Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 288

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Pemerintah DKI Benahi Trotoar di Jakarta Utara

Sejumlah infrakstuktur jalan protokol di Jakarta Utara tengah dibenahi Pemkot Administrasi Jakarta Utara.

Armada Street Sweeper DItambah, Jalan-jalan Protokol di Jakut Dijamin Lebih Resik

Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara menambah tiga unit mobil mobil penyapu sampah di jalan atau street sweeper.

Kekeringan Landa Taman-taman di Jakut

Musim kemarau yang melanda ibu kota dan sekitarnya menyebabkan sejumlah rumput dan tanaman di sejumlah taman di Jakarta Utara mengalami kekeringan.

Universitas Ciputra Gelar Workshop Entrepreneurship untuk Siswa SMA

Universitas Ciputra Surabaya menggelar Workshop Entrepreneurship Siswa bagi para murid SMA Citra Kasih Jakarta dan SMA Citra Berkat Tangerang baru-baru ini.

Ini Tanggapan XXI tentang Masalah Kuota Film Nasional vs Asing

Bisnis bioskop di tanah air tengah mencari keseimbangan antara nasionalisme dan pasar.