Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Balikpapan Nominator Adipura Kencana

kota balikpapan, kandidat, piala adipura kencana

Posted on 08 May 2013. Hits : 282

Kota Balikpapan kembali menjadi salah satu kandidat peraih Piala Adipura Kencana yang akan diumumkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni 2013.

"Kita bersaing dengan Malang dan Manado," kata Kabag Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djajaleksana di Balaikota Balikpapan, Selasa.

Sebelum ini, Balikpapan juga menjadi nominator Adipura Kencana pada tahun 2011 namun tidak terpilih.

Kabag Humas juga menambahkan, bahwa Balikpapan sudah meraih Piala Adipura sebanyak 17 kali namun tidak pernah sekali pun meraih Adipura Kencana.

"Mudah-mudahan sekali ini kita bisa terpilih," harapnya.

Sementara itu, Tim Penilai Adipura rencananya akan datang dalam waktu dekat danmelakukan penilaian selama dua hari. Tim tersebut adalah tim khusus yang dibentuk Kementerian Lingkungan Hidup yang termasuk di dalamnya Dewan Pertimbangan Adipura.

"Dalam minggu ini mereka akan datang dan menilai semua sisi dan semua sudut kota secara integral," ucapnya.

Tim tersebut akan memverifikasi langsung ke lapangan laporan dan data yang diberikan Wali Kota. Menurut Kabag Humas, Wali Kota Rizal Effendi juga akan menyampaikan berbagai program pembangunan baik yang sedang dilaksanakan sekarang maupun rencana-rencana di masa datang,hingga aspek-aspek kehidupan warga masyarakat di Balikpapan.

"Pak Wali akan mengekspose apa-apa yang sudah dilakukan Balikpapan, baik sekarang maupun rencana kedepan. Jadi bicara Adipura bukan hanya bicara satu sisi kebersihan, tapi bicara secara terpadu.

Bicara tentang kenyamanan kota dan kebutuhan warganya," terang Kabag Humas Djajaleksana yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan itu.

Kriteria penilaian untuk Adipura sendiri adalah kebersihan kota secara umum, kemudian kebersihan tanah, kebersihan air, dan juga kebersihan udara. Kebersihan udara artinya polusinya minimal, demikian pula dengan air.

Menurut Kabag Humas, dengan kembali menjadi nominator Adipura Kencana, berarti Balikpapan memiliki nilai lebih dalam hal kebersihan.(ant/rd)

Kota Magelang Tunggu Evaluasi RAPBD

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Magelang menunggu hasil evaluasi terhadap Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2015 daerah setempat oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hang Kafrawi Terima Penghargaan Budayawan Anugerah Sagang

Seniman Riau, Hang Kafrawi menerima penghargaan sebagai Budayawan Anugerah Sagang 2014 melalui karya-karyanya dalam bentuk buku dan seni pertunjukan yang diberikan Jumat (28/11) malam.

Gempa 5 Sr Guncang Halmahera Barat

Gempa berkekuatan 5 Skala Richter (SR) mengguncang Halmahera Barat, Maluku Utara, namun gempa yang berpusat di laut itu tak berpotensi tsunami.

'Laut Bercermin' Jadi Bahan Diskusi Di Turki

Film Indonesia 'Laut Bercermin,' bahasa Inggrisnya 'The Mirror Never Lies', menjadi bahan diskusi di Turki dengan menghadirkan Garin Nugroho, produser film fiksi anak-anak tersebut.

Evan Dimas Tidak Ingin Sendirian Jadi Bintang

Evan Dimas dalam debutan pertama bersama tim nasional senior langsung memikat dengan gol pembuka kemenangan besar Indonesia 5-1 atas Laos pada laga sepak bola Piala AFF 2014.