Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sisbun Bengkulu: Perlu Aturan Soal Harga TBS

bengkulu, pengolah sawit, harga pembelian

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 324

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan mengatakan perlu aturan yang menerapkan sanksi terhadap perusahaan pengolah sawit yang tidak mematuhi harga pembelian yang ditetapkan tim penetapan harga tandan buah segar.

"Perlu sanksi tegas sehingga perusahaan wajib menaati keputusan tim penetapan harga TBS yang sudah dibentuk Gubernur," katanya di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan dalam Permentan nomor 17 tahun 2010 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Produksi Pekebun tidak ada sanksi bagi perusahaan yang tidak menaati keputusan tim.

Contohnya kata dia, hasil rapat terakhir tim penetapan harga TBS Provinsi Bengkulu tentang harga TBS menetapkan harga rata-rata pembelian sebesar Rp1.106 per kilogram.

Harga rata-rata tersebut ditetapkan sebab pemilik pabrik kesulitan menentukan buah sawit berdasarkan umur tanaman.

Seharusnya harga itu dibagi dua sesuai umur tanaman yakni umur diatas 10 tahun dengan harga Rp1.274 per kilogram dan dibawah 3 tahun Rp937 per kilogram.

"Namun, di lapangan petugas pabrik kesulitan membedakan umur tanaman dari buah yang dihasilkan sehingga dibuat harga rata-rata," katanya.

Tim penetapan harga TBS melakukan rapat dan memperbaharui harga TBS sesuai perkembangan pasar internasional sebanyak dua kali dalam sebulan.

Hasil keputusan tim penetapan harga itu menurut Ricky secara rutin disampaikan kepada perusahaan pabrik kelapa sawit dan pemerintah daerah.

Kenyataannya kata dia, masih banyak ditemui perusahaan yang tidak menaati dan harga TBS sawit di tingkat petani tetap di bawah pembelian harga di tingkat pabrik.

"Sanksi tegas tidak diatur dalam Permen nomor 17 itu sehingga perlu payung hukum lain yang lebih tegas tentang sanksi ini," katanya.

Sementara itu petani sawit di Kabupaten Mukomuko Nurjanah mengatakan harga TBS di tingkat petani saat ini sebesar Rp900 per kilogram.

"Harga ini sudah naik dari sebelumnya bertahan Rp600 hingga Rp700 per kilogram," katanya.(ant/rd)

Unpatti Gelar Sosialisasi Belajar Ke Luar Negeri

Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon bersama Excellence Learning Center (ELC) Education dan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) melakukan sosialisasi beasiswa 'Belajar ke Luar Negeri'.

Monaco Rekrut Penyerang Argentina Carrillo

Penyerang Argentina Guido Carrillo direkrut klub Liga Prancis Monaco pada Jumat, di hari yang sama ketika mereka meminjamkan penyerang Kolombia Radamel Falcao ke juara Liga Utama Inggris Chelsea.

Sampaoli : Chile Siap Menyerang Argentina

Pelatih Chile Jorge Sampaoli tidak akan menepikan gaya menyerang timnya ketika mereka menghadapi Argentina yang bertabur bintang di final Piala Amerika, ucapnya pada Jumat.

Dana Stabilitas Zona Euro : Yunani Resmi 'Default'

Yunani secara resmi dalam 'default' atau gagal bayar, tetapi pernyataan ini tidak akan memiliki konsekuensi langsung, dana stabilitas zona euro mengatakan dalam sebuah pernyataan, Jumat.

Dijsselbloem : Angka Utang IMF Untuk Yunani 'Usang'

Ketua Eurogroup Jeroen Dijsselbloem, Jumat, mengatakan analisis IMF tentang restrukturisasi utang Yunani didasarkan pada angka-angka usang (outdated), sehingga ia mengkritik komentar menteri keuangan Yunani bahwa kesepakatan utang itu 'sebentar lagi'.