Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bea dan Cukai Minta Pemindahan Pelabuhan Internasional Nunukan

bea, cukai, pelabuhan, nunukan

Posted on 17 Apr 2013. Hits : 301

Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Nunukan mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur segera memindahkan Pelabuhan Internasional Nunukan-Tawau Malaysia.

"Kami dari bea cukai sangat mengharapkan kepada pemda Nunukan supaya pelabuhan kapal angkut resmi Nunukan-Tawau secepatnya dipindahkan," Kepala Sub Seksi Pelayanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Nunukan, Aries Fourisa di Nunukan, Rabu.

Menurut dia, suasana Pelabuhan Tunon Taka saat tidak steril lagi sehingga sangat mengganggu pengawasan pihak bea cukai terhadap indikasi masuknya barang-barang terlarang dari luar negeri.

Aries menambahkan, keinginan bea cukai agar pelabuhan internasional segera dipindahkan mengingat di Pelabuhan Tunon Taka semua bisa masuk walaupun bukan pihak yang berkewenangan menyebabkan pengawasan sulit dilakukan secara ketat.

Rencana pemindahan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau dan sebaliknya di Pelabuhan Lamijung di Tanah Merah tersebut sangat mendukung segala kegiatan bea cukai karena dipastikan tidak semua bisa memasuki area itu, katanya.

"Kita masih terkendala untuk memperketat pengawasan masuknya barang terlarang dari Malaysia di pelabuhan yang ada sekarang karena semua orang bebas keluar masuk termasuk dari aparat kepolisian dan TNI," ujar Aries.

Padahal, lanjut dia, di area pelabuhan internasional yang berkewenangan keluar masuk hanya petugas tertentu seperti bea cukai, imigrasi dan karantina dan selain itu sebenarnya tidak dibenarkan.

Ia mengatakan, hal itu sulit dilakukan berhubung kondisi pelabuhan yang tidak steril, maka masuknya barang terlarang seperti narkoba dan minuman keras akan sulit diawasi secara ketat.

Sebelumnya Pemkab Nunukan berencana memindahkan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau paling lambat Maret 2013. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk dipindahkan. (bn)

PNS Konawe Selatan Ikuti Rakor Gubernur Sultra

Sebanyak 1.500 pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan mengikuti rapat koordinasi (rakor) antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah provinsi yang dipimpin Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam, Selasa.

Masyarakat Desa Jembrana Belum Tahu Pilkada

Sebagian warga pedesaan di Kabupaten Jembrana, Bali, belum tahu jika daerah tersebut akan menyelenggarakan Pilkada tahun ini.

KRI Teluk Bintuni Dilepas Sekda Menuju Siau

Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Bintuni 520 yang membawa282 pemuda dan pemudi dari 34 provinsi di Indonesia, dilepas Sekretaris Daerah Kotabaru H Suriansyah dari Pelabuhan Kotabaru untuk melanjutkan pelayaran ke Pelabuhan Siau, Sulawesi Utara.

Bupati Kotim Raih JKN Award

Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah H Supian Hadi kembali menerima penghargaan jaminan kesehatan nasional Award sebagai daerah yang mengintegrasikan program Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional.

Belasan Bus Terbakar di 'Pool' Rawabuaya

Sebanyak 19 bus Transjakarta yang terbakar di tempat pemarkiran bus atau "Pool" Transjakarta di Rawabuaya, Jakarta Barat, Selasa malam.