Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinas Kebersihan Kota Bengkulu Kewalahan Atasi Sampah

bengkulu, kota bengkulu, sampah, tumpukan sampah

Posted on 28 Jan 2013. Hits : 456

Dinas Kebersihan Kota Bengkulu hingga saat ini kewalahan mengatasi tumpukan sampah yang berserakan di berbagai tempat termasuk tanah lapang dan dua jalur daerah itu.

Padahal di berbagai lokasi itu sudah dipasang papan "dilarang membuang sampah", namun masyarakat tetap membuang pada lokasi tersebut, Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan Kota Bengkulu Abdullah, Senin.

"Kami sudah mengikuti gebrakan Wali Kota Bengkulu H Hilmi Hasan pada program 100 hari kerja beliau, terutama dalam mengatasi sampah, namun tetap saja masih kewalahan," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap lokasi pembuangan sampah sudah dipasang merk termasuk dipasang pada ratusan pohon pelindung pada jalan dua jalur yang menjadi langganan warga membuang sampah keluarga.

Namun setiap pagi sampah rumah tangga dibungkus kantong plastik masih berserakan dan merusak pemandangan lalu lintas serta kebersihan kota.

Hal itu terjadi akibat masyarakat sudah terbiasa dan dibiarkan pemerintah sebelumnya, sehingga kebiasaan itu sulit untuk ditertibkan dalam waktu singkat.

Untuk mengatasi sampah itu pihaknya sudah mengajukan proposal untuk membuat bak sampah disetiap kelurahan dan angkutan sampah dari motor gerobak atau setiap 50 meter dibuat bak sampah.

Kalau sampah buah-buahan seperti durian dan duku sudah diamankan pedagang itu sendiri, namun sampah rumah tangga sulit dikendalikan kecuali sudah disiapkan bak sampah khusus, ujarnya.

Seorang warga di kawasan Lingkar Barat, Kota Bengkulu Ny Ningsih mengatakan, pihaknya terpaksa membuang sampah di jalan dua jalur setempat karena di kelurahan itu belum tersedia bak sampah.

Membuang sampah pada jalan dua jalur itu bukan hanya dari kelurahan kami saja, tapi warga dari daerah lain membuang sampah dari atas motor dan kendaraan roda empat, ujarnya. (ant/as)

Kehati Tanam 290 Ribu Mangrove Untuk Penghijauan

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) menanam 290 ribu batang tumbuhan mangrove dalam dua tahun dari yang ditargetkan sebanyak 200 ribu batang sebagai langkah penghijauan di wilayah pesisir Indonesia.

Akom Lakukan Pertemuan Dengan Dpd Golkar Kalsel

Ketua DPR RI Ade Komarudin melakukan pertemuan dengan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I dan II Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat malam.

Pengamat: Revisi Aturan Dni Melenceng Dari Nawacita

Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado Agus T Poputra mengatakan revisi aturan daftar investasi negatif (DIN) dinilai kebablasan dan akan melukai nasionalisme dan melenceng dari Nawacita.

Dalam Negeri Kuasai Bongkar Barang Pelabuhan Sulut

Pelayaran dalam negeri masih menguasai kegiatan bongkar barangdi sebagian besar pelabuhan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Korban Salah Tangkap Minta Namanya Dipulihkan

Seorang warga bernama Lucky Achadi meminta kepada Kepolisian Resor Pekanbaru, Provinsi Riau, memulihkan nama baiknya karena telah menjadi korban salah tangkap saat aparat menangani kasus narkoba.