Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bea dan Cukai Minta Pemindahan Pelabuhan Internasional Nunukan

bea, cukai, pelabuhan, nunukan

Posted on 17 Apr 2013. Hits : 301

Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Nunukan mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur segera memindahkan Pelabuhan Internasional Nunukan-Tawau Malaysia.

"Kami dari bea cukai sangat mengharapkan kepada pemda Nunukan supaya pelabuhan kapal angkut resmi Nunukan-Tawau secepatnya dipindahkan," Kepala Sub Seksi Pelayanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Nunukan, Aries Fourisa di Nunukan, Rabu.

Menurut dia, suasana Pelabuhan Tunon Taka saat tidak steril lagi sehingga sangat mengganggu pengawasan pihak bea cukai terhadap indikasi masuknya barang-barang terlarang dari luar negeri.

Aries menambahkan, keinginan bea cukai agar pelabuhan internasional segera dipindahkan mengingat di Pelabuhan Tunon Taka semua bisa masuk walaupun bukan pihak yang berkewenangan menyebabkan pengawasan sulit dilakukan secara ketat.

Rencana pemindahan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau dan sebaliknya di Pelabuhan Lamijung di Tanah Merah tersebut sangat mendukung segala kegiatan bea cukai karena dipastikan tidak semua bisa memasuki area itu, katanya.

"Kita masih terkendala untuk memperketat pengawasan masuknya barang terlarang dari Malaysia di pelabuhan yang ada sekarang karena semua orang bebas keluar masuk termasuk dari aparat kepolisian dan TNI," ujar Aries.

Padahal, lanjut dia, di area pelabuhan internasional yang berkewenangan keluar masuk hanya petugas tertentu seperti bea cukai, imigrasi dan karantina dan selain itu sebenarnya tidak dibenarkan.

Ia mengatakan, hal itu sulit dilakukan berhubung kondisi pelabuhan yang tidak steril, maka masuknya barang terlarang seperti narkoba dan minuman keras akan sulit diawasi secara ketat.

Sebelumnya Pemkab Nunukan berencana memindahkan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau paling lambat Maret 2013. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk dipindahkan. (bn)

Murray Turut Rasakan Cedera Mcilroy

Petenis Andy Murray mengatakan dirinya bersimpati dengan bintang golf Rory McIlroy yang mengalami cedera pada ligamen pergelangan kaki saat bermain sepak bola sehingga pegolf itu harus melakukan perawatan khusus atas cederanya tersebut.

IMF Siap Bantu Yunani Jika Diminta

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pada Senin bahwa pihaknya siap sedia membantu Yunani jika diperlukan untuk melakukannya.

Southampton Tolak Tawaran United Terhadap Schneiderlin

Southampton telah menolak tawaran dari rivalnya di Liga Utama Inggris Manchester United terhadap gelandang Morgan Schneiderlin, menurut pelatih klub itu Ronald Koeman pada Senin.

Masa Depan Sampaoli Bersama Chile Diragukan

Jorge Sampaoli berpeluang mencari tantangan baru setelah melatih Chile menuju kemenangan bersejarah atas Argentina di final Piala Amerika, ia mengindikasikan hal itu pada wawancara dengan surat kabar pada Senin.

Pelatih Juventus Allegri Perpanjang Kontrak

Pelatih Massimiliano Allegri telah memperpanjang kontraknya untuk satu tahun lagi dan akan bertahan di Juventus sampai akhir musim 2016/2017, demikian disampaikan juara Liga Italia itu pada Senin.