Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bupati: Konservasi Penyu Jadi Kebanggaan Mukomuko

konservasi penyu, bengkulu, bantuan insentif

Posted on 27 Feb 2013. Hits : 296

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus menyatakan konservasi penyu di daerah tersebut yang masih aktif hingga saat ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

"Satu-satunya konservasi penyu yang masih aktif di Provinsi Bengkulu ada di daerah ini," kata dia di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan konservasi penyu di daerah itu dikelola oleh kelompok "Penyu Lestari" Desa Retakilir. Mereka melakukan aktivitas konservasi penyu sejak 2009 hingga saat ini.

Selama aktivitasnya, kata dia, kelompok tersebut telah berhasil melepas 5.934 ekor tukik atau anak penyu ke habitat alamnya.

Pemerintah setempat akan terus memfasilitasi upaya yang dilakukan oleh kelompok tersebut melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan.

Selain itu, kata dia, kontribusi lain yang rutin diberikan oleh pemerintah setempat, berupa bantuan insentif guna memotivasi peningkatan konservasi penyu oleh anggota kelompok tersebut.

Meskipun nilainya tidak besar, kata dia, bantuan dari pemerintah setempat itu minimal dapat meringankan mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Anggota Kelompok "Penyu Lestari" Khairul menyatakan terus menjaga wilayah konservasi penyu di wilayahnya dari aktivitas penebangan liar, termasuk penambangan ilegal emas yang dilakukan oleh oknum warga.

Oleh karena lokasi itu sudah ditetapkan sebagai wilayah konservasi oleh desa setempat, katanya, setiap aktivitas selain konservasi, tidak diperbolehkan dilakukan di wilayah tersebut.

"Kami sudah pernah mengusir penambang liar yang masuk di wilayah ini, dan sekarang mereka sudah pergi," katanya.(ant/rd)

Dinkes Pangkalpinang Waspadai 'Leptospirosis' Selama Musim Hujan

Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) mewaspadai 'leptospirosis' atau penyakit kencing tikus karena penyebaran penyakit ini cukup rawan selama musim hujan.

Disdik Pangkalpinang Fokuskan Wajib Belajar 4-6 Tahun

Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan lebih fokus pada program wajib belajar 4-6 tahun karena di usia itu perkembangan intelektual lebih tinggi.

Masyarakat Sambut Antusias Program Pelayanan 24 Jam

Masyarakat menyambut antusias program pelayanan administrasi 24 jam yang digelar Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, sebagai bentuk keseriusan bekerja pemerintah.

DPRD : Pemkot Perlu Memperjelas Pembangunan Terminal Terboyo

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang memandang perlu pemkot setempat memperjelas rencana pembangunan Terminal Bus Terboyo Semarang yang nilai anggarannya sebesar Rp25 miliar.

Ombudsman Riau Minta Pemda Intervensi Rumah Sakit

Ombudsman perwakilan Riau meminta pemerintah daerah untuk mengambil langkah guna mengintervensi rumah sakit swasta agar menjadi tempat rujukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sehingga diharapkan bisa mengurangi tumpukan pasien.