Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bupati: Konservasi Penyu Jadi Kebanggaan Mukomuko

konservasi penyu, bengkulu, bantuan insentif

Posted on 27 Feb 2013. Hits : 296

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus menyatakan konservasi penyu di daerah tersebut yang masih aktif hingga saat ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

"Satu-satunya konservasi penyu yang masih aktif di Provinsi Bengkulu ada di daerah ini," kata dia di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan konservasi penyu di daerah itu dikelola oleh kelompok "Penyu Lestari" Desa Retakilir. Mereka melakukan aktivitas konservasi penyu sejak 2009 hingga saat ini.

Selama aktivitasnya, kata dia, kelompok tersebut telah berhasil melepas 5.934 ekor tukik atau anak penyu ke habitat alamnya.

Pemerintah setempat akan terus memfasilitasi upaya yang dilakukan oleh kelompok tersebut melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan.

Selain itu, kata dia, kontribusi lain yang rutin diberikan oleh pemerintah setempat, berupa bantuan insentif guna memotivasi peningkatan konservasi penyu oleh anggota kelompok tersebut.

Meskipun nilainya tidak besar, kata dia, bantuan dari pemerintah setempat itu minimal dapat meringankan mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Anggota Kelompok "Penyu Lestari" Khairul menyatakan terus menjaga wilayah konservasi penyu di wilayahnya dari aktivitas penebangan liar, termasuk penambangan ilegal emas yang dilakukan oleh oknum warga.

Oleh karena lokasi itu sudah ditetapkan sebagai wilayah konservasi oleh desa setempat, katanya, setiap aktivitas selain konservasi, tidak diperbolehkan dilakukan di wilayah tersebut.

"Kami sudah pernah mengusir penambang liar yang masuk di wilayah ini, dan sekarang mereka sudah pergi," katanya.(ant/rd)

Forum MD2 Bertekad Amandemen UU Keuangan

Forum Anggota MPR, DPR dan DPD (MD2) dengan asal dari Riau bertekad memperjuangkan amandemen Undang-undang No.

Pemkot Luncurkan Layanan Perizinan 'Mobile'

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, meluncurkan program layanan perizinan "mobile" agar lebih transparan soal pembiayaan dan mudah dijangkau masyarakat setempat.

Dinkes Dirikan Pos Kesehatan Natal

Dinas Kesehatan Kota Medan mendirikan 10 pos kesehatan yang tergabung bersama petugas kepolisian untuk mengantisipasi mudik Natal dan Tahun Baru.

Tiongkok Berniat Bantu Rusia Atasi Krisis Ekonomi

Tiongkok berniat membantu Rusia jika dibutuhkan meski di sisi lain yakin bahwa Moskow punya kemampuan untuk mengatasi sendiri krisis ekonomi yang tengah mendera negara tersebut, demikian pernyataan Menteri Luar Negeri Wang Yi sebagaimana dikutip dari surat kabar China Daily Senin.

Sawit Sumber Mas Akuisisi Dua Perusahaan

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk akan mengakuisisi dua perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah sebagai upaya perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan produksi, operasional serta finansial perseroan.