Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bandar Ayam di Karawang Berencana Mogok

bandar ayam, karawang, harga daging ayam

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 296

 Para bandar ayam di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berencana mogok dengan tidak menyuplai ke pasar selama sepekan mulai Selasa sebab produsen terus menaikkan harga sejak beberapa hari terakhir.


Ketua Paguyuban Bandar Ayam Karawang Suryana Kencana, Senin menyatakan pemogokan itu dilakukan sebagai upaya menekan tingginya harga yang dipasang oleh produsen ayam pedaging.

Aksi itu, katanya, juga sebagai perlawanan para bandar terhadap tingginya harga daging ayam yang ditentukan para produsen.

Rencananya, kata dia, aksi mogok berjualan tersebut akan dilakukan selama sepekan jika harga daging ayam tetap mengalami kenaikan.

Menurut dia, para bandar ayam saat ini merasa berat atas harga yang setiap saat mengalami kenaikan. Bahkan selama sepekan terakhir, terus naik hingga mencapai Rp21.500-24.000 per ekor.

Jika harga di tingkat bandar mencapai angka Rp24.000 per ekor, dipastikan harga tersebut akan semakin melonjak di pasaran.

"Asumsinya, kalau di tingkat bandar harganya Rp22.000 ribu per ekor, pedagang di pasar tradisional akan menjualnya hingga angka Rp34.000-38.000 per ekor," kata dia.

Ia menilai tingkat kebutuhan daging ayam di Karawang cukup tinggi. Setiap hari Karawang membutuhkan sekitar 30 ribu ekor ayam potong. Sementara saat ini, stok ayam dalam kondisi kosong.

Seorang bandar ayam lainnya, Akbar, mengatakan produsen beralasan kenaikan harga daging ayam sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Ia menilai, kenaikan harga daging ayam tidak masuk akal, karena terus mengalami kenaikan setiap hari.

Para banda ayam di Karawang sepakat mulai Senin malam tidak akan mendatangkan ayam ke pasar-pasar tradisional di Karawang. (ant/ed)

DPRD : 80 Persen Warga Teluk Pandan Kegelapan

Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Arpan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengatakan prihatin karena masih terdapat 80 persen warga di enam desa di kecamatan teluk pandan kegelapan karena belum menikmati aliran listrik PLN.

Artis Yg Akan Gelar Konser Gabungan Di Beijing

Rapper Korea Selatan Psy dan beberapa artis lain yang dikelola oleh YG Entertainment, satu agen hiburan terkemuka di Korea Selatan, akan menggelar konser bersama di Beijing pada Oktober, kata badan itu Kamis.

Parade 'Topeng Bondres' Awali Pembukaan LBF

Parade budaya 'Topeng Bondres' mengawali kegiatan pembukaan 'Legian Beach Festival VIII' disaksikan wisatawan nusantara dan asing di Legian, Bali, Kamis malam.

Bank Mandiri Bantu Alkes Puskesmas Di Medan

Bank Mandiri memberikan bantuan sejumlah alat-alat kesehatan senilai Rp150 juta kepada 39 puskesmas yang ada di Kota Medan, sebagai salah satu bentuk kepedulian peningkatan derajat kesehatan di kota itu.

Kemenag : Calon Haji Kota Bekasi 1.847 Orang

Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat jumlah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci di wilayah setempat pada 2014 mencapai 1.