Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sisbun Bengkulu: Perlu Aturan Soal Harga TBS

bengkulu, pengolah sawit, harga pembelian

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 324

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan mengatakan perlu aturan yang menerapkan sanksi terhadap perusahaan pengolah sawit yang tidak mematuhi harga pembelian yang ditetapkan tim penetapan harga tandan buah segar.

"Perlu sanksi tegas sehingga perusahaan wajib menaati keputusan tim penetapan harga TBS yang sudah dibentuk Gubernur," katanya di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan dalam Permentan nomor 17 tahun 2010 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Produksi Pekebun tidak ada sanksi bagi perusahaan yang tidak menaati keputusan tim.

Contohnya kata dia, hasil rapat terakhir tim penetapan harga TBS Provinsi Bengkulu tentang harga TBS menetapkan harga rata-rata pembelian sebesar Rp1.106 per kilogram.

Harga rata-rata tersebut ditetapkan sebab pemilik pabrik kesulitan menentukan buah sawit berdasarkan umur tanaman.

Seharusnya harga itu dibagi dua sesuai umur tanaman yakni umur diatas 10 tahun dengan harga Rp1.274 per kilogram dan dibawah 3 tahun Rp937 per kilogram.

"Namun, di lapangan petugas pabrik kesulitan membedakan umur tanaman dari buah yang dihasilkan sehingga dibuat harga rata-rata," katanya.

Tim penetapan harga TBS melakukan rapat dan memperbaharui harga TBS sesuai perkembangan pasar internasional sebanyak dua kali dalam sebulan.

Hasil keputusan tim penetapan harga itu menurut Ricky secara rutin disampaikan kepada perusahaan pabrik kelapa sawit dan pemerintah daerah.

Kenyataannya kata dia, masih banyak ditemui perusahaan yang tidak menaati dan harga TBS sawit di tingkat petani tetap di bawah pembelian harga di tingkat pabrik.

"Sanksi tegas tidak diatur dalam Permen nomor 17 itu sehingga perlu payung hukum lain yang lebih tegas tentang sanksi ini," katanya.

Sementara itu petani sawit di Kabupaten Mukomuko Nurjanah mengatakan harga TBS di tingkat petani saat ini sebesar Rp900 per kilogram.

"Harga ini sudah naik dari sebelumnya bertahan Rp600 hingga Rp700 per kilogram," katanya.(ant/rd)

Kejurnas Renang Terbuka Perairan Diikuti Tujuh Provinsi

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) renang terbuka perairan di Teluk Dalam Ambon 2015, Jumat, diikuti peserta dari tujuh Provinsi di Indonesia.

Sby Perintahkan Kader Demokrat Bantu Pemerintah

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) perintahkan para kadernya untuk membantu negara, rakyat dan Pemerintah mengatasi kondisi saat ini, agar terjadi stabilitas dan pemulihan ekonomi.

Pelajar SD Tewas Ditabrak Truk Di Karo

Seorang pelajar sekolah dasar Heber Hilkia Barus (12) warga Desa Serdang, Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tewas ditabrak truk, Jumat sekitar pukul 14.

Golkar Ical Alihkan Dukungan Ke Adnankio

DPP Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie menginstruksikan untuk mengalihkan dukungan dan memenangkan calon kepala daerah dari jalur perseorangan Adnan Puritcha Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Kr Kio (AdnanKio) dalam Pilkada Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

DPRD KSB Desak Eksekutif Sampaikan APBD Perubahan

DPRD Kabupaten Sumbawa Barat mendesak pihak eksekutif segera menyampaikan nota keuangan APBD Perubahan.