Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPAD: Minat Baca Masyarakat Kalteng Meningkat

minat baca masyarakat, lembaga penjamin mutu pendidikan

Posted on 13 May 2013. Hits : 264

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kalimantan Tengah Rudiansyah Iden mengemukakan minat baca masyarakat setempat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

'Hal itu terlihat dari masyarakat yang mengunjungi perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Kalteng di tahun 2012 mencapai 110 ribu atau meningkat 10 persen dibandingkat tahun 2011,' katanya di Palangka Raya, Senin Ia mengatakan jumlah itu yang tercatat di perpustakaan pemprov.

'Belum lagi perpustakaan milik lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP), STAIN, maupun lembaga lainnya,' katanya.

Ia menjelaskan minat baca masyarakat dipengaruhi beberapa hal, yaknipemberitaan di media yang semakin mendidik dan memberikan informasi tentang banyak hal, kemajuan pendidikan, dan pembangunan di Provinsi 'Bumi Tambun Bungai' itu.

Selain itu, katanya, kehadiran dan pembentukan perpustakaan mini di 427 desa se-Kalteng semakin menambah minat masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan untuk mencari atau memenuhi kebutuhan profesinya.

'Program Kalteng Harati atau Kalteng Cerdas yang dicanangkan Gubernur Agustin Teras Narang juga memberikan dampak positf terhadap peningkatan minat baca masyarakat,' kata Iden.

Ia mengatakan minat baca masyarakat dapat meningkat secara pesat apabila semua pihak, khususnya kepala maupun perangkat desa, memberikan perhatian lebih baik lagi terhadap perpustakaan.

Ia mengatakan pemprov telah membangun dan memiliki perpustakaan di 427 dari 1.500 desa di 'Bumi Pancasila' itu dengan jumlah buku mencapai 1.000 eksemplar.(ant/rd)

Agama Suku Baduy Diminta Masuk E-KTP

Pemuka adat Baduy yang tinggal di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, meminta pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mencantumkan kepercayaan Sunda Wiwitan sebagai agama pada kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP.

Kalteng Target Satu Desa Satu PAUD

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan program satu desa satu satu lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) pada 2015 nanti.

Aceh Ekspor Daun Nipah

Pengusaha Aceh akan melakukan ekspor perdana daun nipah sebagai salah satu bahan baku pembuat rokok ke Malaysia melalui Pelabuhan Kuala Langsa, Kota Langsa.

Jokowi Diminta Benahi 'Sea Coast Guard'

Kamar Dagang dan Industri Indonesia meminta pemerintahan Joko Widodo untuk membenahi masalah Badan Penjagaan Laut dan Pantai (Sea and Coast Guard) yang belum disahkan.

Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Masih Rendah

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencatat angka konsumsi ikan warga di daerah itu hingga saat ini masih rendah atau jauh di bawah rata-rata perkapita nasional.