Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 288

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Heri Akhmadi : RUU Pilkada Bisa Akomodasi Papua

Anggota Komisi I DPR RI Heri Akhmadi menegaskan bahwa RUU Pilkada itu sangat mungkin akan bisa mengakomodasi daerah-daerah yang belum siap dengan pilkada langsung, seperti Papua.

Padang Berhasil Tingkatkan Produksi Padi 10,01 Persen

Pemerintah Kota Padang berhasil meningkatkan produksi padi sebesar 10,01 persen pada 2013 dibandingkan 2012 sehingga mendapat penghargaan Ketahanan Pangan dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Asosiasi : Pengembangan Gas Bumi Butuh Kebijakan Terintegrasi

Asosiasi Gas Indonesia mengemukakan untuk mengembangkan gas bumi nasional, pemerintah harus mempunyai perencanaan kebijakan yang terintegrasi dari hulu sampai hilir sehingga pemanfaatan sumber daya tersebut akan lebih optimal.

BRI Akan Realisasikan Kapal Teras Dorong Layanan

Perseroan Terbatas Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) akan merealisasikan satu unit Kapal Teras pada tahun ini untuk mendorong layanan di pulau-pulau kecil Indonesia.

Pengembangan Wilayah Memerlukan Pemimpin Dinamis

Pengembangan wilayah memerlukan pemimpin yang mampu menggerakkan dinamika pembangunan menuju cita-cita mulia, kata Guru Besar Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Baiquni.