Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinas Kebersihan Kota Bengkulu Kewalahan Atasi Sampah

bengkulu, kota bengkulu, sampah, tumpukan sampah

Posted on 28 Jan 2013. Hits : 456

Dinas Kebersihan Kota Bengkulu hingga saat ini kewalahan mengatasi tumpukan sampah yang berserakan di berbagai tempat termasuk tanah lapang dan dua jalur daerah itu.

Padahal di berbagai lokasi itu sudah dipasang papan "dilarang membuang sampah", namun masyarakat tetap membuang pada lokasi tersebut, Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan Kota Bengkulu Abdullah, Senin.

"Kami sudah mengikuti gebrakan Wali Kota Bengkulu H Hilmi Hasan pada program 100 hari kerja beliau, terutama dalam mengatasi sampah, namun tetap saja masih kewalahan," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap lokasi pembuangan sampah sudah dipasang merk termasuk dipasang pada ratusan pohon pelindung pada jalan dua jalur yang menjadi langganan warga membuang sampah keluarga.

Namun setiap pagi sampah rumah tangga dibungkus kantong plastik masih berserakan dan merusak pemandangan lalu lintas serta kebersihan kota.

Hal itu terjadi akibat masyarakat sudah terbiasa dan dibiarkan pemerintah sebelumnya, sehingga kebiasaan itu sulit untuk ditertibkan dalam waktu singkat.

Untuk mengatasi sampah itu pihaknya sudah mengajukan proposal untuk membuat bak sampah disetiap kelurahan dan angkutan sampah dari motor gerobak atau setiap 50 meter dibuat bak sampah.

Kalau sampah buah-buahan seperti durian dan duku sudah diamankan pedagang itu sendiri, namun sampah rumah tangga sulit dikendalikan kecuali sudah disiapkan bak sampah khusus, ujarnya.

Seorang warga di kawasan Lingkar Barat, Kota Bengkulu Ny Ningsih mengatakan, pihaknya terpaksa membuang sampah di jalan dua jalur setempat karena di kelurahan itu belum tersedia bak sampah.

Membuang sampah pada jalan dua jalur itu bukan hanya dari kelurahan kami saja, tapi warga dari daerah lain membuang sampah dari atas motor dan kendaraan roda empat, ujarnya. (ant/as)

Dosen Kedokteran Unand Teliti Kanker Payudara

Dokter sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat Aisyah Elliyanti meneliti "Cell Lines" Kanker Payudara.

Ketua DPRD : Kegiatan Reses Harus Didampingi SKPD

Ketua DPRD Kalimantan Timur H Syahrun HS meminta agar setiap kegiatan reses anggota dewan guna menyerap aspirasi masyarakat harus juga didampingi satuan perangkat kerja daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim.

Wali Kota Hendi Targetkan 700 Ribu Suara

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menargetkan perolehan dukungan setidaknya mencapai 700 ribu suara pada Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Semarang 2015.

Sulteng Intensifikasi 24.700 Hektare Kebun Kakao

Dinas Perkebunan Sulawesi Tengah tahun 2015 akan melakukan intensifikasi perkebunan kakao rakyat seluas 24.

Pemkot Sungai Penuh Jambi Majukan Sektor Pariwisata

Pemerintah Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi berkomitmen memajukan sektor pariwisata untuk menggaet lebih banyak kunjungan wisatawan ke daerah ini.