Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bea dan Cukai Minta Pemindahan Pelabuhan Internasional Nunukan

bea, cukai, pelabuhan, nunukan

Posted on 17 Apr 2013. Hits : 229

Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Nunukan mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur segera memindahkan Pelabuhan Internasional Nunukan-Tawau Malaysia.

"Kami dari bea cukai sangat mengharapkan kepada pemda Nunukan supaya pelabuhan kapal angkut resmi Nunukan-Tawau secepatnya dipindahkan," Kepala Sub Seksi Pelayanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Nunukan, Aries Fourisa di Nunukan, Rabu.

Menurut dia, suasana Pelabuhan Tunon Taka saat tidak steril lagi sehingga sangat mengganggu pengawasan pihak bea cukai terhadap indikasi masuknya barang-barang terlarang dari luar negeri.

Aries menambahkan, keinginan bea cukai agar pelabuhan internasional segera dipindahkan mengingat di Pelabuhan Tunon Taka semua bisa masuk walaupun bukan pihak yang berkewenangan menyebabkan pengawasan sulit dilakukan secara ketat.

Rencana pemindahan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau dan sebaliknya di Pelabuhan Lamijung di Tanah Merah tersebut sangat mendukung segala kegiatan bea cukai karena dipastikan tidak semua bisa memasuki area itu, katanya.

"Kita masih terkendala untuk memperketat pengawasan masuknya barang terlarang dari Malaysia di pelabuhan yang ada sekarang karena semua orang bebas keluar masuk termasuk dari aparat kepolisian dan TNI," ujar Aries.

Padahal, lanjut dia, di area pelabuhan internasional yang berkewenangan keluar masuk hanya petugas tertentu seperti bea cukai, imigrasi dan karantina dan selain itu sebenarnya tidak dibenarkan.

Ia mengatakan, hal itu sulit dilakukan berhubung kondisi pelabuhan yang tidak steril, maka masuknya barang terlarang seperti narkoba dan minuman keras akan sulit diawasi secara ketat.

Sebelumnya Pemkab Nunukan berencana memindahkan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau paling lambat Maret 2013. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk dipindahkan. (bn)

Partai Harus Tonjolkan Capres Komunikasikan Visi-Misi

Partai Politik harus segera menonjolkan calon presiden masing-masing dengan memberi kesempatan untuk mengkomunikasikan visi atau misi yang akan disusung ketika menjadi presiden, kata pengamat politik Universitas Gadjah Mada, Erwan Agus Purwanto.

Gencatan Senjata Diakhiri

Taliban Pakistan secara resmi mengakhiri gencatan senjata 40 hari namun masih tetap terbuka untuk perundingan dengan pemerintah, kata seorang juru bicara, Rabu.

49 CPNS Terancam Batal Diangkat Jadi PNS

Sebanyak 49 calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang dinyatakan lulus tes penerimaan pegawai pada 2013 terancam batal diangkat menjadi PNS, karena menggunakan ijazah tidak sesuai formasi.

Snyder Kembali ke Yunani Kuno untuk Sekuel '300'

Sutradara Hollywood Zack Snyder mengatakan ia belum mempertimbangkan tindak lanjut film hits 2007 "300" hingga Frank Miller, penulis novel yag dijadikan dasar naskah, mengatakan ia mengerjakan sebuah proyek lainnya.

Dokkes Polda Temukan Penyakit Degeneratif Di Kepolisian

Kepala Sub bidang Kespol Bidang Dokter dan Kesehatan ( Bidokkes) Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat Ajun Komisaris Besar dr Purwanta mengatakan, ditemukan penyakit degeneratif di lingkungan kepolisian.