Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bea dan Cukai Minta Pemindahan Pelabuhan Internasional Nunukan

bea, cukai, pelabuhan, nunukan

Posted on 17 Apr 2013. Hits : 301

Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Nunukan mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur segera memindahkan Pelabuhan Internasional Nunukan-Tawau Malaysia.

"Kami dari bea cukai sangat mengharapkan kepada pemda Nunukan supaya pelabuhan kapal angkut resmi Nunukan-Tawau secepatnya dipindahkan," Kepala Sub Seksi Pelayanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Nunukan, Aries Fourisa di Nunukan, Rabu.

Menurut dia, suasana Pelabuhan Tunon Taka saat tidak steril lagi sehingga sangat mengganggu pengawasan pihak bea cukai terhadap indikasi masuknya barang-barang terlarang dari luar negeri.

Aries menambahkan, keinginan bea cukai agar pelabuhan internasional segera dipindahkan mengingat di Pelabuhan Tunon Taka semua bisa masuk walaupun bukan pihak yang berkewenangan menyebabkan pengawasan sulit dilakukan secara ketat.

Rencana pemindahan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau dan sebaliknya di Pelabuhan Lamijung di Tanah Merah tersebut sangat mendukung segala kegiatan bea cukai karena dipastikan tidak semua bisa memasuki area itu, katanya.

"Kita masih terkendala untuk memperketat pengawasan masuknya barang terlarang dari Malaysia di pelabuhan yang ada sekarang karena semua orang bebas keluar masuk termasuk dari aparat kepolisian dan TNI," ujar Aries.

Padahal, lanjut dia, di area pelabuhan internasional yang berkewenangan keluar masuk hanya petugas tertentu seperti bea cukai, imigrasi dan karantina dan selain itu sebenarnya tidak dibenarkan.

Ia mengatakan, hal itu sulit dilakukan berhubung kondisi pelabuhan yang tidak steril, maka masuknya barang terlarang seperti narkoba dan minuman keras akan sulit diawasi secara ketat.

Sebelumnya Pemkab Nunukan berencana memindahkan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau paling lambat Maret 2013. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk dipindahkan. (bn)

PGRI Minta Guru Tak Boleh Gagap Teknologi

Persatuan Guru Seluruh Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah minta tenaga pendidik berupaya meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi bagi peningkatan proses belajar dan mengajar.

Pemkab Tangani Abrasi Pantai Ujung Pandaran

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, segera menangani abrasi Pantai Ujung Pandaran karena mengancam keselamatan warga yang bermukim di kawasan itu.

Lavezzi Bawa Psg Kalahkan Rennes

Paris St Germain memangkas keunggulan Olympique Lyon di klasemen Liga Prancis menjadi hanya satu angka, setelah gol Ezequiel Lavezzi yang tercipta pada babak pertama membawa sang juara bertahan menang 1-0 atas Stade Rennes pada Jumat.

Chevron Pangkas Investasi Karena Harga Minyak Murah

Chevron memangkas anggaran investasi sebesar lima miliar dolar AS dan menutup program pembelian kembali saham pada Jumat, karena berlanjutnya penurunan harga minyak mentah menekan anggaran perusahaan industri minyak besar itu.

Nasir : Thailand Pesan Pesawat N219 Lapan

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir mengatakan Thailand sudah memesan pesawat N219 yang risetnya tengah dikembangkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.