Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinas Kebersihan Kota Bengkulu Kewalahan Atasi Sampah

bengkulu, kota bengkulu, sampah, tumpukan sampah

Posted on 28 Jan 2013. Hits : 456

Dinas Kebersihan Kota Bengkulu hingga saat ini kewalahan mengatasi tumpukan sampah yang berserakan di berbagai tempat termasuk tanah lapang dan dua jalur daerah itu.

Padahal di berbagai lokasi itu sudah dipasang papan "dilarang membuang sampah", namun masyarakat tetap membuang pada lokasi tersebut, Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan Kota Bengkulu Abdullah, Senin.

"Kami sudah mengikuti gebrakan Wali Kota Bengkulu H Hilmi Hasan pada program 100 hari kerja beliau, terutama dalam mengatasi sampah, namun tetap saja masih kewalahan," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap lokasi pembuangan sampah sudah dipasang merk termasuk dipasang pada ratusan pohon pelindung pada jalan dua jalur yang menjadi langganan warga membuang sampah keluarga.

Namun setiap pagi sampah rumah tangga dibungkus kantong plastik masih berserakan dan merusak pemandangan lalu lintas serta kebersihan kota.

Hal itu terjadi akibat masyarakat sudah terbiasa dan dibiarkan pemerintah sebelumnya, sehingga kebiasaan itu sulit untuk ditertibkan dalam waktu singkat.

Untuk mengatasi sampah itu pihaknya sudah mengajukan proposal untuk membuat bak sampah disetiap kelurahan dan angkutan sampah dari motor gerobak atau setiap 50 meter dibuat bak sampah.

Kalau sampah buah-buahan seperti durian dan duku sudah diamankan pedagang itu sendiri, namun sampah rumah tangga sulit dikendalikan kecuali sudah disiapkan bak sampah khusus, ujarnya.

Seorang warga di kawasan Lingkar Barat, Kota Bengkulu Ny Ningsih mengatakan, pihaknya terpaksa membuang sampah di jalan dua jalur setempat karena di kelurahan itu belum tersedia bak sampah.

Membuang sampah pada jalan dua jalur itu bukan hanya dari kelurahan kami saja, tapi warga dari daerah lain membuang sampah dari atas motor dan kendaraan roda empat, ujarnya. (ant/as)

DPRD Pangkalpinang Sepakati Penggunaan Kelompok Pakar

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, sepakat untuk menggunakan kelompok pakar atau tim ahli, untuk membantu tugas dan wewenang fraksi di DPRD.

PATA Ajak Masyarakat Peduli Hari Pariwisata Dunia

Sekretaris Jenderal Asosiasi Perjalanan Asia Pasifik (PATA) Indonesia Ningsih A Chandra mengajak masyarakat khususnya pelaku wisata daerah untuk lebih peduli dan berpartisipasi dalam perayaan hari pariwisata dunia yang diperingati setiap 27 September.

Korea Utara Pecahkan Rekor Dunia Angkat Berat

Juara Olimpiade angkat berat Om Yun-Choi memecahkan rekor dunianya untuk angkatan tanpa jeda (clean and jerk) dalam usahanya meraih medali emas Asian Games pertama bagi Korea Utara, Sabtu.

Wabup Karawang Siap Perhatikan Seni Dan Budaya

Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana siap memperhatikan dan mengembangkan seni dan budaya khas Sunda Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pengelola Mal Palu Rangkul Pengusaha Kecil

Pengelola mal terbesar di Kota Palu, Karman Karim, merangkul pengusaha kecil untuk berjualan di dalam pusat perbelanjaan tersebut dengan sewa tempat yang rendah.