Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bea dan Cukai Minta Pemindahan Pelabuhan Internasional Nunukan

bea, cukai, pelabuhan, nunukan

Posted on 17 Apr 2013. Hits : 293

Kantor Bea dan Cukai Kabupaten Nunukan mengharapkan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur segera memindahkan Pelabuhan Internasional Nunukan-Tawau Malaysia.

"Kami dari bea cukai sangat mengharapkan kepada pemda Nunukan supaya pelabuhan kapal angkut resmi Nunukan-Tawau secepatnya dipindahkan," Kepala Sub Seksi Pelayanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Nunukan, Aries Fourisa di Nunukan, Rabu.

Menurut dia, suasana Pelabuhan Tunon Taka saat tidak steril lagi sehingga sangat mengganggu pengawasan pihak bea cukai terhadap indikasi masuknya barang-barang terlarang dari luar negeri.

Aries menambahkan, keinginan bea cukai agar pelabuhan internasional segera dipindahkan mengingat di Pelabuhan Tunon Taka semua bisa masuk walaupun bukan pihak yang berkewenangan menyebabkan pengawasan sulit dilakukan secara ketat.

Rencana pemindahan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau dan sebaliknya di Pelabuhan Lamijung di Tanah Merah tersebut sangat mendukung segala kegiatan bea cukai karena dipastikan tidak semua bisa memasuki area itu, katanya.

"Kita masih terkendala untuk memperketat pengawasan masuknya barang terlarang dari Malaysia di pelabuhan yang ada sekarang karena semua orang bebas keluar masuk termasuk dari aparat kepolisian dan TNI," ujar Aries.

Padahal, lanjut dia, di area pelabuhan internasional yang berkewenangan keluar masuk hanya petugas tertentu seperti bea cukai, imigrasi dan karantina dan selain itu sebenarnya tidak dibenarkan.

Ia mengatakan, hal itu sulit dilakukan berhubung kondisi pelabuhan yang tidak steril, maka masuknya barang terlarang seperti narkoba dan minuman keras akan sulit diawasi secara ketat.

Sebelumnya Pemkab Nunukan berencana memindahkan pelabuhan kapal angkutan resmi Nunukan-Tawau paling lambat Maret 2013. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda untuk dipindahkan. (bn)

Buah Durian Asal Kepahiang Banjiri Kota Curup

Buah durian asal Kabupaten Kepahiang Bengkulu saat ini membanjiri sejumlah pasar di Kota Curup Kabupaten Rejanglebong.

Pemkot Bekasi Siapkan Sanksi PNS Mangkir Pascalebaran

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan, telah mempersiapkan sanksi tegas bagi setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) setempat yang mangkir pada hari pertama kerja pascacuti Lebaran, Senin (4/8).

Pencarian Korban Feri Tenggelam Dihentikan

Pencarian korban tewas feri tenggelam di Sungai Kapuas, Kalimantan Tengah, akibat melebihi muatan (overload) yang terjadi Selasa (29/7) atau H+2 Lebaran sekitar pukul 09.

Penyelenggara Fokus Selesaikan Arena Lintasan Kejuaraan Asia

Panitia penyelenggara mulai fokus menyelesaikan arena lintasan ski air yang akan digunakan pada ajang Makassar Asian Cup di Tanjung Bunga Makassar, 5-7 September 2014.

Malaga Dapatkan Bintang Meksiko Ochoa

Kiper Meksiko Guillermo Ochoa, salah satu pemain yang tampil gemilang pada Piala Dunia di Brazil, telah menyelesaikan proses kepindahannya ke klub Spanyol Malaga.