Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPN Sasar Tiga Golongan Sertifikasi Tanah 2013

bpn, badan pertanahan nasional, bekasi, sertifikasi tanah

Posted on 09 Jan 2013. Hits : 579

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan memprioritaskan sertifikasi tanah bagi tiga golongan masyarakat mulai 2013.

"Kami memprioritaskan sertifikasi tanah bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, masyarakat pinggiran serta masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," kata Kepala BPN Kabupaten Bekasi, Budi Suryanto, di Bekasi, Rabu.

Menurut dia, program tersebut akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

Menurut Budi, koordinasi dengan pemerintah daerah sangat perlu guna mengetahui berapa banyak warga yang nantinya mendapat sertifikasi atas tanahnya secara tepat sasaran.

Pembuatan sertifikat gratis bagi masyarakat pinggiran di Kabupaten Bekasi ditargetkan mencapai 5.250 sertifikat.

"Data warga yang akurat sangat kami perlukan khususnya pemerintah tingkat bawah yakni aparatur desa," Kata Budi.

Pada 2013, kata dia, proyek nasional agraria (PRONA) serta pertanian juga terus dilakukan selaras dengan sektor koperasi.

"Namun untuk prona dan pertanian terus dilakukan sebagaimana di tahun 2012, dimana angka prona kemungkinan masih tetap sama atau di level 5.000 bidang tanah," katanya.

Selama tahun 2012, kata dia, pihaknya juga telah menyelesaikan sekitar 60.000 permohonan sertifikasi tanah yang dinilai meningkat signifikan jika dibanding tahun 2011.

"Peningkatan ini kemungkinan akibat jumlah penduduk yang semakin meningkat di Kabupaten Bekasi setiap tahun," katanya. (ant/ed)

Unimed Pecahkan Dua Kali Rekor MURI

Universitas Negeri Medan (Unimed) selama tahun 2014 ini telah dua kali memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam bidang pendidikan.

Daerah Resapan Lereng Merapi Perlu Diproteksi

Daerah resapan air di lereng Gunung Merapi di Kabupaten Klaten dan Boyolali, Jawa Tengah, perlu diproteksi agar sumber daya air tetap terjaga, kata peneliti Paris-Sorbonne University, Prancis, Adrian Selles.

DKI: 5 Kelurahan Dipasang Alat Deteksi Banjir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera memasang alat khusus sistem peringatan bencana di lima kelurahan rawan banjir yang ada di Kota Jakarta.

Staf Ahli Sarankan Umat Beragama Jaga Kerukunan

Staf Ahli Bidang Pembangunan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fadli menyarankan kepada seluruh umat beragama agar menjaga kerukunan dan toleransi dalam rangka peningkatan pembangunan nasional.

Tiongkok Serukan Jepang Untuk Akhiri Operasi Jet Tempur Acak

Tiongkok menyerukan Jepang untuk menghentikan operasi pesawat jet tempur acaknya terhadap pesawat Tiongkok menyusul kenaikan jumlah operasi tersebut, dan mengatakan itu sebagai sumber masalah keamanan penerbangan.