Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Biaya Kuliah di Universitas Brawijaya Bisa Diangsur

biaya kuliah diangsur, ub, universitas brawijaya, malang, uang kuliah tunggal

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 927

Biaya kuliah di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, mulai tahun akademik 2013/2014 bisa diangsur hingga lulus karena kampus itu akan menerapkan uang kuliah tunggal.

Pembantu Rektor II UB Prof Dr Warkum Sumitro, Selasa mengemukakan dengan diterapkannya uang kuliah tunggal, sistem pembiayaan akan semakin praktis karena biaya yang ditentukan per jurusan tidak lagi ada rincian.

"Kalau sebelumnya kan ada uang gedung yang harus dibayarkan pada awal mulai diterima sebagai mahasiswa, tapi mulai tahun akademik 2013/2014 tidak diberlakukan lagi. Dan, uang gedung bisa diangsur tiap semester hingga lulus kuliah," katanya.

Menurut dia, biaya yang nantinya dibayarkan oleh mahasiswa sudah dalam bentuk akumulasi selama menempuh pendidikan tinggi atau sampai mahasiswa lulus, bahkan penghitungan biaya kuliah setiap jurusan sudah selesai.

Hanya saja, Warkum enggan menyebutkan berapa nominal yang harus dibayarkan setiap mahasiswa per semesternya. Ia hanya menyebutkan, jika biaya terendah ada di Fakultas Peternakan dan Perikanan dan tertinggi di Fakultas Kedokteran.

Ia mengaku, UB sudah siap menerapkan instruksi Kemendikbud terkait pelaksanaan uang kuliah tunggal tersebut. Dengan penerapan uang kuliah tunggal itu, mahasiswa baru tidak lagi dibebani uang gedung, biaya laboratorium, biaya ujian maupun biaya skripsi serta biaya-biaya lainnya.

Warkum mencontohkan, untuk biaya kuliah sampai lulus di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) sekitar Rp32 juta, maka nominal itu dibagi selama delapan semester, sehingga rata-rata biaya per semesternya sebesar Rp4 juta.

Sebenarnya, katanya, dengan sistem uang kuliah tunggal ini beban mahasiswa menjadi ringan.

Menyinggung anggaran operasional UB selama satu tahun, Warkum menyebutkan, sebesar Rp1,125 triliun, termasuk untuk membayar gaji dosen dan karyawan. Kebutuhan anggaran tersebut berasal dari bantuan pemerintah, partisipasi wali mahasiswa serta keuntungan dari unit-unit bisnis UB.

"Meskipun nantinya kami menerapkan uang kuliah tunggal, kami juga tetap mengacu pada sistem proporsional, artinya tetap disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa. Kalau kurang mampu biaya kuliahnya sekian dan yang mampu juga sekian, sehingga ada subsidi silang," katanya. (ant/ed)

Filipina Bangun Sistem Bantuan Buat Tenaga Kerjanya Di Negara Bergolak

Pemerintah Filipina telah mempersiapkan paket bantuan penyatuan menyeluruh dan layanan buat tenaga kerja Filipina di luar negeri (OFW) yang dipulangkan berdasarkan perintah pemulangan wajib dari negara yang dicabik perang, kata pejabat senior pemerintah, Rabu.

Kemenhub Tegaskan Pengawasan Perahu Penumpang Agar Diperketat

Kementerian Perhubungan menegaskan pihak terkait dapat memperketat pengawasan terhadap perahu penumpang antardaerah agar kejadian nahas seperti tenggelamnya Kapal 'Berkat Bersaudara' di perairan Kuala Kapuas tidak terulang lagi.

Jalur Mudik Suramadu-Blega Rawan Kriminal

Jalur mudik dari Jembatan Suramadu hingga Blega, Bangkalan, Jawa Timur, rawan tindakan kriminal sehingga para pemudik diimbau lebih berhati-hati dan disarankan melakukan perjalanan di siang hari.

Belum Terjadi Peningkatan Arus Balik Di Cicaheum

Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, belum menunjukkan peningkatan arus balik penumpang bus yang datang dari beberapa kota di Jabar, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dua hari setelah Lebaran, Rabu.

Empat Korban Feri Tenggelam Ditemukan

RSUD H Soemarno Sosroatmodjo, Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, menyebutkan hingga Rabu sore pihak Tim SAR gabungan menemukan empat korban feri tenggelam dari enam korban yang hilang.