Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disdik: PPDB 'Online' Batam dimulai awal Juli

dinas pendidikan kota batam, penerimaan peserta didik baru secara online, ppdb

Posted on 27 May 2013. Hits : 358


Dinas Pendidikan Kota Batam menyatakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara "online" untuk tahun ajaran baru 2013/2014 akan dimulai 1 sampai 4 Juli.

"Jadwal pendaftaraan masuk sekolah negeri itu secara serentak mulai tingkat SD, SMP hingga SMA/sederajat. Sementara seleksi dilaksanakan 5 Juli, kemudian pengumuman kelulusan 8 Juli, baru pendaftaran ulang 12 hingga 13 Juli," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Batam Andi Agung di Batam, Senin.

Ia menjelaskan, penerimaan secara "online" ini hanya berlaku untuk sekolah yang ada di pulau utama (Pulau Batam), sementara untuk di pesisir kecuali SMA di Kecamatan Belakangpadang masih menggunakan sistem "offline".

"Dalam pendaftaran siswa nantinya, siswa dapat memilih minimal tiga sekolah pilihan. Sementara kuota penerimaan di setiap sekolah sebanyak 20 persen diperuntukkan siswa di sekitar tempat sekolah itu berada dan bagi siswa tidak mampu," kata dia.

Ia mengatakan, pendaftaran "online" juga tidak berlaku bagi sekolah eks RSBI yang sudah melakukan pendaftaran peserta didik baru lebih awal.

"Untuk sekolah unggulan (eks RSBI) ada lima sekolah, yakni SD 06 Sekupang, SMP 6, SMA 3, dan SMA 1 serta SMK 1 Batuaji. Mereka melakukan pendaftaran pada 17 hingga 22 Juni, kemudian seleksi 24 hingga 26 Juni, dan pengumumannya 28 Juni, serta pendaftaran ulang 1 hingga 3 Juli," kata Andi.

Bagi siswa yang tidak lulus pada sekolah eks RSBI, kata dia, masih memiliki kesempatan mendaftar di sekolah lain dengan sistem "online" pada 1-4 Juli.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam Udin P Sihaloha menyarankan bagi orang tua yang tergolong mampu untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta agar siswa-siswa kurang mampu bisa ditampung pada sekolah negeri.

"Untuk kualitas sekolah swasta memang rata-rata lebih bagus. Namun bagi siswa dari keluarga kurang mampu tidak mungkin bisa masuk ke sana. Karena itu, bagi keluarga yang tergolong mampu diharapkan mendaftarkan anaknya ke sekolah swasta," kata dia.

Ia mengatakan, sekolah swasta selama ini sangat berperan dalam memajukan dunia pendidikan di Batam. Beberapa siswa dengan nilai ujuan nasional tertinggi juga berasal dari sekolah swasta. (ant/ed)

Sistem Pembayaran Digital Jadi Gerbang Keuangan Inklusif

Sistem pembayaran secara digital menjadi gerbang pengembangan sistem keuangan inklusif di Indonesia, kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah.

Dua Wartawan Prancis Dituntut 4 Bulan Penjara

Dua wartawan Prancis yakni Thomas Charles Dandois (40) dan Valentina Burrot (29) dituntut hukuman empat bulan penjara karena masuk dengan menggunakan visa wisata padahal mereka mencari berita di Papua.

Dinkes Denpasar Lakukan Pencegahan DBD

Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Denpasar, Bali, melakukan upaya pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan sosialisasi dan Pemberantasan Sarang nyamuk (PSN) di wilayahnya tersebut.

2 Juta Anak Bekerja di Situasi Buruk

Komisi Nasional (Komnas) Anak menyatakan sebanyak 2,1 juta anak terpaksa bekerja di dalam situasi buruk karena kondisi ekonomi keluarga yang miskin.

20 Tangki Pertamina Dikerahkan Untuk Isi SPBU

Manajemen PT Pertamina Wilayah VIII mengerahkan 20 unit truk tangki guna mengisi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Jayapura, yang sempat kosong karena keterlambatan bongkar muatan kapal pengangkut.