Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 239

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Pelatih Rajawali Puji Permainan Timnya Walau Kalah

Pelatih Rajawali Bandung, Arifin, memuji permainan timnya meski kembali gagal meraih kemenangan perdana mereka di Liga Bola Basket Putri Nasional (WNBL) 2013-2014 setelah dikalahkan Sahabat Wisam Sehati Semarang 64-69.

Peneliti: Elektabilitas Ical Cenderung Stagnan

Peneliti Senior Founding Fathers House Dian Permata menilai elektabilitas Aburizal Bakrie (ARB) cenderung stagnan yaitu hanya naik satu persen dan tidak linear dengan perolehan elektabilitas partai Golkar.

Realisasi KUR Capai Rp1,45 Triliun

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara Luctor Tapiheru mengatakan realisasi kredit usaha rakyat di daerah tersebut hingga Februari 2014 mencapai Rp1,45 triliun.

PSP Padang Tuan Rumah Divisi Satu

Persatuan Sepak Bola Padang (PSP) ditunjuk PSSI pusat menjadi tuan rumah pelaksana kompetisi grup tiga divisi satu yang akan dimulai 29 April 2014.

Tim Pelatih Kurang Puas Terhadap Kemenangan Fever

Tim pelatih Surabaya Fever kurang puas terhadap kemenangan mereka atas Sritex Dragons Enduro Solo dengan skor 66-58 dalam laga lanjutan Seri IV Liga Bola Basket Putri Nasional (WNBL) Indonesia 2013-2014.