Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 280

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Penjualan Ecerean Meningkat

Hasil survei Bank Indonesia menunjukkan penjualan eceran mengalami peningkatan untuk daerah Semarang karena tingginya tingkat konsumsi masyarakat jelang Lebaran.

Mendagri Surati Jokowi Soal Pengunduran Diri

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi tidak akan menyurati Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk mengundurkan diri dari jabatannya ke DPRD karena telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum sebagai pemenang Pilpres 2014.

Defisit Perdagangan Jepang Melonjak

Defisit perdagangan Jepang melonjak lebih dari empat kali lipat pada Juni dibanding setahun lalu karena ekspor melemah, memperpanjang serangkaian penurunan bulanan dalam pengiriman luar negeri menjadi dua tahun, data menunjukkan Kamis.

Pos Pantau PLN Digerus Abrasi

Pos pantau PLN untuk mengawasi kabel bawah laut Jawa-Bali di Kelurahan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, digerus abrasi sehingga terancam roboh.

Kapal AL Mulai Pelatihan Perang

Amerika Serikat, India dan Jepang siap untuk memulai pelatihan perang selama sepekan di Pasifik, memperkokoh hubungan angkatan laut saat mereka waspada terhadap meningkatnya sikap tegas Tiongkok.