Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 238

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

IHSG Juga Naik Tipis di Perdagangan Sore

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu, ditutup naik tipis sebesar 2,79 poin atau 0,06 persen ke posisi 4.

Lebanon Batasi Arus Pengungsi

Lebanon tak bisa memikul beban lebih banyak pengungsi Suriah yang datang ke negeri itu dan akan berusaha membatasi jumlah pengungsi tersebut, kata menteri dalam negeri Lebanon, Selasa (15/4).

Dukungan Optimalisasi Pendidikan Hindu

Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen mendukung berbagai upaya untuk mengoptimalkan pendidikan Hindu sehingga umat dapat lebih baik memahami ajaran agamanya.

Penjualan Properti Nasional Melambat

Penjualan properti secara nasional pada tiga bulan pertama tahun 2014 melambat dibanding tahun sebelumnya, kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Real Estat Indonesia (REI) Eddy Hussy di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Jumlah Anak Terlantar di Sumsel Turun

Dinas Sosial Sumatera Selatan terus berupaya menurunkan jumlah anak terlantar yang berhasil diturunkan di provinsi setempat pada tahun 2014 ini guna meminimalkan berbagai permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat.