Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinkes Banjarmasin Berhasil Tekan Angka Penderita Ispa

pemkot banjarmasin, dinkes, tekan angka penderita ispa, infeksi saluran pernapassan atas

Posted on 16 Oct 2013. Hits : 229

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui Kantor Dinas Kesehatan setempat berhasil menekan angka penderita penyakit infeksi saluran pernapasan atas (Ispa).

'Walau saat ini udara kota setempat penuh asap, namun data dinas kesehatan setempat menunukkan jumlah penderita Ispa pada Januari hingga sekarang (Oktober) rata-rata, antara 6.000 hingga 7.000 orang per bulan,' kata Kepala Dinkes Kota Banjarmasin drg Hj Diah R Praswati, Rabu.

Ia menyebutkan berdasarkan pengalaman setiap tahun warga yang kena Ispa di musim udara berasap tersebut sedikitnya 40 ribu orang per bulan.

'Tetapi nyatanya hasil data di seluruh tempat pemeriksaan kesehatan, jumlah penderita isspa dari Januari hingga sekarang rata-rata antara 6.000 hingga 7.000 orang saja per bulan.

Menurunnya penyebaran penyakit Ispa tersebut berkat adanya berbagai upaya yang dilakukan petugas kesehatan, petugas kecamatan, dan petugas kelurahan.

Ia mengatakan bahwa upaya pencegahan penyakit tersebut dapat dilakukan, antara lain melalui tata laksana Ispa, melalui petugas kesehatan dan petugas yang ada di 26 puskesmas di Banjarmasin.

Para petugas kesehatan tersebut terus melakukan penyuluhan kepada kantong-kantong masyarakat yang riskan terkena udara berasap, seperti di wilayah pinggiran kota, atau pengguna lalu-lintas.

Petugas kesehatan juga selalu siap siaga membagikan secara gratis sebanyak 48 ribu buah masker kepada masyarakat untuk menghindari udara berasap.(ant/rd)

Romy : Tujuan Politik PPP Jaga Ajaran Agama

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hasil Muktamar Surabaya Muhammad Romahurmuziy menegaskan tujuan politik partai yang dipimpinnya itu bukan untuk mengejar kekayaan, melainkan untuk memelihara dan menjaga ajaran agama Islam.

Pemkot Lanjutkan Pembangunan Skala Prioritas 2015

Pemerintah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, akan melanjutkan pembangunan yang diprogram dalam skala prioritas pada 2015 meski ada wacana dana bagi hasil minyak bumi dan gas untuk wilayah itu akan dihapus.

Pemkab Musirawas Tertibkan Indomaret Tak Berizin

Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan akan menertibkan usaha dagang Indomaret yang diduga tak berizin di wilayah itu namun sudah beroperasi.

Indonesia Butuh Rp2.000 Triliun Bangun Energi Terbarukan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, Indonesia butuh Rp2.

Direktur Bank Sultra Raih Doktor 'Cum Laude'

La Utu, SE, MSi yang saat ini menjabat Direktur Kepatuhan Bank Sultra meraih gelar doktor (Dr) dengan nilai predikat 'cum laude', setelah dinyatakan lulus pada sidang promosi kandidat doktoral di Pascasarjana Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Sabtu.