Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 288

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Warga Terbantu Dengan Beras Murah Dari Bulog

Sejumlah warga di Kupang, Nusa Tenggara Timur, mengaku sangat terbantu dengan adanya operasi pasar Bulog yang menjual dengan harga murah, jauh di bawah harga beras di pasaran saat ini.

Pecinta Instagram Dirikan Komunitas igersbandung

Pecinta instagram Kota Bandung menggagas "igersbandung" untuk menyalurkan potensi mereka terhadap berbagai agenda komunitas itu.

Pemerintah Waspadai Modus Baru Perekrutan ISIS

Pemerintah mewaspadai modus baru yang dilakukan kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria untuk merekrut anggota baru yaitu melalui kegiatan wisata.

Mensos Cek Kualitas Beras Raskin

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengecek langsung kualitas beras untuk rakyat miskin di gudang Bulog Devisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung di Palembang, Selasa.

Presiden Minta Penyelesaian Masalah KPK Polri Komprehensif

Presiden Joko Widodo meminta penyelesaian ketegangan antara Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilakukan secara komprehensif dan tidak parsial.