Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Balikpapan Nominator Adipura Kencana

kota balikpapan, kandidat, piala adipura kencana

Posted on 08 May 2013. Hits : 282

Kota Balikpapan kembali menjadi salah satu kandidat peraih Piala Adipura Kencana yang akan diumumkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni 2013.

"Kita bersaing dengan Malang dan Manado," kata Kabag Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djajaleksana di Balaikota Balikpapan, Selasa.

Sebelum ini, Balikpapan juga menjadi nominator Adipura Kencana pada tahun 2011 namun tidak terpilih.

Kabag Humas juga menambahkan, bahwa Balikpapan sudah meraih Piala Adipura sebanyak 17 kali namun tidak pernah sekali pun meraih Adipura Kencana.

"Mudah-mudahan sekali ini kita bisa terpilih," harapnya.

Sementara itu, Tim Penilai Adipura rencananya akan datang dalam waktu dekat danmelakukan penilaian selama dua hari. Tim tersebut adalah tim khusus yang dibentuk Kementerian Lingkungan Hidup yang termasuk di dalamnya Dewan Pertimbangan Adipura.

"Dalam minggu ini mereka akan datang dan menilai semua sisi dan semua sudut kota secara integral," ucapnya.

Tim tersebut akan memverifikasi langsung ke lapangan laporan dan data yang diberikan Wali Kota. Menurut Kabag Humas, Wali Kota Rizal Effendi juga akan menyampaikan berbagai program pembangunan baik yang sedang dilaksanakan sekarang maupun rencana-rencana di masa datang,hingga aspek-aspek kehidupan warga masyarakat di Balikpapan.

"Pak Wali akan mengekspose apa-apa yang sudah dilakukan Balikpapan, baik sekarang maupun rencana kedepan. Jadi bicara Adipura bukan hanya bicara satu sisi kebersihan, tapi bicara secara terpadu.

Bicara tentang kenyamanan kota dan kebutuhan warganya," terang Kabag Humas Djajaleksana yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan itu.

Kriteria penilaian untuk Adipura sendiri adalah kebersihan kota secara umum, kemudian kebersihan tanah, kebersihan air, dan juga kebersihan udara. Kebersihan udara artinya polusinya minimal, demikian pula dengan air.

Menurut Kabag Humas, dengan kembali menjadi nominator Adipura Kencana, berarti Balikpapan memiliki nilai lebih dalam hal kebersihan.(ant/rd)

India Larang Peredaran Alkohol

Pihak berwenang di Kerala mengumumkan pelarangan alkohol sebagai usaha mengatasi masalah kekerasan, yang meningkat di negara bagian India selatan itu.

Yaman Tingkatkan Siaga

Presiden Abdrabuh Mansur Hadi mendesak angkatan bersenjata Yaman "meningkatkan kesiagaan mereka" sehari menjelang berakhirnya batas waktu yang diberikan para gerilyawa bagi pemerintah untuk mundur.

ISI Padang Panjang Diapresiasi

Pemerintah dan masyarakat Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), memberikan apresiasi kepada pameran seni yang digelar mahasiswa jurusan Seni Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang di kota itu.

Karawang Akan Bangun Jembatan Layang

Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan membangun jalan layang di sekitar Johar untuk mengatasi kemacetan yang selalu terjadi setiap hari di daerah tersebut.

Tabrakan Bus Tewaskan 30 Orang

Menurut informasi terbaru, sedikitnya 30 orang tewas Jumat pagi dalam tabrakan dua bus di selatan Semenanjung Sinai di Mesir, mungkin ada warga Rusia di antara yang terluka, kata Reuters dan MENA Mesir dalam laporannya.