Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dishub : Elf Tabrakan Tidak Dilengkapi KIR

angkutan umum elf, dinas perhubungan, tabrakan tunggal

Posted on 27 Mar 2013. Hits : 388

Dinas Perhubungan menyatakan angkutan umum elf yang mengalami tabrakan tunggal hingga menewaskan empat penumpang di jalur Warung Peuteuy, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (25/3), tidak dilengkapi persyaratan uji KIR atau layak beroperasi.

"Kepemilikan STNK kendaraan itu pak Toni alamat Taraju, terakhir uji KIR tahun 2008, berarti sudah lima tahun tidak uji KIR," kata Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tasikmalaya, Sunaryo kepada wartawan, Selasa.

Ia menyebutkan sesuai aturan yang berlaku, kendaraan umum atau kendaraan bermotor wajib diperiksa kelayakannya setiap enam bulan sekali oleh petugas Dishub.

Sementara mobil elf nomor polisi Z7581NB jurusan Kota Tasikmalaya-Taraju-Singajaya, kata Sunaryo mendapatkan izin operasi dan trayeknya bukan dari Dishub Kabupaten Tasikmalaya, melainkan Provinsi.

"Kendaraan yang bersangkutan merupakan angkutan antar daerah provinsi, jadi trayeknya tidak dikeluarkan kabupaten tapi provinsi," katanya.

Namun petugas Dishub daerah, kata Sunaryo, hanya menjalankan tugas menertibkan kendaraan angkutan orang atau barang yang tidak dilengkapi surat-surat resmi atau menyalahi aturan berlalu lintas.

Jika menemukan ada kendaraan tidak dilengkapi surat telah uji KIR, lanjut Sunaryo, maka akan mendapatkan sanksi tilang dan dilarang beroperasi.

"Kalau terbukti tidak membawa surat-surat izin trayek atau sudah habis, itu ditilang saat kita melakukan pengawasan," katanya.

Sementara itu, mini bus bermuatan penumpang 18 orang mengalami kecelakaan tunggal dan masuk jurang saat melintasi tikungan di Kampung Cimawate, Desa Sukakarsa, Kecamatan Salawu, Senin sekitar pukul 17.30 WIB.(ant/rd)

Wagub Jabar : Pangandaran Harus Punya Destinasi Menarik

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengharapkan objek wisata di Kabupaten Pangandaran harus mempunyai destinasi yang menarik untuk mampu mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara ke Pangandaran.

BRK Bantu Korban Banjir Indragiri Hulu

Bank Riau dan Kepulauan Riau (BRK) Kantor Cabang Air Molek, Kabupaten Indragiri Hulu, menyalurkan bantuan bagi korban bencana banjir yang berada di Desa Bandar Padang, Kecamatan Seberida.

Harga Elpiji Di Denpasar Naik

- Harga gas elpiji ukuran tiga kilogram dan 12 kilogram mengalamikenaikan sejak adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Legislator Klarifikasi BP2T Izin Pabrik Sandal

Legislator Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan klarifikasi kepada aparat Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) setempat dan pimpinan pabrik PT DJS yang memproduksi sandal karena diduga menyalahgunakan perizinan.

Dana PSKS Bengkalis Belum Cair

Dana bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) untuk Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, saat ini masih belum bisa dicairkan.