Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bupati: Konservasi Penyu Jadi Kebanggaan Mukomuko

konservasi penyu, bengkulu, bantuan insentif

Posted on 27 Feb 2013. Hits : 296

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus menyatakan konservasi penyu di daerah tersebut yang masih aktif hingga saat ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

"Satu-satunya konservasi penyu yang masih aktif di Provinsi Bengkulu ada di daerah ini," kata dia di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan konservasi penyu di daerah itu dikelola oleh kelompok "Penyu Lestari" Desa Retakilir. Mereka melakukan aktivitas konservasi penyu sejak 2009 hingga saat ini.

Selama aktivitasnya, kata dia, kelompok tersebut telah berhasil melepas 5.934 ekor tukik atau anak penyu ke habitat alamnya.

Pemerintah setempat akan terus memfasilitasi upaya yang dilakukan oleh kelompok tersebut melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan.

Selain itu, kata dia, kontribusi lain yang rutin diberikan oleh pemerintah setempat, berupa bantuan insentif guna memotivasi peningkatan konservasi penyu oleh anggota kelompok tersebut.

Meskipun nilainya tidak besar, kata dia, bantuan dari pemerintah setempat itu minimal dapat meringankan mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Anggota Kelompok "Penyu Lestari" Khairul menyatakan terus menjaga wilayah konservasi penyu di wilayahnya dari aktivitas penebangan liar, termasuk penambangan ilegal emas yang dilakukan oleh oknum warga.

Oleh karena lokasi itu sudah ditetapkan sebagai wilayah konservasi oleh desa setempat, katanya, setiap aktivitas selain konservasi, tidak diperbolehkan dilakukan di wilayah tersebut.

"Kami sudah pernah mengusir penambang liar yang masuk di wilayah ini, dan sekarang mereka sudah pergi," katanya.(ant/rd)

KNPI Dumai Harapkan Perhatian Ke Pemuda Ditingkatkan

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dumai, Provinsi Riau, mengharapkan perhatian pemerintah ke organisasi kepemudaan lebih ditingkatkan agar mereka bisa lebih berperan aktif dalam mendukung kemajuan pembangunan.

Cucu Ahmad Kurnia: Semua Demi Amanah Sang Ayah

Menjadi juru bicara (jubir) Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, agaknya tidak pernah dicita-citakan Cucu Ahmad Kurnia.

Pemprov DKI: Pesta Bikini Ilegal

Undangan pesta bikini untuk merayakan kelulusan SMA/SMK yang beredar di media sosial, dinyatakan Pemprov DKI ilegal.

Kendari Pamerkan Hasil Pembangunan Di Halo Sultra

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), memamerkan hasil-hasil pembangunan pada perayaan Pameran Halo Sultra 2015 di Tirawuta, Kolaka Timur.

DKI Tetapkan 15 Kelurahan Ramah Anak

Pemkot Administrasi Jakarta Barat telah menetapkan 15 wilayah kelurahan sebagai Kelurahan Ramah Anak.