Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPAD: Minat Baca Masyarakat Kalteng Meningkat

minat baca masyarakat, lembaga penjamin mutu pendidikan

Posted on 13 May 2013. Hits : 264

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kalimantan Tengah Rudiansyah Iden mengemukakan minat baca masyarakat setempat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

'Hal itu terlihat dari masyarakat yang mengunjungi perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Kalteng di tahun 2012 mencapai 110 ribu atau meningkat 10 persen dibandingkat tahun 2011,' katanya di Palangka Raya, Senin Ia mengatakan jumlah itu yang tercatat di perpustakaan pemprov.

'Belum lagi perpustakaan milik lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP), STAIN, maupun lembaga lainnya,' katanya.

Ia menjelaskan minat baca masyarakat dipengaruhi beberapa hal, yaknipemberitaan di media yang semakin mendidik dan memberikan informasi tentang banyak hal, kemajuan pendidikan, dan pembangunan di Provinsi 'Bumi Tambun Bungai' itu.

Selain itu, katanya, kehadiran dan pembentukan perpustakaan mini di 427 desa se-Kalteng semakin menambah minat masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan untuk mencari atau memenuhi kebutuhan profesinya.

'Program Kalteng Harati atau Kalteng Cerdas yang dicanangkan Gubernur Agustin Teras Narang juga memberikan dampak positf terhadap peningkatan minat baca masyarakat,' kata Iden.

Ia mengatakan minat baca masyarakat dapat meningkat secara pesat apabila semua pihak, khususnya kepala maupun perangkat desa, memberikan perhatian lebih baik lagi terhadap perpustakaan.

Ia mengatakan pemprov telah membangun dan memiliki perpustakaan di 427 dari 1.500 desa di 'Bumi Pancasila' itu dengan jumlah buku mencapai 1.000 eksemplar.(ant/rd)

Bonita & The Hus Band Akan Hadir Lusa

Setelah menelurkan beberapa karya solo pada 2003, penyanyi Bonita menggaet Adoy, Bharata dan Jimmy Tobing untuk membentuk Bonita & The Hus Band.

Sampah Terus Melimpah, Jumlah Truk Sampah Harus Ditambah

Menurut catatan data truk sampah di DKI Jakarta dari data.

7 Film Pendek Asli Indonesia Pemenang Penghargaan Dunia Akan Diputar Gratis

Ingin menikmati film-film asli karya sineas Indonesia yang diputar di berbagai festival dunia? Hadiri Arthouse Cinema pada tanggal 26 Mei jam 19:00 di Goethe-Institut, Jl.

CSR Agar Digarap Lebih Produktif

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tampak berbincang bersama Sukowati Sosrojoyo dari Reso Group.

Ahok Salami Para PKL Lenggang Jakarta

Setelah memberikan pidato sambutan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyempatkan diri menyapa dan beramah tamah dengan sejumlah pedagang kaki lima yang menempati kios di Lenggang Jakarta, Monas, sore hari tadi.