Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bupati: Konservasi Penyu Jadi Kebanggaan Mukomuko

konservasi penyu, bengkulu, bantuan insentif

Posted on 27 Feb 2013. Hits : 296

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus menyatakan konservasi penyu di daerah tersebut yang masih aktif hingga saat ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

"Satu-satunya konservasi penyu yang masih aktif di Provinsi Bengkulu ada di daerah ini," kata dia di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan konservasi penyu di daerah itu dikelola oleh kelompok "Penyu Lestari" Desa Retakilir. Mereka melakukan aktivitas konservasi penyu sejak 2009 hingga saat ini.

Selama aktivitasnya, kata dia, kelompok tersebut telah berhasil melepas 5.934 ekor tukik atau anak penyu ke habitat alamnya.

Pemerintah setempat akan terus memfasilitasi upaya yang dilakukan oleh kelompok tersebut melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan.

Selain itu, kata dia, kontribusi lain yang rutin diberikan oleh pemerintah setempat, berupa bantuan insentif guna memotivasi peningkatan konservasi penyu oleh anggota kelompok tersebut.

Meskipun nilainya tidak besar, kata dia, bantuan dari pemerintah setempat itu minimal dapat meringankan mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Anggota Kelompok "Penyu Lestari" Khairul menyatakan terus menjaga wilayah konservasi penyu di wilayahnya dari aktivitas penebangan liar, termasuk penambangan ilegal emas yang dilakukan oleh oknum warga.

Oleh karena lokasi itu sudah ditetapkan sebagai wilayah konservasi oleh desa setempat, katanya, setiap aktivitas selain konservasi, tidak diperbolehkan dilakukan di wilayah tersebut.

"Kami sudah pernah mengusir penambang liar yang masuk di wilayah ini, dan sekarang mereka sudah pergi," katanya.(ant/rd)

Agung Imbau Kubu Aburizal Serahkan Ruang FPG

Ketua DPP Partai Golkar hasil Munas Jakarta Agung Laksono mengimbau Partai Golkar hasil Munas Bali yang dipimpin Aburizal Bakrie berjiwa besar untuk menyerahkan ruangan Fraksi Partai Golkar DPR RI kepada pimpinan FPG yang baru.

Gubernur : Mendagri Larang Sekda PJS Kepala Daerah

Gubernur Sumatera Utara, H GatotPujo Nugroho menegaskan, Menteri Dalam Negeri mengisyaratkanSekretaris Daerah kabupaten/kota tidakdiangkat sebagai pejabat sementara kepala daerah di daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2015.

Pangkalpinang Kekurangan Tenaga Pendidik

Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, masih kekurangan tenaga pendidik, khususnya pada tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dikarenakan beberapa faktor.

Sayap Partai PKB Dimaksimalkan Untuk Pilpres 2019

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Sulawesi Selatan memaksimalkan semua sayap partai yang dimilikinya demi meraih hasil maksimal dakam pemilihan umum 2019.

PKS Sumut Selenggarakan Pemilihan Raya Majelis Syuro

Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Pemilihan Raya untuk memilih anggota Majelis Syuro masa tugas 2015-2020 di Medan, Minggu.