Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 288

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Pembangunan Gedung UPTD Lubukraja OKU Terbengkalai

Pembangunan gedung kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan di Kecamatan Lubukraja, terbengkalai karena pihak pemborong sudah meninggalkan lokasi sebelum pengerjaan bangunan rampung.

RSUP Sanglah Janjikan Remunerasi

Manajemen Rumah Sakit Umum Pemerintah Sanglah, Denpasar, Bali, berjanji membayarkan remunerasi atau tunjangan kinerja karyawan pada 7 November 2014.

Kurikulum 2013 Belum Mencerminkan Revolusi Mental

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta, Larso Marbun menilai kurikulum 2013 belum mencerminkan revolusi mental yang ingin dilakukan pemerintahan baru, sehingga perlu diperbaiki.

Dinas Pariwisata Dorong Peningkatan Kunjungan Wisatawan

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan terus mendorong peningkatan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara melalui berbagai promosi dan kegiatan.

Pemprov Maluku Bangun Patung Mantan Menkes Siwabessy

Pemerintah Provinsi Maluku merampungkan pembangunan patung mantan Menteri Kesehatan dr.