Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bea dan Cukai Minta Pemindahan Pelabuhan Internasional Nunukan

bea, cukai, pelabuhan, nunukan

Posted on 17 Apr 2013. Hits : 301

Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Nunukan mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur segera memindahkan Pelabuhan Internasional Nunukan-Tawau Malaysia.

"Kami dari bea cukai sangat mengharapkan kepada pemda Nunukan supaya pelabuhan kapal angkut resmi Nunukan-Tawau secepatnya dipindahkan," Kepala Sub Seksi Pelayanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Nunukan, Aries Fourisa di Nunukan, Rabu.

Menurut dia, suasana Pelabuhan Tunon Taka saat tidak steril lagi sehingga sangat mengganggu pengawasan pihak bea cukai terhadap indikasi masuknya barang-barang terlarang dari luar negeri.

Aries menambahkan, keinginan bea cukai agar pelabuhan internasional segera dipindahkan mengingat di Pelabuhan Tunon Taka semua bisa masuk walaupun bukan pihak yang berkewenangan menyebabkan pengawasan sulit dilakukan secara ketat.

Rencana pemindahan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau dan sebaliknya di Pelabuhan Lamijung di Tanah Merah tersebut sangat mendukung segala kegiatan bea cukai karena dipastikan tidak semua bisa memasuki area itu, katanya.

"Kita masih terkendala untuk memperketat pengawasan masuknya barang terlarang dari Malaysia di pelabuhan yang ada sekarang karena semua orang bebas keluar masuk termasuk dari aparat kepolisian dan TNI," ujar Aries.

Padahal, lanjut dia, di area pelabuhan internasional yang berkewenangan keluar masuk hanya petugas tertentu seperti bea cukai, imigrasi dan karantina dan selain itu sebenarnya tidak dibenarkan.

Ia mengatakan, hal itu sulit dilakukan berhubung kondisi pelabuhan yang tidak steril, maka masuknya barang terlarang seperti narkoba dan minuman keras akan sulit diawasi secara ketat.

Sebelumnya Pemkab Nunukan berencana memindahkan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau paling lambat Maret 2013. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk dipindahkan. (bn)

Perpustakaan Soeaman HS Alternatif Wisata Akhir Pekan

Perpustakaan Soeman HS menjadi alternatif liburan akhir pekan, lewat beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang berbasiskan pendidikan.

Gelombang Laut Perairan Bangka Belitung Meningkat

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Minggu (26/10) ketinggian gelombang laut di sejumlah perairan Bangka Belitung meningkat dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

Warga Gelar Pawai Meriahkan Tahun Baru Islam

Ratusan warga di kawasan Jakarta Timur, Sabtu pagi, melaksanakan pawai dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriyah.

Bulog Bali Lakukan Operasi Pasar

Perum Bulog Divisi Regional Bali melakukan operasi pasar di daerah Tabanan, 20 km barat Denpasar sebagai upaya mengantisipasi harga-harga keperluan bahan pokok seperti beras, gula pasir, telur ayam dan sebagainya.

Perpusnas Koleksi 10 Ribu Naskah Kuno Nusantara

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jalan Salemba Raya Jakarta berhasil mengumpulkan dan mengoleksi sekitar 10 ribu naskah atau sastra kuno yang semula tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.