Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bandar Ayam di Karawang Berencana Mogok

bandar ayam, karawang, harga daging ayam

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 296

 Para bandar ayam di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berencana mogok dengan tidak menyuplai ke pasar selama sepekan mulai Selasa sebab produsen terus menaikkan harga sejak beberapa hari terakhir.


Ketua Paguyuban Bandar Ayam Karawang Suryana Kencana, Senin menyatakan pemogokan itu dilakukan sebagai upaya menekan tingginya harga yang dipasang oleh produsen ayam pedaging.

Aksi itu, katanya, juga sebagai perlawanan para bandar terhadap tingginya harga daging ayam yang ditentukan para produsen.

Rencananya, kata dia, aksi mogok berjualan tersebut akan dilakukan selama sepekan jika harga daging ayam tetap mengalami kenaikan.

Menurut dia, para bandar ayam saat ini merasa berat atas harga yang setiap saat mengalami kenaikan. Bahkan selama sepekan terakhir, terus naik hingga mencapai Rp21.500-24.000 per ekor.

Jika harga di tingkat bandar mencapai angka Rp24.000 per ekor, dipastikan harga tersebut akan semakin melonjak di pasaran.

"Asumsinya, kalau di tingkat bandar harganya Rp22.000 ribu per ekor, pedagang di pasar tradisional akan menjualnya hingga angka Rp34.000-38.000 per ekor," kata dia.

Ia menilai tingkat kebutuhan daging ayam di Karawang cukup tinggi. Setiap hari Karawang membutuhkan sekitar 30 ribu ekor ayam potong. Sementara saat ini, stok ayam dalam kondisi kosong.

Seorang bandar ayam lainnya, Akbar, mengatakan produsen beralasan kenaikan harga daging ayam sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Ia menilai, kenaikan harga daging ayam tidak masuk akal, karena terus mengalami kenaikan setiap hari.

Para banda ayam di Karawang sepakat mulai Senin malam tidak akan mendatangkan ayam ke pasar-pasar tradisional di Karawang. (ant/ed)

Wapres : Calon Kepala Daerah Boneka Susah Dibuktikan

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan calon kepala daerah boneka susah untuk membuktikannya apakah yang bersangkutan tampil sebagai peserta pilkada hanya formalitas atau sungguh-sungguh.

Uni Emirat Arab Naikkan Harga Bensin 24 Persen

Uni Emirat Arab (UAE) akan menaikkan harga eceran bensin sebesar 24 persen, namun harganya akan tetap di bawah standar internasional, sebuah komite pemerintah mengumumkan pada Selasa.

Banjarbaru Tingkatkan Kualitas Permukiman Melalui PLPBK

Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, berupaya lebih meningkatkan kualitas lingkungan melalui program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK).

Calon Haji Palembang Mulai Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Calon jamaah haji dari Kota Palembang Sumatera Selatan mulai melakukan pemeriksaan kesehatan tahap dua di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat daerah setempat.

Maya Rumantir : Ingin Sulut Menjadi Lebih Baik

Calon Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Maya Rumantir, mengatakan salah satu programnya adalah ingin daerah ini pada masa-masa mendatang menjadi lebih baik.