Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bea dan Cukai Minta Pemindahan Pelabuhan Internasional Nunukan

bea, cukai, pelabuhan, nunukan

Posted on 17 Apr 2013. Hits : 301

Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Nunukan mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur segera memindahkan Pelabuhan Internasional Nunukan-Tawau Malaysia.

"Kami dari bea cukai sangat mengharapkan kepada pemda Nunukan supaya pelabuhan kapal angkut resmi Nunukan-Tawau secepatnya dipindahkan," Kepala Sub Seksi Pelayanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Nunukan, Aries Fourisa di Nunukan, Rabu.

Menurut dia, suasana Pelabuhan Tunon Taka saat tidak steril lagi sehingga sangat mengganggu pengawasan pihak bea cukai terhadap indikasi masuknya barang-barang terlarang dari luar negeri.

Aries menambahkan, keinginan bea cukai agar pelabuhan internasional segera dipindahkan mengingat di Pelabuhan Tunon Taka semua bisa masuk walaupun bukan pihak yang berkewenangan menyebabkan pengawasan sulit dilakukan secara ketat.

Rencana pemindahan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau dan sebaliknya di Pelabuhan Lamijung di Tanah Merah tersebut sangat mendukung segala kegiatan bea cukai karena dipastikan tidak semua bisa memasuki area itu, katanya.

"Kita masih terkendala untuk memperketat pengawasan masuknya barang terlarang dari Malaysia di pelabuhan yang ada sekarang karena semua orang bebas keluar masuk termasuk dari aparat kepolisian dan TNI," ujar Aries.

Padahal, lanjut dia, di area pelabuhan internasional yang berkewenangan keluar masuk hanya petugas tertentu seperti bea cukai, imigrasi dan karantina dan selain itu sebenarnya tidak dibenarkan.

Ia mengatakan, hal itu sulit dilakukan berhubung kondisi pelabuhan yang tidak steril, maka masuknya barang terlarang seperti narkoba dan minuman keras akan sulit diawasi secara ketat.

Sebelumnya Pemkab Nunukan berencana memindahkan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau paling lambat Maret 2013. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk dipindahkan. (bn)

Alfred Riedl Puji Pemainnya Meski Gagal Ke Semifinal

Pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl memuji semangat juang para pemainnya dalam pertandingan melawan Laos di Hanoi, Jumat, meskipun kemenangan telak 5-1 belum cukup untuk membawa mereka ke semifinal Piala AFF.

DPRD Kotabaru Panggil Perusahaan Kebun PT JMS

Kalangan DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, segera memanggil perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Jaya Mandiri Sukses, untuk dengar pendapat (hearing), kebun plasma milik warga Batu Lasung, Kecamatan Kelumpang Hulu, yang belum diserahkan.

Batik Warna Alami Giriloyo Disukai Konsumen

Batik tulis dengan pewarnaan alami di sentra kerajinan batik tulis Giriloyo, Imogiri, Kabupaten Bantul,Daerah Istimewa Yogyakarta, makin banyak digemari konsumen dari dalam dan luar daerah.

Petani Majene Harap Pemerintah Bangun Akses Jalan

Petani kemiri di Desa Tallu Banua, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, berharap pemerintah di Majene membangun akses jalan untuk mempermudah akses distribusi hasil pertanian mereka.

19 SPBU Di Sulbar Dikelola Swasta

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, sebanyak 19 Stasion Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang beroperasi di wilayah Sulawesi Barat, semuanya dikelolaswasta.