Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bandar Ayam di Karawang Berencana Mogok

bandar ayam, karawang, harga daging ayam

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 296

 Para bandar ayam di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berencana mogok dengan tidak menyuplai ke pasar selama sepekan mulai Selasa sebab produsen terus menaikkan harga sejak beberapa hari terakhir.


Ketua Paguyuban Bandar Ayam Karawang Suryana Kencana, Senin menyatakan pemogokan itu dilakukan sebagai upaya menekan tingginya harga yang dipasang oleh produsen ayam pedaging.

Aksi itu, katanya, juga sebagai perlawanan para bandar terhadap tingginya harga daging ayam yang ditentukan para produsen.

Rencananya, kata dia, aksi mogok berjualan tersebut akan dilakukan selama sepekan jika harga daging ayam tetap mengalami kenaikan.

Menurut dia, para bandar ayam saat ini merasa berat atas harga yang setiap saat mengalami kenaikan. Bahkan selama sepekan terakhir, terus naik hingga mencapai Rp21.500-24.000 per ekor.

Jika harga di tingkat bandar mencapai angka Rp24.000 per ekor, dipastikan harga tersebut akan semakin melonjak di pasaran.

"Asumsinya, kalau di tingkat bandar harganya Rp22.000 ribu per ekor, pedagang di pasar tradisional akan menjualnya hingga angka Rp34.000-38.000 per ekor," kata dia.

Ia menilai tingkat kebutuhan daging ayam di Karawang cukup tinggi. Setiap hari Karawang membutuhkan sekitar 30 ribu ekor ayam potong. Sementara saat ini, stok ayam dalam kondisi kosong.

Seorang bandar ayam lainnya, Akbar, mengatakan produsen beralasan kenaikan harga daging ayam sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Ia menilai, kenaikan harga daging ayam tidak masuk akal, karena terus mengalami kenaikan setiap hari.

Para banda ayam di Karawang sepakat mulai Senin malam tidak akan mendatangkan ayam ke pasar-pasar tradisional di Karawang. (ant/ed)

Banteng Siap Jadi Tuan Rumah Kejurnas

abupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, menyatakan kesiapannya jika dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara kejuaran nasional (kejurnas) cabang olahraga di daerah tersebut.

Bandara Pasaman Barat Diresmikan

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno meresmikan Banda Pusako Anak Nagari Kabupaten Pasaman Barat, Kamis.

Anggaran Jamkrida Dipindahkan

Komisi III DPRD Sumatera Selatan memindahkan anggaran dana untuk PT Penjaminan Kredit Daerah sebesar Rp25 miliar, karena perusahaan itu baru saja beroperasional.

Dolar Menguat Karena Fed Naikkan Proyeksi Suku Bunga

Kurs dolar AS menguat terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya pada Rabu (Kamis pagi WIB), setelah Federal Reserve meningkatkan proyeksi suku bunga federal fund.

Rakernas PDIP Telan Biaya Rp 2,6 Miliar

Anggaran pelaksanaan Rapat Kerja Nasional IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Marina Convention Center, Kota Semarang, Jawa Tengah, 19-21 September 2014, mencapai Rp2,6 miliar.