Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Balikpapan Nominator Adipura Kencana

kota balikpapan, kandidat, piala adipura kencana

Posted on 08 May 2013. Hits : 235

Kota Balikpapan kembali menjadi salah satu kandidat peraih Piala Adipura Kencana yang akan diumumkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni 2013.

"Kita bersaing dengan Malang dan Manado," kata Kabag Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djajaleksana di Balaikota Balikpapan, Selasa.

Sebelum ini, Balikpapan juga menjadi nominator Adipura Kencana pada tahun 2011 namun tidak terpilih.

Kabag Humas juga menambahkan, bahwa Balikpapan sudah meraih Piala Adipura sebanyak 17 kali namun tidak pernah sekali pun meraih Adipura Kencana.

"Mudah-mudahan sekali ini kita bisa terpilih," harapnya.

Sementara itu, Tim Penilai Adipura rencananya akan datang dalam waktu dekat danmelakukan penilaian selama dua hari. Tim tersebut adalah tim khusus yang dibentuk Kementerian Lingkungan Hidup yang termasuk di dalamnya Dewan Pertimbangan Adipura.

"Dalam minggu ini mereka akan datang dan menilai semua sisi dan semua sudut kota secara integral," ucapnya.

Tim tersebut akan memverifikasi langsung ke lapangan laporan dan data yang diberikan Wali Kota. Menurut Kabag Humas, Wali Kota Rizal Effendi juga akan menyampaikan berbagai program pembangunan baik yang sedang dilaksanakan sekarang maupun rencana-rencana di masa datang,hingga aspek-aspek kehidupan warga masyarakat di Balikpapan.

"Pak Wali akan mengekspose apa-apa yang sudah dilakukan Balikpapan, baik sekarang maupun rencana kedepan. Jadi bicara Adipura bukan hanya bicara satu sisi kebersihan, tapi bicara secara terpadu.

Bicara tentang kenyamanan kota dan kebutuhan warganya," terang Kabag Humas Djajaleksana yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan itu.

Kriteria penilaian untuk Adipura sendiri adalah kebersihan kota secara umum, kemudian kebersihan tanah, kebersihan air, dan juga kebersihan udara. Kebersihan udara artinya polusinya minimal, demikian pula dengan air.

Menurut Kabag Humas, dengan kembali menjadi nominator Adipura Kencana, berarti Balikpapan memiliki nilai lebih dalam hal kebersihan.(ant/rd)

Wacana Evaluasi Kepemipimpinan Partai Golkar Menguat

Politisi senior Partai Golkar, Zainal Bintang mengatakan, wacana evaluasi kepemimpinan di Partai Golkar menguat menyusul hasil suara partai Golkar pada pemilu legislatif 2014 berdasarkan hitung cepat hanya sekitar 14.

Arema Kembali Rebut Posisi Puncak Klasemen

Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, kembali merebut posisi puncak klasemen sementara Liga Super Indonesia setelah mengalahkan Pelita Bandung Raya 3-0 di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu malam.

Kejaksaan Selidiki Proyek Lampu Stadion Tanjabar

Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal tengah menyelidiki proyek lampu stadion Persitaj Tanjung JabungBarat (Tanjabar) tahun 2012 senilai Rp2,7 miliar, karena diduga telah terjadi penggelembungan harga (mark up).

Dua Pemuda Ditangkap Menenggak Minuman Keras

Dua orang pemuda ditangkap oleh polisi saat melakukan patroli rutin karena diketahui menenggak minuman keras di lokasi pasar di kota tersebut.

Polisi Banjarmasin Tangkap Penjual Narkoba

Satuan Narkoba Polresta Banjarmasin, menangkap seorang pria yang diketahui sebagai penjual narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) di wilayah Pekapuran Raya Banjarmasin Timur.