Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bea dan Cukai Minta Pemindahan Pelabuhan Internasional Nunukan

bea, cukai, pelabuhan, nunukan

Posted on 17 Apr 2013. Hits : 301

Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Nunukan mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur segera memindahkan Pelabuhan Internasional Nunukan-Tawau Malaysia.

"Kami dari bea cukai sangat mengharapkan kepada pemda Nunukan supaya pelabuhan kapal angkut resmi Nunukan-Tawau secepatnya dipindahkan," Kepala Sub Seksi Pelayanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Nunukan, Aries Fourisa di Nunukan, Rabu.

Menurut dia, suasana Pelabuhan Tunon Taka saat tidak steril lagi sehingga sangat mengganggu pengawasan pihak bea cukai terhadap indikasi masuknya barang-barang terlarang dari luar negeri.

Aries menambahkan, keinginan bea cukai agar pelabuhan internasional segera dipindahkan mengingat di Pelabuhan Tunon Taka semua bisa masuk walaupun bukan pihak yang berkewenangan menyebabkan pengawasan sulit dilakukan secara ketat.

Rencana pemindahan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau dan sebaliknya di Pelabuhan Lamijung di Tanah Merah tersebut sangat mendukung segala kegiatan bea cukai karena dipastikan tidak semua bisa memasuki area itu, katanya.

"Kita masih terkendala untuk memperketat pengawasan masuknya barang terlarang dari Malaysia di pelabuhan yang ada sekarang karena semua orang bebas keluar masuk termasuk dari aparat kepolisian dan TNI," ujar Aries.

Padahal, lanjut dia, di area pelabuhan internasional yang berkewenangan keluar masuk hanya petugas tertentu seperti bea cukai, imigrasi dan karantina dan selain itu sebenarnya tidak dibenarkan.

Ia mengatakan, hal itu sulit dilakukan berhubung kondisi pelabuhan yang tidak steril, maka masuknya barang terlarang seperti narkoba dan minuman keras akan sulit diawasi secara ketat.

Sebelumnya Pemkab Nunukan berencana memindahkan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau paling lambat Maret 2013. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk dipindahkan. (bn)

Retribusi Izin Trayek Oku Terealisasi 6,41 Persen

Retribusi izin trayek di Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan hingga Juli 2014 baruterealisasi 6,41 persen.

Legistator Pamekasan Minta Pemkab Selesaikan Kasus Hotel

Hosnan Achmadi, anggota DPRD Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, minta pemkab setempat segera menyelesaikan kasus hotel di Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, yang pembangunanannya dihentikan dengan alasan khawatir akan menjadi tempat maksiat.

Jalan Tembus TNKS Masuk Tata Ruang Mukomuko

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memasukkan jalan tembus yang membelah kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dalam tata ruang daerah itu.

Ajub Suratman Kepala Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi menghadiri serah terima jabatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di provinsi tersebut dari Rachmat Prio Sutardjo, Bc.

Pelatih Mitra Evaluasi Lini Belakang

Pelatih Mitra Kukar Stefan Hansson akan mengevaluasi lini belakang tim besutannya pasca kekalahan 2-4 atas tim tamu Persebaya Surabaya, Jatim, dalam laga lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kaltim, Selasa.