Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bandar Ayam di Karawang Berencana Mogok

bandar ayam, karawang, harga daging ayam

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 296

 Para bandar ayam di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berencana mogok dengan tidak menyuplai ke pasar selama sepekan mulai Selasa sebab produsen terus menaikkan harga sejak beberapa hari terakhir.


Ketua Paguyuban Bandar Ayam Karawang Suryana Kencana, Senin menyatakan pemogokan itu dilakukan sebagai upaya menekan tingginya harga yang dipasang oleh produsen ayam pedaging.

Aksi itu, katanya, juga sebagai perlawanan para bandar terhadap tingginya harga daging ayam yang ditentukan para produsen.

Rencananya, kata dia, aksi mogok berjualan tersebut akan dilakukan selama sepekan jika harga daging ayam tetap mengalami kenaikan.

Menurut dia, para bandar ayam saat ini merasa berat atas harga yang setiap saat mengalami kenaikan. Bahkan selama sepekan terakhir, terus naik hingga mencapai Rp21.500-24.000 per ekor.

Jika harga di tingkat bandar mencapai angka Rp24.000 per ekor, dipastikan harga tersebut akan semakin melonjak di pasaran.

"Asumsinya, kalau di tingkat bandar harganya Rp22.000 ribu per ekor, pedagang di pasar tradisional akan menjualnya hingga angka Rp34.000-38.000 per ekor," kata dia.

Ia menilai tingkat kebutuhan daging ayam di Karawang cukup tinggi. Setiap hari Karawang membutuhkan sekitar 30 ribu ekor ayam potong. Sementara saat ini, stok ayam dalam kondisi kosong.

Seorang bandar ayam lainnya, Akbar, mengatakan produsen beralasan kenaikan harga daging ayam sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Ia menilai, kenaikan harga daging ayam tidak masuk akal, karena terus mengalami kenaikan setiap hari.

Para banda ayam di Karawang sepakat mulai Senin malam tidak akan mendatangkan ayam ke pasar-pasar tradisional di Karawang. (ant/ed)

Bupati Minahasa Targetkan Tiap Kecamatan Miliki Puskesmas

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajouw menargetkan hingga 2018 setiap kecamatan di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, memiliki pusat kesehatan masyarakat yang layak.

Hayom Melaju Babak Penyisihan All England 2015

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka melaju ke babak penyisihan turnamen Yonex All England Open 2015 setelah menyisihkan sesama pemain Indonesia Simon Santoso dalam babak kualifikasi.

Ketua KPU/Bawaslu Berbagi Pengalaman Dengan Mesir

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Husni Kamil Manik dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad secara khusus diundang Mesir untuk berbagi pengalaman dengan pihak-pihak terkait.

Emas Turun Jelang Laporan Ketenagakerjaan AS

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Selasa (Rabu pagi WIB), menjelang laporan ketenagakerjaan AS yang akan dirilis pada Jumat.

Harga Minyak Dunia Berbalik Naik Dipicu Kerusuhan Libya

Harga minyak dunia berbalik lebih tinggi pada Selasa (Rabu pagi WIB), dipicu kerusuhan di negara pengekspor minyak Libya dan pasar memperkirakan kenaikan lain dalam persediaan di Amerika Serikat.