Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bupati: Konservasi Penyu Jadi Kebanggaan Mukomuko

konservasi penyu, bengkulu, bantuan insentif

Posted on 27 Feb 2013. Hits : 296

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus menyatakan konservasi penyu di daerah tersebut yang masih aktif hingga saat ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

"Satu-satunya konservasi penyu yang masih aktif di Provinsi Bengkulu ada di daerah ini," kata dia di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan konservasi penyu di daerah itu dikelola oleh kelompok "Penyu Lestari" Desa Retakilir. Mereka melakukan aktivitas konservasi penyu sejak 2009 hingga saat ini.

Selama aktivitasnya, kata dia, kelompok tersebut telah berhasil melepas 5.934 ekor tukik atau anak penyu ke habitat alamnya.

Pemerintah setempat akan terus memfasilitasi upaya yang dilakukan oleh kelompok tersebut melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan.

Selain itu, kata dia, kontribusi lain yang rutin diberikan oleh pemerintah setempat, berupa bantuan insentif guna memotivasi peningkatan konservasi penyu oleh anggota kelompok tersebut.

Meskipun nilainya tidak besar, kata dia, bantuan dari pemerintah setempat itu minimal dapat meringankan mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Anggota Kelompok "Penyu Lestari" Khairul menyatakan terus menjaga wilayah konservasi penyu di wilayahnya dari aktivitas penebangan liar, termasuk penambangan ilegal emas yang dilakukan oleh oknum warga.

Oleh karena lokasi itu sudah ditetapkan sebagai wilayah konservasi oleh desa setempat, katanya, setiap aktivitas selain konservasi, tidak diperbolehkan dilakukan di wilayah tersebut.

"Kami sudah pernah mengusir penambang liar yang masuk di wilayah ini, dan sekarang mereka sudah pergi," katanya.(ant/rd)

Distanak Pekanbaru Stok 120 Sapi Perhari

Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, mengungkapkan telah mempersiapkan stok sapi sebanyak 120 ekor perhari guna memenuhi kebutuhan daging selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1436 H, di ibu kota Provinsi Riau itu.

Presiden Resmikan Pembangunan Sejumlah PLTP

Presiden Joko Widodo, Minggu pagi menginisiasi pembangunan sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di sejumlah daerah untuk mendorong peningkatan energi listrik nasional.

Penyelenggara Pilkada Mukomuko Tak Punya Kendaraan Operasional

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Syafkani, menyatakan pemerintah setempat tidak punya kendaraan untuk operasional penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah.

Pemkot Gorontalo Ubah Pasar Mingguan Jadi Harian

Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo akan segera mengubah sejumlah pasar mingguan menjadi harian, untuk berjualan kebutuhan pokok masyarakat.

Puluhan Perempuan Pelaku Usaha Miliki Ketrampilan Produksi

Sebanyak 40 perempuan pelaku usaha industri rumah tanggadi Kabupaten Biak Numfor, Papua telah memiliki ketrampilan khusus memproduksi dalam mengolah potensi alam melalui program pelatihan di Makassar, Sulawesi Selatan tahun 2015.