Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disdik: PPDB 'Online' Batam dimulai awal Juli

dinas pendidikan kota batam, penerimaan peserta didik baru secara online, ppdb

Posted on 27 May 2013. Hits : 358


Dinas Pendidikan Kota Batam menyatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara "online" untuk tahun ajaran baru 2013/2014 akan dimulai 1 sampai 4 Juli.

"Jadwal pendaftaraan masuk sekolah negeri itu secara serentak mulai tingkat SD, SMP hingga SMA/sederajat. Sementara seleksi dilaksanakan 5 Juli, kemudian pengumuman kelulusan 8 Juli, baru pendaftaran ulang 12 hingga 13 Juli," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Batam Andi Agung di Batam, Senin.

Ia menjelaskan, penerimaan secara "online" ini hanya berlaku untuk sekolah yang ada di pulau utama (Pulau Batam), sementara untuk di pesisir kecuali SMA di Kecamatan Belakangpadang masih menggunakan sistem "offline".

"Dalam pendaftaran siswa nantinya, siswa dapat memilih minimal tiga sekolah pilihan. Sementara kuota penerimaan di setiap sekolah sebanyak 20 persen diperuntukkan siswa di sekitar tempat sekolah itu berada dan bagi siswa tidak mampu," kata dia.

Ia mengatakan, pendaftaran "online" juga tidak berlaku bagi sekolah eks RSBI yang sudah melakukan pendaftaran peserta didik baru lebih awal.

"Untuk sekolah unggulan (eks RSBI) ada lima sekolah, yakni SD 06 Sekupang, SMP 6, SMA 3, dan SMA 1 serta SMK 1 Batuaji. Mereka melakukan pendaftaran pada 17 hingga 22 Juni, kemudian seleksi 24 hingga 26 Juni, dan pengumumannya 28 Juni, serta pendaftaran ulang 1 hingga 3 Juli," kata Andi.

Bagi siswa yang tidak lulus pada sekolah eks RSBI, kata dia, masih memiliki kesempatan mendaftar di sekolah lain dengan sistem "online" pada 1-4 Juli.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam Udin P Sihaloha menyarankan bagi orang tua yang tergolong mampu untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta agar siswa-siswa kurang mampu bisa ditampung pada sekolah negeri.

"Untuk kualitas sekolah swasta memang rata-rata lebih bagus. Namun bagi siswa dari keluarga kurang mampu tidak mungkin bisa masuk ke sana. Karena itu, bagi keluarga yang tergolong mampu diharapkan mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta," kata dia.

Ia mengatakan, sekolah swasta selama ini sangat berperan dalam memajukan dunia pendidikan di Batam. Beberapa siswa dengan nilai ujuan nasional tertinggi juga berasal dari sekolah swasta. (ant/ed)

Gubernur Terima Pengurus CFCD Chapter Riau

Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menerima kunjungan pengurus baru Corporate Forum for Community Development (CFCD) Chapter Riau, Kamis (30/10) bertempat di rumah dinas Jl.

Wacana Kenaikan Harga BBM Mulai Ganggu Pasar

Ekonom makro Universitas Widaya Mandira Kupang Dr Thomas Ola Langoday, mengatakan, wacana kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi pada awal November oleh Presiden Joko Widodo mulai mengganggu pasar yang beberapa hari sebelumnya cukup stabil.

KPU Palu Anggarkan Biaya Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah, membuat anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membiayai dua putaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2015.

Pemkab Kulon Progo Pasrah Kebijakan Moratorium Pegawai

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pasrah terkait kebijakan moratorium pegawai oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, meski akan berdampak pada kekurangan jumlah pegawai.

Bupati : Jangan Potong Sapi Betina Produktif

Bupati Tanjung Jabung Barat Usman Ermulan minta kepada peternak dan pengusaha di daerahnya agar tidak memotong sapi betina produktif.