Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bekasi Tetapkan Sukamulya Percontohan Kota Layak Anak

bekasi, kota layak anak, sukamulya

Posted on 12 Nov 2012. Hits : 383

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menetapkan Desa Sukamulya, Kabupaten Bekasi, sebagai percontohan kota layak anak di wilayah setempat, ujar Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Bekasi, Hasan Bisri.

"Infrastruktur dan pengelolaannya sudah siap berupa tanah seluas 7.000 meter persegi di Kecamatan Sukatani, sebagai fasilitas bermain dan kehadiran forum anak daerah selaku pengelola," kata Hasan Bisri di Cikarang, Senin.

Menurut dia, dana awal yang dibutuhkan untuk merealisasikan rencana itu sebesar Rp350 juta yang akan dialokasikan dari uang pribadinya.

Dana itu akan diperruntukan bagi pembuatan perpustakaan, fasilitas bermain, klinik, aula, dan berbagai kebutuhan lainnya yanng menunjang program kota layak anak.

"Kami menargetkan prosesnya rampung pada Maret 2013. Pada penghujung November 2012 ini pembangunan fisik sudah bisa dimulai," ujarnya.

Pascapembangunan fisik rampung, kata dia, prosesnya akan dilanjutkan dengan membentuk forum anak daerah yang bertanggung jawab mengelola kawasan tersebut termasuk pengelolaan keuangan negara berupa dana hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp50 juta pertahun.

"Dana itu yang kemudian harus dikelola secara profesional demi terwujudnya kota layak anak yang sesuai harapan dan berkelanjutan," katanya.

Dana hibah itu, kata dia, akan dimanfaatkan untuk berbagai sarana dan prasarana kebutuhan anak seperti, tempat kesenian dan budaya, pelatihan membaca, pusat kesehatan anak dan lainnya.

Secara terpisah Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bekasi, Aat Barhati, mengapresiasi niat tersebut.

"Keberadaan ruang khusus anak sangat dinanti warga di tengah ruang terrbuka hijau yang saat ini semakinn menyusut akibat lahan industri," katanya. (ant/as)

Relawan: Komitmen Jokowi Mulai Terbukti

Kalangan pengusaha muda yang tergabung dalam Entrepreneur and Professional for Jokowi menilai komitmen Presiden Joko Widodo terhadap pemberantasan korupsi sudah terbukti dengan upaya menyerahkan nama kandidat menteri ke KPK dan PPATK.

Unjuk Rasa Anti Ahok Ganggu Lalu Lintas

Arus lalu lintas jalan kawasan kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat, terhambat unjuk rasa Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang menolak rencana pengangkatan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menjadi gubernur pengganti Joko Widodo.

Wali Kota Apresiasi Kegiatan Simulasi Teroris

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengapresiasi kegiatan latihan pemeliharaan kemampuan prajurit Satuan Yonif 900/Raider Rindam IX Udayana dalam penanganan aksi terorisme di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

ITS Berstatus PTN-BH

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah resmi berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) terhitung sejak 17 Oktober 2014 bersama Unpad Bandung, Unhas Makassar, dan Undip Semarang.

Indonesia Konsultasi Dengan Brazil

Pemerintah mempersiapkan sesi konsultasi dengan Brazil terkait proteksi perdagangan daging ayam beku dan olahannya, di mana Negeri Samba tersebut telah melaporkan Indonesia ke World Trade Organization.