Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bandar Ayam di Karawang Berencana Mogok

bandar ayam, karawang, harga daging ayam

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 296

 Para bandar ayam di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berencana mogok dengan tidak menyuplai ke pasar selama sepekan mulai Selasa sebab produsen terus menaikkan harga sejak beberapa hari terakhir.


Ketua Paguyuban Bandar Ayam Karawang Suryana Kencana, Senin menyatakan pemogokan itu dilakukan sebagai upaya menekan tingginya harga yang dipasang oleh produsen ayam pedaging.

Aksi itu, katanya, juga sebagai perlawanan para bandar terhadap tingginya harga daging ayam yang ditentukan para produsen.

Rencananya, kata dia, aksi mogok berjualan tersebut akan dilakukan selama sepekan jika harga daging ayam tetap mengalami kenaikan.

Menurut dia, para bandar ayam saat ini merasa berat atas harga yang setiap saat mengalami kenaikan. Bahkan selama sepekan terakhir, terus naik hingga mencapai Rp21.500-24.000 per ekor.

Jika harga di tingkat bandar mencapai angka Rp24.000 per ekor, dipastikan harga tersebut akan semakin melonjak di pasaran.

"Asumsinya, kalau di tingkat bandar harganya Rp22.000 ribu per ekor, pedagang di pasar tradisional akan menjualnya hingga angka Rp34.000-38.000 per ekor," kata dia.

Ia menilai tingkat kebutuhan daging ayam di Karawang cukup tinggi. Setiap hari Karawang membutuhkan sekitar 30 ribu ekor ayam potong. Sementara saat ini, stok ayam dalam kondisi kosong.

Seorang bandar ayam lainnya, Akbar, mengatakan produsen beralasan kenaikan harga daging ayam sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Ia menilai, kenaikan harga daging ayam tidak masuk akal, karena terus mengalami kenaikan setiap hari.

Para banda ayam di Karawang sepakat mulai Senin malam tidak akan mendatangkan ayam ke pasar-pasar tradisional di Karawang. (ant/ed)

Perusahaan Ritel Jabar Proaktif Awasi Barang

Peritel selama ini telah proaktif melakukan pengawasan barang produk dalam negeri maupun impor, termasuk buah apel, yang masuk ke toko modern, kata Sekretaris Umum Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) Jawa Barat.

Arboretum Unpad Jadi Kawasan Wisata Edukasi

Arboretum Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung selain menjadi taman dan ruang hijau, juga menjadi tempat penelitian serta wahana wisata edukasi di kawasan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Bantul Tidak Target Jumlah Investor Baru

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tahun ini tidak memasang target jumlah investor baru yang masuk dan berminat mengembangkan bisnis di daerah itu.

Legislator Gerindra Sulbar Maju Pilkada Mamuju Tengah

Legislator Partai Gerindra di DPRD Provinsi Sulawesi Barat Haris Halim S menyatakan maju di Pilkada Kabupaten Mamuju Tengah pada 2015.

Unand Garap Laman Yang Tidak Sepihak

Bagian Humas dan Protokol Universitas Andalas (Unand) Padang berjanji akan menggarap berita yang berimbang dan tidak sepihak dalam laman (situs/website) Unand.