Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dishub : Elf Tabrakan Tidak Dilengkapi KIR

angkutan umum elf, dinas perhubungan, tabrakan tunggal

Posted on 27 Mar 2013. Hits : 326

Dinas Perhubungan menyatakan angkutan umum elf yang mengalami tabrakan tunggal hingga menewaskan empat penumpang di jalur Warung Peuteuy, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (25/3), tidak dilengkapi persyaratan uji KIR atau layak beroperasi.

"Kepemilikan STNK kendaraan itu pak Toni alamat Taraju, terakhir uji KIR tahun 2008, berarti sudah lima tahun tidak uji KIR," kata Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tasikmalaya, Sunaryo kepada wartawan, Selasa.

Ia menyebutkan sesuai aturan yang berlaku, kendaraan umum atau kendaraan bermotor wajib diperiksa kelayakannya setiap enam bulan sekali oleh petugas Dishub.

Sementara mobil elf nomor polisi Z7581NB jurusan Kota Tasikmalaya-Taraju-Singajaya, kata Sunaryo mendapatkan izin operasi dan trayeknya bukan dari Dishub Kabupaten Tasikmalaya, melainkan Provinsi.

"Kendaraan yang bersangkutan merupakan angkutan antar daerah provinsi, jadi trayeknya tidak dikeluarkan kabupaten tapi provinsi," katanya.

Namun petugas Dishub daerah, kata Sunaryo, hanya menjalankan tugas menertibkan kendaraan angkutan orang atau barang yang tidak dilengkapi surat-surat resmi atau menyalahi aturan berlalu lintas.

Jika menemukan ada kendaraan tidak dilengkapi surat telah uji KIR, lanjut Sunaryo, maka akan mendapatkan sanksi tilang dan dilarang beroperasi.

"Kalau terbukti tidak membawa surat-surat izin trayek atau sudah habis, itu ditilang saat kita melakukan pengawasan," katanya.

Sementara itu, mini bus bermuatan penumpang 18 orang mengalami kecelakaan tunggal dan masuk jurang saat melintasi tikungan di Kampung Cimawate, Desa Sukakarsa, Kecamatan Salawu, Senin sekitar pukul 17.30 WIB.(ant/rd)

Kementerian PPA Kawal Proses Hukum JIS

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan mengawal proses hukum kasus pelecehan seksual terhadap AK (6), siswa TK Jakarta International School (JIS).

Jasa Raharja Terima Kendaraan Operasional

PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah pada tahun anggaran 2014 menerima bantuan sembilan unit sepeda motor sebagai kendaraan operasional untuk karyawan yang bertugas di 0Samsat kabupaten dan kota di daerah itu.

Golkar Klaim Raih 7 Kursi DPRD Sultra

Partai Golongan Karya (Golkar), mengklaim berhasil merebut tujuh kursi DPRD provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), berdasarkan data yang dimiliki hasil pemilu legislatif 9 April lalu.

Sumbawa Temukan Rekayasa Data K2

Berdasarkan hasil sementara verifikasi faktual yang dilakukan Inspektorat Daerah Sumbawa terhadap data 106 tenaga honorer kategori dua (K2), ditemukan adanya rekayasa.

Jaga Kelestarian Terumbu Karang

Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rustamsyah meminta kepada seluruh masyarakat, terutama pemangku kepentingan laut agar tetap menjaga kelestarian terumbu karang.