Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bandar Ayam di Karawang Berencana Mogok

bandar ayam, karawang, harga daging ayam

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 296

 Para bandar ayam di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berencana mogok dengan tidak menyuplai ke pasar selama sepekan mulai Selasa sebab produsen terus menaikkan harga sejak beberapa hari terakhir.


Ketua Paguyuban Bandar Ayam Karawang Suryana Kencana, Senin menyatakan pemogokan itu dilakukan sebagai upaya menekan tingginya harga yang dipasang oleh produsen ayam pedaging.

Aksi itu, katanya, juga sebagai perlawanan para bandar terhadap tingginya harga daging ayam yang ditentukan para produsen.

Rencananya, kata dia, aksi mogok berjualan tersebut akan dilakukan selama sepekan jika harga daging ayam tetap mengalami kenaikan.

Menurut dia, para bandar ayam saat ini merasa berat atas harga yang setiap saat mengalami kenaikan. Bahkan selama sepekan terakhir, terus naik hingga mencapai Rp21.500-24.000 per ekor.

Jika harga di tingkat bandar mencapai angka Rp24.000 per ekor, dipastikan harga tersebut akan semakin melonjak di pasaran.

"Asumsinya, kalau di tingkat bandar harganya Rp22.000 ribu per ekor, pedagang di pasar tradisional akan menjualnya hingga angka Rp34.000-38.000 per ekor," kata dia.

Ia menilai tingkat kebutuhan daging ayam di Karawang cukup tinggi. Setiap hari Karawang membutuhkan sekitar 30 ribu ekor ayam potong. Sementara saat ini, stok ayam dalam kondisi kosong.

Seorang bandar ayam lainnya, Akbar, mengatakan produsen beralasan kenaikan harga daging ayam sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Ia menilai, kenaikan harga daging ayam tidak masuk akal, karena terus mengalami kenaikan setiap hari.

Para banda ayam di Karawang sepakat mulai Senin malam tidak akan mendatangkan ayam ke pasar-pasar tradisional di Karawang. (ant/ed)

Kadin Optimistis Pemerintahan Jokowi Pahami Kebutuhan Pengusaha

Kamar Dagang dan Industri Daerah Istimewa Yogyakarta optimistispemerintahan baru dibawah Presiden Joko Widodo lebih mampu memahami kebutuhan pelaku usaha mikro kecil menengah untuk meningkatkan daya saingnya.

Hong Kong Didesak Segera Berlakukan Reformasi Politik

Komite Hak Asasi Manusia PBB pada Kamis mendesak Hongkong untuk segera memberlakukan reformasi politik dan mengatakan bahwa upaya pemerintah lokal sampai saat ini belum mencukupi.

Anjing Ini Tetap Hidup Meski Dipanah di Kepala

Seekor anjing jenis Staffordshire bull terrier berusia dua tahun bernama Ziggy sungguh bernasib malang.

Peluang Besar Kaltim Dari MEA 2015

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindag) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kaltim Ichwansyah mengatakan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) 2015 merupakan peluang besar bagi para pelaku usaha di daerah Kaltim.

Samarinda Targetkan Juara Umum Porprov

Pemerintah Kota Samarinda menargetkan meraih gelar Juara Umum pada Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur V/2014.