Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinkes Banjarmasin Berhasil Tekan Angka Penderita Ispa

pemkot banjarmasin, dinkes, tekan angka penderita ispa, infeksi saluran pernapassan atas

Posted on 16 Oct 2013. Hits : 229

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui Kantor Dinas Kesehatan setempat berhasil menekan angka penderita penyakit infeksi saluran pernapasan atas (Ispa).

'Walau saat ini udara kota setempat penuh asap, namun data dinas kesehatan setempat menunukkan jumlah penderita Ispa pada Januari hingga sekarang (Oktober) rata-rata, antara 6.000 hingga 7.000 orang per bulan,' kata Kepala Dinkes Kota Banjarmasin drg Hj Diah R Praswati, Rabu.

Ia menyebutkan berdasarkan pengalaman setiap tahun warga yang kena Ispa di musim udara berasap tersebut sedikitnya 40 ribu orang per bulan.

'Tetapi nyatanya hasil data di seluruh tempat pemeriksaan kesehatan, jumlah penderita isspa dari Januari hingga sekarang rata-rata antara 6.000 hingga 7.000 orang saja per bulan.

Menurunnya penyebaran penyakit Ispa tersebut berkat adanya berbagai upaya yang dilakukan petugas kesehatan, petugas kecamatan, dan petugas kelurahan.

Ia mengatakan bahwa upaya pencegahan penyakit tersebut dapat dilakukan, antara lain melalui tata laksana Ispa, melalui petugas kesehatan dan petugas yang ada di 26 puskesmas di Banjarmasin.

Para petugas kesehatan tersebut terus melakukan penyuluhan kepada kantong-kantong masyarakat yang riskan terkena udara berasap, seperti di wilayah pinggiran kota, atau pengguna lalu-lintas.

Petugas kesehatan juga selalu siap siaga membagikan secara gratis sebanyak 48 ribu buah masker kepada masyarakat untuk menghindari udara berasap.(ant/rd)

PT Vale Raih Trofi Emas Bidang Lingkungan

PT Vale Indonesia Tbk. meraih trofi dan penghargaan Adhitama (emas) untuk pengelolaan lingkungan pertambangan dan pratama (perunggu) untuk pengelolaan keselamatan pertambangan (K3) periode 2013 untuk kategori perusahaan tambang Kontrak Karya dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Rupiah Kembali Melemah 35 Poin

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta Kamis pagi bergerak melemah sebesar 35 poin menjadi Rp11.

PMI Targetkan 28 Kantong Darah

Palang Merah Indonesia (PMI) Kalimantan Timur pada 2014 menargetkan perolehan 28 ribu kantong darah dari pendonor.

BMPD Akan Luncurkan Bank Menanam Di Makassar

Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sulsel akan meluncurkan program Bank Menanam pada 27 September mendatang di Kota Makassar.

Jambi Seleksi Atlet Untuk Prakualifikasi PON

Pengurus Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (Pengprov PTMSI) Jambi melakukan seleksiĀ bagi atlet untuk dipersiapkan menghadapi dua iven bergengsi, yakni PON Remaja 2014 dan Prakualifikasi PON 2015.