Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinkes Banjarmasin Berhasil Tekan Angka Penderita Ispa

pemkot banjarmasin, dinkes, tekan angka penderita ispa, infeksi saluran pernapassan atas

Posted on 16 Oct 2013. Hits : 229

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui Kantor Dinas Kesehatan setempat berhasil menekan angka penderita penyakit infeksi saluran pernapasan atas (Ispa).

'Walau saat ini udara kota setempat penuh asap, namun data dinas kesehatan setempat menunukkan jumlah penderita Ispa pada Januari hingga sekarang (Oktober) rata-rata, antara 6.000 hingga 7.000 orang per bulan,' kata Kepala Dinkes Kota Banjarmasin drg Hj Diah R Praswati, Rabu.

Ia menyebutkan berdasarkan pengalaman setiap tahun warga yang kena Ispa di musim udara berasap tersebut sedikitnya 40 ribu orang per bulan.

'Tetapi nyatanya hasil data di seluruh tempat pemeriksaan kesehatan, jumlah penderita isspa dari Januari hingga sekarang rata-rata antara 6.000 hingga 7.000 orang saja per bulan.

Menurunnya penyebaran penyakit Ispa tersebut berkat adanya berbagai upaya yang dilakukan petugas kesehatan, petugas kecamatan, dan petugas kelurahan.

Ia mengatakan bahwa upaya pencegahan penyakit tersebut dapat dilakukan, antara lain melalui tata laksana Ispa, melalui petugas kesehatan dan petugas yang ada di 26 puskesmas di Banjarmasin.

Para petugas kesehatan tersebut terus melakukan penyuluhan kepada kantong-kantong masyarakat yang riskan terkena udara berasap, seperti di wilayah pinggiran kota, atau pengguna lalu-lintas.

Petugas kesehatan juga selalu siap siaga membagikan secara gratis sebanyak 48 ribu buah masker kepada masyarakat untuk menghindari udara berasap.(ant/rd)

Kecelakaan Hercules Bisa Karena 'Human Error'

Pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati berpendapat pesawat Hercules C-130 milik TNI AU yang jatuh di Medan, Sumut, Selasa (30/6), tak hanya bisa disebabkan oleh "uzur"-nya pesawat tersebut, namun juga bisa disebabkan "human error".

Kakak Beradik Korban Hercules Tidak Bayar Tiket

Bapak dari dua orang kakak beradik Ruly dan Reni, yang menjadi penumpang Hercules C-130 naas asal Pekanbaru, mengatakan keberangkatan anaknya tidak membayar tiket sepeserpun.

Makassar Jadi Percontohan Elektronifikasi Pembayaran Di Indonesia

Bank Indonesia Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua terkesan dengan inovasi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengenai kartu pintarnya (Smart Card) yang akan segera dijadikan percontohan untuk elektronifikasi pembayaran di Indonesia.

Fitch Pangkas Peringkat Yunani Setelah Seruan Referendum

Lembaga pemeringkat Fitch memangkas peringkat kredit Yunani pada Selasa dari "CCC" menjadi "CC" sangat rentan terhadap gagal bayar (default) menyusul kegagalan perundingan dana talangan (bailout) dan seruan pemerintah Yunani untuk referendum.

Menengok Kekejaman Komunis di Museum Pengkhianatan PKI

Museum Pengkhianatan PKI (Komunis) berada dalam satu kompleks dengan Monumen Pancasila Sakti yang berada di Jl.