Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 282

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Presiden Brazil Kutuk 'Pembantaian' Israel Di Gaza

Presiden Brazil Dilma Rousseff mengutuk serangan Israel di Gaza sebagai 'pembantaian', Senin, bergabung dengan seruan internasional untuk menghentikan pertumpahan darah di wilayah pendudukan itu.

Mukomuko Akan Tegur Penyedia Hiburan Tidak Berizin

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memberikan sanksi teguran terhadap penyedia hiburan rakyat di objek wisata di daerah itu yang tidak mengantongi izin lokasi dari instansi terkait.

Empat Rumah Di Jambi Tebakar Disaat Belebaran

Empat rumah bedeng yang berada di Kelurahan Jambi Timur, Kota Jambi, Senin, habis terbakar disaat suasana lebaran 1435 H, dan dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa hanya kerugian materi yang dialami penghuninya.

Gelandang Bosnia Muhamed Besic Bergabung Di Everton

Gelandang Bosnia Muhamed Besic bergabung dengan Everton dari klub Hungaria Ferencvaros dengan fee yang tidak disebutkan, demikian pernyataan klub liga utama Inggris itu pada Senin waktu setempat.

38 Peti Jenazah Korban MH-17 Tiba Di Belanda

Sebanyak 38 peti jenazah penumpang pesawat maskapai penerbangan Malaysia MH-17 kembali tiba di Bandar Udara militer Belanda di Einhoven dari Kharkiv Ukraina, dengan diangkut dua pesawat C-130 Hercules Kerajaan Belanda dan pesawat Boeing C-17 Australia.