Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bandar Ayam di Karawang Berencana Mogok

bandar ayam, karawang, harga daging ayam

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 296

 Para bandar ayam di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berencana mogok dengan tidak menyuplai ke pasar selama sepekan mulai Selasa sebab produsen terus menaikkan harga sejak beberapa hari terakhir.


Ketua Paguyuban Bandar Ayam Karawang Suryana Kencana, Senin menyatakan pemogokan itu dilakukan sebagai upaya menekan tingginya harga yang dipasang oleh produsen ayam pedaging.

Aksi itu, katanya, juga sebagai perlawanan para bandar terhadap tingginya harga daging ayam yang ditentukan para produsen.

Rencananya, kata dia, aksi mogok berjualan tersebut akan dilakukan selama sepekan jika harga daging ayam tetap mengalami kenaikan.

Menurut dia, para bandar ayam saat ini merasa berat atas harga yang setiap saat mengalami kenaikan. Bahkan selama sepekan terakhir, terus naik hingga mencapai Rp21.500-24.000 per ekor.

Jika harga di tingkat bandar mencapai angka Rp24.000 per ekor, dipastikan harga tersebut akan semakin melonjak di pasaran.

"Asumsinya, kalau di tingkat bandar harganya Rp22.000 ribu per ekor, pedagang di pasar tradisional akan menjualnya hingga angka Rp34.000-38.000 per ekor," kata dia.

Ia menilai tingkat kebutuhan daging ayam di Karawang cukup tinggi. Setiap hari Karawang membutuhkan sekitar 30 ribu ekor ayam potong. Sementara saat ini, stok ayam dalam kondisi kosong.

Seorang bandar ayam lainnya, Akbar, mengatakan produsen beralasan kenaikan harga daging ayam sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Ia menilai, kenaikan harga daging ayam tidak masuk akal, karena terus mengalami kenaikan setiap hari.

Para banda ayam di Karawang sepakat mulai Senin malam tidak akan mendatangkan ayam ke pasar-pasar tradisional di Karawang. (ant/ed)

Sumsel Bangun Bendungan Antisipasi Banjir

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berencana membangun beberapa bendungan di Kota Palembang dalam upaya mengantisipasi banjir yang sering terjadi saat musim hujan.

Pembangunan Tol Trans Sumatera Diharapkan Bisa Dipercepat

Wali Kota Bandarlampung Herman HN mengharapkan pembangunan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 150 kilomter bisa dipercepat untuk mengurangi volume truk barang melintasi Jalinsum ruas Panjang-Bandarlampung.

REI Pastikan Para Pengembang Memilih Lokasi Pembangunan

Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah memastikan para pengembang memilih lokasi pembangunan perumahan agar tidak merugikan daerah sekitar.

Sulawesi Utara Optimalkan Ekspor Biji Pala Pasar ASEAN

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) T Hasudungan Siregar mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan ekspor biji pala ke pasar ASEAN.

Minyak Melonjak Di Asia Setelah Saudi Serang Pemberontak Di Yaman

Harga minyak dunia melonjak di Asia pada Kamis setelah jet tempur Arab Saudi menyerang sasaran pemberontak di Yaman, memicu meningkatnya kekhawatiran bahwa krisis di negara itu dapat mengancam produsen minyak mentah utama di Timur Tengah.