Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dishub : Elf Tabrakan Tidak Dilengkapi KIR

angkutan umum elf, dinas perhubungan, tabrakan tunggal

Posted on 27 Mar 2013. Hits : 388

Dinas Perhubungan menyatakan angkutan umum elf yang mengalami tabrakan tunggal hingga menewaskan empat penumpang di jalur Warung Peuteuy, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (25/3), tidak dilengkapi persyaratan uji KIR atau layak beroperasi.

"Kepemilikan STNK kendaraan itu pak Toni alamat Taraju, terakhir uji KIR tahun 2008, berarti sudah lima tahun tidak uji KIR," kata Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tasikmalaya, Sunaryo kepada wartawan, Selasa.

Ia menyebutkan sesuai aturan yang berlaku, kendaraan umum atau kendaraan bermotor wajib diperiksa kelayakannya setiap enam bulan sekali oleh petugas Dishub.

Sementara mobil elf nomor polisi Z7581NB jurusan Kota Tasikmalaya-Taraju-Singajaya, kata Sunaryo mendapatkan izin operasi dan trayeknya bukan dari Dishub Kabupaten Tasikmalaya, melainkan Provinsi.

"Kendaraan yang bersangkutan merupakan angkutan antar daerah provinsi, jadi trayeknya tidak dikeluarkan kabupaten tapi provinsi," katanya.

Namun petugas Dishub daerah, kata Sunaryo, hanya menjalankan tugas menertibkan kendaraan angkutan orang atau barang yang tidak dilengkapi surat-surat resmi atau menyalahi aturan berlalu lintas.

Jika menemukan ada kendaraan tidak dilengkapi surat telah uji KIR, lanjut Sunaryo, maka akan mendapatkan sanksi tilang dan dilarang beroperasi.

"Kalau terbukti tidak membawa surat-surat izin trayek atau sudah habis, itu ditilang saat kita melakukan pengawasan," katanya.

Sementara itu, mini bus bermuatan penumpang 18 orang mengalami kecelakaan tunggal dan masuk jurang saat melintasi tikungan di Kampung Cimawate, Desa Sukakarsa, Kecamatan Salawu, Senin sekitar pukul 17.30 WIB.(ant/rd)

Wisatawan Asing Dilarang Masuk Korut

Korea Utara akan memberlakukan larangan masuk bagi wisatawan asing Jumat untuk mencegah penyebaran virus Ebola, demikian keterangan perusahaan agen perjalanan kepada Reuters.

Kaltim Segera Bentuk Alat Kelengkapan

DPRD Kalimantan Timur akan segera membentuk alat kelengkapan dewan demi kelancaran tugas, seperti membentuk badan anggaran dan badan musyawarah.

Sekolah Ambon Masuk Nominasi Adiwiyata

Sebanyak tiga sekolah di Kota Ambon masuk nominasi penilaian Adiwiyata tingkat Nasional, kata Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (PDL) Kota Ambon Luzia Izaak.

Persawahan Jawa Diperkirakan Hilang 50 Tahun Lagi

Salah satu peneliti Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta M Kundarto berpendapat 50 tahun lagi lahan persawahan di Pulau Jawa akan hilang karena desakan pembangunan.

Lahan Pabrik 'Tortila' Disegel

Warga Kelurahan Pasar Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Badri, menyegel lahan yang dihibahnya untuk pabrik pembuatan makanan ringan 'Tortila' dan taman bunga.