Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bupati: Konservasi Penyu Jadi Kebanggaan Mukomuko

konservasi penyu, bengkulu, bantuan insentif

Posted on 27 Feb 2013. Hits : 296

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus menyatakan konservasi penyu di daerah tersebut yang masih aktif hingga saat ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

"Satu-satunya konservasi penyu yang masih aktif di Provinsi Bengkulu ada di daerah ini," kata dia di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan konservasi penyu di daerah itu dikelola oleh kelompok "Penyu Lestari" Desa Retakilir. Mereka melakukan aktivitas konservasi penyu sejak 2009 hingga saat ini.

Selama aktivitasnya, kata dia, kelompok tersebut telah berhasil melepas 5.934 ekor tukik atau anak penyu ke habitat alamnya.

Pemerintah setempat akan terus memfasilitasi upaya yang dilakukan oleh kelompok tersebut melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan.

Selain itu, kata dia, kontribusi lain yang rutin diberikan oleh pemerintah setempat, berupa bantuan insentif guna memotivasi peningkatan konservasi penyu oleh anggota kelompok tersebut.

Meskipun nilainya tidak besar, kata dia, bantuan dari pemerintah setempat itu minimal dapat meringankan mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Anggota Kelompok "Penyu Lestari" Khairul menyatakan terus menjaga wilayah konservasi penyu di wilayahnya dari aktivitas penebangan liar, termasuk penambangan ilegal emas yang dilakukan oleh oknum warga.

Oleh karena lokasi itu sudah ditetapkan sebagai wilayah konservasi oleh desa setempat, katanya, setiap aktivitas selain konservasi, tidak diperbolehkan dilakukan di wilayah tersebut.

"Kami sudah pernah mengusir penambang liar yang masuk di wilayah ini, dan sekarang mereka sudah pergi," katanya.(ant/rd)

BEI Fokus Kembangkan Pasar Modal Syariah

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku sedang fokus mengembangkan industri pasar modal syariah agar memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi domestik lebih tinggi.

Anggaran Hari Jadi Karawang Sebesar Rp400 Juta

Alokasi anggaran Hari Jadi Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang akan diperingati setiap 14 September sebesar Rp400 juta, bersumber dari APBD tahun 2014.

Pola Penanganan Masalah Sosial Harus Diubah

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Toto Utomo Budi Santosa mengatakan pola penanganan masalah sosial harus diubah sehingga lebih efektif.

Petani Jagung Di Sumbawa Kesulitan Peroleh Pupuk

Para petani jagung di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, mengaku kesulitan memperoleh pupuk bersubsidi, sehingga mengganggu kelancaran usaha tani mereka.

Gorontalo Belajar Pengelolaan Pasar Tradisional Di Kendari

Pemerintah Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, belajar pembangunan dan pengelolaan pasar tradisional moderen di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).