Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPAD: Minat Baca Masyarakat Kalteng Meningkat

minat baca masyarakat, lembaga penjamin mutu pendidikan

Posted on 13 May 2013. Hits : 264

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kalimantan Tengah Rudiansyah Iden mengemukakan minat baca masyarakat setempat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

'Hal itu terlihat dari masyarakat yang mengunjungi perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Kalteng di tahun 2012 mencapai 110 ribu atau meningkat 10 persen dibandingkat tahun 2011,' katanya di Palangka Raya, Senin Ia mengatakan jumlah itu yang tercatat di perpustakaan pemprov.

'Belum lagi perpustakaan milik lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP), STAIN, maupun lembaga lainnya,' katanya.

Ia menjelaskan minat baca masyarakat dipengaruhi beberapa hal, yaknipemberitaan di media yang semakin mendidik dan memberikan informasi tentang banyak hal, kemajuan pendidikan, dan pembangunan di Provinsi 'Bumi Tambun Bungai' itu.

Selain itu, katanya, kehadiran dan pembentukan perpustakaan mini di 427 desa se-Kalteng semakin menambah minat masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan untuk mencari atau memenuhi kebutuhan profesinya.

'Program Kalteng Harati atau Kalteng Cerdas yang dicanangkan Gubernur Agustin Teras Narang juga memberikan dampak positf terhadap peningkatan minat baca masyarakat,' kata Iden.

Ia mengatakan minat baca masyarakat dapat meningkat secara pesat apabila semua pihak, khususnya kepala maupun perangkat desa, memberikan perhatian lebih baik lagi terhadap perpustakaan.

Ia mengatakan pemprov telah membangun dan memiliki perpustakaan di 427 dari 1.500 desa di 'Bumi Pancasila' itu dengan jumlah buku mencapai 1.000 eksemplar.(ant/rd)

Publik Perlu Menghormati Keputusan Penegak Hukum

Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Henny S Widyaningsih meminta publik menghormati keputusan penegak hukum yang tidak ingin mengungkapkan segala hal terkait dengan penyelidikan dan penyidikan kasus meninggalnya Wayan Mirna Salihin.

Universitas Andalas Selenggarakan Tiga Jalur Seleksi

Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) merencanakan menampung sebanyak 4.

Film 'Spotlight' Diperkenalkan di Indonesia Bertepatan Hari Pers Nasional

Film Hollywood berjudul Spotlight karya sutradara Amerika Serikat Tom McCarthy diputar untuk pertama kalinya bagi insan media Indonesia bertepatan dengan puncak Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari 2016.

Pemerintah Taiwan Berikan Beasiswa Untuk Pelajar Indonesia

Kesempatan Beasiswa Taiwan 2016 kembali tersedia buat pelajar Indonesia.

Ahok: Genangan Muncul karena Saluran Tersumbat

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan penyebab utama munculnya genangan air di sejumlah wilayah ibu kota adalah saluran-saluran air yang tersumbat.