Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Balikpapan Nominator Adipura Kencana

kota balikpapan, kandidat, piala adipura kencana

Posted on 08 May 2013. Hits : 282

Kota Balikpapan kembali menjadi salah satu kandidat peraih Piala Adipura Kencana yang akan diumumkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni 2013.

"Kita bersaing dengan Malang dan Manado," kata Kabag Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djajaleksana di Balaikota Balikpapan, Selasa.

Sebelum ini, Balikpapan juga menjadi nominator Adipura Kencana pada tahun 2011 namun tidak terpilih.

Kabag Humas juga menambahkan, bahwa Balikpapan sudah meraih Piala Adipura sebanyak 17 kali namun tidak pernah sekali pun meraih Adipura Kencana.

"Mudah-mudahan sekali ini kita bisa terpilih," harapnya.

Sementara itu, Tim Penilai Adipura rencananya akan datang dalam waktu dekat danmelakukan penilaian selama dua hari. Tim tersebut adalah tim khusus yang dibentuk Kementerian Lingkungan Hidup yang termasuk di dalamnya Dewan Pertimbangan Adipura.

"Dalam minggu ini mereka akan datang dan menilai semua sisi dan semua sudut kota secara integral," ucapnya.

Tim tersebut akan memverifikasi langsung ke lapangan laporan dan data yang diberikan Wali Kota. Menurut Kabag Humas, Wali Kota Rizal Effendi juga akan menyampaikan berbagai program pembangunan baik yang sedang dilaksanakan sekarang maupun rencana-rencana di masa datang,hingga aspek-aspek kehidupan warga masyarakat di Balikpapan.

"Pak Wali akan mengekspose apa-apa yang sudah dilakukan Balikpapan, baik sekarang maupun rencana kedepan. Jadi bicara Adipura bukan hanya bicara satu sisi kebersihan, tapi bicara secara terpadu.

Bicara tentang kenyamanan kota dan kebutuhan warganya," terang Kabag Humas Djajaleksana yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan itu.

Kriteria penilaian untuk Adipura sendiri adalah kebersihan kota secara umum, kemudian kebersihan tanah, kebersihan air, dan juga kebersihan udara. Kebersihan udara artinya polusinya minimal, demikian pula dengan air.

Menurut Kabag Humas, dengan kembali menjadi nominator Adipura Kencana, berarti Balikpapan memiliki nilai lebih dalam hal kebersihan.(ant/rd)

Diperlukan 900 Juta Dolar Untuk Bantu Anak Suriah

UNICEF mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan lebih dari 900 juta dolar AS untuk membantu anak-anak korban perang sipil Suriah tahun depan dan mengimbau kepada para donor untuk mendukungnya.

Flyover Permata Hijau Segera Dibangun

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana memulai pembangunan jembatan layang atau flyover di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Pengunduran Pilkada Ganggu Penetapan APBD

Pengunduran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak pada tahun 2016 berdampak pada penetepan APBD dan untuk pelaksana tugas (Plt) Walikota/Bupati tidak memiliki kewenangan menetapkan anggaran.

Korsel Bubarkan Partai Oposisi Kiri

Partai politik berhaluan kiri Korea Selatan dibubarkan Jumat dalam satu keputusan yang jarang terjadi oleh pengadilan konstitusi yang mengecammya sebagai kelompok pro-Korea Utara.

Hotel Rangkai Pohon Natal Gunakan Botol Bekas

Sejumlah hotel di kawasan wisata Kuta di Kabupaten Badung, Bali, mulai berhias pernak-pernik Hari Raya Natal salah satunya dengan menggunakan botol bekas untuk merangkai pohon natal.