Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Banjarbaru Bebas Pungutan SD Dan SMP

kota banjarbaru, membebaskan pungutan sekolah, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 274

Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan membebaskan pungutan sekolah tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang tersebar di seluruh wilayah di kota itu.

Ketua DPRD Kota Banjarbaru Arie Sophian, Sabtu mengatakan pihaknya sudah mengesahkan peraturan daerah tentang pendidikan yang mengatur larangan pungutan tingkat SD dan SMP dalam sidang paripurna, Jumat 7/6.

'Perda pendidikan sudah disahkan dan harus diberlakukan sehingga tidak ada lagi pungutan yang dilakukan sekolah baik tingkat SD maupun SMP, semuanya bebas pungutan dengan dalih atau alasan apapun,' ujarnya.

Ia mengatakan, perda yang disahkan itu merupakan perda inisiatif DPRD dan sesuai rekomendasi dewan maka diharapkan guru dan komite sekolah mematuhinya dengan tidak mengenakan pungutan bagi anak didiknya.

Ditekankan, pembebasan pungutan sekolah bagi anak didik tingkat SD dan SMP merupakan kesepakatan antara anggota panitia khusus DPRD dan jajaran terkait Pemkot Banjarbaru yang membahas raperda inisiatif itu.

'Kesepakatan itu juga mengatur tentang alokasi dana yang disiapkan Pemkot Banjarbaru untuk menunjang perda yang membebaskan pungutan sehingga kebutuhan sekolah bisa dipenuhi melalui dana yang disiapkan,' ungkapnya.

Dijelaskan, perda pendidikan itu menjadi pegangan dan payung hukum bagi pemangku kepentingan pendidikan di Banjarbaru sehingga tidak ada lagi laporan atau keluhan orang tua murid terkait pungutan sekolah.

'Selama ini, cukup banyak laporan atau keluhan orang tua mengenai pungutan sekolah terutama memasuki tahun ajaran baru sehingga melalui perda yang diberlakukan maka tidak ada lagi pungutan sekolah,' ujarnya.

Dikatakan, pembebasan pungutan sekolah masih diberlakukan bagi murid SD dan SMP, sedangkan tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat masih ada pungutan yang dikenakan setiap bulan kepada siswa.

'Untuk SMA dan sederajat kemungkinan masih ada pungutan atau iuran bulanan, tetapi kami merekomendasi agar pungutan itu secara bertahap dihapuskan sehingga seluruh jenjang pendidikan bisa bebas pungutan,' katanya.(ant/rd)

Biro Humas Setdaprov Riau Siap Rangkul Media

Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Yoserizal Zen yang baru dilantik memiliki tekad untuk merangkul semua media, baik cetak maupun elektronik yang nasional dan lokal untuk meningkatkan hubungan harmonis antara pemerintah dengan insan pers.

Hamilton Tercepat Pada Latihan Kedua Di Tiongkok

Lewis Hamilton mengembalikan Mercedes ke urutan teratas di daftar catatan waktu tercepat pada Jumat, dengan menorehkan waktu tercepat di sesi latihan kedua untuk Grand Prix Tiongkok.

Pemkab OKU Belum Terima SK Penonaktifan Bupati

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, belum menerima Surat Keputusan penonaktifan Yulius Nawawi sebagai bupati setempat, terkait dengan penahanannya yang tersandung kasus korupsi dana bantuan sosial di daerah itu.

Pemkab Kuansing Tingkatkan Jalan Penghubung Kecamatan

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau akan memperbaiki dan meningkatkan kualitas ruas jalan yang menghubungkan Simandolak, Kecamatan Benai dengan Desa Pauh Angit, Kecamatan Pangean untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan serta menekan angka Lakalantas.

Golkar Pemenang Pemilu Di Konawe Selatan

Partai Golongan Karya diprediksi sebagai pengumpul suara terbanyak pada Pemilihan Umum legislatif 2014 di Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).