Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dishub : Elf Tabrakan Tidak Dilengkapi KIR

angkutan umum elf, dinas perhubungan, tabrakan tunggal

Posted on 27 Mar 2013. Hits : 388

Dinas Perhubungan menyatakan angkutan umum elf yang mengalami tabrakan tunggal hingga menewaskan empat penumpang di jalur Warung Peuteuy, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (25/3), tidak dilengkapi persyaratan uji KIR atau layak beroperasi.

"Kepemilikan STNK kendaraan itu pak Toni alamat Taraju, terakhir uji KIR tahun 2008, berarti sudah lima tahun tidak uji KIR," kata Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tasikmalaya, Sunaryo kepada wartawan, Selasa.

Ia menyebutkan sesuai aturan yang berlaku, kendaraan umum atau kendaraan bermotor wajib diperiksa kelayakannya setiap enam bulan sekali oleh petugas Dishub.

Sementara mobil elf nomor polisi Z7581NB jurusan Kota Tasikmalaya-Taraju-Singajaya, kata Sunaryo mendapatkan izin operasi dan trayeknya bukan dari Dishub Kabupaten Tasikmalaya, melainkan Provinsi.

"Kendaraan yang bersangkutan merupakan angkutan antar daerah provinsi, jadi trayeknya tidak dikeluarkan kabupaten tapi provinsi," katanya.

Namun petugas Dishub daerah, kata Sunaryo, hanya menjalankan tugas menertibkan kendaraan angkutan orang atau barang yang tidak dilengkapi surat-surat resmi atau menyalahi aturan berlalu lintas.

Jika menemukan ada kendaraan tidak dilengkapi surat telah uji KIR, lanjut Sunaryo, maka akan mendapatkan sanksi tilang dan dilarang beroperasi.

"Kalau terbukti tidak membawa surat-surat izin trayek atau sudah habis, itu ditilang saat kita melakukan pengawasan," katanya.

Sementara itu, mini bus bermuatan penumpang 18 orang mengalami kecelakaan tunggal dan masuk jurang saat melintasi tikungan di Kampung Cimawate, Desa Sukakarsa, Kecamatan Salawu, Senin sekitar pukul 17.30 WIB.(ant/rd)

Pemkot Bekasi Segel Dua Menara Telekomunikasi Ilegal

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, kembali menyegel dua menara telekomunikasiyang berdiri secara ilegal di dua wilayah kecamatan setempat, Rabu.

Tamu Hotel Jambi Melonjak

Jumlah tamu yang menginap pada hotel berbintang di Provinsi Jambi mengalami kenaikan sebesar 24,86 persen dari 16.

Pencoretan Dahlan Iskan Dipertanyakan

Motivator dan komisaris utama perusahaan motivasi PT Total Quality (Surabaya-Jakarta-Singapura) Johan Yan mengaku heran sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mencoret nama mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam bursa Kabinet Indonesia Hebat.

Temuan BPK Dan KPK Menjadi Perhatian

Wakil Bupati Tanah Laut, Kalsel, H Sukamta mengatakan, temuan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dan Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap pengelolaan pertambangan mineral menjadi perhatian pemerintah kabupaten.

Kota Pusat Banjarbaru Diselimuti Asap Pekat

Pusat Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis pagi sejak sekitar pukul 06.