Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 288

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Politisi PAN Kembali Terpilih Ketua Apindo Sulbar

Politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) Drs.H.

Sejumlah 'Pewarang' Tulungagung Buka Layanan Memandikan Pusaka

Sejumlah 'pewarang', sesepuh desa atau tokoh adat yang memiliki keahlian merawat benda pusaka di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, membuka layanan memandikan keris dan benda pusaka lainnya yang diyakini memiliki tuah bertepatan bulan Suro/Muharam.

Gema Selawat Badar Di Pantai Takisung Kalsel

Gema Selawat Badar mewarnai awal tahun baru Islam 1 Maharam 1436 Hijriah di Pantai Takisung Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu.

Mamuju Tingkatkan Daya Saing Pelaku Usaha

Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, terus meningkatkan daya saing pelaku usaha dalam rangka meningkatkan ekonomi Mamuju dari sektor industri.

Produksi Minyak Jambi Masih Kecil

Produksi minyak yang dihasilkan dari beberapa sumur minyak di Provinsi Jambi masih terbilang kecil jika dibandingkan dengan produksi minyak daerah lain di Indonesia.