Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Banjarbaru Bebas Pungutan SD Dan SMP

kota banjarbaru, membebaskan pungutan sekolah, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 319

Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan membebaskan pungutan sekolah tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang tersebar di seluruh wilayah di kota itu.

Ketua DPRD Kota Banjarbaru Arie Sophian, Sabtu mengatakan pihaknya sudah mengesahkan peraturan daerah tentang pendidikan yang mengatur larangan pungutan tingkat SD dan SMP dalam sidang paripurna, Jumat 7/6.

'Perda pendidikan sudah disahkan dan harus diberlakukan sehingga tidak ada lagi pungutan yang dilakukan sekolah baik tingkat SD maupun SMP, semuanya bebas pungutan dengan dalih atau alasan apapun,' ujarnya.

Ia mengatakan, perda yang disahkan itu merupakan perda inisiatif DPRD dan sesuai rekomendasi dewan maka diharapkan guru dan komite sekolah mematuhinya dengan tidak mengenakan pungutan bagi anak didiknya.

Ditekankan, pembebasan pungutan sekolah bagi anak didik tingkat SD dan SMP merupakan kesepakatan antara anggota panitia khusus DPRD dan jajaran terkait Pemkot Banjarbaru yang membahas raperda inisiatif itu.

'Kesepakatan itu juga mengatur tentang alokasi dana yang disiapkan Pemkot Banjarbaru untuk menunjang perda yang membebaskan pungutan sehingga kebutuhan sekolah bisa dipenuhi melalui dana yang disiapkan,' ungkapnya.

Dijelaskan, perda pendidikan itu menjadi pegangan dan payung hukum bagi pemangku kepentingan pendidikan di Banjarbaru sehingga tidak ada lagi laporan atau keluhan orang tua murid terkait pungutan sekolah.

'Selama ini, cukup banyak laporan atau keluhan orang tua mengenai pungutan sekolah terutama memasuki tahun ajaran baru sehingga melalui perda yang diberlakukan maka tidak ada lagi pungutan sekolah,' ujarnya.

Dikatakan, pembebasan pungutan sekolah masih diberlakukan bagi murid SD dan SMP, sedangkan tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat masih ada pungutan yang dikenakan setiap bulan kepada siswa.

'Untuk SMA dan sederajat kemungkinan masih ada pungutan atau iuran bulanan, tetapi kami merekomendasi agar pungutan itu secara bertahap dihapuskan sehingga seluruh jenjang pendidikan bisa bebas pungutan,' katanya.(ant/rd)

Kadin Jabar : Pimilu Presiden Kondusif Investasi Positif

Suasana pascapemilu Presiden 2014 yang kondusif membuat investasi di Indonesia, termasuk di Jawa Barat positif untuk mendatangkan pemodal baru, kata Ketua Kadin Jabar Bidang Perdagangan Luar Negeri dan Investasi Johny Andela di Bandung, Rabu.

Kota Bandung Tertibkan PKL Bermobil

Wali Kota Bandung H Ridwan Kamil menginstruksikan Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Kembang untuk melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) yang mangkal dan parkir di sejumlah bahu jalan.

Harga Tiket Pesawat Palembang-Jakarta Normal

Pengguna jasa angkutan udara di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu, seusai Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah/2014 ini belum menunjukkan peningkatan berarti sehingga harga tiket pesawat relatif normal.

Kurs Dolar Menguat Di Tengah Pertemuan FED

Kurs dolar AS berbalik menguat terhadap mata uang utama lainnya pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena investor memperkirakan Federal Reserve akan menunjukkan nada lebih 'hawkish' pada pertemuan kebijakan yang sedang berlangsung.

AS Perluas Sanksi Atas Rusia Gara-gara Krisis Ukraina

Presiden AS Barack Obama pada Selasa (29/7) menyatakan Washington telah menjatuhkan sanksi baru atas sektor keuangan, energi dan senjata di Rusia sehubungan dengan krisis Ukraina.