Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPN Sasar Tiga Golongan Sertifikasi Tanah 2013

bpn, badan pertanahan nasional, bekasi, sertifikasi tanah

Posted on 09 Jan 2013. Hits : 579

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan memprioritaskan sertifikasi tanah bagi tiga golongan masyarakat mulai 2013.

"Kami memprioritaskan sertifikasi tanah bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, masyarakat pinggiran serta masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," kata Kepala BPN Kabupaten Bekasi, Budi Suryanto, di Bekasi, Rabu.

Menurut dia, program tersebut akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

Menurut Budi, koordinasi dengan pemerintah daerah sangat perlu guna mengetahui berapa banyak warga yang nantinya mendapat sertifikasi atas tanahnya secara tepat sasaran.

Pembuatan sertifikat gratis bagi masyarakat pinggiran di Kabupaten Bekasi ditargetkan mencapai 5.250 sertifikat.

"Data warga yang akurat sangat kami perlukan khususnya pemerintah tingkat bawah yakni aparatur desa," Kata Budi.

Pada 2013, kata dia, proyek nasional agraria (PRONA) serta pertanian juga terus dilakukan selaras dengan sektor koperasi.

"Namun untuk prona dan pertanian terus dilakukan sebagaimana di tahun 2012, dimana angka prona kemungkinan masih tetap sama atau di level 5.000 bidang tanah," katanya.

Selama tahun 2012, kata dia, pihaknya juga telah menyelesaikan sekitar 60.000 permohonan sertifikasi tanah yang dinilai meningkat signifikan jika dibanding tahun 2011.

"Peningkatan ini kemungkinan akibat jumlah penduduk yang semakin meningkat di Kabupaten Bekasi setiap tahun," katanya. (ant/ed)

LIPI Pelajari Keberhasilan Peran Akar Rumput India

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mempelajari dukungan dan penguatan peran masyarakat sebagai sumber inovasi yang berhasil dilakukan di akar rumput India.

Pemkot Bogor Tambah Lima Pengolahan Sampah 3R

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, Jawa Barat, tahun ini berencana menambah lima tempat pengolahan sampah 3R ("reuse", "reduce", and "recycle") berbasis masyarakat.

DPR : Kenaikan Harga BBM Perlu Ditinjau Ulang

Komisi VII DPR RI meminta Menteri ESDM mempertimbangkan kembali kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM sebesar Rp500 pada 28 Maret 2015.

Perayaan Paskah Dimeriahkan Dengan Berburu Ribuan Telur

Perayaan Paskah di Jakarta untuk memperingati Hari Kebangkitan Yesus Kristus akan dimeriahkan dengan berburu ribuan telur di Mal Taman Anggrek pada 4-5 April 2015.

Menteri Pertanian Klarifikasi Terkait Kebijakan Impor Gula

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan klarifikasi terkait dengan kebijakan pemerintah melakukan impor gula guna memenuhi kebutuhan di dalam negeri.