Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Balikpapan Nominator Adipura Kencana

kota balikpapan, kandidat, piala adipura kencana

Posted on 08 May 2013. Hits : 282

Kota Balikpapan kembali menjadi salah satu kandidat peraih Piala Adipura Kencana yang akan diumumkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni 2013.

"Kita bersaing dengan Malang dan Manado," kata Kabag Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djajaleksana di Balaikota Balikpapan, Selasa.

Sebelum ini, Balikpapan juga menjadi nominator Adipura Kencana pada tahun 2011 namun tidak terpilih.

Kabag Humas juga menambahkan, bahwa Balikpapan sudah meraih Piala Adipura sebanyak 17 kali namun tidak pernah sekali pun meraih Adipura Kencana.

"Mudah-mudahan sekali ini kita bisa terpilih," harapnya.

Sementara itu, Tim Penilai Adipura rencananya akan datang dalam waktu dekat danmelakukan penilaian selama dua hari. Tim tersebut adalah tim khusus yang dibentuk Kementerian Lingkungan Hidup yang termasuk di dalamnya Dewan Pertimbangan Adipura.

"Dalam minggu ini mereka akan datang dan menilai semua sisi dan semua sudut kota secara integral," ucapnya.

Tim tersebut akan memverifikasi langsung ke lapangan laporan dan data yang diberikan Wali Kota. Menurut Kabag Humas, Wali Kota Rizal Effendi juga akan menyampaikan berbagai program pembangunan baik yang sedang dilaksanakan sekarang maupun rencana-rencana di masa datang,hingga aspek-aspek kehidupan warga masyarakat di Balikpapan.

"Pak Wali akan mengekspose apa-apa yang sudah dilakukan Balikpapan, baik sekarang maupun rencana kedepan. Jadi bicara Adipura bukan hanya bicara satu sisi kebersihan, tapi bicara secara terpadu.

Bicara tentang kenyamanan kota dan kebutuhan warganya," terang Kabag Humas Djajaleksana yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan itu.

Kriteria penilaian untuk Adipura sendiri adalah kebersihan kota secara umum, kemudian kebersihan tanah, kebersihan air, dan juga kebersihan udara. Kebersihan udara artinya polusinya minimal, demikian pula dengan air.

Menurut Kabag Humas, dengan kembali menjadi nominator Adipura Kencana, berarti Balikpapan memiliki nilai lebih dalam hal kebersihan.(ant/rd)

KONI Sultra Verifikasi Peserta Musorprov

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan verifikasi secara ketat kepada peserta musyawarah olahraga provinsi (Musorprov) guna mengantisipasi polemik.

Pangdam Siliwangi Ajak Alim Ulama Tangkal ISIS

Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Tamim mengajak alim ulama yang ada di wilayah Korem 061/Suryakancana untuk bersatu padu menangkal gerakan radikalisme ISIS yang kini mulai meresahkan.

Legislator : Kebijakan Raskin Harus Dievaluasi Komprehensif

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron mengatakan kebijakan beras rakyat miskin (raskin) dapat diteruskan dengan mengevaluasi ulang secara komprehensif dengan mempertimbangkan berbagai variabel.

Kotabaru-Majene Bangun BUMD Sambut PI Migas

Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, bersama Pemkab Majene, Sulawesi Barat, sepakat membentuk Badan Usaha Milik Daerah sebagai syarat untuk menerima keuntungan atau manfaat (Participacing Interest) dari hasil pengolahan Migas di Blok Sebuku, Kotabaru.

Akademisi : Kewirausahaan Perlu Ditanamkan Pada Mahasiswa

Semangat kewirausahaan perlu ditanamkan pada mahasiswa sebagai salah satu bekal 'softskill', kata Direktur Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Hotma Prawoto Sulistyadi.