Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPAD: Minat Baca Masyarakat Kalteng Meningkat

minat baca masyarakat, lembaga penjamin mutu pendidikan

Posted on 13 May 2013. Hits : 264

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kalimantan Tengah Rudiansyah Iden mengemukakan minat baca masyarakat setempat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

'Hal itu terlihat dari masyarakat yang mengunjungi perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Kalteng di tahun 2012 mencapai 110 ribu atau meningkat 10 persen dibandingkat tahun 2011,' katanya di Palangka Raya, Senin Ia mengatakan jumlah itu yang tercatat di perpustakaan pemprov.

'Belum lagi perpustakaan milik lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP), STAIN, maupun lembaga lainnya,' katanya.

Ia menjelaskan minat baca masyarakat dipengaruhi beberapa hal, yaknipemberitaan di media yang semakin mendidik dan memberikan informasi tentang banyak hal, kemajuan pendidikan, dan pembangunan di Provinsi 'Bumi Tambun Bungai' itu.

Selain itu, katanya, kehadiran dan pembentukan perpustakaan mini di 427 desa se-Kalteng semakin menambah minat masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan untuk mencari atau memenuhi kebutuhan profesinya.

'Program Kalteng Harati atau Kalteng Cerdas yang dicanangkan Gubernur Agustin Teras Narang juga memberikan dampak positf terhadap peningkatan minat baca masyarakat,' kata Iden.

Ia mengatakan minat baca masyarakat dapat meningkat secara pesat apabila semua pihak, khususnya kepala maupun perangkat desa, memberikan perhatian lebih baik lagi terhadap perpustakaan.

Ia mengatakan pemprov telah membangun dan memiliki perpustakaan di 427 dari 1.500 desa di 'Bumi Pancasila' itu dengan jumlah buku mencapai 1.000 eksemplar.(ant/rd)

Pelindo II Terbitkan Obligasi 1 Miliar Dolar

PT Pelindo II (Persero) berencana menerbitkan surat utang (obligasi) senilai 1 miliar dolar AS atau setara dengan sekitar Rp12 triliun yang akan direalisasikan pada akhir kuartal I 2015.

Kampung Konservasi Diharapkan Jaga Ekosistem Taman Nasional

Model kampung konservasi yang diterapkan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan pengelolah Taman Nasional Halimun Salak diharapkan dapat membantu menjaga ekosistem taman nasional tersebut.

Bangka Barat Tingkatkan Kualitas Produksi Ikan Olahan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kualitas produk olahan ikan yang digeluti masyarakat pesisir di daerah itu.

Generasi Muda Diharapkan Majukan Industri Kreatif

Musisi senior Tohpati mengharapkan generasi muda terus mengembangkan industri kreatif di Indonesia dengan cara terus berkreasi di berbagai ajang.

KAI Berlakukan Tiket Thermal 1 November

PT KAI Daop II Bandung akan memberlakukan tiket Thermal atau tiket jenis baru khusus bagi penumpang KA jarak dekat mulai 1 November 2014.