Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sisbun Bengkulu: Perlu Aturan Soal Harga TBS

bengkulu, pengolah sawit, harga pembelian

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 324

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan mengatakan perlu aturan yang menerapkan sanksi terhadap perusahaan pengolah sawit yang tidak mematuhi harga pembelian yang ditetapkan tim penetapan harga tandan buah segar.

"Perlu sanksi tegas sehingga perusahaan wajib menaati keputusan tim penetapan harga TBS yang sudah dibentuk Gubernur," katanya di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan dalam Permentan nomor 17 tahun 2010 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Produksi Pekebun tidak ada sanksi bagi perusahaan yang tidak menaati keputusan tim.

Contohnya kata dia, hasil rapat terakhir tim penetapan harga TBS Provinsi Bengkulu tentang harga TBS menetapkan harga rata-rata pembelian sebesar Rp1.106 per kilogram.

Harga rata-rata tersebut ditetapkan sebab pemilik pabrik kesulitan menentukan buah sawit berdasarkan umur tanaman.

Seharusnya harga itu dibagi dua sesuai umur tanaman yakni umur diatas 10 tahun dengan harga Rp1.274 per kilogram dan dibawah 3 tahun Rp937 per kilogram.

"Namun, di lapangan petugas pabrik kesulitan membedakan umur tanaman dari buah yang dihasilkan sehingga dibuat harga rata-rata," katanya.

Tim penetapan harga TBS melakukan rapat dan memperbaharui harga TBS sesuai perkembangan pasar internasional sebanyak dua kali dalam sebulan.

Hasil keputusan tim penetapan harga itu menurut Ricky secara rutin disampaikan kepada perusahaan pabrik kelapa sawit dan pemerintah daerah.

Kenyataannya kata dia, masih banyak ditemui perusahaan yang tidak menaati dan harga TBS sawit di tingkat petani tetap di bawah pembelian harga di tingkat pabrik.

"Sanksi tegas tidak diatur dalam Permen nomor 17 itu sehingga perlu payung hukum lain yang lebih tegas tentang sanksi ini," katanya.

Sementara itu petani sawit di Kabupaten Mukomuko Nurjanah mengatakan harga TBS di tingkat petani saat ini sebesar Rp900 per kilogram.

"Harga ini sudah naik dari sebelumnya bertahan Rp600 hingga Rp700 per kilogram," katanya.(ant/rd)

Dinkes Labuhanbatu Galakkan Pemberantasan Nyamuk Penyebab DBD

Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menggalakkan pemberantasan nyamuk penyebab demam berdarah dengue.

Dubes Indonesia Untuk Jepang diberi Penghargaan

Jepang menganugerahkan penghargaan "The Higashikuni-Nomiya International Prize" kepada Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra, atas karya akademis disertasi S-3 di bidang Politik Ekonomi Internasional di Universitas Tsukuba, Jepang.

Rencana Obama Latih Gerilyawan Suriah Disetujui

Senat AS pada Kamis (18/9) menyetujui rencana Presiden Barack Obama untuk melatih dan mempersenjatai gerilyawan Suriah dalam upaya memerangi kelompok fanatik Negara Islam (IS), sehari setelah Majelis Permusyawartan Rakyat mensahkan rencana itu.

Celtic Dan Tottenham Ditahan Imbang Lawan-lawannya

Celtic dan Tottenham ditahan imbang oleh lawan-lawannya saat kedua tim itu melakukan pertandingan tandang pada pembukaan fase grup Liga Europa yang berlangsung pada Kamis (Jumat WIB).

Ini Tarif Baru Ruas Tol Sedyatmo

Para pengguna tol Bandara atau Sedyatmo mulai hari ini harus menambah uang belanjanya.