Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bupati: Konservasi Penyu Jadi Kebanggaan Mukomuko

konservasi penyu, bengkulu, bantuan insentif

Posted on 27 Feb 2013. Hits : 296

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus menyatakan konservasi penyu di daerah tersebut yang masih aktif hingga saat ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

"Satu-satunya konservasi penyu yang masih aktif di Provinsi Bengkulu ada di daerah ini," kata dia di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan konservasi penyu di daerah itu dikelola oleh kelompok "Penyu Lestari" Desa Retakilir. Mereka melakukan aktivitas konservasi penyu sejak 2009 hingga saat ini.

Selama aktivitasnya, kata dia, kelompok tersebut telah berhasil melepas 5.934 ekor tukik atau anak penyu ke habitat alamnya.

Pemerintah setempat akan terus memfasilitasi upaya yang dilakukan oleh kelompok tersebut melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan.

Selain itu, kata dia, kontribusi lain yang rutin diberikan oleh pemerintah setempat, berupa bantuan insentif guna memotivasi peningkatan konservasi penyu oleh anggota kelompok tersebut.

Meskipun nilainya tidak besar, kata dia, bantuan dari pemerintah setempat itu minimal dapat meringankan mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Anggota Kelompok "Penyu Lestari" Khairul menyatakan terus menjaga wilayah konservasi penyu di wilayahnya dari aktivitas penebangan liar, termasuk penambangan ilegal emas yang dilakukan oleh oknum warga.

Oleh karena lokasi itu sudah ditetapkan sebagai wilayah konservasi oleh desa setempat, katanya, setiap aktivitas selain konservasi, tidak diperbolehkan dilakukan di wilayah tersebut.

"Kami sudah pernah mengusir penambang liar yang masuk di wilayah ini, dan sekarang mereka sudah pergi," katanya.(ant/rd)

KP2KM Ajak Masyarakat Kembangkan Pariwisata

Komunitas Peduli Pariwisata Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengajak dan mendorong masyarakat setempat untuk sadar mengembangkan beragam potensi wisata di daerah ini guna meningkatkan roda perekonomian.

Pemerintah Fokus Kurangi Kematian Ibu

Pemerintah menargetkan untuk mengurangi jumlah kematian ibu menjadi 226 per 100 ribu kelahiran hidup pada tahun 2015, dari 359 per 100 ribu kelahiran hidup pada 2012, sesuai hasil survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI).

Produksi Kedelai Mataram Diatas Rata-rata

Produktivitas kedelai Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat mencapai rata-rata 1,5 ton per hektare atau di atas rata-rata nasional sebesar 1,4 ton per hektare.

Kampung Terpencil Nikmati Listrik

Salah satu kampung terpencil di Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur segera menikmalti penerangan listrik yang dibangun dengan dana dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd).

Cirebon Tingkatkan Populasi Sapi

Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berencana meningkatkan populasi sapi lokal karena selama ini masih kurang sehingga kebutuhan daging masih mengandalkan kiriman dari luar daerah.