Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPAD: Minat Baca Masyarakat Kalteng Meningkat

minat baca masyarakat, lembaga penjamin mutu pendidikan

Posted on 13 May 2013. Hits : 264

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kalimantan Tengah Rudiansyah Iden mengemukakan minat baca masyarakat setempat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

'Hal itu terlihat dari masyarakat yang mengunjungi perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Kalteng di tahun 2012 mencapai 110 ribu atau meningkat 10 persen dibandingkat tahun 2011,' katanya di Palangka Raya, Senin Ia mengatakan jumlah itu yang tercatat di perpustakaan pemprov.

'Belum lagi perpustakaan milik lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP), STAIN, maupun lembaga lainnya,' katanya.

Ia menjelaskan minat baca masyarakat dipengaruhi beberapa hal, yaknipemberitaan di media yang semakin mendidik dan memberikan informasi tentang banyak hal, kemajuan pendidikan, dan pembangunan di Provinsi 'Bumi Tambun Bungai' itu.

Selain itu, katanya, kehadiran dan pembentukan perpustakaan mini di 427 desa se-Kalteng semakin menambah minat masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan untuk mencari atau memenuhi kebutuhan profesinya.

'Program Kalteng Harati atau Kalteng Cerdas yang dicanangkan Gubernur Agustin Teras Narang juga memberikan dampak positf terhadap peningkatan minat baca masyarakat,' kata Iden.

Ia mengatakan minat baca masyarakat dapat meningkat secara pesat apabila semua pihak, khususnya kepala maupun perangkat desa, memberikan perhatian lebih baik lagi terhadap perpustakaan.

Ia mengatakan pemprov telah membangun dan memiliki perpustakaan di 427 dari 1.500 desa di 'Bumi Pancasila' itu dengan jumlah buku mencapai 1.000 eksemplar.(ant/rd)

Perempuan Terpilih Tetap Komitmen Perjuangkan Kaumnya

Ria Oktarina, adalah salah seorang anggota DPRD Provinsi Bengkulu terpilih dan telah dilantik Senin lalu mengatakan dirinya tetap sesuai dengan komitmen awal, yakni fokus pada perjuangan hak-hak perempuan.

Pemerintah Terbitkan Sukuk 1,5 Miliar Dolar AS

Pemerintah menerbitkan surat berharga syariah negara atau sukuk global sebesar 1,5 miliar dolar AS untuk memenuhi sebagian pembiayaan dalam APBN Perubahan 2014.

Darlis Berniat Maju Di Pilbup Kukar

Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Kaltim Darlis Pattalongi berniat untuk ikut meramaikan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kutai Kartanegara 2015 mendatang.

Perampok Tembak Pedagang Buah

Abdullah, seorang pedagang buah di Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, tewas ditembak setelah dibuntuti empat orang tak dikenal.

Welbeck Dinilai Bakal Bersinar di Arsenal

Keputusan Arsenal untuk medatangkan Danny Welbeck dari Manchester United dinilai sebagai langkah brilian yang dilakukan Arsene Wenger.