Kondisi Listrik Normal

General Manager PT PLN Suluttenggo Santoso Januwarsono menargetkan, 20 Mei 2014 nanti listrik di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo akan kembali normal.

Tidak Ada Pungutan Dalam Penerimaan Polisi

Kapolda Jambi Brigjen Pol Satriya Hari Prasetya menegaskan tidak ada pungutan alias gratis dalam proses penerimaan calon Brigadir Polri.

Israel Serang Gaza

Sebuah pesawat tempur Israel menyerang Jalur Gaza bagian utara, Rabu, mencederai enam orang, satu diantaranya dalam keadaan sangat serius, kata Hamas yang menguasai wilayah itu.

FTI UII Luncurkan Mobil Listrik 'Force Unisi'

Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta meluncurkan mobil listrik 'Force Unisi' yang dilengkapi komponen instrumen digital untuk pengoperasiannya.