Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 288

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Masyarakat Lebak Diminta Lakukan Penghijauan Cegah Longsor

Masyarakat Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, diminta melakukan gerakan penghijauan dengan menanam di lahan konservasi untuk mencegah bencana longsor di daerah itu.

Juventus Kembali Raup Poin Penuh

Juventus mengalahkan Cagliari 3-1 pada laga tandang, Kamis, untuk mengakhiri tiga laga tanpa kemenangan dan naik dengan keunggulan empat poin di puncak klasemen Liga Italia.

BP Batam-BIG Kerja Sama Informasi Geospasial

Badan Pengusahaan Batam menjalin kerja sama dengan Badan Informasi Geospasial dalam bidang informasi geospasial dalam rangka menyinergikan kemampuan dan potensi sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga tersebut.

Petani Israel Dicegah Masuk Tanah Pertaniannya

Tentara Israel Rabu mencegah para petani di desa Jaloud, sebelah selatan Nablus, dari mengolah tanah mereka, menurut sumber-sumber lokal.

Kebakaran Terjadi di Pemukiman Padat Penduduk

Kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk di Kampung Ganis, Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Jumat dini hari.