Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disdik: PPDB 'Online' Batam dimulai awal Juli

dinas pendidikan kota batam, penerimaan peserta didik baru secara online, ppdb

Posted on 27 May 2013. Hits : 358


Dinas Pendidikan Kota Batam menyatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara "online" untuk tahun ajaran baru 2013/2014 akan dimulai 1 sampai 4 Juli.

"Jadwal pendaftaraan masuk sekolah negeri itu secara serentak mulai tingkat SD, SMP hingga SMA/sederajat. Sementara seleksi dilaksanakan 5 Juli, kemudian pengumuman kelulusan 8 Juli, baru pendaftaran ulang 12 hingga 13 Juli," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Batam Andi Agung di Batam, Senin.

Ia menjelaskan, penerimaan secara "online" ini hanya berlaku untuk sekolah yang ada di pulau utama (Pulau Batam), sementara untuk di pesisir kecuali SMA di Kecamatan Belakangpadang masih menggunakan sistem "offline".

"Dalam pendaftaran siswa nantinya, siswa dapat memilih minimal tiga sekolah pilihan. Sementara kuota penerimaan di setiap sekolah sebanyak 20 persen diperuntukkan siswa di sekitar tempat sekolah itu berada dan bagi siswa tidak mampu," kata dia.

Ia mengatakan, pendaftaran "online" juga tidak berlaku bagi sekolah eks RSBI yang sudah melakukan pendaftaran peserta didik baru lebih awal.

"Untuk sekolah unggulan (eks RSBI) ada lima sekolah, yakni SD 06 Sekupang, SMP 6, SMA 3, dan SMA 1 serta SMK 1 Batuaji. Mereka melakukan pendaftaran pada 17 hingga 22 Juni, kemudian seleksi 24 hingga 26 Juni, dan pengumumannya 28 Juni, serta pendaftaran ulang 1 hingga 3 Juli," kata Andi.

Bagi siswa yang tidak lulus pada sekolah eks RSBI, kata dia, masih memiliki kesempatan mendaftar di sekolah lain dengan sistem "online" pada 1-4 Juli.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam Udin P Sihaloha menyarankan bagi orang tua yang tergolong mampu untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta agar siswa-siswa kurang mampu bisa ditampung pada sekolah negeri.

"Untuk kualitas sekolah swasta memang rata-rata lebih bagus. Namun bagi siswa dari keluarga kurang mampu tidak mungkin bisa masuk ke sana. Karena itu, bagi keluarga yang tergolong mampu diharapkan mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta," kata dia.

Ia mengatakan, sekolah swasta selama ini sangat berperan dalam memajukan dunia pendidikan di Batam. Beberapa siswa dengan nilai ujuan nasional tertinggi juga berasal dari sekolah swasta. (ant/ed)

Sastra Bantu Masyarakat Untuk Maju

Sastra dapat membantu masyarakat untuk maju dan berkembang dalam menjalani hidup dan kehidupan, kata Rektor Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Johanes Eka Priyatma.

BI Perlu Tetapkan Hedging

Bank Indonesia menyatakan manajemen risiko melalui upaya lindung nilai (hedging) perlu diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di dalam negeri yang melakukan pinjaman luar negeri untuk antisipasi dampak dari gejolak perekonomian global.

Lagu 'Lenggang Jakarta' Terdaftar Dapat Nomor Ismn

Lagu 'Lenggang Jakarta' karya Harry Sabar yang menjadi ikon promosi untuk kota Jakarta telah terarsip di Perpustakaan Nasional RI dan mendapat nomor International Standart Music Number (ISMN).

Arema Ditantang Klub Malaysia

Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, menjelang bergulirnya babak delapan besar Liga Super Indonesia ditantang klub asal Malaysia, Kedah FC, untuk melakoni laga uji coba yang digelar di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kamis (25/9).

Jabar Bentuk Tim Kesehatan Hewan Kurban

Dinas Peternakan Provinsi Jabar segera membentuk tim medis yang bertugas langsung ke lapangan memeriksa kesehatan hewan kurban yang diperjualbelikan kepada masyarakat untuk kebutuhan Idul Adha.