Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bupati: Konservasi Penyu Jadi Kebanggaan Mukomuko

konservasi penyu, bengkulu, bantuan insentif

Posted on 27 Feb 2013. Hits : 290

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus menyatakan konservasi penyu di daerah tersebut yang masih aktif hingga saat ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

"Satu-satunya konservasi penyu yang masih aktif di Provinsi Bengkulu ada di daerah ini," kata dia di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan konservasi penyu di daerah itu dikelola oleh kelompok "Penyu Lestari" Desa Retakilir. Mereka melakukan aktivitas konservasi penyu sejak 2009 hingga saat ini.

Selama aktivitasnya, kata dia, kelompok tersebut telah berhasil melepas 5.934 ekor tukik atau anak penyu ke habitat alamnya.

Pemerintah setempat akan terus memfasilitasi upaya yang dilakukan oleh kelompok tersebut melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan.

Selain itu, kata dia, kontribusi lain yang rutin diberikan oleh pemerintah setempat, berupa bantuan insentif guna memotivasi peningkatan konservasi penyu oleh anggota kelompok tersebut.

Meskipun nilainya tidak besar, kata dia, bantuan dari pemerintah setempat itu minimal dapat meringankan mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Anggota Kelompok "Penyu Lestari" Khairul menyatakan terus menjaga wilayah konservasi penyu di wilayahnya dari aktivitas penebangan liar, termasuk penambangan ilegal emas yang dilakukan oleh oknum warga.

Oleh karena lokasi itu sudah ditetapkan sebagai wilayah konservasi oleh desa setempat, katanya, setiap aktivitas selain konservasi, tidak diperbolehkan dilakukan di wilayah tersebut.

"Kami sudah pernah mengusir penambang liar yang masuk di wilayah ini, dan sekarang mereka sudah pergi," katanya.(ant/rd)

Arus Lalu Lintas Sekitar Simpang Jomin Padat

Arus lalu lintas di sekitar simpang Jomin, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, padat memasuki empat hari setelah lebaran atau H+4 Lebaran, Jumat.

Arus Balik Menggunakan Bus Di Rejanglebong Meningkat

Penumpang arus balik lebaran dari Kabupaten Rejanglebong Bengkulu, tujuan kota-kota di Jawa pada H+4 hari raya Idul Fitri 1435 Hijriyah meningkat drastis.

Objek Wisata Pantai Di Mukomuko Padat Pengunjung

Sedikitnya lima objek wisata pantai di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu sejak hari kedua dan keempat Lebaran dipadati pengunjung para wisatawan dari dan luar daerah ini.

40.000 Penumpang Diperkirakan Padati Giwangan Minggu

Sebanyak 40.000 penumpang diperkirakan memadati Terminal Giwangan Yogyakarta pada puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada H+5 Lebaran atau Minggu (3/8).

Dishub Jamin Keamanan Angkutan Malam

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menjamin keamanan penggunaan angkutan malam hari yang disediakan di terminal-terminal besar Jakarta, seperti Kampung Rambutan, Pulogadung, dan Kalideres.