Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPN Sasar Tiga Golongan Sertifikasi Tanah 2013

bpn, badan pertanahan nasional, bekasi, sertifikasi tanah

Posted on 09 Jan 2013. Hits : 579

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan memprioritaskan sertifikasi tanah bagi tiga golongan masyarakat mulai 2013.

"Kami memprioritaskan sertifikasi tanah bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, masyarakat pinggiran serta masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," kata Kepala BPN Kabupaten Bekasi, Budi Suryanto, di Bekasi, Rabu.

Menurut dia, program tersebut akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

Menurut Budi, koordinasi dengan pemerintah daerah sangat perlu guna mengetahui berapa banyak warga yang nantinya mendapat sertifikasi atas tanahnya secara tepat sasaran.

Pembuatan sertifikat gratis bagi masyarakat pinggiran di Kabupaten Bekasi ditargetkan mencapai 5.250 sertifikat.

"Data warga yang akurat sangat kami perlukan khususnya pemerintah tingkat bawah yakni aparatur desa," Kata Budi.

Pada 2013, kata dia, proyek nasional agraria (PRONA) serta pertanian juga terus dilakukan selaras dengan sektor koperasi.

"Namun untuk prona dan pertanian terus dilakukan sebagaimana di tahun 2012, dimana angka prona kemungkinan masih tetap sama atau di level 5.000 bidang tanah," katanya.

Selama tahun 2012, kata dia, pihaknya juga telah menyelesaikan sekitar 60.000 permohonan sertifikasi tanah yang dinilai meningkat signifikan jika dibanding tahun 2011.

"Peningkatan ini kemungkinan akibat jumlah penduduk yang semakin meningkat di Kabupaten Bekasi setiap tahun," katanya. (ant/ed)

Relawan: Komitmen Jokowi Mulai Terbukti

Kalangan pengusaha muda yang tergabung dalam Entrepreneur and Professional for Jokowi menilai komitmen Presiden Joko Widodo terhadap pemberantasan korupsi sudah terbukti dengan upaya menyerahkan nama kandidat menteri ke KPK dan PPATK.

Unjuk Rasa Anti Ahok Ganggu Lalu Lintas

Arus lalu lintas jalan kawasan kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat, terhambat unjuk rasa Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang menolak rencana pengangkatan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menjadi gubernur pengganti Joko Widodo.

Wali Kota Apresiasi Kegiatan Simulasi Teroris

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengapresiasi kegiatan latihan pemeliharaan kemampuan prajurit Satuan Yonif 900/Raider Rindam IX Udayana dalam penanganan aksi terorisme di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

ITS Berstatus PTN-BH

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah resmi berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) terhitung sejak 17 Oktober 2014 bersama Unpad Bandung, Unhas Makassar, dan Undip Semarang.

Indonesia Konsultasi Dengan Brazil

Pemerintah mempersiapkan sesi konsultasi dengan Brazil terkait proteksi perdagangan daging ayam beku dan olahannya, di mana Negeri Samba tersebut telah melaporkan Indonesia ke World Trade Organization.