Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 288

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

SatPol PP Lombok Barat Gusur PKL Membandel

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menggusur puluhan lapak pedagang kaki lima mulai dari kawasan Jalan TGH Lopan hingga Giri Menang Square karena dinilai melanggar aturan.

Dinsos Perhatikan Bakat Seni Anak Jalanan

Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta rencananya akan memberikan perhatian khusus terhadap bakat atau talenta yang dimiliki anak jalanan di bidang seni dan budaya.

DPRD Minta Dishub Pantau Truk Batu Bara

DPRD Batanghari, Jambi melalui Ketua Komisi II M. Amin.

Pemkab Bekasi Pastikan Venue Porda Jabar Siap

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memastikan seluruh venue atau arena pertandingan Pekan Olahraga Daerah Jabar XII/2014 telah siap dipergunakan pada November mendatang.

Ajak Generasi Muda Lebih Cintai Angkutan Umum, UPL TransJakarta Adakan 'TJ Goes to School'

Program TJ Goes to School digulirkan dengan tujuan masyarakat dan generasi muda lebih menyukai angkutan umum daripada pribadi.