Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bea dan Cukai Minta Pemindahan Pelabuhan Internasional Nunukan

bea, cukai, pelabuhan, nunukan

Posted on 17 Apr 2013. Hits : 301

Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Nunukan mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur segera memindahkan Pelabuhan Internasional Nunukan-Tawau Malaysia.

"Kami dari bea cukai sangat mengharapkan kepada pemda Nunukan supaya pelabuhan kapal angkut resmi Nunukan-Tawau secepatnya dipindahkan," Kepala Sub Seksi Pelayanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Nunukan, Aries Fourisa di Nunukan, Rabu.

Menurut dia, suasana Pelabuhan Tunon Taka saat tidak steril lagi sehingga sangat mengganggu pengawasan pihak bea cukai terhadap indikasi masuknya barang-barang terlarang dari luar negeri.

Aries menambahkan, keinginan bea cukai agar pelabuhan internasional segera dipindahkan mengingat di Pelabuhan Tunon Taka semua bisa masuk walaupun bukan pihak yang berkewenangan menyebabkan pengawasan sulit dilakukan secara ketat.

Rencana pemindahan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau dan sebaliknya di Pelabuhan Lamijung di Tanah Merah tersebut sangat mendukung segala kegiatan bea cukai karena dipastikan tidak semua bisa memasuki area itu, katanya.

"Kita masih terkendala untuk memperketat pengawasan masuknya barang terlarang dari Malaysia di pelabuhan yang ada sekarang karena semua orang bebas keluar masuk termasuk dari aparat kepolisian dan TNI," ujar Aries.

Padahal, lanjut dia, di area pelabuhan internasional yang berkewenangan keluar masuk hanya petugas tertentu seperti bea cukai, imigrasi dan karantina dan selain itu sebenarnya tidak dibenarkan.

Ia mengatakan, hal itu sulit dilakukan berhubung kondisi pelabuhan yang tidak steril, maka masuknya barang terlarang seperti narkoba dan minuman keras akan sulit diawasi secara ketat.

Sebelumnya Pemkab Nunukan berencana memindahkan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau paling lambat Maret 2013. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk dipindahkan. (bn)

Kota Bogor Sebar 'Park Ranger' Menjaga Taman

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat menyebar anggota 'Park Ranger' yang bertugas selama 24 jam untuk mengawasi, menjaga dan melindungi taman-taman dari kerusakan yang disebabkan oleh tangan-tangan jahil.

ABS Belum Tetapkan Pasangan Pada Pilkada Balikpapan

Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) dari Partai Golongan Karya (Golkar), Andi Burhanuddin Solong (ABS) sampai saat ini belum menetapkan pasangannya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan.

Dewan Pengupahan Mamuju Survei Kebutuhan Hidup Layak

Dewan Pengupahan Daerah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, akan segera melakukan survei Kebutuhan Hidup Layak (KLH) untuk menjadi rujukan menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) di tahun 2016.

Asperindo Ancam Angkasa Pura Logistik Ke KPK

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Expres Indonesia (Asperindo) mengancam akan melaporkan PT Angkasa Pura Logistik (APL) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan indikasi penyalahgunaan kewenangan dalam penerapan aturan dan pungutan liar.

Peserta UN Paket 2015 Nunukan 745 Orang

Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara merilis jumlah peserta yang ikut ujian nasional (UN) untuk paket A, B dan C pada 2015 sebanyak 745 orang.