Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 288

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Adaro Bukukan Pendapatan 1,399 Miliar Dolar AS

PT Adaro Energy Tbk (ADRO) membukukan penurunan pendapatan pada semester pertama 2015 sebesar 17 persen menjadi 1,399 miliar dolar AS dibandingkan periode sama tahun sebelumnya 1,693 miliar dolar AS.

Inspektorat Audit Dana Hibah Di Bawaslu NT

Tim audit dari Inspektorat Nusa Tenggara Barat melakukan audit khusus terhadap Badan Pengawas Pemilihan Umum NTB terkait penggunaan dana hibah pilkada tahun 2013 sebesar Rp13,5 miliar.

Masyarakat Diharapkan Hindari Kawasan Jalan Merdeka Barat

Masyarakat diharapkan menghindari kawasan Jalan Medan Merdeka Barat hingga Istana Negara pada Selasa (1/8), mengingat akan ada aksi dari sekitar 48.

UMK Siap Berkompetisi Di Tingkat Global

Universitas Muria Kudus (UMK), Jawa Tengah, menyatakan kesiapannya bersaing di tingkat global, menyusul diterimanya akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Bupati Minahasa Tenggara Minta Pelayanan PLN Ditingkatkan

Bupati Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, James Sumendap meminta PLN meningkatkan manajemen pelayanan listrik bagi masyarakat.